bacaterus web banner retina

6 Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Mudah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Memang membersihkan kaca yang sudah berkerak bisa dibilang susah-susah gampang. Sering kali kita dibuat kesal dengan kemunculan kerak tersebut karena membuat kaca terlihat kotor. Lalu bagaimana cara membersihkan kaca yang berkerak? Ada beberapa tips untuk membersihkan yang terkena noda tersebut. Beberapa bahan bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca berkarat. Ini solusinya.

Tips dan Alat Simpel untuk Mengatasi Kaca Berkerak

Sebelum masuk pembahasan inti, kami mau membagikan beberapa tips dan trik dalam menangani kaca yang berkerak. Simak ulasannya, ya!

1. Membersihkan Kerak Menggunakan Pasta Gigi

Membersihkan Kerak Menggunakan Pasta Gigi

* sumber: id.theasianparent.com

Ternyata barang yang kita sehari-hari pakai ini tanpa tanpa kita ketahui mampu untuk jadi salah satu bahan yang digunakan untuk pembersih kaca berkerak. Apakah itu? Pasta gigi yang kita pakai untuk membersihkan gigi konon kemampuannya lebih baik dari alkohol untuk urusan menghilangkan kerak.

Cara membersihkan kaca yang berkerak bisa dilakukan oleh pasta gigi. Bahan ini bisa menjadi bahan yang ampuh untuk urusan bersih-bersih kaca. Namun demikian, tak semua merek pasta gigi bisa dipakai untuk membersihkan kaca yang berkerak. Hanya pasta gigi yang memiliki butiran lembut saja yang bisa.

Bagaimana cara membersihkan kaca yang berkerak dengan pasta gigi? Yang harus dilakukan pertama adalah usapkan pasta gigi pada permukaan kaca kemudian tunggu sampai pasta gigi mengering. Sesudah itu barulah dibersihkan kaca dengan cara digosok memakai sikat sambil dibilas dengan air.

Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk memakai sikat gigi, bukan sikat biasa. Sesudah dibilas dengan air sampai bersih langkah selanjutnya adalah mengeringkan kaca memakai kertas koran.

2. Membersihkan Kerak Menggunakan Bahan Pencuci Serba Guna Berjenis Krim

Membersihkan Kerak Menggunakan Bahan Pencuci Serba Guna Berjenis Krim

* sumber: soapandrestless.blogspot.com

Cara membersihkan kaca yang berkerak lainnya yaitu dengan menggunakan bahan pencuci serba guna yang bentuknya krim. Bahan ini mempunyai kelebihan untuk bisa merontokkan kerak pada kaca. Cara menggunakannya pun terbilang paling mudah.

Krim tersebut bisa secara langsung dioleskan di atas permukaan kaca yang berkerak kemudian digosok. Gunakan kain bersih saat menggosok kaca, tapi jika kerak yang menempel cukup membandel, bisa gunakan bahan kain yang lebih kasar ataupun busa gosok yang kasar.

Kemudian bilas kaca memakai air lalu keringkan menggunakan kain bersih. Bahan ini adalah pilihan  bahan pembersih yang mudah sekali untuk diaplikasikan dan dengan cara menggunakan yang tepat hasilnya akan lebih baik dibandingkan alkohol ataupun pasta gigi.

3. Membersihkan Kerak Menggunakan Alkohol

Membersihkan Kerak Menggunakan Alkohol

Di awal sudah disebutkan kalau alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca yang berkerak. Namun banyak yang mengatakan kalau kemampuan alkohol tak sebaik kemampuan yang dimiliki oleh pasta gigi.

Untuk membersihkan kerak pada kaca alkohol yang bisa digunakan merupakan alkohol 50% sampai 90%. Cara membersihkan kerak di kaca menggunakan alkohol termasuk sangat mudah. Tahapan pertama yang bisa dilakukan adalah membasahi kain yang bersih memakai alkohol.

Langkah selanjutnya adalah menggosokkan kain yang sudah dibasahi menggunakan alkohol tadi pada permukaan kaca yang berkerak. Dibutuhkan usaha yang ekstra ketika membersihkan kerak di kaca memakai alkohol karena  sifat bahan ini yang berupa cairan dan bisa menguap dengan mudah.

4. Membersihkan Kerak Menggunakan Blau

Membersihkan Kerak Menggunakan Blau

Beberapa dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan blau. Bahan ini merupakan sebuah pewarna biru yang biasa dipakai untuk mempertajam warna pakaian. Ternyata selain bisa dipakai untuk menjadikan warna pakaian jadi cerah kembali, blau juga efektif untuk dipakai membersihkan kaca.

Blau khususnya bisa digunakan untuk membersihkan kerak yang menempel pada kaca kamar mandi, yang diakibatkan oleh bekas sabun yang menempel. Untuk membersihkan kaca memakai bahan satu ini juga mudah sekali dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Yang perlu dilakukan hanya mencampurkan blau dengan air sampai mengental. Kemudian adonan tersebut diratakan di atas permukaan kaca dengan memakai kertas koran bekas. Sesudah itu, diamkan blau sampai mengering pada permukaan kaca.

Setelah blau mengering, bilas menggunakan sikat gigi bekas kaca tersebut. Tahap paling akhir dalam cara membersihkan kaca yang berkerak memakai blau yaitu menghilangkan sisa blau sampai bersih.

5. Membersihkan Kerak Menggunakan Cuka

Membersihkan Kerak Menggunakan Cuka

Cuka merupakan bahan yang sudah tak asing lagi terutama bagi ibu-ibu yang selalu sibuk di dapur. Bahan ini selalu tersedia untuk ditambahkan pada masakan. Selain dicampurkan dengan bahan makanan, cuka juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan kerak di kaca.


Cara membersihkan kaca yang berkerak adalah dengan mencampurkannya air dengan cuka dengan takaran 1:1. Kalau telah tercampur, tinggal semprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca berkerak lalu diamkan  sekitar 5 menitan. Sesudah mengering  tinggal membilasnya memakai air panas.

6. Membersihkan Kerak Menggunakan Obat Pembersih Kerak Kaca

Membersihkan Kerak Menggunakan Obat Pembersih Kerak Kaca

Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, ada lagi bahan  yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada kaca. Gunakan obat pembersih kerak kaca yang bisa dibeli dengan mudah di toko-toko online di Indonesia.

Tak hanya menghilangkan kerak pada kaca, obat ini juga bisa menghilangkan kerak di bodi dan velg mobil. Bahkan, ada beberapa obat pembersih kaca yang memiliki kandungan Premium Polymer dapat menjaga kilau pada kaca. Selain itu, bahan ini tak perlu repot-repot dicampur dengan dengan bahan lain.

Cara membersihkan kaca yang berkerak dengan menggunakan obat ini pun sangat mudah sekali. Cukup semprotkan obat pembersih pada kaca khususnya pada bagian yang berkerak. Sesudah itu gosok permukaan kaca menggunakan kain bersih atau alat pembersih.

Cara Mencegah Munculnya Kerak di Berbagai Jenis Kaca

Karena sulitnya untuk membersihkan kaca yang berkerak, akan lebih baik jika kita melakukan upaya pencegahan supaya kerak tidak muncul daripada baru membersihkannya sesudah kaca berkerak. Berikut ini tips yang bisa dipakai untuk menghindari kerak muncul pada berbagai jenis kaca.

Kerak pada Kaca Mobil

Kerak pada Kaca Mobil

* sumber: otomotif.okezone.com

Pastinya sangat menjengkelkan menemukan kerak pada kaca mobil. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk pencegahan munculnya kerak di kaca mobil yaitu dengan rajin membersihkan kaca mobil memakai kain yang dibasahi dengan air.

Cara ini harus dilakukan khususnya pada mobil yang mengalami kehujanan. Air hujan tidak dibersihkan bisa menyebabkan munculnya kerak pada kaca. Jadi, akan lebih baik jika mobil langsung dibersihkan sesudah kehujanan.

Cara lainnya yaitu dengan hindari menyimpan mobil secara langsung di bawah terik matahari. Suhu yang sangat tinggi juga bisa mengakibatkan munculnya jamur di kaca mobil. Terlalu sering memarkirkan mobil secara langsung di bawah terik matahari juga bisa membuat cat mobil menjadi pudar.

Kerak pada Kaca Cermin

Kerak pada Kaca Cermin

* sumber: www.lazada.co.id

Cara lain yang bisa diterapkan untuk mencegah timbulnya kerak pada kaca cermin di rumah yaitu dengan secara rutin membersihkan kaca. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah timbulnya kerak adalah dengan tidak membiarkan noda menempel terlalu lama.

Akan lebih baik jika kaca dibersihkan setiap hari memakai kain bersih sampai noda-noda tidak terlalu lama menempel pada kaca. Ada juga noda darah dari nyamuk yang bisa menimbulkan masalah baru, jadi sebaiknya dibersihkan cepat-cepat jika terlihat terdapat noda nyamuk pada kaca cermin.

Kerak pada Kaca Jendela Rumah

Kerak pada Kaca Jendela Rumah

* sumber: totalupdate.blogspot.com

Hampir sama dengan perawatan kaca cermin, untuk mencegah kemunculan kerak di kaca cukup bersihkan kaca jendela secara rutin. Kelembaban udara dan ventilasi yang buruk bisa membuat kerak muncul di kaca jendela rumah.

Maka untuk menghindari munculnya kerak di kaca jendela yaitu dengan mengatur sirkulasi udara rumah dengan sebaik mungkin. Udara di rumah tidak akan terasa lembab bila sirkulasi udaranya yang baik. Inilah yang kemudian menghindarkan munculnya kerak pada kaca.

Kerak pada Kaca Kamar Mandi

Kerak pada Kaca Kamar Mandi

* sumber: blog.roomme.id

Kemunculan kerak pada kaca kamar mandi merupakan sebuah kemungkinan besar. Ini dikarenakan kaca kamar mandi sering sekali terkena air yang disukai sekali oleh jamur. Tak hanya air, seringkali sabun, shampo, dan lain-lain juga mengotori kaca kamar mandi.

Bahan-bahan yang terdapat dalam shampo dan sabun inilah yang menempel pada kaca yang mengakibatkan munculnya jamur. Cara terbaik untuk menjauhkan kaca kamar mandi dari kerak yaitu dengan memastikan tidak ada sisa shampo ataupun sabun yang menempel di kaca kamar mandi.

Minimal seminggu sekali kaca kamar mandi dibersihkan menggunakan cairan pembersih untuk menghindari munculnya noda yang membandel. Selain itu, perbaiki sirkulasi udara di kamar mandi agar tempat tersebut tidak lembab. Karena jika lembap, kemungkinan jamur tumbuh di kaca semakin besar.

Apabila kaca di rumahmu terlihat berkerak, jangan risau lagi. Sekarang kamu bisa memilih salah satu cara membersihkan kaca yang berkerak yang telah dijelaskan di atas. Tak hanya itu, ada juga cara pencegahannya. Bagaimana, lengkap bukan informasinya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram