Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Membersihkan Henna di Kuku & Kulit Secara Mudah

10 Cara Membersihkan Henna di Kuku & Kulit Secara Mudah

Mencari produk henna yang berkualitas memang mudah. Pasalnya, sudah banyak produk henna yang dijual di situs belanja online. Anda hanya perlu memilih jenis henna yang sesuai kebutuhan, entah itu untuk kulit, kuku, maupun rambut. Namun, bagaimana cara cepat untuk menghilangkan henna? Pasalnya, jika menunggu henna hilang dengan sendirinya, Anda membutuhkan waktu setidaknya 1 minggu atau lebih.

Tak perlu bingung mencari cara membersihkan henna di kuku dan kulit karena Bacaterus akan memberikan rahasia membersihkan henna yang paling mudah. Yuk, catat cara-caranya berikut ini agar Anda bisa menyediakan bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan henna di kuku dan kulit.

10 Cara Membersihkan Henna di Kuku dan Kulit

1. Produk pemutih

Produk pemutih Cara Membersihkan Henna di Kuku dan Kulit

Sangat mudah untuk menemukan produk pemutih di supermarket. Anda dapat menggunakan produk pemutih berupa krim wajah, lotion, atau serum. Segera oleskan produk pemutih ini pada kulit atau kuku yang sudah dilukis dengan henna.

Gosokkan pemutih ini ke kulit maupun kuku selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Biasanya warna henna akan cepat memudar dengan produk pemutih. Jika setelah dibilas masih ada sisa henna, oleskan lagi produk pemutih tersebut sampai henna di kulit maupun kuku Anda benar-benar hilang.

2. Pasta gigi

Pasta gigi

Pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan henna pada kuku dan kulit. Apalagi jika pasta gigi tersebut mengandung whitening untuk memutihkan gigi, maka pasta gigi itu akan jauh lebih ampuh dibanding pasta gigi biasa.

Oleskan pasta gigi di sikat gigi yang sudah tidak terpakai, lalu gosokkan sikat gigi itu ke kulit dan kuku yang telah dilukis dengan henna. Sama seperti produk pemutih, pasta gigi tidak dapat menghilangkan henna seutuhnya, tetapi warna henna yang tadinya sangat pekat akan memudar setelah digosok dengan pasta gigi. Gunakan secara bertahap sampai henna di kulit dan kuku hilang tak berbekas.

3. Air hangat

Air hangat

Solusi jika Anda tidak memiliki semua bahan untuk menghilangkan henna adalah dengan menggunakan air hangat. Cara membersihkan henna di kuku dan kulit dengan menggunakan air hangat sebenarnya cukup mudah, tetapi prosesnya sedikit lebih lama bila dibanding menggunakan produk pemutih atau pasta gigi.

Sediakan air hangat di dalam sebuah wadah, lalu rendam kaki atau tangan yang dilukis henna ke dalam air hangat tersebut sambil digosok secara perlahan. Lama kelamaan warna henna akan memudar. Lakukan langkah pembersihan ini setiap hari karena butuh waktu yang cukup lama jika Anda menghilangkan henna hanya dengan media air hangat saja.

4. Minyak zaitun

oles minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil ternyata dapat membantu Anda menghilangkan warna henna tanpa efek samping. Bahan yang satu ini tidak hanya dapat membersihkan henna saja, tapi juga dapat menjaga kelembaban kulit Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah merendam bola kapas dalam minyak zaitun. Kemudian, gosokkan bola kapas tersebut ke kulit atau kuku untuk membersihkan henna. Untuk mempercepat proses menghilangkan henna, Anda pun dapat mencampur sedikit garam ke dalam minyak zaitun yang akan dipakai.

5. Garam

Rendam dengan air garam

 

Di dapur Anda pasti terdapat garam untuk memasak, bukan? Nah, manfaatkan garam tersebut sebagai bahan alami untuk melengkapi cara membersihkan henna di kuku dan kulit secara mudah.

Larutkan garam di dalam air dengan perbandingan secukupnya. Setelah itu, rendam bagian tubuh yang sudah dilukis henna ke dalam air garam selama 20 menit. Sambil direndam, gosok kulit atau kuku dengan jari Anda. Proses menghilangkan henna dengan air garam ini membutuhkan 2-3 kali penggunaan, tergantung kualitas henna yang Anda pakai.

6. Kondisioner rambut

Kondisioner rambut

Percayakah Anda bahwa kondisioner yang biasa dipakai untuk melembutkan rambut ternyata bisa membersihkan henna di kulit? Ya, bila Anda tidak ingin repot mencari bahan-bahan lain, gunakan saja kondisioner yang terdapat di kamar mandi Anda.

Gosokkan kondisioner di kedua telapak tangan Anda, lalu usapkan ke bagian tubuh yang terlukis henna. Setelah diusapkan selama beberapa saat, bilas dengan air bersih. Warna henna akan memudar dan hanya perlu 2-3 kali perawatan lagi maka warna henna akan benar-benar hilang. Sayangnya, cara ini kurang efektif untuk membersihkan henna yang melekat pada kuku.

7. Lemon atau jeruk nipis

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Baik lemon maupun jeruk nipis adalah buah kaya Vitamin C dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Kedua buah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk pemutih kulit. Jika Anda bisa menggunakan produk pemutih untuk membersihkan henna, tentu tak jadi masalah jika kali ini Anda langsung memakai bahan alami yang dikenal sebagai komposisi dalam produk pemutih.

Manfaatkan air perasan lemon atau jeruk nipis ini sebagai bahan untuk menghilangkan henna. Campurkan air perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam air, lalu rendam bagian tubuh yang dilukis henna ke dalamnya. Lakukan perawatan ini setiap hari agar henna cepat hilang dari kulit dan kuku Anda. Namun, pastikan kulit Anda tidak memiliki luka karena Anda akan merasa sangat perih bila luka terkena air perasan jeruk.

8. Baby oil

Baby oil

Ada beragam cara membersihkan henna di kuku dan kulit secara mudah, salah satunya dengan memanfaatkan baby oil. Produk khusus bayi ini dapat membantu proses pembersihan henna yang melekat pada kuku dan kulit. Tak perlu menambahkan bahan apa pun lagi, cukup oleskan baby oil di kulit dan kuku yang dilukis henna.

Gosok baby oil dengan kapal sampai warna henna pudar atau hilang. Setelah itu, diamkan selama 2 menit agar baby oil merasap ke dalam kulit. Langkah yang satu ini bisa diulangi setiap hari sampai warna henna Anda benar-benar hilang. Pada umumnya, tidak butuh waktu sampai 1 minggu bila Anda menggunakan baby oil. Baby oil dapat menghilangkan henna dalam waktu beberapa hari saja.

9. Baking soda

Baking soda

Baking soda juga merupakan saah satu bahan yang dapat dipakai untuk memutihkan pakaian. Namun, kali ini baking soda akan kita manfatkan sebagai pasta untuk membersihkan henna. Caranya cukup mudah karena Anda harus menyampur baking soda dengan air perasan jeruk lemon.

Oleskan bagian kulit yang menggunakan henna dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Apabila proses pembersihan sudah selesai, maka kulit tangan Anda kembali mulus dan bisa dicat ulang oleh hennna lagi suatu saat.

10. Sabun mandi

Sabun mandi

Anda pasti tidak menyangka bahwa bahan yang sangat sederhana dapat membantu Anda dalam membersihkan henna di kulit dan kuku, bukan? Ya, penggunaan sabun mandi setiap hari dapat memudarkan warna henna secara bertahap.

Hanya saja, Anda harus memilih sabun antiseptik agar proses pembersihan henna di kuku dan kulit. Pasalnya, sabun antiseptik dapat membersihkan henna secara lebih cepat bila dibandingkan dengan sabun biasa.

Cara Membersihkan Henna di Kuku dan Kulit

10 cara membersihkan henna di kulit dan kuku ini bisa membuat Anda dapat membersihkan henna tanpa membayar biaya perawatan di salon. Yuk, pilih bahan dan cara yang paling sesuai dengan Anda untuk membersihkan henna di kulit maupun di kuku!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment