bacaterus web banner retina

7 Cara Membedakan Helm INK Asli dan Palsu dengan Mudah

INK adalah merk helm yang cukup ternama di Indonesia. Kualitas helmnya tidak perlu diragukan lagi dan sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Ketika meletakkan helm INK di parkiran sepeda motor, wajar saja jika kita merasa was-was karena banyak juga “maling” yang mengincar helm ini. Maklum, helm INK dibandrol dengan harga yang cukup mahal di pasaran.

Karena helm INK termasuk helm yang mahal, maka banyak juga produk helm INK palsu atau KW. Sayangnya, tak sedikit oknum pedagang yang menawarkan helm INK abal-abal ini dengan harga yang setara dengan helm INK asli. Kalau sudah begini pasti customer lah yang dirugikan.

Agar Anda tidak tertipu ketika ingin membeli helm INK palsu, cermati cara membedakan helm INK asli dan palsu yang akan Bacaterus bagikan di bawah ini.

7 Cara Membedakan Helm INK Asli dan Palsu

1. Nomor Seri

Cara Membedakan Helm INK Asli dan Palsu

Cara membedakan helm INK asli dan palsu yang pertama adalah meneliti nomor serinya. Sekedar informasi, nomor seri setiap helm INK berbeda-beda. Letak nomor seri ini ada di bagian dalam helm sehingga Anda memang harus mengintip bagian dalam helm sebelum membeli.

Sebelum deal, periksa nomor seri helm INK yang Anda sukai dengan nomor seri di helm-helm INK lain di toko itu. Jika nomor serinya sama dengan beberapa helm, maka dapat dipastikan bahwa toko yang Anda kunjungi menjual helm INK palsu.

Nomor seri memang bukan jaminan mutlak untuk membedakan helm INK yang asli dengan yang palsu. Namun, jika nomor seri helm yang Anda pegang ternyata sama dengan nomor seri helm INK lain di toko itu, maka carilah toko helm lainnya yang lebih trusted.

2. Massa Helm

Massa Helm

Selain dilihat dari nomor serinya, Anda pun bisa membedakan antara helm INK asli dengan yang palsu melalui berat (massa) helmnya. Coba jinjing sebuah helm INK dengan salah satu tangan Anda dan cermati dari beratnya.

Helm INK yang sangat berat atau terlalu ringan mungkin adalah helm INK palsu karena sejatinya produk yang asli memiliki massa yang cukup seimbang, tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu ringan.

Apabila helm INK yang Anda jinjing sangat ringan, itu artinya terbuat dari material plastik yang mudah pecah. Di samping itu, helm tersebut juga tidak dilapisi pelindung anti pecah. Sementara helm INK yang asli beratnya medium karena terbuat dari material plastik terbaik dan dilengkapi dengan rangka pelindung anti pecah.

3. Finishing Cat

Finishing Cat

Barang yang asli tentu memiliki mutu dan kualitas yang lebih baik ketimbang barang palsu. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu cara membedakan helm INK asli dan palsu dari finishing catnya. Selayaknya barang asli pada umumnya, finishing cat pada helm INK ori pasti sangat halus, bagus, dan tak bercela.

Sebaliknya, jika Anda menemukan finishing cat yang nampak bergelombang, kusam, dan tidak rata, maka waspadalah bisa jadi itu adalah barang palsu. Jadi, cermati baik-baik finishing cat dari helm INK yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda membeli helm INK palsu dengan finishing cat yang cacat atau buruk.

4. Logo SNI

Logo SNI

Tak dapat dipungkiri bahwa logo Standar Nasional Indonesia (SNI) bisa menjadi acuan untuk membandingkan helm INK yang asli dan palsu. Meskipun ada juga helm palsu yang juga menyertakan logo SNI, tapi Anda tetap harus jeli dalam membandingkan logo SNI asli maupun palsu.

Di helm INK yang palsu, logo SNI-nya hanya berbentuk stiker. Sementara itu, helm INK yang asli memiliki logo SNI yang nampak tercetak di body bagian luar helm. Cetakan SNI ini tidak bisa dihapus apalagi dikelupas dengan mudah seperti stiker.

5. Kaca Film

Kaca Film

Cara membedakan helm INK asli dan palsu juga bisa dicermati dari kaca filmnya. Sebagai merk helm berkualitas tinggi, tentu saja kaca film yang dipakai di setiap helm INK ini sangat bermutu. Hal tersebut ditujukan agar penggunanya selalu memperoleh pengalaman yang menyenangkan ketika memakai helm INK.

Kaca film helm INK yang asli sudah dilapisi dengan pelumas gel sinetik yang anti air. Apabila Anda ingin mengetesnya, Anda bisa meneteskan air di bagian depan kaca helm. Jika airnya langsung jatuh dan tidak meninggalkan noda air, maka dapat dipastikan bahwa helm INK tersebut asli. Pasalnya, helm INK yang palsu hanya memakai kaca film biasa.

6. Kualitas Busa

Kualitas Busa

Kenyamanan juga menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli helm. Sebagaimana helm dari merk ternama, INK juga mengutamakan kenyamanan penggunanya. Hal tersebut dapat dilihat dari kualitas busa helm yang dipakai di setiap helm INK asli.


Helm INK yang asli menggunakan busa yang tebal dan empuk. Anda harus mencoba memakainya langsung untuk mendapatkan experience untuk merasakan kualitas busanya. Meskipun tebal, busa helm INK asli tidak menyebabkan sakit telinga.

Selain dipakai, coba mengecek kualitas busa helm dengan cara menekan-nekan busanya dengan jari. Helm INK yang asli ketika busanya ditekan makan akan terasa padat dan empuk. Sementara pada helm INK palsu busanya empuk tapi mudah mengempis.

7. Harga Produk

Harga Produk

Pernahkah Anda ditawari helm INK asli dengan harga yang miring? Apapun alasannya, harga helm INK yang asli berkisar antara 300 – 800 ribu rupiah. Tidak ada harga helm INK asli dan orisinil yang harganya di bawah 300 atau 200 ribu rupiah, kecuali bekas (second-hand).

Kalau Anda ditawari helm INK dengan harga 300 ribuan, pastikan dulu keaslian helm tersebut dengan melakukan pengecekan mengenai poin-poin di atas. Jangan keburu deal sebelum Anda melihat langsung kondisi barangnya. Harga helm INK bekas memang berkisar antara 150 – 300 ribu rupiah. Jadi, mungkin saja barang yang ditawarkan kepada Anda adalah helm INK asli tetapi bekas.

Sementara untuk harga di daerah-daerah tertentu, khususnya Indonesia Timur, harga jual helm INK tentu saja lebih tinggi dari harga standar yang kami berikan. Hal tersebut disebabkan karena biaya pengiriman yang tentunya lebih besar dibanding biaya ekspedisi di Pulau Jawa.

Tips Membeli Helm INK yang Asli

Tips Membeli Helm INK yang Asli

Jika Anda benar-benar menginginkan helm INK yang asli tetapi uang Anda belum cukup, sebaiknya tabung uang Anda terlebih dulu. Jangan memaksakan diri membeli helm INK palsu karena kualitasnya tentu tidak lebih baik dari yang asli. Agar Anda tidak tertipu atau salah pilih, cermati tips membeli helm INK yang asli ini:

  • Beli di toko helm yang benar-benar terpercaya dan hanya menjual barang orisinil.
  • Hindari membeli helm INK melalui online karena Anda tidak bisa mengecek barangnya secara langsung.
  • Lakukan pemeriksaan lengkap seperti poin-poin di atas.

Nah, itulah serba-serbi cara membedakan helm INK asli dan palsu. Semoga cara ini dapat membantu Anda menemukan helm INK yang benar-benar orisinil.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram