Bacaterus / Otomotif / 10 Cara Membersihkan Kaca Helm Sendiri dengan Mudah

10 Cara Membersihkan Kaca Helm Sendiri dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Februari 2019

Helmet visor alias kaca helm merupakan bagian yang paling mudah kotor dari helm. Pasalnya, kaca helm berada di depan, sehingga semua kotoran, debu, asap knalpot, dan sebagainya pasti menempel lebih dulu pada kaca. Lalu, karena terbuat dari plastik transparan, ketika dipegang biasanya meninggalkan jejak sidik jari. Belum lagi kalau tangan kotor karena memegang makanan, noda makanannya bakal transfer ke kaca dan sulit dihilangkan.

Padahal, kaca helm sangat penting untuk selalu berada dalam keadaan bersih, soalnya Anda perlu melihat jalanan dan keadaan sekitar dengan transparan. Semua demi keselamatan Anda sendiri, para pengendara lainnya, orang, dan lingkungan sekitar.

Harga kaca helm pun lumayan kalau Anda beli yang branded, jadi sebaiknya jaga kebersihan kaca helm baik-baik. Nah, pada kesempatan ini Bacaterus mau membahas bagaimana cara membersihkan kaca helm dengan mudah walaupun sendirian.

Cara Membersihkan Kaca Helm

1. Lepaskan Kaca

Lepaskan Kaca

* sumber: www.pinlock.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara membersihkan kaca helm, alangkah baiknya jika Anda melepaskan kacanya terlebih dahulu dari kerangka helm. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa membersihkan setiap sudut kaca. Bagian helm yang lainnya pun tidak akan ikut kena basah nantinya.

2. Jangan Pernah Lap Kering!

Jangan Pernah Lap Kering!

* sumber: www.pinlock.com

Peraturan ke-2 dalam cara membersihkan kaca helm adalah, jangan pernah mengelap kaca helm dengan kain kering atau dalam keadaan kering, dengan kain apapun juga. Kadang, kita tidak sadar memegang kaca helm, akhirnya tertinggal lah sidik jari, noda makanan, keringat, dan sebagainya.

Belum lagi kalau tiba-tiba ada hewan kecil yang menabrak kaca helm, otomatis kita akan mengelap kotoran yang ditinggalkan hewan tersebut secara refleks. Saat-saat seperti ini biasanya orang merasa cuek dan mengelap kaca helm menggunakan kain bajunya atau sarung tangan yang sedang dikenakan.

Ketika Anda mengelap kaca helm secara kering, yang ada noda malah semakin tersebar luas. Kejadian terburuknya, Anda bisa menggores kaca tersebut. Jadi, intinya jangan pernah mengelap kaca helm dalam keadaan kering, biar selembut apapun kain yang digunakan.

3. Siapkan Kain Mikrofiber

Jangan Pernah Lap Kering! cara membersihkan kaca helm

* sumber: rolfje.wordpress.com

Untuk membersihkan dan mengelap kaca helm, sebaiknya menggunakan kain mikrofiber (serat mikro). Tidak perlu baru, yang penting kainnya bersih. Setiap partikel kotoran yang terperangkap di dalam kain mikrofiber yang kotor akan meningkatkan risiko kaca helm tergores atau justru jadi semakin kotor.

Kain mikrofiber adalah yang terbaik. Pastikan kain Anda tidak jatuh ke tanah selama proses pembersihkan karena bisa butiran pasir dan kotoran dapat menempel pada kain. Ini akan menggores kaca helm pada saat Anda membersihkannya. Cuci kain secara teratur dan simpan dengan apik. Jika tak ada kain mikrofiber, Anda bisa pakai kain lap katun lembut.

4. Basahi Kain Lap

Basahi Kain Lap

* sumber: www.revzilla.com

Apakah cara membersihkan kaca helm yang paling baik? Ternyata simpel saja, yaitu dengan mengelap kaca pakai kain mikrofiber yang sudah dibasahkan. Kebanyakan kaca helm terdapat lapisan pelindungnya (lapisan perlindungan sinar UV dan anti-kabut). Untuk itu, sebaik-baiknya air yang dipakai untuk membersihkan kaca helm adalah air hangat.

Kain mikrofiber akan mengangkat kotoran, debu, dan noda dari kaca helm dengan lembut. Jika ada noda yang membandel, tempelkan kain pada area yang terkena noda selama beberapa saat sebelum menggosoknya. Anda bisa juga membersihkan kaca helm di bawah air mengalir untuk mencegah goresan.

5. Visor Cleaner

Visor Cleaner

* sumber: powersports.honda.com

Cara membersihkan kaca helm yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk kaca helm. Produk pembersih kaca helm yang terbaik adalah yang dibuat dari alcohol based (bahan dasar alkohol), karena akan menguap dan tidak meninggalkan noda.

Produk pembersih ini ada yang berbentuk cairan dengan botol spray atau pun krim yang dibotolkan. Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan dari helm, semprot/tuang pembersih pada area tersebut, diamkan beberapa saat sebelum Anda mengelapnya menggunakan kain.

Untuk jaga-jaga, sebaiknya beli produk pembersih ukuran kecil untuk disimpan di bagasi kendaraan. Kalau-kalau kaca helm Anda kena kotoran dan Anda masih jauh dari tempat tujuan. Atau, pindahkan produk ke tempat kecil jika pembersih kesayangan Anda tidak mengeluarkan varian botol kecil. Aneka produk pembersih kaca helm bisa Anda temukan di Bukalapak. Klik link ini untuk membelinya.

6. Pembersih Jendela

Pembersih Jendela

* sumber: www.revzilla.com

Selain pembersih khusus kaca helm, Anda bisa menggunakan pembersih jendela juga, loh! Orang-orang cenderung memiliki preferensi mereka sendiri mengenai apa yang terbaik untuk membersihkan kaca helm mereka. Dan, tentu saja ada banyak alternatif yang layak, tetapi ada item yang recommended untuk dipakai. Salah satunya adalah window cleaner atau glass cleaner a.k.a pembersih jendela.

Akan tetapi, perlu Anda perhatikan untuk menghindari pembersih jendela yang mengandung amonia. Kenapa? Karena produk pembersih dengan kandungan amonia dapat dapat mengangkat lapisan anti gores kaca helm.

7. Sampo Bayi

Sampo Bayi

* sumber: www.revzilla.com

Cara membersihkan kaca helm kali ini melibatkan produk anak kecil, yaitu sampo bayi. Ketika mencari pembersih kaca helm, Anda harus memilih produk yang tidak berbasis petroleum. Dan, sampo bayi merupakan pilihan yang baik karena formulanya lembut dan tidak mengandung petroleum tentunya.

Selain sampo bayi, Anda bisa juga sebenarnya pakai sabun lainnya. Asal, sabun tersebut berbahan dasar lembut. Bukan sabun kecantikan yang wangi dan banyak busanya, ya! Cara menggunakan sampo dan sabun untuk membersihkan kaca helm adalah dengan membuat larutan air hangat dan sabun. Lap kaca menggunakan kain yang dicelupkan pada larutan tersebut. Bilas dengan air bersih, lalu lap sisa air hingga kering.

8. Sikat Gigi

Sikat Gigi cara membersihkan kaca helm

* sumber: www.helmetsite.com

Tips membersihkan kaca helm di atas semuanya menggunakan kain mikrofiber. Nah, sekarang Bacaterus kasih tahu kalau Anda bisa juga memakai sikat gigi. Tidak perlu pakai sikat gigi yang mahal, sikat gigi murah pun bisa. Yang penting bulu sikatnya lembut. Sikat gigi akan membantu membersihkan celah-celah kaca helm yang tidak bisa dijangkau oleh kain serat mikro.

9. Air Compressor

Compressed Air

* sumber: powersports.honda.com

Tips membersihkan kaca helm yang ke-9 adalah dengan menggunakan air compressor kalengan. Apakah Anda tahu benda ini? Air compressor adalah udara yang dipadatkan dan disimpan di bawah tekanan yang lebih besar dari tekanan atmosfer.

Biasanya udara ini disimpan di dalam tanki (air tank atau air receiver tank). Tapi, udara ini tersedia juga dalam bentuk kalengan. Biasanya air compressor kalengan dilengkapi dengan corong panjang dan tipis seperti sedotan untuk mengalirkan udaranya.

10. Tisu

Tisu cara membersihkan kaca helm

* sumber: rolfje.wordpress.com

Cara yang ke-10 untuk membersihkan kaca helm adalah dengan memanfaatkan tisu. Langkah ini bisa menjadi alternatif ketika helm Anda kotor mendadak dan Anda masih di perjalanan. Basahi tisu (wajah atau toilet) dengan air keran, lalu lap kaca helm perlahan-lahan. Jangan menggosok terlalu keras, karena tisu bahannya rapuh.

Segera keringkan kaca helm dengan tisu kering setelah selesai dibersihkan supaya tidak ada jejak airnya. Jangan menggunakan handuk tangan kertas kasar (tisu kertas yang keras untuk mengelap tangan) yang disediakan di toilet umum atau di stasiun, ya. Pakailah tisu yang teksturnya lembut.

Selesai, deh, pembahasan Bacaterus kali ini mengenai cara membersihkan kaca helm. Untuk pencegahan, ketika berkendara jangan terlalu dekat dengan kendaraan lainnya, agar asap knalpot tidak mengotori kaca helm Anda. Ketika melalui daerah berdebu, jangan naikkan kaca helm Anda, karena hal ini malah akan membuat debut dan kotoran masuk ke dalam dan bisa merusak lapisan kaca helm.

Jangan sentuh kaca helm dengan tangan telanjang. Ketika sedang parkir, simpan helm di tempat yang aman, misalnya di spion atau di jok motor, supaya kaca helm tidak kotor atau lecet karena jatuh. Yang terakhir, ketika Anda menyimpan helm di rumah, sebaiknya lapisi dengan kantung bawaan helm agar kacanya tidak mudah berdebu. Yuk, rawat kaca helm beserta helmnya dari sekarang!

Mau beli helm INK yang berkualitas? Kalau begitu, Anda juga harus baca artikel 7 Cara Membedakan Helm INK Palsu atau Asli ini agar Anda tidak tertipu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar