Bacaterus / Gitar / Tips & Trik Cara Membersihkan Gitar Akustik yang Benar

Tips & Trik Cara Membersihkan Gitar Akustik yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa alat musik yang paling banyak diminati di Indonesia? Jawabannya adalah gitar. Selain terlihat keren, gitar merupakan alat musik yang sangat mudah dipelajari. Harga gitar yang tidak terlalu mahal membuat alat musik yang satu ini bisa dimiliki oleh pengamen sampai personel band papan atas.

Jika Anda termasuk salah seorang yang hobi bermain gitar dan memiliki alat musik tersebut, apakah Anda sudah cukup sering membersihkan gitar Anda? Kenali tips dan cara membersihkan gitar akustik dari Bacaterus berikut ini agar Anda bisa melakukan pembersihan gitar sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Gitar Akustik

1. Bersihkan fretboard gitar

Bersihkan fretboard gitar

Cara membersihkan gitar akustik yang pertama diawali dengan pembersihan fretboard. Ini adalah bagian yang cukup penting pada gitar, selain senarnya. Kebersihan area freboard ini cukup penting untuk membuat Anda nyaman saat bermain gitar. Fretboard yang sangat kotor bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan gitar Anda.

Untuk membersihkan fretboard Anda dapat mengambil kain halus bekas, hindari kain yang berserat seperti handuk karena dapat mengakibatkan serat kain menyangkut pada fretboard. Bersihkan fretboard dengan minyak kayu putih atau cairan pembersih gitar.

2. Bersihkan body gitar

Bersihkan body gitar

Bila Anda ingin gitar Anda tampak mulus dan mengkilap, maka Anda jangan lupa membersihkan bagian body depan dan belakang gitar akustik Anda. Pembersihan body gitar memang tidak mempengaruhi kualitas suara, tapi dapat membuat Anda nyaman saat memainkannya dan lebih percaya diri saat harus tampil di depan umum.

Kotoran yang bisa menempel pada body gitar adalah debu atau minyak dari tangan kita. Untuk membersihkan body gitar Anda hanya memerlukan kain yang sudah dibasahi dengan air. Akan tetapi, tidak masalah jika Anda ingin memakai cairan pembersih gitar untuk membersihkan keseluruhan body gitar Anda.

3. Bersihkan tuning keys

Bersihkan tuning keys

Tuning keys adalah bagian yang bermanfaat untuk menyetel suara gitar. Tanpa adanya tuning keys Anda tidak bisa mengetes kualitas suara dari gitar akustik kesayangan Anda. Sama seperti ketika Anda membersihkan body guitar, Anda hanya perlu memanfaatkan kain bersih yang dibasahi dengan air untuk membersihkan tuning keys.

Akan tetapi, Anda sebagian orang yang merasa lebih nyaman jika membersihkan tuning keys dengan minyak kayu putih atau baby oil. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membersihkan bagian ini dengan cairan pembersih kaca, lho.

4. Bersihkan bridge

Bersihkan bridge

Membahas cara membersihkan gitar akustik sudah pasti membahas lengkap cara dan tips untuk membersihkan semua bagian pada gitar Anda. Bridge adalah bagian yang mungkin sering terlupakan. Padahal, pemilik gitar bisa membersihkan bridge dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air atau minyak khusus.

Bila ada kotoran yang terdapat di sela-sela bridge, maka Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan sikat gigi bekas. Caranya cukup mudah, semprot air secukupnya di sela-sela bridge gitar, lalu segera gosok dengan memakai sikat gigi bekas yang tersedia.

5. Bersihkan senar

Bersihkan senar

Nah, yang satu ini adalah bagian terpenting dalam sebuah gitar. Anda juga harus membersihkan bagian ini secara berkala agar lebih nyaman saat memainkan gitar. Senar gitar memang harus dibersihkan secara berkala karena bagian ini bersentuhan langsung dengan jari-jari yang mungkin kadang berkeringat atau berminyak.

Untuk membersihkan senar, gunakan cairan khusus yang memang diformulasikan untuk membersihkan senar gitar. Semprotkan cairan pembersih khusus senar ke kain bersih, lalu usapkan kain tersebut di setiap senar. Anda pun dapat melapisi senar dengan kain yang sudah diberi cairan pembersih, lalu cubit senar tersebut. Jika Anda menggunakan gitar secara intensif, bersihkan senar setidaknya seminggu sekali.

Tips Merawat Gitar Akustik

Selain mengetahui cara membersihkan gitar akustik, Anda juga perlu tahu beberapa tips dalam merawat gitar agar selalu bersih dan tetap menghasilkan kualitas suara yang bagus. Tips ini bisa membuat gitar Anda jadi lebih awet sehingga Anda tidak perlu sering-sering membeli gitar baru.

1. Tempatkan gitar di dalam case

Tempatkan gitar di dalam case

Untuk menjaga gitar terhindar dari debu, benturan, dan goresan, maka Anda harus menyediakan case khusus untuk gitar. Keberadaan case tidak hanya ditujukan bagi gitaris band yang sering tour keluar kota saja. Meskipun Anda hanya memainkan gitar di rumah, tak ada salahnya untuk membeli case guna menempatkan gitar Anda jika tidak sedang dipakai.

Ada 2 jenis case khusus gitar, yakni hardcase yang biasanya terbuat dari material yang keras, seperti kayu atau plastik. Hardcase digunakan bagi Anda yang sering membawa gitar berpergian atau tur. Sementara itu, softcase terbuat dari kain yang cukup tebal untuk menjaga gitar tetap bersih dan terhindar dari goresan.

2. Ganti senar secara berkala

Ganti senar secara berkala cara merawat gitar akustik

Meskipun Anda sudah membersihkan gitar secara teratur, tapi hal tersebut tidak menjamin senar Anda tidak akan rusak. Bila Anda memainkan gitar secara intensif, pasti ada kalanya senar tersebut berkarat atau putus. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka kualitas suara yang dihasilkan pun tidak akan bagus dan dapat merusak fret gitar.

Untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, ganti semua bagian senar, jangan hanya mengganti bagian yang putus atau sudah berkarat saja.

3. Jauhkan gitar dari sinar matahari atau tempat lembab

Jauhkan gitar dari sinar matahari atau tempat lembab

Mengingat gitar akustik terbuat dari kayu, maka Anda harus menjauhkan gitar tersebut dari paparan sinar matahari. Di samping itu, Anda juga harus menyimpan gitar di tempat yang kering. Pasalnya, kelembaban dan perubahan suhu yang sangat drastis dapat merusak tekstur kayu. Body gitar klasik yang umumnya terbuat dari kayu akan jadi mudah rusak dan lapuk.

4. Kendorkan senar gitar

Kendorkan senar gitar

Jarang menggunakan gitar? Anda tidak hanya perlu melakukan cara membersihkan gitar akustik secara teratur saja, tetapi Anda juga harus mengendorkan senar gitar Anda. Gitar yang tidak dipakai dalam jangka waktu panjang dapat membuat bagian senarnya melengkung. Akan tetapi, jika Anda memakai gitar secara intensif, maka Anda tak perlu mengendorkan senar gitar akustik tersebut.

5. Letakkan gitar di tempat yang aman

Letakkan gitar di tempat yang aman

Tips terakhir ini berlaku bagi Anda yang sering membawa gitar berpergian, terutama saat berpergian dengan pesawat terbang. Gitar yang diletakkan di dalam hardcase tentu harus masuk ke dalam bagasi. Pastikan ada stiker “fragile” di depan hardcase agar petugas pesawat lebih hati-hati dalam meletakkan gitar Anda.

Tak hanya itu saja, ketika gitar Anda berada di rumah, simpan di dalam softcase dan letakkan dalam standing khusus dengan posisi berdiri.

Itulah serba-serbi cara membersihkan gitar akustik yang harus Anda ketahui. Dengan membersihkan dan merawat gitar secara teratur, itu artinya Anda sudah menjaga estetika gitar Anda. Di samping itu, pembersihan di komponen tertentu juga bermanfaat untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar akustik Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Cara bersihkan boddy gitar depan belakang pake cairan apa min… Apakah boleh dgn minyak kayu putih saja?.. tks jawaban nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *