Bacaterus / Kasur / Aneka Cara Membasmi Tumila dari Kasur yang Ampuh

Aneka Cara Membasmi Tumila dari Kasur yang Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tumila merupakan hewan sejenis kutu busuk atau tungau. Beberapa waktu lalu kami sempat mengulas seputar cara menghilangkan tungau di kasur. Faktanya, tumila atau tungau tidak hanya bersarang pada kasur.

Hewan berukuran kecil ini juga bisa berada pada sofa, karpet, atau selimut. Untuk memastikan tempat tinggal Anda benar-benar bebas dari tumila, Anda memang harus benar-benar membasminya tanpa ampun.

Jangan sepelekan keberadaan tumila karena hewan ini bisa menggigit dan menghisap darah Anda. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Bacaterus akan mengajak Anda untuk membahas cara membasmi tumila dan bahaya-bahaya yang bisa terjadi ketika Anda tergigit oleh hewan ini.

Penyebab Adanya Tumila

Penyebab Adanya Tumila

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai penyebab adanya tumila di tempat tidur, sofa, atau karpet Anda? Hewan yang penampilannya seperti kutu ini ternyata memang dikenal sebagai kutu busuk. Tumila hidup di tempat yang gelap, lembab, dan tertutup, seperti misalnya di dalam kasur Anda.

Keberadaan tumila sendiri biasanya berada di tempat-tempat yang kotor dan jarang dibersihkan. Pada umumnya, tumila senang tinggal di tempat yang gelap dan pengap. Jadi, tak heran jika Anda menemukan tumila di dalam tempat tidur atau sofa Anda. Coba pikirkan kembali seberapa sering Anda membersihkan kasur dan sofa?

Cara Membasmi Tumila dengan Cepat

Ketika Anda menyadari bahwa ada tumila di tempat tidur atau tempat-tempat lain di rumah Anda, saatnya mencari cara membasmi tumila secara cepat. Jangan biarkan tumila ini terus bersarang dan menggigit kulit Anda. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk membasmi tumila dengan cepat:

1. Minyak Tanah dan Kapur Barus

Minyak Tanah dan Kapur Barus

Berbicara soal cara membasmi tumila, ada dua bahan yang bisa dipakai untuk mematikan tumila sampai ke telurnya. Meskipun cara ini cukup berisiko karena meninggalkan bau yang menyengat, tetapi cara ini terbilang ampuh.

Anda hanya perlu mencampurkan minyak tanah dan kapur barus yang sudah dihaluskan. Setelah itu, semprotkan cairan ke tempat-tempat yang menjadi sarang tumila. Namun, cara ini tidak bisa dipakai untuk menghilangkan tumila di tempat tidur karena bau minyak tanahnya dapat tertinggal di tempat tidur Anda.

2. Penguapan di Berbagai Sudut

Penguapan di Berbagai Sudut Cara Membasmi Tumila dengan Cepat

Tumila adalah hewan kecil yang tidak mampu bertahan pada suhu yang tinggi. Oleh karena itu, basmi tumila dengan suhu panas yang tinggi. Gunakan alat pembersih uap (steam cleaner) yang bisa disewa. Selanjutnya, salurkan uap panas dari alat ini ke sudut-sudut tempat tidur, sofa, karpet, dan perabotan lain yang menjadi sarang tungau.

3. Insektisida

Insektisida

Selain kedua cara di atas, ternyata Anda juga bisa membasmi tumila dengan menggunakan insektisida atau obat nyamuk semprot. Akan tetapi, jangan menyemprotkan insektisida langsung ke sofa atau tempat tidur.

Kumpulkan saja tumila yang berhasil Anda tangkap dalam sebuah tempat. Selanjutnya, semprot kawanan tumila dengan insektisida, dijamin kutu busuk ini akan langsung K.O.

Bahan Alami untuk Mengusir Tumila

Tumila memang sering ditemukan di tempat-tempat yang kotor dan pengap. Namun, meskipun tempat tidur Anda bersih, itu bukan berarti Anda terbebas dari serangan tumila. Jika Anda jarang menjemur kasur dan sofa di bawah sinar matahari, maka tumila berpotensi mendiami perabotan tersebut.

Jika Anda tidak ingin memakai 3 cara membasmi tumila di atas, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengusir tumila yang mulai meresahkan:

1. Bunga Pandan

Bunga pandan

Bagian dari tanaman pandan yang paling sering dipakai adalah daunnya. Pasalnya, daun panda memiliki aroma harum yang khas untuk menyedapkan berbagai macam hidangan.

Namun, untuk membasmi tungau Anda perlu menggunakan bunga pandannya. Bunga pandan juga memiliki aroma yang khas seperti daunnya. Letakkan bunga pandan ini di tempat-tempat yang menjadi sarang tumila.

2. Daun Sirsak

Daun sirsak

Sama seperti bunga pandan, kali ini kita akan memanfaatkan daun sirsak meskipun buahnya dinilai lebih bermanfaat. Daun sirsak yang ditumbuk dan dihaluskan bisa langsung diaplikasikan di sudut-sudut perabotan yang menjadi sarang tungau. Dalam waktu singkat, tungau akan berhamburan keluar dan Anda bisa mulai membasminya satu persatu.

3. Cuka

Cuka putih

Cairan yang mengandung asam yang sangat tinggi ini ternyata bisa membuat tumila atau tungau yang berada di sarangnya kabur tunggang langgang.

Cuka dapat menginfeksi kulit tumila sehingga mereka menjadi lemah dan mati secara perlahan-lahan. Aroma cuka yang sangat menyengat juga dapat membuat tumila tidak betah dan berpindah dari sarangnya. Percikan sedikit cuka ke sarang tumila, dijamin kutu busuk tersebut pasti akan keluar dan pergi dari sarangnya.

4. Lilin

Lilin

Lilin ternyata bisa menjadi cara membasmi tumila yang cukup ampuh. Anda hanya membutuhkan sebuah lilin batangan yang biasa dipakai ketika mati lampu. Nyalakan lilin tersebut dan teteskan di tempat-tempat yang menjadi sarang persembunyian tumila. Lilin yang masih panas dapat membasmi tumila berserta dengan telur-telurnya.

Bahaya Gigitan Tumila

Bahaya Gigitan Tumila

Pernahkah Anda melihat kulit Anda kemerahan disertai rasa gatal setelah bangun tidur? Gatal-gatal di kulit ini terkadang juga dibarengi dengan rasa nyeri. Singkatnya, rasa gatal yang Anda alami ini berbeda dengan rasa gatal ketika digigit nyamuk.

Ruam merah di kulit Anda juga terlihat seperti merintis dan ada di beberapa tempat di tubuh Anda. Jika Anda mengalami hal ini, Anda perlu curiga bahwa ada tumila di tempat tidur Anda.

Bekas gigitan tumila ini tidak bisa hilang saat dioleskan dengan lotion yang biasa dipakai untuk meredakan bentol akibat gigitan nyamuk. Bahkan, ada beberapa orang yang justru tidak merasakan gejala apapun setelah digigit tumila. Apakah sebenarnya bahaya digigit tumila?

Gigitan tumila tidak akan menyebabkan Anda meninggal dunia. Namun, gigitan tumila dapat menimbulkan bercak merah di kulit dan bentol berair. Bentol ini dapat menimbulkan rasa gatal dan apabila digaruk dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, adanya bercak merah di kulit dan bentol berair ini tentu saja sangat tidak sedap dipandang mata.

Cara Membasmi Tumila

Rasa gatal yang ditimbulkan karena gigitan tumila juga bisa membuat Anda merasa tidak tenang saat tidur. Anda akan terus menerus terbangun atau bahkan mengalami insomnia karena khawatir digigit tumila. Yang lebih parah lagi, tumila juga bisa masuk ke dalam telinga dan meninggalkan telurnya di dalam telinga. Hiiii, tentu saja ini sangat mengerikan!

Gatal di kulit mungkin biasa diatasi dengan mudah, tetapi jika gatalnya di dalam telinga tentu saja akan terasa sangat mengganggu. Anda harus mengunjungi dokter spesialis THT untuk mengeluarkan tumila dan telur-telurnya dari telinga. Untuk mencegah berbagai bahaya gigitan tumila, Anda harus memastikan bahwa tempat tidur dan perabotan di rumah bebas dari tumila.

Cara membasmi tumila yang kami berikan di atas bisa Anda lakukan untuk terbebas dari ancaman kutu busuk tersebut. Namun, jika penyebaran tumila di rumah sudah tidak dapat diatasi, mungkin saatnya Anda memanggil jasa pembasmi hama dan serangga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *