Bacaterus / Toilet / 4 Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi yang Paling Ampuh

4 Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi yang Paling Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2019

Kerak yang menempel pada keramik kamar mandi memang sangat mengganggu pemandangan. Kamar mandi yang bersih jadi terkesan kotor karena adanya kerak pada keramik tersebut. Pembersihan keramik secara rutin terkadang tidak mampu menghilangkan kerak tersebut. Anda membutuhkan bahan-bahan khusus untuk menghilangkan kerak tersebut.

Apa bahan yang ampuh membersihkan kerak di kamar mandi? Bacaterus akan membagikan cara membersihkan kerak di kamar mandi dengan menggunakan 5 bahan ampuh. Penasaran bagaimana caranya dan apa saja bahannya? Temukan jawabannya di artikel ini.

4 Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi

1. Cuka

Cuka Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi

Kerak pada kamar mandi disebabkan oleh kotoran, sisa sabun, jamur, dan lumut yang terlalu lama mengendap pada keramik. Lantai yang berkerak tentu saja menimbulkan kesan kotor meskipun Anda sudah membersihkan kamar mandi sampai benar-benar bersih. Cuka adalah sarana untuk membersihkan kerak kamar mandi yang paling ampuh. Inilah panduan cara membersihkan kerak di kamar mandi dengan menggunakan cuka:

  • Masukkan cuka putih ke dalam botol semprot agar lebih mudah diaplikasikan pada seluruh dinding dan lantai keramik kamar mandi.
  • Keluarkan barang-barang yang ada di kamar mandi agar Anda lebih mudah melakukan pembersihan.
  • Siram air panas yang baru mendidih ke dinding dan lantai kamar mandi. Air panas berfungsi untuk melunturkan kotoran atau sisa sabun yang membentuk kerak.
  • Semprotkan cuka ke seluruh dinding atau lantai kamar mandi yang berkerak.
  • Biarkan air panas bercampur dengan cuka, kemudian gosok lantai dan dinding dengan menggunakan sikat keramik.
  • Setelah dibilas dengan air bersih, aplikasikan car wax pada dinding dan lantai keramik agar terlihat lebih mengkilap.

Pada umumnya, cuka sangat ampuh menghilangkan kerak di kamar mandi hanya dengan satu kali pembersihan. Namun, jika cara membersihkan kerak di kamar mandi ini belum berhasil, Anda bisa mencobanya kembali pada keesokan harinya.

2. Kaporit

Kaporit

Selain dikenal sebagai pembersih keramik yang kusam, kaporit juga dapat menghilangkan noda kerak pada dinding dan lantai kamar mandi. Bahan kimia yang dipakai sebagai disinfektan air di kolam renang ini dikenal sebagai pembersih kerak paling ampuh.

Saat ini cukup mudah untuk memperoleh kaporit di toko bahan-bahan kimia. Jika kaporit sudah tersedia, cobalah panduan cara membersihkan kerak di kamar mandi dengan memanfaatkan kaporit berikut ini:

  • Siram lantai dan dinding kamar mandi yang berkerak dengan air panas yang baru saja mendidih.
  • Taburkan bubuk kaporit di seluruh keramik yang berkerak dan diamkan selama 30 menit agar kaporitnya mengikis kerak pada keramik.
  • Gosok dinding dan lantai kamar mandi dengan sikat. Gunakan tenaga ketika menggosok agar seluruh keraknya turut luntur terbawa oleh sisa kaporit.
  • Bilas keramik dengan air bersih (tidak perlu menggunakan air panas).

Kaporit dikenal sebagai pembersih kerak yang cukup ampuh. Anda dapat menggunakan kaporit jika kerak yang melekat pada dinding sulit dibersihkan karena telah menahun.

3. Asam Sitrat

Sitrun

Asam sitrat atau sitrun juga merupakan pembersih kerak yang jitu. Anda dapat membeli sitrun ini di toko bahan-bahan kue karena pada dasarnya sitrun adalah bahan makanan. Selain harganya murah, sitrun juga tidak berbahaya apabila bersentuhan dengan kulit manusia. Berikut adalah cara membersihkan kerak di kamar mandi dengan menggunakan asam sitrat alias sitrun:

  • Bersihkan kerak di lantai dan dinding kamar mandi dengan menggosoknya menggunakan batu apung dan air sabun (larutan air dan deterjen/sabun cair pencuci piring).
  • Bilas keramik dengan air bersih sampai sisa sabunnya hilang.
  • Ketika keramik masih basah, segera taburkan bubuk asam sitrat ke seluruh bagian keramik yang berkerak. Biarkan asam sitrat menempel pada keramik selama 60 menit (1 jam).
  • Setelah 1 jam, gosok keramik dengan sikat sambil dibilas dengan air.

Lakukan pembersihan dengan asam sitrat ini setidaknya 2-3 kali. Mengingat kandungan asam di dalam sitrun tidak terlalu keras, maka butuh waktu beberapa kali untuk menghilangkan kerak yang sudah lama melekat pada keramik kamar mandi Anda.

4. Cairan Pembersih Kerak Buatan Sendiri

Cairan Pembersih Kerak Buatan Sendiri

Apakah Anda berpikir untuk menggunakan karbol wangi sebagai pembersih kerak di keramik? Tentu sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan karbol untuk membersihkan kerak. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda bisa membuat cairan pembersih kerak sendiri dari larutan air dan sabun cair pencuci piring?

Ya, cairan pencuci piring ternyata cukup ampuh untuk melunturkan kerak di keramik kamar mandi. Berikut adalah cara membersihkan kerak di kamar mandi dengan menggunakan air dan sabun cuci piring:

  • Masukkan larutan air dan sabun cuci piring ke dalam botol semprot. Semprotkan keramik dengan larutan air dan cairan pencuci piring ini ke seluruh bagian keramik berkerak.
  • Gosok keramik dengan menggunakan sikat sambil sesekali disemprot dengan larutan cairan pencuci piring.
  • Bilas dengan air bersih. Jika noda kerak masih ada, tuangkan boraks atau ammonia ke keramik tersebut lalu gosok lagi sampai keraknya hilang.

Cairan pencuci piring memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran, minyak, sisa sabun, dan lumut yang menimbulkan kerak di keramik kamar mandi. Namun, jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa mencoba memakai karbol untuk membersihkan kerak di keramik.

Tips Mencegah Kerak pada Keramik Kamar Mandi

Kerak yang membandel pada keramik memang tidak kunjung hilang meskipun Anda menggosok keramik tersebut setiap hari. Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya kerak di keramik kamar mandi, lho. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerak pada keramik lantai maupun dinding kamar mandi:

  • Jaga Kamar Mandi Tetap Kering

Jaga Kamar Mandi Tetap Kering

Ketika Anda ingin membuat kamar mandi, sebaiknya buatlah tempat khusus untuk mandi dan bagian yang kering. Hanya tempat untuk mandi saja yang dapat dibiarkan dalam keadaan basah, selebihnya kamar mandi harus tetap kering. Semakin lembab kondisi kamar mandi, maka semakin banyak kerak yang menempel pada dinding dan lantai kamar mandi.

  • Perbaiki Kebocoran

Perbaiki Kebocoran

Kebocoran pipa saluran air keran atau bak mandi akan membuat air terus menerus keluar dan membasahi dinding maupun lantai. Keramik yang basah akan mudah berkerak. Jadi, segera perbaiki kebocoran agar tidak menimbulkan kerak di mana-mana.

  • Sirkulasi Udara Tetap Terjaga

Sirkulasi Udara Tetap Terjaga

Sikulasi udara yang buruk dapat membuat kondisi kamar mandi lembab sehingga mudah berkerak. Pastikan Anda membuka jendela dan pintu kamar mandi ketika kamar mandi tidak dipakai. Jika kamar mandi tertutup, pasang exhaust fan agar sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap terjaga.

  • Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Mulailah untuk membersihkan kamar mandi minimal 1-2 kali dalam seminggu. Setelah mandi, bilas dinding dan lantai agar tidak ada sisa sabun yang menempel.

Cara membersihkan kerak di kamar mandi ini tentu akan sangat membantu bagi Anda yang ingin memiliki kamar mandi bersih dan nyaman. Jika Anda ingin memiliki pembersih WC dan kamar mandi yang berkualitas, kunjungi artikel berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar