Bacaterus / Membasmi Hama / Aneka Cara Membasmi Tomcat yang Mudah dan Efektif

Aneka Cara Membasmi Tomcat yang Mudah dan Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2018

Tomcat merupakan serangga bertubuh sekecil semut dan memiliki ciri khas warna tubuh hitam dengan garis berwarna orange di bagian perutnya. Walaupun ukurannya kecil, tomcat yang menggigit manusia dapat membuat kulit manusia yang digigit jadi melepuh dan nampak seperti herpes.

Pada dasarnya, tomcat bukan hewan yang mengganggu manusia. Akan tetapi, mengingat habitat aslinya sudah semakin berkurang karena pembangunan gencar dilakukan. Tomcat sendiri biasa hidup di rawa-rawa atau sungai.

Tomcat menyerang manusia karena merasa dirinya terancam. Untuk benar-benar terbebas dari serangga yang gigitannya sangat dahsyat ini, Anda harus segera mencari cara membasmi tomcat yang benar.

Ciri-ciri Tomcat

Ciri-ciri Tomcat

Usut punya usut ternyata tomcat sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tomcat merupakan jenis kumbang purbakala. Serangga yang satu ini menjadi populer beberapa tahun terakhir karena gigitannya yang bisa membuat kulit melepuh seperti herpes.

Namun, sebelum wabah tomcat ini menjadi populer di kalangan masyarakat, ternyata para petani sudah familiar dengan hewan ini. Pasalnya, keberadaan tomcat dapat mengendalikan serangan hama wereng.

Tomcat sebenarnya tidak menyerang manusia. Serangan yang dilakukan tomcat merupakan tindakan defensive hewan tersebut terhadap manusia. Bagi Anda yang masih sulit membedakan tomcat dengan semut atau hewan lain, cermati ciri-ciri tomcat berikut ini:

  • Ukuran tomcat sekitar 2-8 mm, hampir seukuran semut karena tomcat sendiri masuk dalam keluarga semut.
  • Tubuhnya berwarna hitam dengan garis berwarna orange di sekitar perutnya.
  • Memiliki sayap yang warnanya nampak biru kehitaman.
  • Terdapat antena di kepalanya, sama persis dengan semut pada umumnya.
  • Saat merasa terancam, tomcat akan menaikkan abdomennya (seperti kalajengking) untuk menakuti lawannya.
  • Menyukai cahaya lampu, seperti laron.
  • Dapat berkeliaran secara berkelompok, tetapi tak jarang kita menemukan tomcat berjalan sendirian.

Tomcat berkembang biak pada tempat yang lembab, seperti sungai, rawa, dan sawah. Namun, kadang-kadang tomcat juga berada di pemukiman warga. Jika menemukan hewan ini berkeliaran di rumah, sebaiknya jangan ragu untuk segera membasminya.

Cara Membasmi Tomcat

Meskipun ada pernyataan yang menjelaskan bahwa tomcat sebenarnya tidak menyerang manusia, tetapi kita perlu waspada terhadap hewan ini. Pasalnya, gigitan tomcat akan membuat kulit melepuh, gatal, dan terasa panas hingga berhari-hari.

Carilah cara membasmi tomcat di tempat tinggal Anda. Jangan biarkan serangga ini menggigit Anda, anak-anak atau hewan peliharaan di rumah. Buat Anda yang masih belum mengetahui cara membasmi tomcat yang benar, simak beberapa pilihan cara untuk membasmi tomcat berikut ini:

1. Daun Mimba, Lengkuas, dan Serai

Daun Mimba

Cara membasmi tomcat yang paling alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan. Anda memerkukan daun mimba, lengkuas, dan serai masing-masing 1 kilogram. Setelah itu, haluskan semua bahan tersebut dan larutkan di dalam 5 liter air.

Simpan larutan bahan alami ini di dalam wadah selama 2-3 hari. Setelah 3 hari, masukkan ke dalam botol semprot dan mulai menyemprot kerumunan tomcat atau seekor tomcat yang berkeliaran di depan Anda. Larutan alami dari bahan-bahan alami ini dapat membasmi tomcat secara ampuh dan tentu saja lebih hewan dibanding membeli pestisida.

2. Obat Nyamuk Semprot

Insektisida

Tahukah Anda bahwa obat nyamuk semprot bisa menjadi bahan pembasmi tomcat yang masuk ke rumah Anda? Tentu saja Anda pasti memiliki obat nyamuk semprot di rumah. Manfaatkan obat nyamuk semprot ini untuk menyemprot tomcat. Dijamin, tomcat langsung mati setelah terkena semprotan obat nyamuk.

3. Pestisida

Pestisida

Jika dalam sebuah lingkungan terkena wabah tomcat, maka Anda perlu melakukan cara membasmi tomcat dengan menggunakan pestisida. Walaupun lebih mahal, tetapi pestistida jauh lebih ampuh ketimbang obat nyamuk semprot. Pestisida juga dapat membasmi populasi tomcat yang terlihat dan yang tidak terlihat, sehingga pembasmian tomcat lebih menyeluruh.

Tips Mengatasi Gigitan Tomcat

Tips Mengatasi Gigitan Tomcat Cara Membasmi Tomcat

 

Tomcat bisa dikategorikan sebagai hewan yang merugikan manusia. Pasalnya, ketika kita digigit tomcat, maka butuh penanganan khusus untuk mengobati luka gigitannya. Gigitan tomcat tidak seperti gigitan semut biasa karena dapat menyebabkan kulit terasa panas dan melepuh.

Bagi Anda yang baru saja digigit tomcat, segera lakukan penanganan berikut ini untuk meredakan gigitan tomcat:

  • Setelah digigit tomcat, jangan dipencet agar racunnya tidak terpapar ke bagian kulit lainnya. Selain itu, Anda juga dilarang menggosok atau mengobati luka akibat gigitan tomcat itu dengan obat merah.
  • Penanganan yang tepat untuk mengatasi gigitan tomcat adalah membilas bekas gigitan di bawah air yang mengalir. Cuci bekas gigitan dengan sabun (lebih baik jika sabun antiseptik) dan bilas kembali dengan air bersih.
  • Apabila pengobatan akibat bekas gigitan tomcat ini telah selesai, silakan keringkan bekas gigitan dengan handuk bersih..

Setelah Anda digigit tomcat, Anda tidak perlu pengobatan medis di rumah sakit. Tangani sendiri gigitan tomcat dengan cara di atas. Jika penanganannya cepat dan tepat, maka bekas gigitan tomcat tidak akan membuat kulit melepuh.

Tips Mencegah Serangan Tomcat

Tips Mencegah Serangan Tomcat

* sumber: gigitantomcat.blogspot.co.id

Setelah membahas cara membasmi tomcat dan tips untuk mengatasi gigitannya, rasanya ada yang kurang jika kami tidak memberikan tips mencegah serangan tomcat. Serangga yang satu ini bisa berada dimana saja, termasuk di dalam rumah Anda. Lakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini agar tomcat tidak menggigit Anda dan keluarga:

  • Bersihkan lingkungan rumah, meskipun tomcat bisa berada di tempat yang kotor maupun bersih, tetapi barang-barang rongsokan yang tidak terpakai dapat memicu tomcat untuk bersarang di sana. Selain itu, tanaman-tanaman yang tidak terawat juga bisa menjadi tempat tinggal ideal bagi tomcat.
  • Semprot ruangan dengan obat nyamuk (insektisida) karena selain membunuh nyamuk, obat nyamuk juga dapat membunuh tomcat.
  • Pasang kelambu pada tempat tidur Anda saat daerah tempat tinggal Anda sudah terkena wabah tomcat.
  • Bersihkan tempat tidur setiap hari dengan penebah. Tak hanya untuk membersihkan debu saja, penebah juga bisa membersihkan tomcat yang selama ini tinggal di tempat tidur.
  • Matikan lampu saat tidur karena tomcat adalah serangga yang tertarik pada sinar lampu dan akan datang untuk berkerumun di sinar lampu.
  • Tutup pintu dan jendela rapat-rapat. Jika ingin ada udara yang masuk, pasang saja kasa nyamuk untuk menghalau tomcat dari luar masuk ke rumah Anda.

Itulah berbagai cara membasmi tomcat dari Bacaterus dan tips untuk mencegah tomcat datang ke rumah Anda. Hewan yang satu ini memang bisa berada di mana saja. Namun, setidaknya Anda bisa melakukan sejumlah langkah pencegahan untuk mengantisipasi rumah Anda dikunjungi tomcat. Saat bertemu dengan tomcat, jangan segan untuk langsung membasminya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar