Bacaterus / Kasur / Ini Dia Cara Membersihkan Kasur Sesuai dengan Jenisnya

Ini Dia Cara Membersihkan Kasur Sesuai dengan Jenisnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Meskipun sudah dialasi dengan sprei, kasur juga harus dibersihkan secara teratur. Jika kasur tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama, maka kasur tersebut menjadi berdebu. Kasur yang kotor juga menjadi tempat favorit bersarangnya serangga seperti tungau dan tumila. Sebelum kasur Anda menjadi sarang tungau, mari bersihkan kasur secara rutin.

Jenis kasur setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang lebih nyaman menggunakan spring bed, tapi ada juga yang masih fanatik dengan kasur kapuk. Bacaterus memiliki informasi mengenai cara membersihkan kasur sesuai jenisnya. Apa jenis kasur Anda di rumah? Cobalah bersihkan dengan salah satu cara berikut ini.

Cara membersihkan kasur kapuk

Cara membersihkan kasur kapuk

Kasur yang satu ini terbuat dari buah randu. Kasur kapuk memang sangat populer di zaman dulu, sebelum ditemukannya spring bed. Kasur ini disukai karena mampu menyerap panas dan membuat kita merasa adem jika tidur di atasnya. Sayangnya, kasur kapuk lebih mudah kempes dan lebih rentan berdebu atau menjadi sarang serangga.

Untuk menjaga kasur kapur di rumah tetap bersih dan higienis, lakukan cara membersihkan kasur kapuk berikut ini:

  • Larutkan 1 sendok makan cairan pencuci piring ke dalam wadah berisi air bersih, lalu gunakan sikat halus untuk menggosok permukaan kasur kapuk dengan larutan air dan sabun pencuci piring tersebut
  • Selanjutnya, angkat kasur untuk dijemur di bawah sinar matahari. Jemurlah kasur sampai benar-benar kering agar baunya tidak apek saat dipakai kembali
  • Langkah selanjutnya adalah menebas kasur dengan penebah ketika kasur kapuk sudah kering

Selain menggunakan cara di atas, Anda dapat membersihkan kasur kapu dengan vacuum cleaner. Apabila kasur Anda tidak ternoda apapun, sebaiknya cukup dibersihkan dengan penyedot debu dan dijemur di bawah sinar matahari.

Cara membersihkan spring bed

Cara membersihkan spring bed

Sudah sering membersihkan spring beda dengan mesin penyedot debu? Namun, bila spring bed Anda terkena noda darah atau ompol si kecil mau tidak mau Anda harus membersihkan spring bed dengan air. Tidak semua orang melakukan pembersihan spring bed dengan menggunakan air. Pasalnya, mereka khawatir bahwa spring bed yang basah akan sulit kering dan meninggalkan bau apek.

Bacaterus akan berbagi cara membersihkan kasur spring bed dengan menggunakan air, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sediakan botol semprot (spray), lalu isi botol tersebut dengan air dingin. Selain itu, Anda juga harus menggunakan kain mincrofiber
  • Semprotkan air ke kasur spring bed, lalu gosok dengan kain microfiber. Untuk membuat spring bed yang apek jadi harum, Anda bisa mencampurkan sedikit cairan pewangi pakaian ke dalam botol air tersebut
  • Untuk menghilangkan noda, cukup semprotkan air dingin lalu tepuk-tepuk noda dengan kain microfiber. Noda akan terserap oleh kain microfiber tersebut
  • Jemur spring bed di bawah sinar matahari. Butuh waktu 1 hari untuk memastikan spring bed benar-benar kering
  • Setelah kering, bersihkan spring bed dengan menggunakan alat penyedot debu untuk memastikan bahwa debu-debu di atas spring bed benar-benar hilang

Sejatinya, pembersihan spring bed dengan menggunakan vacuum cleaner saja sudah cukup. Akan tetapi, jika Anda merasa spring bed berbau apek atau terkena noda, maka segera gunakan cara di atas untuk membersihkan spring bed. Jika tidak sempat menjemurnya, Anda juga bisa mengikuti cara mengeringkan kasur tanpa dijemur ini.

Cara membersihkan kasur busa

Cara membersihkan kasur busa

Berbeda dengan kasur spring bed atau kasur busa yang bisa dibersihkan dengan air, kasur busa tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan air. Apabila bagian dalam kasur basah, maka rentan berjamur.

Solusi agar kasur busa tidak ternoda ompol atau darah sebaiknya lapisi kain busa dengan alas waterproof terlebih dahulu sebelum ditutup dengan sprei. Di samping itu, kasur busa juga dapat dilapisi dengan sprei waterproof.

Meskipun tidak bisa dibersihkan dengan air bukan berarti kasur busa tidak perlu dibersihkan. Anda dapat menggunakan cara membersihkan kasur busa berikut ini:

  • Bersihkan debu di atas kasur busa dengan menggunakan vacuum cleaner
  • Jemur kasur busa di bawah sinar matahari selama beberapa jam
  • Ketika dijemur, pukul kasur dengan penebah untuk menghilangkan debu yang menempel pada kasur saat dijemur
  • Setelah kasur diangkat dan dibawa masuk, kembali bersihkan debu dengan vacuum cleaner agar kasur jadi lebih higienis

Kasur busa dirasa nyaman karena dapat mencetak postur tubuh kita. Bahkan, kasur ini disarankan oleh para ahli ortopedi bagi penderita nyeri otot yang merasa sakit karena tidur di spring bed. Sayangnya, kasur busa dapat menimbulkan suhu panas karena tidak memiliki sirkulasi udara.t menimbulkan suhu panas karena tidak memiliki sirkulasi udara.

Cara membersihkan kasur latex

Cara membersihkan kasur latex

Kasur latex adalah jenis kasur modern masa kini. Kasur yang berbahan latex bersifat hypo allergenic sehingga cocok bagi Anda yang memiliki alergi. Selain itu, kasur ini juga cenderung lebih sejuk karena memiliki titik untuk ventilasi udara. Bagi Anda yang memiliki masalah nyeri otot, kasur latex merupakan pilihan yang tepat karena dapat mengurangi titik-titik tekan pada seluruh bagian tubuh.

Berikut ini adalah panduan mengenai cara membersihkan kasur latex sendiri tanpa perlu menggunakan jasa khusus:

    • Siapkan cuka putih dan baking soda
    • Tuangkan 1 bagian cuka putih ke dalam 3 bagian air. Semprotkan cairan ini pada kain lap, lalu gunakan kain lap tersebut untuk menggosok kasur
    • Selanjutnya, gosokkan baking soda di atas kasur dengan kain sampai berbusa
    • Jemur kasur latex di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering
    • Setelah kasur diangkat, bersihkan debu dengan vacuum cleaner

 

Aroma cuka mungkin masih terasa setelah Anda membersihkan kasur. Namun, aroma cuka akan hilang dalam waktu 2 hari. Mengapa harus menggunakan cuka untuk membersihkan kasur latex? Karena cuka bersifat sebagai anti-bakteri alami untuk membersihkan kuman dan bakteri yang melekat pada kasur latex Anda.

Cara membersihkan kasur air

Cara membersihkan kasur air

Saat ini, kasur air banyak dipakai di rumah sakit untuk membuat punggung pasien tetap sejuk meskipun harus berbaring dalam jangka waktu lama. Namun, kasur air juga bisa dipakai secara pribadi. Kasur ini sangat sejuk karena berisi air. Jika ingin kasur ini terasa hangat, maka Anda bisa menghubungkan kasur ini dengan penghangat tenaga listrik.

Berikut adalah cara membersihkan kasur air yang cenderung lebih mudah dibersihkan dibandingkan jenis-jenis kasur lainnya:

  • Bawa kasur air ke tempat yang luas untuk mencucinya
  • Gunakan sabun cair pencuci piring dan spons lembut untuk membersihkan kasur air
  • Bilas kasur dengan air sampai busanya benar-benar hilang
  • Angin-anginkan kasur sampai kering, lalu bungkus kasur dengan sprei

Itulah beberapa cara membersihkan kasur sesuai dengan jenisnya. Pada dasarnya, apapun jenis kasur Anda bisa dibersihkan sendiri di rumah tanpa menggunakan jasa pembersih tertentu. Bukankah membersihkan kasur sendiri jauh lebih hemat? Setelah kasur bersih, silakan rapikan dengan mengikuti cara merapikan kasur yang pernah kami ulas sebelumnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *