Bacaterus / Lifestyle / 6 Cara Memberi Nasihat pada Orang Tua dengan Baik dan Benar

6 Cara Memberi Nasihat pada Orang Tua dengan Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Menasihati orang, terutama orang yang lebih tua, terkadang terasa begitu sulit. Apalagi posisi kamu adalah sebagai seorang anak yang notabene berusia lebih muda ketimbang orangtuamu. Tidak jarang, para orangtua yang biasanya memberikan nasihat, justru meminta nasihat kepada para anak mereka. Nah, ternyata menasehati orangtua punya caranya tersendiri, lho.

Kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai 6 cara menasihati orang tua dengan baik dan benar, agar tidak menyinggung perasaan mereka. Mau tahu apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak langsung pembahasannya di bawah ini, ya.

6 Cara Menasehati Orangtua

1. Cari Tahu Alasannya

Cara menasehati orangtua Father and Son

* sumber: www.kiplinger.com

Pertama, cari tahu alasan mengapa orangtuamu membutuhkan nasihat atau saranmu. Tanyakan kepada mereka dengan menggunakan tutur kata yang halus dan sopan, supaya orang tuamu tidak tersinggung.

2. Mintalah Izin untuk Memberi Nasihat

parents2

* sumber: www.eastidahonews.com

Kedua, mintalah izin pada Ibu atau Ayahmu, saat hendak memberi nasihat. Bagaimanapun juga, mereka adalah orangtua yang telah membesarkan kita. Jadi, sampaikan pada orangtuamu kalau kamu mau meminta izin terlebih dahulu sebelum memberi nasihat, ya, baik saat mereka sendiri yang meminta nasihatmu atau tidak.

3. Gunakan Bahasa yang Baik

MAC17_ITALY_CAROUSEL (Copy)

* sumber: www.macleans.ca

Selanjutnya, jangan memberi nasihat kepada kedua orang tuamu dengan bahasa tak enak didengar, apalagi bahasa yang kasar. Hal tersebut dapat menyakiti hati mereka. Maka dari itu gunakanlah bahasa yang baik, halus, serta enak didengar. Jangan sampai menggunakan bahasa yang tidak pantas untuk memberi nasihat atau saran kepada kedua orang tuamu.

4. Dengarkan Mereka

mae-filha-amigas-65537 (Copy)

* sumber: wwwpordentroemrosa.blogspot.com

Ketika berbicara dengan orangtuamu, usahakan untuk mendengarkan mereka dan tunggu hingga mereka selesai berbicara. Hindari memotong pembicaraan ketika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua usianya darimu untuk menunjukkan rasa hormatmu kepada mereka. Nah, jadilah pendengar yang baik, ya.

5. Jangan Bersikap Arogan

dad-scolding-teen-1024x538 (Copy)

* sumber: mentoringyoungadults.com

Ya, hindarilah untuk bersikap arogan saat berbicara dan memberi nasihat kepada orang tua. Jangan merasa dirimu adalah yang paling tahu dan mengerti segalanya. Dan jangan paksa orang tuamu untuk mengikuti nasihatmu. Mereka telah lebih dulu lahir ke dunia dan biasanya lebih mengerti berbagai hal tentang kehidupan dibanding dirimu. Biarkanlah orangtuamu memilih, selama pilihan itu baik bagi mereka.

6. Bersabarlah

practical-things-to-discuss-with-aging-parents-600x338 (Copy)

* sumber: blog.prarambhlife.com

Orang tua, bagaimanapun mereka adalah orang yang selalu bersabar menghadapi dirimu, memberi nasihat kepadamu dan membesarkanmu. Bersabarlah ketika memberi nasihat kepada mereka, karena tak semua orang tua dapat menerima nasihat dari anaknya yang berusia lebih muda. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan 5 cara di atas untuk memberikan nasihat kepada mereka.

Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Orangtua

adult_with_parent_shapecharge (Copy)

* sumber: www.accountingweb.com

1. Ajaklah Mereka Berbicara

Ketika kamu sedang libur bekerja atau kuliah dan ingin menghabiskan waktu di rumah saja, jangan lupa untuk mengajak kedua orang tuamu berbicara atau sekedar mengobrol dengan mereka. Ceritakan tentang hal yang kamu alami di kampus atau tempat kerja, bahkan cerita tentang pasangan atau pacarmu. Sering-seringlah ajak kedua orangtuamu ngobrol, agar hubungan kalian tetap terjaga dengan baik.

2. Minta Nasihat Mereka

Nah, sebagai anak, kamu juga memiliki hak untuk memberi nasihat kepada orangtua, namun dengan cara yang baik dan benar tentunya. Di sisi lain, kamu juga pasti membutuhkan nasihat atau saran mereka. Jangan ragu untuk berbicara dan meminta nasihat dari kedua orangtuamu. Karena mereka yang paling mengerti tentang dirimu dibandingkan orang lain.

Tapi, jangan lupa gunakan tutur kata yang halus dan sopan. Bila kamu tidak setuju dengan nasihat atau saran yang mereka berikan padamu, sampaikan pada orang tuamu dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

3. Hormati Mereka

Yup, sebagai seorang anak, kamu tentu harus menghormati kedua orang tuamu. Ucapkanlah kata “terima kasih” kala mendapat bantuan dari mereka. Sering-seringlah memberikan mereka pujian untuk membuat hatinya senang.

4. Tunjukkan Bahwa Kamu Percaya

Menunjukkan bahwa kamu mempercayai kedua orang tuamu adalah salah satu cara untuk menjaga agar hubungan kamu dengan orang tua tetap berjalan dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, janganlah ragu untuk menceritakan hal yang bersifat personal kepada kedua orang tuamu. Hal ini bisa menumbuhkan keyakinan pada diri mereka kalau kamu mempercayai dan menghormati pendapatnya.

5. Gunakan Cara Pandang Mereka

Sesekali kamu perlu menggunakan cara pandang mereka untuk mengatasi masalah yang kamu alami, agar kamu dapat mengerti bagaimana rasanya berada di posisi kedua orangtuamu.

Misalnya, kalau kamu merasa marah dan sedih karena orang tuamu melarang kamu bekerja di luar negeri atau sekolah di luar kota, cobalah berpikir sejenak dan gunakan perspektif mereka. Orang tua terkadang melarang anaknya bepergian jauh karena terlampau khawatir.

Jika hal ini adalah yang menjadi keinginanmu dan kamu yakin bahwa kamu dapat mengatasi segala hal yang membuatmu khawatir, maka sampaikan kepada kedua orang tuamu dengan baik dan sopan.

6. Patuhi Peraturan

Setiap orang tua biasanya menerapkan beberapa peraturan kepada anaknya. Misalnya, jika kamu adalah perempuan dan kedua orang tuamu melarang kamu pulang malam tanpa alasan yang jelas, maka usahakan untuk mematuhi kedua orang tuamu. Mereka menerapkan ‘peraturan’ semacam ini agar putrinya terhindar dari bahaya ataupun hal buruk lainnya yang bisa menimpamu.

Atau, jika orang tuamu membuat peraturan sederhana di rumah, misalnya setiap anggota keluarga diwajibkan untuk mencuci piring sendiri setelah makan, usahakan juga untuk tetap mematuhinya. Secara tidak langsung kamu belajar tentang disiplin dan membantu meringankan beban Ibumu di dapur.

7. Jadilah Pemaaf

Memaafkan kesalahan seseorang akan sangat sulit bila tanpa disertai dengan adanya keikhlasan, termasuk memaafkan kedua orang tua kita yang bisa saja berbuat salah atau secara tidak langsung telah menyakiti hati dan perasaan kita. Jika hal ini terjadi, ingatlah hal baik yang telah mereka lakukan padamu. Jadilah pemaaf dan cobalah memahami bahwa kedua orang tuamu juga adalah manusia, sama seperti dirimu.

8. Berusahalah untuk Tetap Tenang

Menurut lifehack, jika kamu dan kedua orang tuamu terlibat dalam pertengkaran atau adu argumen, usahakan agar tetap tenang. Jangan sampai kamu mengeluarkan reaksi berlebihan, beragam umpatan ataupun kata kasar yang tak enak didengar meskipun kamu marah agar tidak menyakiti hati keduanya.

9. Beri Mereka Hadiah

Cara lain untuk menjaga agar hubunganmu dengan orang tua tetap erat adalah dengan memberikan mereka hadiah. Misalnya, Anda bisa berikan hadiah pada saat hari ulang tahun mereka, hari jadi pernikahan, ataupun di hari biasa yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan hari ulang tahun atau hari jadi pernikahan. Memberi hadiah kepada kedua orang tua tentu tidak harus selalu mahal. Walaupun sederhana, orang tuamu pasti akan tetap menerimanya dan tentu merasa bahagia.

10. Ajak Orang Tuamu Jalan-Jalan

Sesekali ajaklah kedua orangtuamu jalan-jalan. Jangan ngajak jalan pacar terus, ya! Bawalah kedua orang tuamu ke tempat yang disukai oleh mereka. Misalnya, tempat di mana mereka dahulu berkenalan, atau bahkan sekedar mengajak mereka bepergian ke pantai hingga piknik bersama. Percaya, deh, orang tuamu akan merasa senang dan bahagia serta hubungan kalian akan semakin erat.

Itulah 6 cara menasihati orang tua dengan baik dan benar, beserta beberapa tips untuk menjaga hubunganmu dengan kedua orang tua tetap berjalan baik dan juga lancar. Nah, jika kamu mengalami masa sulit karena hubunganmu dan pasangan tidak mendapat restu dari orang tuamu, simak artikel 10 Cara Meluluhkan Hati Orang Tua agar orang tuamu dapat mengerti dan memberi restu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment