Bacaterus / Dispenser / Cara Membersihkan Dispenser agar Air Minum Lebih Higienis

Cara Membersihkan Dispenser agar Air Minum Lebih Higienis

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Minum air mineral memang lebih terjamin kebersihannya dibanding merebus air kran sendiri. Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda bahwa dispenser yang merupakan wadah bagi galon air mineral bisa menjadi sarang kotoran dan bakteri?

Walaupun bagian dalamnya terutup rapat, Anda tetap harus membersihkan bagian dalam dispenser secara teratur. Kebersihan dispenser juga menjamin kehigienisan air yang Anda minum, lho.

Dispenser adalah salah satu barang elektronik yang menggunakan tenaga listrik. Tentu saja Anda tidak bisa sembarangan mencuci dispenser seperti mencuci guci galon air minum yang tidak menggunakan tenaga listrik.

Nah, agar dispenser selalu bersih dan tidak mengalami korsleting karena dicuci, Bacaterus punya panduan cara membersihkan dispenser yang benar, nih. Simak panduan selengkapnya di sini.

Cara Membersihkan Dispenser yang Benar


Membersihkan dispenser sebaiknya dilakukan setiap 1-2 bulan sekali. Sebagian orang akan mencuci dispensernya jika galonnya sudah kosong dan air di dalam dispenser juga sudah habis.

Debu dan bagian mulut galon yang kurang bersih adalah faktor penyebab bagian dalam dispenser menjadi kotor. Walaupun tampak bersih, Anda memang harus melakukan pembersihan pada bagian dalam dispenser minimal 1-2 bulan sekali.

Bagaimana cara membersihkan dispenser yang benar? Mengingat dispenser adalah salah satu peralatan elektronik yang terhubung dengan listrik, maka bersihkan bagian dalamnya dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Cabut stop kontak dispenser untuk memutus aliran listrik ke dispenser sebelum mulai dibersihkan.
  2. Kosongkan air yang tersisa di dalam dispenser melalui kran dispenser.
  3. Lepaskan alat penampung tetesan air, penyaring air di dalam dispenser, dan kran airnya (jika memungkinkan). Cuci semua peralatan yang bisa dilepas ini di bawah pancuran air dengan sabun cair pencuci piring. Jemur di rak piring sampai kering.
  4. Gosok bagian dalam dispenser dengan spons pencuci piring yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air dan sabun cair pencuci piring. Gosok setiap sudutnya untuk memastikan seluruh bagian dalam dispenser benar-benar bersih. Setelah itu, bilas bagian dalam dispenser dengan air panas. Buka kran dispenser dan sediakan baskom di bawahnya untuk menampung air bekas cucian.
  5. Bilas kembali dengan air matang sebanyak 4 kali sampai sisa busa dari cairan pencuci piring benar-benar hilang.
  6. Untuk bagian luar dispenser, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  7. Setelah bagian dalam dispenser agak kering, silakan pasang galon air yang baru. Jangan lupa untuk membersihkan leher dan bibir galon dengan tisu steril yang biasa diperoleh ketika membeli galon air mineral, lalu pasang galon di atas dispenser.

Cara membersihkan dispenser ini berlaku untuk membersihkan jenis dispenser galon atas. Jadi, Anda tidak bisa menggunakan panduan ini untuk membersihkan dispenser galon bawah.

Cara Praktis Bersihkan Dispenser Galon Bawah

Cara Praktis Bersihkan Dispenser Galon Bawah Cara Membersihkan Dispenser

Di zaman modern seperti ini, berbagai inovasi telah dikembangkan untuk memudahkan manusia. Jika Anda harus mengangkat galon yang berat untuk dipasang di dispenser konvensional alias dispenser galon atas, dengan menggunakan dispenser galon bawah Anda tidak perlu repot-repot mengangkat galon karena kita hanya perlu meletakkan galon yang baru di ruang bagian bawah dispenser.

Kemudian, ada pipa khusus yang akan menyalurkan air dari dalam galon ke kran dispenser. Bagi Anda yang menggunakan dispenser galon bawah, simak panduan cara membersihkan dispenser galon bawah berikut ini:

  1. Jika pipa yang menghubungkan galon dengan kran air bisa dilepas, lepas pipa tersebut untuk dicuci menggunakan sabun cair pencuci piring.
  2. Apabila pipanya tidak bisa dilepas, sediakan baskom berisi larutan air dengan sabun pencuci piring. Kemudian, masukkan pipa ke dalam baskom dan buka kran dispenser. Jangan lupa untuk menyediakan baskom kosong untuk menampung air yang keluar dari kran dispenser.
  3. Untuk membilas pipa, masukkan pipa ke dalam baskom berisi air panas, lalu buka kembali kran airnya. Bilas pipa bagian dalam dengan cara ini sebanyak 4 kali sampai busanya benar-benar hilang.
  4. Bersihkan bagian luar dispenser dengan menggunakan kain lap basah yang bersih.
  5. Lepas kran dan alat penampung air untuk dicuci secara terpisah dengan menggunakan sabun cair pencuci piring.

Pada dasarnya, membersihkan dispenser galon bawah ini lebih mudah ketimbang membersihkan dispenser galon atas. Pasalnya, tidak ada tabung untuk menampung air dari dalam galon pada dispenser galon bawah.

Cara Menghilangkan Bau Plastik pada Dispenser

Cara Menghilangkan Bau Plastik pada Dispenser

Ketika membeli dispenser baru, tentu saja bau plastiknya masih sangat menyengat. Bau plastik ini juga bisa mengurangi kesegaran air minum. Jadi, Anda harus segera mencari cara menghilangkan bau plastik pada dispenser agar air minum tidak turut terkontaminasi dengan baunya.

Dispenser yang baru dibeli bisa langsung dibersihkan dengan cara membersihkan dispenser di atas. Namun, untuk menghilangkan bau plastik dispenser baru, gunakan beberapa bahan berikut ini:

  • Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

* sumber: www.thedailybeast.com

Jeruk nipis adalah bahan alami yang dapat menghilangkan bau plastik pada dispenser baru sekaligus menghilangkan bakteri yang mengendap di dalam dispenser. Peras 1-2 buah jeruk nipis, lalu campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat.

Masukkan air hangat ke dalam dispenser dan biarkan di dalam selama 5 menit. Setelah 5 menit, buka kran dispenser untuk membuang sisa larutan jeruk nipis. Tuangkan kembali air panas ke dalam dispenser untuk membilas, lalu keringkan bagian dalam dispenser dengan kain lap bersih.

  • Garam

Garam

Larutan air garam juga dapat menghilangkan bau plastik yang melekat pada dispenser baru. Anda hanya perlu mencampur air hangat dengan air garam, lalu tuangkan ke dalam dispenser. Biarkan air garam berada di dalam dispenser Anda semalaman.

Keesokan harinya, buang air garam dari dalam dispenser, lalu bilas bagian dalam dispenser dengan air matang sebanyak 3 kali. Garam akan menyerap aroma plastik yang menyengat di dalam dispenser.

Tips Menjaga Kebersihan Dispenser

Tips Menjaga Kebersihan Dispenser

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari dapat menentukan kesehatan tubuh kita. Jika Anda ingin menjaga kesehatan, mulailah dari hal yang sederhana seperti membersihkan dispenser secara teratur. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk senantiasa menjaga kebersihan dispenser:

  • Bersihkan bagian dalam dispenser minimal 1-2 bulan sekali.
  • Gunakan penutup saluran air kran dispenser untuk melindungi dari lalat, tikus, atau binatang lainnya yang berusaha menyentuh atau mencium mulut kran dispenser.
  • Bersihkan leher dan bibir galon dengan kain lap basah, lalu gosok dengan tisu steril sebelum dipasang ke dispenser.

Langkah-langkah sederhana untuk menjaga kebersihan dispenser ini dapat menjamin kehigienisan air yang Anda minum sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan cara membersihkan dispenser yang kami bagikan ini setiap 1-2 bulan sekali. Pastikan Anda dan keluarga selalu mengkonsumsi air mineral yang bersih dari dispenser yang higienis.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *