Bacaterus / Kaca / Serba-serbi Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Kinclong

Serba-serbi Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Kinclong

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juli 2019

Jendela adalah bagian dari bangunan yang wajib dibersihkan secara berkala. Debu maupun residu air hujan yang melekat pada jendela akan membuatnya terlihat kotor. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rumah atau bangunan yang dilengkapi dengan jendela, Anda harus membersihkannya secara rutin agar tetap terlihat kinclong.

Bagaimana cara membersihkan kaca jendela yang benar? Kali ini, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan jendela, serta tips yang harus dilakukan ketika Anda melakukan pembersihan terhadap kaca jendela. Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Cara Praktis Membersihkan Kaca Jendela

Cara Praktis Membersihkan Kaca Jendela

* sumber: www.thriftyfun.com

Kegiatan bersih-bersih memang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga suasana tempat tinggal, tempat kerja atau tempat apapun agar tetap bersih dan nyaman. Kaca jendela adalah salah satu bagian bangunan yang wajib dibersihkan, terutama jika letaknya berada di depan bangunan dan selalu dilihat oleh banyak orang.

Kaca yang terlihat kotor tentu saja akan mengganggu pemandangan. Nah, cobalah untuk membersihkan kaca jendela yang kotor dengan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di pasaran. Kalau Anda sudah memiliki cairan pembersihnya, ikuti langkah-langkah membersihkannya berikut ini.

  • Letakkan kain di bawah jendela untuk menyerap cairan sisa pembersihan jendela agar tidak mengotori lantai.
  • Semprotkan cairan pembersih ke permukaan jendela, lalu usapkan spons cuci piring untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang melekat. Buat gerakan dari atas ke bawah untuk menyapu kotoran di jendela.
  • Opsi lain adalah dengan melarutkan cairan pembersih jendela ke dalam satu ember berisi air bersih, celupkan spons cuci piring ke dalamnya dan pakai spons untuk mengusap seluruh bagian kaca.
  • Gunakan wiper alias pembersih kaca dengan pisau karet untuk menghapus residu pembersih kaca dan kotoran yang menempel di kaca. Tarik wiper dari atas ke bawah secara perlahan. Hati-hati dalam menggunakan wiper karena alat ini bisa meninggalkan goresan pada kaca.
  • Selanjutnya, ambil kain lap bersih untuk mengeringkan jendela sekaligus membersihkan sisa kotoran dan cairan pembersih kaca.

Penggunaan cairan pembersih kaca jendela ini sangat mempermudah kegiatan membersihkan kaca. Pasalnya, produk ini mengandung bahan kimia yang cukup efektif dalam melunturkan berbagai jenis kotoran. Jadi, kalau Anda tidak ingin repot sebaiknya bersihkan kaca jendela dengan cairan khusus saja.

Bahan Lain untuk Membersihkan Kaca Jendela

Untuk membuat jendela kembali bersih dan kinclong, Anda tidak harus menggunakan cairan pembersih kaca. Ada juga beberapa bahan yang ternyata bisa membantu Anda dalam melakukan pembersihan kaca jendela. Berikut adalah bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan kaca jendela.

1. Pasta Gigi

Pasta Gigi

* sumber: www.coredental.com.au

Bahan yang satu ini tidak dipakai untuk membersihkan kaca jendela yang kotor karena debu atau residu air hujan, tetapi lebih cocok untuk membersihkan goresan di kaca. Pasalnya, goresan pada kaca jendela juga bakal membuat kaca terlihat buram dan terkesan kotor.

  • Oleskan pasta gigi pada kain lembut, lalu gosokkan kain pada kaca yang tergores selama kurang lebih 30 detik.
  • Lanjutkan dengan menggosok kaca dengan kain lap bersih untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang masih menempel.

2. Cuka

Cuka

Kaca jendela Anda ternoda oleh debu, noda minyak, dan berbagai jenis kotoran lainnya? Tak perlu khawatir karena cuka yang biasa Anda pakai untuk memasak bisa menjadi penolong yang ampuh untuk membersihkan kaca jendela. Cuka sangat efektif untuk memecah kandungan minyak pada kotoran yang menempel di kaca.

  • Larutkan cuka dengan air hangat menggunakan perbandingan 1:1, lalu masukkan larutan air cuka ini ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan air cuka ke kaca jendela dan gosok menggunakan kain lap sampai benar-benar bersih.
  • Pastikan tidak ada residu larutan air cuka yang masih menempel di kaca, ya.

3. Cairan Pencuci Piring

Cairan Pencuci Piring

* sumber: www.tips-and-tricks.co

Sudah menjadi rahasia umum jika cairan pencuci piring bisa menjadi bahan serbaguna untuk membersihkan berbagai jenis benda. Bukan hanya piring dan alat memasak saja, kaca jendela yang sudah benar-benar kotor dapat dibersihkan dengan cairan pencuci piring ini.

  • Larutkan 1-2 sdm cairan pencuci piring ke dalam 2 cangkir air bersih.
  • Celupkan spons cuci piring ke dalam larutan tersebut, peras spons dan gunakan untuk menggosok permukaan kaca jendela, baik di bagian luar maupun dalam.
  • Gunakan wiper atau alat pembersih jendela dengan pisau karet untuk menghilangkan busa sabun.
  • Ambil kain lap bersih, lalu celupkan ke dalam air hangat dan pakai untuk menggosok kaca guna membersihkan sisa busa sabun cairan pencuci piring.
  • Terakhir, manfaatkan kain lap kering yang masih bersih untuk benar-benar membuat kaca jendela jadi terlihat super bersih dan kinclong.

Tips Saat Membersihkan Kaca Jendela

Sebelum mulai membersihkan kaca jendela, Anda wajib mencari tahu berbagai tips agar proses pembersihan yang dilakukan jadi tidak sia-sia. Lantas, apa saja tips pembersihan kaca jendela yang baik dan benar?

  • Bersihkan dari Atas ke Bawah
Bersihkan dari Atas ke Bawah

* sumber: www.diynetwork.com

Mengelap kaca jendela ternyata ada tekniknya, lho. Gerakan menggosok jendela kotor dari atas hingga ke bawah tentu saja akan sangat membantu Anda dalam merontokkan kotoran. Selain itu, menggosok dari atas ke bawah secara perlahan juga akan mengurangi risiko kaca jadi tergores.

  • Hindari Pembersihan pada Cuaca Cerah
Hindari Pembersihan pada Cuaca Cerah

* sumber: greenopedia.com

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa kegiatan bersih-bersih sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah. Sayangnya, cuaca cerah hanya akan membuat air atau cairan yang dipakai untuk membersihkan jendela ini jadi lebih cepat kering. Alhasil, noda air akan tertinggal pada permukaan kaca sebelum dibersihkan.

Nah, ketika ingin membersihkan kaca jendela sebaiknya lakukan pada saat cuaca mendung. Saat mendung, udaranya tidak membuat cairan pembersih mengering dengan cepat di permukaan jendela.

  • Pakai Cotton Bud untuk Area yang Sulit Dijangkau
Pakai Cotton Bud untuk Area yang Sulit Dijangkau

* sumber: www.bustle.com

Sela-sela jendela atau bagian ujung kaca adalah area yang sangat sulit dijangkau dengan kain lap maupun wiper yang Anda pakai untuk membersihkan jendela. Anda memerlukan bantuan cotton bud untuk membersihkan sela-sela jendela.

  • Gunakan Jasa Profesional
Gunakan Jasa Profesional

* sumber: www.videoblocks.com

Bagi Anda yang ingin membersihkan kaca jendela di tempat yang tinggi yang mengharuskan Anda untuk naik tangga atau pijakan lainnya, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan jasa profesional.

Jasa profesional mampu membersihkan kaca jendela di tempat yang tinggi, termasuk pada gedung bertingkat. Mereka dibekali dengan alat-alat yang tepat dan aman untuk membersihkan kaca jendela pada tempat yang tinggi sekalipun.

Sudah siap untuk membersihkan kaca jendela? Pada dasarnya, membersihkan kaca jendela ini sangat mudah kok. Apalagi saat ini sudah tersedia cairan pembersih kaca yang memang sangat ampuh membersihkan berbagai jenis kotoran yang menempel di kaca jendela.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *