Bacaterus / Cuci Piring / Cara Membersihkan Botol Tupperware Agar Bersih & Bebas Bau

Cara Membersihkan Botol Tupperware Agar Bersih & Bebas Bau

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Banyak orang tertarik untuk memiliki botol atau perlengkapan lain dari Tupperware. Padahal, harga barang-barang yang ditawarkan Tupperware tidaklah murah. Tupperware adalah merk peralatan rumah tangga yang berupa wadah penyimpanan dan wadah penyajian yang dibuat dari material plastik. Meskipun desainnya sederhana, produk dari Amerika Serikat ini memang sangat laris di pasaran.

Bila Anda memiliki botol Tupperware, maka Anda harus memperhatikan kebersihan botol tersebut agar selalu bersih dan bebas bau. Berikut ini adalah panduan mengenai cara membersihkan botol Tupperware dari Bacaterus yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Cuci botol Tupperware yang masih baru

Cuci botol Tupperware yang masih baru cara membersihkan botol tupperware

“Tidak perlu dicuci kan botol Tupperware-nya masih baru” Apakah Anda memiliki pikiran seperti ini kala mendapatkan botol Tupperware baru? Jika ya, ubah pola pikir Anda tersebut karena botol yang masih baru pun juga harus dicuci sebelum dipakai. Pasalnya, botol tersebut sudah terkontaminasi oleh debu, kuman, dan kotoran sejak diproduksi di pabrik hingga sampai ke tangan Anda.

Cara membersihkan botol Tupperware yang baru sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi botol dengan air panas, lalu tuangkan sedikit cairan pencuci piring. Selanjutnya, kocok botol tersebut hingga air panasnya berbusa.

Setelah itu, bilas botol dengan air bersih dan rendam di dalam air panas untuk menghilangkan sisa sabun. Cara mencuci botol Tupperware baru untuk pertama kali ini seharusnya menggunakan spons lembut agar tidak merusak bagian dalam botol.

Tips menghilangkan bau di botol Tupperware

Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana botol Tupperware berbau tidak sedap meskipun sudah dicuci dengan sabun hingga berkali-kali? Atau mungkin bau dari minuman yang sebelumnya menempati botol tersebut masih tercium dan mempengaruhi aroma minuman yang baru diisi ke botol tersebut?

Tak perlu panik jika Anda mengalami hal ini karena Bacaterus akan memberi beberapa tips untuk menghilangkan bau di botol Tupperware. Cara membersihkan botol Tupperware yang berbau tidak sedap bisa dilakukan dengan bantuan beberapa bahan berikut ini:

  • Koran

Tips menghilangkan bau di botol Tupperware

Punya koran bekas yang tidak terpakai? Yuk, manfaatkan koran tersebut untuk menghilangkan bau pada wadah Tupperware termasuk botol. Anda hanya perlu meremas koran tersebut agar bisa masuk ke dalam botol, lalu tutup botol rapat-rapat. Biarkan koran berada di dalam botol selama semalaman.

Keesokan harinya keluarkan koran dari dalam botol, maka bau yang melekat pada botol akan menempel pada koran tersebut. Jangan lupa untuk mencuci botol dengan sabun pencuci piring setelah mengeluarkan koran.

  • Cuka

Cuka putih

Selama ini cuka dikenal sebagai bahan makanan yang juga bisa menghilangkan noda di baju putih. Tidak hanya mampu menghilangkan noda, ternyata cuka juga dapat membantu Anda menghilangkan bau di botol Tupperware.

Masukkan air ke dalam botol, lalu tambahkan 3 tetes cuka ke dalamnya. Diamkan air larutan cuka ini selama 30 – 60 menit di dalam botol. Setelah itu, buang air cuka yang berada di dalam botol. Cuci botol sebanyak 2 kali dengan sabun pencuci piring agar tidak bau cuka.

  • Daun teh kering

Daun teh kering

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada botol Tupperware kesayangan Anda, gunakan serbuk teh yang siap diseduh. Namun, Anda tidak perlu menyeduh teh tersebut karena yang digunakan hanyalah serbuk teh kering saja.

Masukkan daun teh ke dalam botol, lalu tutup botol sampai rapat dan diamkan semalaman. Hindari penggunaan daun teh bekas diseduh karena dapat meninggalkan noda di dalam botol Anda.

  • Jeruk nipis / lemon

Jeruk nipis lemon

Bahan alami yang satu ini tidak hanya dapat mengatasi bau pada botol, tapi juga dapat menghilangkan noda teh di botol atau segala jenis noda yang membekas.

Pertama, iris buah jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian. Peras air buahnya ke di dalam botol. Selanjutnya, gosokkan irisan jeruk ini ke bagian dalam botol untuk membersihkan bau dan noda yang melekat pada botol. Sesudah itu, bilas dengan air hangat dan cuci kembali dengan sabun pencuci piring.

  • Baking soda

Baking soda tupperware

Baking soda adalah bahan yang serbaguna. Selain bisa dipakai untuk menghilangkan noda di baju dan melembutkan daging yang alot, baking soda juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau atau noda di botol Tupperware Anda.

Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke dalam botol. Kemudian, gosok baking soda dengan handuk basah untuk melunturkan noda-noda yang melekat pada botol. Akhiri dengan membilas botol dan mencucinya sampai bersih.

Cara sterilisasi botol Tupperware

Tak hanya membersihkan saja, Anda pun perlu melakukan sterilisasi pada botol Tupperware, terutama jika Anda dan keluarga memakai botol tersebut untuk menempatkan air minum. Sterilisasi ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan air, baking soda, dan cairan sabun pencuci piring ke dalam botol
  2. Kocok botol tersebut agar semua bahan di dalamnya tercampur dan biarkan cairan tersebut tetap berada di dalam botol semalaman
  3. Buang cairan yang berada di dalam botol, lalu bilas botol dengan air hangat
  4. Lanjutkan dengan mencuci bagian dalam, mulut, dan tutup botol menggunakan cairan sabun pencuci piring
  5. Bilas sampai bersih dan jemur botol dalam keadaan tengkurap

Sterilasasi ini sangat perlu apabila Anda hendak menggunakan botol Tupperware yang sudah disimpan lama. Di samping itu, Anda pun perlu melakukan strelisasi agar botol Tupperware yang dipakai tetap bersih dan higienis.

Tips merawat botol Tupperware

Ingin memiliki botol Tupperware yang awet dan bebas bau? Itu artinya Anda harus mulai memperhatikan perawatannya. Berikut adalah tips umum dalam merawat botol plastik dari Tupperware:

  • Gunakan botol hanya untuk minuman

Gunakan botol hanya untuk minuman

Adakah dari Anda yang kerap kali memakai botol Tupperware untuk menempatkan sabun atau kuah makanan? Percayalah jika Anda menggunakan botol untuk meletakan hal lain selain minuman, maka botol tersebut akan berbau dan mencemari minuman Anda.

Berbagai cara membersihkan botol Tupperware pun tidak akan menolong Anda untuk menyingkirkan bau tersebut. Oleh karena itu, hanya gunakan botol Tupperware untuk mengisi minuman.

  • Jangan panaskan botol Tupperware

Jangan panaskan botol Tupperware

Tidak semua jenis botol plastik kompatibel berada dalam suhu yang sangat tinggi. Hindari kebiasaan memanaskan botol di dalam microwave karena hal tersebut dapat merusak botol. Selain itu, plastik yang dipanaskan juga akan berubah menjadi zat kimia berbahaya yang tentunya akan mencemari makanan atau minuman yang berada dalam botol tersebut.

Melalui serba-serbi seputar cara membersihkan botol Tupperware ini Anda jadi mengetahui beberapa tips untuk mengatasi bau di dalam botol dan menghilangkan noda yang selama ini sulit dihilangkan. Punya tips lain dalam merawat wadah Tupperware kesayangan Anda? Yuk, bagikan tips Anda kepada kami dan pembaca lainnya di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Sri Rahayu Wartiningsih berkata:

    Terima kasih tipsnya Bacaterus

    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *