Bacaterus / Ikan Lele / Cara Mudah Bedakan Ikan Lele Jantan dan Betina dari Fisiknya

Cara Mudah Bedakan Ikan Lele Jantan dan Betina dari Fisiknya

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang sangat familiar terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah tropis. Ikan yang mempunyai patil sebagai alat pertahanan diri ini disukai karena dagingnya yang lezat dan bercita rasa manis gurih.

Perkembangbiakan ikan lele tergolong mudah dan sederhana. Ikan lele dikenal sebagai ikan air tawar yang mempunyai daya tahan kuat. Hal paling mendasar untuk diketahui dalam pengembangbiakan ikan lele adalah mengetahui dan memahami jenis kelamin ikan lele. Hal tersebut gampang-gampang susah dilakukan. Terlihat sepele namun pengaruhnya signifikan.

Tentang Ikan Lele

Tentang Ikan Lele

* sumber: hot.liputan6.com

Ikan lele atau catfish merupakan jenis ikan air tawar yang keberadaannya sangat mudah ditemukan. Siapapun pasti mengenal dan familiar dengan ikan yang tak mempunyai sisik ini. Ikan lele mendiami perairan di semua benua, baik itu di perairan pantai dan di pedalaman.

Penyebarannya hampir merata ke seluruh penjuru dunia termasuk di Antartika. Menurut catatan Grande and Eastman, 1986 di kutub selatan yang mempunyai suhu paling ekstrim di muka bumi ini pernah ditemukan fosil ikan lele.

Di negara Amerika selatan, Afrika dan Asia penyebaran ikan ini merupakan yang paling melimpah. Lebih dari setengah dari seluruh spesies ikan lele hidup di Amerika. Jenis ikan lele tersebut adalah blue catfish dan flathead catfish. Keduanya spesies terbesar di Amerika.

Ikan lele tersebut mendiami berbagai perairan di daratan Amerika seperti di kolam-kolam, danau, bendungan dan sungai-sungai. Sementara di Asia Tenggara terdapat kurang lebih 20 jenis ikan lele.

Namun, yang sering dijadikan sebagai bibit unggul dalam budidaya lele baru terdapat 6 jenis. Jenis Ikan lele tersebut mempunyai nilai ekonomis penting sebagai komoditas akuakultur.  Di Indonesia ada beberapa varietas unggulan yang banyak dibudidayakan oleh peternak.

Di antaranya, ikan lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyotn, lele masamo, lele mutiara dan lele mandalika. Ikan lele tersebut merupakan hasil uji coba dan perkembang biakan lele oleh para ahli.

Cara Bedakan Jenis Kelamin Ikan Lele Jantan dan Betina

Cara Bedakan Jenis Kelamin Ikan Lele Jantan dan Betina

* sumber: www.popmama.com

Pamor ikan lele sebagai lahan bisnis membuat orang tertarik membudidayakannya. Berternak lele terbilang praktis dan mempunyai peluang yang menjanjikan. Bagi peternak lele ada beberapa hal yang wajib dikuasai dan dipahami.

Selain proses dan tahapan pengembang biakan, yang paling utama dari pada itu adalah mengetahui dan memahami ikan lele terutama jenis kelaminnya. Sayangnya, cukup sulit membedakan ikan lele jantan dan betina. Agar tidak kesulitan membedakannya ikuti cara ini.

1. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Bentuk dan Ukuran Tubuh

* sumber: food.detik.com

Sekilas, bentuk tubuh ikan lele terlihat sama. Terlebih bagi mereka yang awam terhadap ikan lele. Maka dari itu sebaiknya sering-sering melakukan observasi bentuk fisik ikan lele agar hapal masing-masing jenis kelaminnya.

Jika diperhatikan lebih seksama bentuk tubuh ikan lele jantan dan betina berbeda. Ikan lele jantan mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan bentuk yang memanjang dan ramping. Sedangkan bentuk tubuh ikan lele betina lebih bulat dan ukuran tubuhnya lebih besar.

Bentuk perut ikan lele jantan dan betina pun tidak sama. Perut ikan lele betina lebih luas dan lebar. Kalau diraba teksturnya halus dan lembut. Sebaliknya, bentuk perut jantan lebih sempit dan tidak selembut permukaan kulit perut ikan lele betina.

Bentuk perut ikan lele betina juga lebih membulat. Sedangkan ikan lele jantan memiliki perut yang lebih sempit.

2. Bentuk Moncong dan Ukuran Kepala

Bentuk Moncong dan Ukuran Kepala

* sumber: www.theguardian.com

Untuk membedakan ikan lele jantan dan betina dapat diperhatikan dari bentuk moncong. Moncong ikan lele jantan lancip dan panjang. Bentuk moncong seperti ini mempermudah penangkapan ikan lele yang terkenal licin.

Sementara itu, bentuk moncong ikan lele betina lebih bulat dan lebar. Untuk menangkap ikan lele betina perlu memperhatikan gerakan ikannya. Pastikan kamu memegang bagian yang tepat agar ikan lele tersebut tidak lolos dari genggamanmu.

Di samping itu, ukuran kepala ikan jantan lebih kecil dan ramping. Bentuk kepalanya terlihat agak rata dan pendek. Untuk ikan lele betina, ukuran kepalanya lebih besar dan lebih panjang dari ikan lele jantan.

3. Ukuran Sirip

Ukuran Sirip

* sumber: www.emedicinehealth.com

Jenis kelamin ikan lele dapat kamu bedakan dari ukuran siripnya. Jika ukuran siripnya lebih panjang dapat dipastikan itu adalah ikan lele jantan. Dan jika siripnya lebih pendek, ikan itu berarti ikan lele betina.

Warna sirip ikan lele jantan dan betina pun berbeda. Sirip ikan lele betina lebih gelap dibandingkan dengan warna sirip ikan jantan yang berwarna lebih terang.

4. Kelincahan Gerakan

Kelincahan Gerakan

* sumber: oceana.org

Bentuk ikan lele jantan lebih ramping dan panjang, hal tersebut membuat ikan lele jantan bergerak dengan lincah dan gesit. Sedangkan ikan lele betina lebih pasif dan tidak banyak bergerak di dalam kolam.

Namun, ini tidak mutlak benar. Sebab kondisi fisik ikan lele mempengaruhi. Bisa saja ada ikan lele betina yang bergerak lincah karena sangat sehat dan dalam kondisi yang baik.

Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dalam pengamatan pergerakan dan pemahaman tentang ikan lele. Keagresivitas kedua jenis ikan lele ini pun berbeda.

Ikan lele jantan lebih agresif dan mendominasi. Hal itu dapat terlihat pada proses perkawinan. Ikan lele jantan bergerak lebih cepat dan aktif. Ia pun lebih sering mengajak betinanya bertarung.

Baca juga: 9 Jenis Ikan lele yang Biasa Dikonsumsi dan Dibudayakan

5. Pigmentasi pada Bagian Dada dan Corak Bintik

Pigmentasi pada Bagian Dada dan Corak Bintik

* sumber: www.insider.com

Membedakan lele berdasarkan jenis kelaminnya dapat dilihat dari perbedaan warna kulit di beberapa bagian tubuh ikan lele. Pada bagian dada ikan lele jantan warnanya lebih gelap. Biasanya cenderung berwarna biru gelap atau abu-abu dengan burik abu-abu.

Sementara itu, warna ikan lele betina lebih terang. Di bagian tersebut betina tidak memiliki corak atau burik khusus seperti ikan lele jantan.

Corak bintik serupa dapat ditemukan pada bagian sirip ikan lele. Ikan lele jantan dewasa memiliki bintik-bintik kecil di bagian punggung. Dan, ikan lele betina tidak memiliki corak apapun. Seluruh tubuhnya berwarna dan bertekstur sama.

6. Cairan yang Dilepaskan Saat Diurut

Cairan yang Dilepaskan Saat Diurut

* sumber: www.chesapeakecatfish.com

Ikan lele jantan dewasa yang sudah memasuki usia kawin memiliki cairan sperma yang berwarna putih kental. Jika perut ikan lele jantan diurut sampai bagian ekor, cairan tersebut akan keluar. Sementara untuk betina, sel indung telur berwarna kekuningan.

Pada saat kamu hendak mengawinkan ikan lele sebaiknya kamu teliti dulu jenis kelamin ikan lele yang hendak dijadikan indukan. Jangan sampai kamu salah mengawinkan indukan untuk perkembangbiakan lele.

Tidak sulit bukan membedakan jenis kelamin ikan lele jantan dan betina dari ciri fisiknya? Jika terbiasa dengan ikan lele pasti kamu bakal mudah menebak mana ikan lele jantan dan betina hanya melihat sekilas dari bentuk tubuhnya saja.

7. Bentuk Alat Kelamin

Bentuk Alat Kelamin

* sumber: www.chesapeakecatfish.com

Cara lain untuk mengetahui jenis kelamin ikan lele adalah dengan mengamati bentuk alat kelamin ikan tersebut. Kedua jenis kelamin ikan ini memiliki bentuk yang berbeda.

Ikan lele jantan dewasa memiliki alat kelamin yang berbentuk seperti puting memanjang lurus ke belakang. Letak alat kelamin ikan lele jantan berada di bawah anus.

Sedangkan bentuk kelamin ikan lele betina lebih lonjong hampir menyerupai bentuk daun. Alat kelamin ikan lele betina dewasa akan berwarna kemerahan jika telah memasuki fase siap kawin.

8. Jumlah Lubang di Bawah Tubuh

Jumlah Lubang di Bawah Tubuh

* sumber: qomaruna.com

Ikan lele jantan dan betina mempunyai lubang di bagian tubuhnya yang berfungsi sebagai organ reproduksi dan organ untuk mengeluarkan kotoran. Pada ikan lele betina terdapat dua lubang di bagian bawah tubuhnya.

Masing-masig lubang pada tubuh ikan lele betina berperan dalam proses perkawinan dan untuk sekresi. Sedangkan sang jantan hanya memiliki satu lubang yang diproyeksikan sebagai agen reproduksi.

Cara paling efektif membedakan jenis kelamin lele jantan dan betina lainnya adalah dengan proses pembedahan. Namun, tentu itu sangat sulit dilakukan mengingat keterbatasan media dan alat bedah. Maka dari itu melihat ciri fisik ikan lele adalah cara alternatif yang lebih praktis dan sederhana.

Semakin sering mengamati ikan lele, akan semakin hafal kondisinya. Maka jika kamu berminat untuk membudidayakan ikan lele, cara tadi dapat membantumu membedakan ikan lele jantan dan betina.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *