Bacaterus / Lantai / 7 Cara Membersihkan Keramik yang Kusam dengan Mudah

7 Cara Membersihkan Keramik yang Kusam dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keramik di rumah Anda terlihat kusam? Jangan terburu-buru mengganti keramik baru karena keramik yang kusam bisa disebabkan karenaoleh kotoran yang sudah lama mengendap, barang yang diletakkan di atas keramik dalam waktu lama, dan faktor usia. Namun ada bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat keramik yang kusam jadi terlihat seperti baru, lho.

Bacaterus memiliki beberapa cara membersihkan keramik yang kusam secara mudah dan praktis. Untuk mendukung cara-cara ini Anda harus menggunakan 7 bahan ampuh. Yuk, cari tahu bahan-bahan yang bisa Anda pakai untuk mengkilapkan keramik yang kusam dan tips merawat keramik agar tidak menjadi kusam.

7 Cara Membersihkan Keramik yang Kusam

1. Tepung Terigu

Tepung Terigu

Noda kusam pada keramik dapat disebabkan oleh noda minyak. Dapur adalah tempat yang paling rentan terpapar oleh noda minyak. Jika dinding dan lantai dapur dilapisi dengan keramik, cobalah lihat keramiknya, pasti terlihat kusam dan penuh noda minyak.

Cara membersihkan keramik yang kusam akibat noda minyak adalah dengan menggunakan tepung terigu. Taburkan tepung terigu di keramik yang berminyak. Setelah didiamkan selama beberapa saat, bersihkan sisa terigu dan noda minyak dengan kain lap.

Untuk keramik lantai, Anda dapat mengepel dengan larutan air dan campuran pembersih. Sementara keramik yang menempel di dinding bisa dibersihkan dengan spons cuci piring yang dicelupkan ke dalam larutan air dan sabun cair pencuci piring.

2. Cuka

Cuka putih

Satu lagi bahan yang bisa Anda pakai untuk mengkilapkan keramik yang kusam, yaitu cuka. Bahan memasak ini memang serbaguna, Anda bisa menggunakan cuka untuk membuat keramik yang kusam jadi bersih dan mengkilap seperti baru.

Caranya adalah dengan menuangkan cuka putih secukupnya di atas keramik yang kusam. Diamkan selama 15 menit, lalu gunakan kain kering untuk menggosok keramik tersebut. Setelah selesai, lanjutkan dengan membersihkan keramik menggunakan cairan pembersih lantai atau sabun cair pencuci piring untuk menghilangkan aroma cuka yang sangat kuat.

3. Kaporit

Kaporit

* sumber: kontraktorkolamrenang.co.id

Sudah menjadi rahasia umum jika kaporit digunakan untuk menjernihkan air. Namun kali ini Bacaterus akan mengajak Anda memanfaatkan kaporit untuk membersihkan keramik yang terlihat kusam karena berbagai faktor. Nah, cara membersihkan keramik yang kusam adalah taburkan bubuk keramik pada keramik yang kusam, baik di lantai maupun dinding.

Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas keramik dengan menggunakan air bersih. Untuk menghilangkan noda kusam yang masih melekat, gosok keramik menggunakan sikat sambil dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sampai keramik yang kusam terlihat mengkilap.

4. Sitrun

Sitrun

Bahan makanan yang satu ini dapat dipakai untuk membersihkan jamur pada jas hujan. Akan tetapi, sitrun juga bisa dipakai untuk membersihkan keramik kusam, lho. Kandungan asam sitrat di dalam sitrun bermanfaat untuk menghilangkan noda kusam pada keramik lantai maupun dinding.

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan sitrunnya terlebih dahulu. Kemudian, buatlah pasta kental dari larutan air dan sitrun. Oleskan pasta sitrun ini ke seluruh bagian keramik dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas keramik dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap kering. Dijamin, cara ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan noda kusam yang melekat pada keramik.

5. Baking Soda

Baking Soda

Zat asam memang dapat mengangkat noda kusam yang menempel pada keramik. Namun apabila kandungan zat asam terlalu tinggi maka dapat merusak keramik.

Salah satu bahan yang tidak mengandung asam tapi bisa membersihkan keramik yang kusam adalah baking soda. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan pasta gigi berwarna putih. Kemudian celupkan kain basah ke dalam campuran baking soda dan pasta gigi tersebut. Gosok keramik dengan memakai kain basah tersebut.

Cara ini memang tidak bisa memberikan hasil secara langsung. Akan tetapi, jika Anda rutin membersihkan keramik yang kusam dengan baking soda, maka lama kelamaan noda kusamnya akan memudar dan keramik jadi terlihat kinclong.

6. Karbol

cara membersihkan keramik yang kusam Karbol

Bingung mencari cara membersihkan keramik yang kusam? Sudah mencoba kelima bahan di atas tapi noda kusam pada keramik masih tidak kunjung hilang? Saatnya Anda menggunakan cairan khusus untuk membuat keramik yang kusam jadi terlihat mengkilap.

Karbol wangi adalah cairan pembersih keramik yang dijual bebas di pasaran. Cairan ini mengandung zat kimia yang cukup keras sehingga dapat melunturkan noda kusam yang menempel pada keramik. Tak hanya itu saja, saat mengaplikasikan karbol pada keramik sebaiknya Anda memakai sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan cairan karbolnya.

7. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Bukankah belimbing wuluh biasa digunakan untuk memasak? Memang benar jika belimbing wuluh merupakan salah satu bahan penyedap masakan. Namun, buah dengan rasa yang asam ini ternyata mengandung zat asam alami yang dapat melunturkan noda kusam pada keramik. Terlebih lagi zat asam di dalam belimbing wuluh ini tidak akan merusak bahan keramik.

Gosokkan saja belimbing wuluh yang sudah dikupas pada permukaan keramik. Setelah didiamkan 10 menit, bersihkan dengan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air. Belimbing wuluh tidak bisa menghilangkan kusam pada keramik secepat Anda menggunakan karbol wangi, tapi jika Anda melakukan treatment ini setiap hari lama kelamaan keramik akan terlihat mengkilap seperti baru.

Tips Mencegah Keramik Menjadi Kusam

Selain membahas seputar cara membersihkan keramik yang kusam dengan tujuh bahan-bahan khusus, Bacaterus juga akan memberikan tips untuk mencegah keramik menjadi kusam. Baik di tempat yang kering maupun lembab atau di dalam maupun luar ruangan, keramik sama-sama berpotensi menjadi kusam seiring berjalannya waktu.

Berikut ini adalah sejumlah tips atau usaha yang bisa Anda lakukan untuk mencegah warna keramik menjadi kusam:

  • Sering Mengepel atau Menyikat Keramik

Sering Mengepel atau Menyikat Keramik

Tahukah Anda bahwa kotoran yang terlalu lama mengendap pada keramik dapat membuat warna keramik tersebut menjadi kusam? Oleh karena itu, usahakan untuk mengepel atau menyikat keramik setiap hari. Jangan beri kesempatan terhadap noda untuk membuat warna keramik menjadi kusam.

  • Tidak Meletakkan Barang di Atas Keramik untuk Jangka Panjang

Tidak Meletakkan Barang di Atas Keramik untuk Jangka Panjang

Pernahkah Anda perhatikan bahwa keramik yang di atasnya diletakkan barang selama beberapa waktu maka warna keramiknya akan kusam kekuningan ketika barang tersebut diangkat? Itu tandanya Anda tidak boleh terlalu lama meletakkan barang di atas keramik. Sesekali geserlah barang tersebut agar tidak bertumpu pada keramik yang sama.

  • Segera Membersihkan Noda

Segera Bersihkan Noda di Keramik

Ketika ada noda atau kotoran yang menempel pada keramik, Anda harus segera membersihkannya sebelum noda itu membekas dan menyebabkan tampilan keramik menjadi kusam. Jangan tunda pembersihan noda pada keramik jika Anda ingin keramik selalu terlihat bersih dan mengkilap.

Sudah tahu mengenai cara membersihkan keramik yang kusam dengan 7 bahan-bahan di atas, bukan? Kini saatnya Anda mencoba membersihkan sendiri noda kusam yang ada di keramik dengan memilih salah satu dari ketujuh bahan ampuh ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Saya ada masalah lantai yg lain.. Yaitu hilangnya pelapis kramik dan kloset sehingga terlihat kusam.. Bagaimana cara memperbaiki lapisan kilap kramik dan kloset?

    Tolong pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *