Bacaterus / Kompor Gas / Cara Membersihkan Kompor Gas dari Minyak dan Noda Makanan

Cara Membersihkan Kompor Gas dari Minyak dan Noda Makanan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Masak apa hari ini? Sudahkah Anda memiliki menu makanan yang akan dimasak hari ini? Apapun jenis masakan Anda semuanya bisa dilakukan dengan bantuan kompor gas. Keberadaan kompor gas memang sangat membantu kegiatan memasak. Jika tidak ada arang untuk membakar ikan, Anda tetap bisa membakar ikan di atas kompor gas.

Setelah memasak, kompor gas pasti akan ternoda minyak akan makanan. Lebih baik Anda segera membersihkan kompor gas tersebut karena semakin lama dibiarkan maka nodanya pun semakin sulit dibersihkan. Bacaterus akan berbagi cara membersihkan kompor gas dari minyak dan noda makanan secara mudah.

Bersihkan permukaan kompor gas

Bersihkan permukaan kompor gas Cara Membersihkan Kompor Gas

Bagian yang paling penting untuk dibersihkan adalah permukaan kompor. Pasalnya, bagian inilah yang sering ternoda minyak atau makanan. Cara membersihkan kompor gas sejatinya sangat mudah. Hanya bermodalkan kain lap basah saja Anda sudah bisa mengelap permukaan kompor.

Namun, bagaimana jika permukaan kompor ini sangat berminyak dan tidak bisa dibersihkan dengan kain lap basah saja? Gunakan sabun cair pencuci piring dan spons. Ambil spons yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air sabun cair pencuci piring, lalu gosok spons di seluruh permukaan kompor. Sesudah itu, ambil kain lap basah yang masih bersih untuk menghilangkan residu sabun pada permukaan kompor.

Cuci tungku kompor gas

Cuci tungku kompor gas

Tungku kompor gas merupakan bagian yang rentan terkena noda makanan pada saat Anda memasak. Oleh karena itu, angkat tungku dari kompornya untuk dicuci. Tungku yang cenderung berminyak bisa dicuci dengan memakai sabun cair pencuci piring. Setelah itu, angin-anginkan tungku tersebut sebelum dipasang kembali.

Sementara tungku dicuci, lanjutkan dengan membersihkan bagian bawah tungku dengan kain lap basah. Setelah semua prosedur pembersihan selesai, Anda dapat kembali memasang tungku di atas kompor gas.

Pembersihan pada ring kompor gas

Pembersihan pada ring kompor gas

Mungkin Anda berpikir apakah perlu membersihkan ring kompor gas yang berperan sebagai burner. Tentu saja penting karena ring yang tidak kunjung dibersihkan selama bertahun-tahun dapat menjadi buntu dan api sulit menyala dalam ring tersebut.

Cara membersihkan kompor gas pada bagian ring-nya ini cukup mudah. Cukup gosok saja dengan kain lap yang bersih. Di samping itu, Anda juga bisa merendam ring kompor gas ini di dalam air yang sudah dicampur dengan sabun pencuci piring.

Sebelum dipasang kembali, bilas ring dengan air bersih agar tidak ada sisa sabun yang menempel. Apabila ring tidak dapat memantik api, Anda bisa menggunakan jarum yang sudah dicelup ke dalam alkohol, lalu masukkan jarum ke lubang-lubang ring. Dijamin kompor gas Anda bisa kembali menghasilkan api yang besar.

Cuci tombol kompor

Cuci tombol kompor

Sadarkah Anda bahwa ketika sedang memasak tangan menjadi sangat kotor lantaran kita sudah memegang sayur, daging, atau ikan? Kemudian, dalam kondisi tangan yang kotor Anda memutar tombol untuk menghidupkan dan mematikan kompor. Alhasil, tombol kompor menjadi sangat kotor dan lengket.

Saat melakukan pembersihan pada kompor gas, jangan lupa untuk melepas dan mencuci tombol kompor. Gunakan sabun cair pencuci piring untuk menghilangkan kesan lengket pada tombol kompor.

Bersihkan selang yang menghubungkan kompor ke LPG

Bersihkan selang yang menghubungkan kompor ke LPG

Saat membahas seputar cara membersihkan kompor gas, ternyata bukan cuma melakukan pembersihan pada permukaan dan tungku kompor saja tetapi juga pada selang yang menghubungkan kompor ke LPG. Jika Anda cemati bagian selang ini juga mudah terkena minyak, terutama pada saat Anda menggoreng makanan.

Untuk membersihkan selang ini, gunakan sabun cair pencuci piring. Gosok selang dengan spons sampai berbusa. Selanjutnya, sediakan kain yang sudah dibasahi untuk menghilangkan residu sabun. Terakhir, gunakan kain kanebo untuk menyerap air yang masih berada di sekitar selang.

Bagian ujung selang juga harus dibersihkan sesekali. Lepas selang dari regulator, lalu bersihkan ujung selang dengan kain lap untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menyumbat selang tersebut.

Cuci tabung gas LPG

Cuci tabung gas LPG

Dari pabrik tabung LPG disalurkan kepada distributor, lalu distributor akan menyalurkan ke agen-agen penjualan LPG yang lebih kecil. Bisakah Anda membayangkan sudah berapa banyak tangan yang menyentuh tabung LPG? Seberapa banyak kuman yang melekat pada tabung tersebut?

Untuk menjaga kebersihan kompor gas dan selangnya, cuci juga tabung gas LPG sebelum dipakai. Cukup mencuci tabung dengan air dan sabun cair pencuci piring. Namun, pastikan tidak membuka segelnya terlebih dahulu agar air tidak masuk ke dalam tabung.

Tips membersihkan kompor gas

Tips membersihkan kompor gas

Kompor gas sudah menjadi hal penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Keberadaan kompor gas yang menggantikan kompor minyak tanah memang sangat membantu dalam kegiatan memasak. Setelah mengetahui panduan cara membersihkan kompor gas yang benar, Bacaterus juga akan memberikan beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membersihkan kompor gas:

  • Bersihkan permukaan kompor usai memasak

Anda tidak perlu melakukan pembersihan kompor secara menyeluruh setiap hari. Akan tetapi, setelah memasak sebaiknya bersihkan permukaan kompor. Bagian ini biasanya terkena noda makanan atau minyak. Sebelum noda mengering dan semakin susah dibersihkan, segeralah melakukan pembersihan pada permukaan kompor gas.

  • Jangan lupakan bagian bawah kompor

Anda sudah membersihkan seluruh bagian kompor, tetapi Anda lupa bahwa bagian bawah kompor juga perlu dibersihkan. Lepas regulator terlebih dahulu, lalu angkat kompor Anda untuk membersihkan bagian bawahnya. Lantai atau meja tempat Anda meletakkan kompor juga harus rutin dibersihkan setelah memasak. Pastikan tidak ada noda makanan yang menetes agar tidak disambangi oleh semut.

  • Cek regulator setelah pembersihan

Sebelum membersihkan kompor sebaiknya cabut regulator terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko kebocoran gas. Nah, setelah proses membersihkan kompor selesai, pasang kembali regulator Anda dengan benar. Lakukan pengecekana apakah regulator sudah terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran gas.

  • Coba kompor setelah dibersihkan

Apabila kompor sudah selesai dibersihkan dan regulator pun sudah terpasang kembali di tabung gas LPG, kini saatnya Anda mencoba kompor tersebut. Nyalakan kompor Anda untuk memastikan api sudah menyala dan kompor bisa kembali dipakai.

Cara membersihkan kompor induksi

Cara membersihkan kompor induksi

Kompor induksi lebih mudah dibersihkan dibanding kompos gas konvensional. Seluruh permukaan kompor induksi terbuat dari keramik atau kaca dan tidak ada tungku dan api yang dihasilkan. Jika di rumah Anda terdapat kompor induksi, berikut adalah cara membersihkannya:

  • Celupkan spons cuci piring ke dalam larutan air dan sabun pencuci piring
  • Usapkan spons ke permukaan kompor induksi (pastikan kompor dalam keadaan mati dan tidak panas)
  • Usapkan kain lembut basah ke permukaan kompor untuk menghilangkan residu sabun
  • Keringkan permukaan kompor dengan kain bersih yang kering

Nah, itulah berbagai cara membersihkan kompor gas dari minyak dan noda makanan. Selalu lakukan pembersihan sederhana setelah memasak agar noda minyak dan makanan yang menetes bisa segera dibersihkan secara mudah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *