Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / Inilah 7 Cara Membasmi Semut Api yang Paling Ampuh

Inilah 7 Cara Membasmi Semut Api yang Paling Ampuh

Semut api atau semut rangrang adalah spesies semut yang terkenal karena gigitannya yang sangat sakit. Sekali digigit semut api, bengkaknya baru bisa hilang selama berhari-hari.

Telur dan larva dari hewan ini biasa dimanfaatkan sebagai pakan burung (kroto). Meskipun sedikit berguna, keberadaan semut api di sekitar rumah memang sangat mengganggu, terutama jika Anda punya anak kecil atau hewan peliharaan yang rentan diserang semut api.

Tak perlu khawatir jika ada sekelompok semut api yang ada di rumah Anda. Bacaterus akan memberikan cara membasmi semut api yang paling ampuh. Hewan ini biasa membuat sarang berupa gundukan tanah yang tinggi. Jika Anda sudah menemukan sarangnya, tentu sangat mudah untuk segera mengaplikasikan cara membasmi semut api berikut ini.

7 Cara Membasmi Semut Api yang Paling Ampuh

1. Insektisida

Insektisida Cara Membasmi Semut Api

Punya obat nyamuk semprot di rumah? Manfaatkan obat nyamuk tersebut untuk menunjang cara membasmi semut api di dalam rumah. Semut api tidak hanya berkeliaran di luar rumah saja, tetapi kadang-kadang koloni semut ini berada di dalam rumah untuk mencari makanan. Semut api biasa berkerubung di tempat sampah, bahkan terkadang naik ke meja makan.

Anda bisa memberantas semut api yang masuk ke dalam rumah dengan menyemprotkan insektisida. Namun, serangan semut api ini belum sepenuhnya usai sampai Anda benar-benar menemukan sarangnya dan memberantas koloni semut api langsung di sarangnya.

2. Sabun Cuci Piring dan Air

Sabun Cuci Piring dan Air

Insektisida seperti obat nyamuk semprot terkadang meninggalkan bekas di kayu, besi, atau dinding. Jika ingin membasmi semut api dengan insektisida alami, Anda bisa membuat larutan dari air dan sabun cuci piring. Kemudian, masukkan larutan ini ke dalam botol semprot.

Semprotkan insektisida buatan ini ke barisan semut api yang masuk ke dalam rumah. Jika semut api masih kembali lagi keesokan harinya, itu tandanya Anda harus mencari sarangnya dan memusnahkan langsung koloni semut rangrang tersebut.

3. Asam Borat

Asam Borat

Yang satu ini adalah bahan alami yang benar-benar efektif membasmi semut api. Saat semut api mencerna makanan yang diberi asam borat, mereka akan keracunan dan langsung mati. Bahkan, bahan yang satu ini juga dapat merusak lapisan luar kulit semut api. Taburkan bubuk asam borat di tempat-tempat yang sering dilalui semut api.

Anda juga bisa memasang perangkap berupa makanan yang sudah ditaburi dengan asam borat. Akan tetapi, meskipun asam borat bukan pestisida yang beracun, sebaiknya Anda tetap menjauhkan anak-anak dan binatang peliharaan dari asam borat ini. Jangan menaburkan bubuk asam borat di dekat makanan yang akan dikonsumsi oleh manusia.

4. Perangkap Sirup

Perangkap Sirup

Semut adalah hewan pekerja yang cukup cerdik. Ia akan berusaha mencari celah untuk memperoleh makanan. Cara membasmi semut api yang paling mudah dan tidak mengotori rumah Anda adalah dengan membuat perangkap dari sirup.

Campurkan 2 sendok makan sirup yang kental dengan 2 sendok makan asam borat. Jika teksturnya kurang kental, tambahkan asam borat. Pada dasarnya, asam borat adalah bahan kimia yang tidak berbau sehingga dapat mengecok semut.

Oleskan larutan sirup dan asam borat ini di atas kertas karton. Kemudian, letakkan karton di dekat sarang semut atau tempat-tempat yang dikunjungi semut. Dijamin, semut yang memakan perangkap sirup tersebut akan langsung mati.

5. Cuka dan Baking Soda

Cuka dan Baking Soda

Baik cuka maupun baking soda adalah bahan yang dapat menghilangkan noda di baju putih. Namun, kali ini kita akan memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk membasmi semut api langsung di sarangnya.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, semut api gemar membuat sarang di tanah dan sarangnya berupa gundukan tanah yang cukup tinggi. Ketika Anda sudah menemukan sarangnya, segera basmi dengan cairan khusus.

Untuk membuat cairan pembasmi semut rangrang, Anda hanya memerlukan cuka dan baking soda. Larutkan kedua bahan ini, bila perlu rebus cuka sampai mendidih agar langsung mematikan semut api. Tuangkan cairan pembasmi semut api ini langsung ke sarangnya, terutama di bagian lubangnya. Cairan ini dapat membunuh ratu semut dan semut-semut lainnya yang berkeliaran.

6. Air Panas

Air Panas

Cara membasmi semut api yang paling ampuh adalah membasmi semut langsung di sarangnya. Di sarangnya, Anda bisa menemukan banyak semut api, ratu semut, sampai dengan larvanya. Larva semut juga perlu dibasmi agar tidak berkembang dan membentuk koloni baru.

Apabila Anda sudah menemukan sarang semut, siapkan air panas yang masih mendidih. Setelah itu, tuangkan air panas yang baru mendidih itu langsung ke sarangnya. Air panas akan membuat semut-semut dan larvanya mati. Jika semut api berhamburan keluar dari sarangnya, siapkan insektisida untuk membasmi semut-semut yang berlarian keluar itu.

7. Fire Torch (Alat Pembakar Makanan)

Fire Torch (Alat Pembakar Makanan)

Untuk memusnahkan populasi semut di rumah, Anda bisa membakar semut-semut tersebut sampai mati. Namun, sangat sulit untuk mengumpulkan semut dan membakarnya dalam satu tempat. Ada cara yang lebih mudah untuk membakar semut yang berkeliaran atau langsung di sarangnya.

Gunakan fire torch atau alat pembakar makanan yang biasa dipakai untuk melelehkan keju. Alat ini akan mengeluarkan api yang langsung membakar semut-semut api yang berkeliaran maupun bersarang di rumah Anda.

Tips Membasmi Semut Api

Tips Membasmi Semut Api

Saat membasmi semut api, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting. Pasalnya, semut api adalah semut yang cukup kuat dan tidak bisa mati hanya dengan menggunakan kapur semut.

  • Amankan Makanan Terlebih Dahulu

Saat sedang melakukan proses pembasmian semut api, amankan makanan terlebih dahulu agar tidak mengundang koloni semut api lainnya. Masukkan makanan ke dalam lemari es atau tempat yang aman dari semut.

  • Tutup Tempat Sampah Rapat-Rapat

Koloni semut api juga sering ditemukan berkeliaran di tempat sampah. Mereka memakan sisa-sisa makanan Anda yang dibuang ke tempat sampah. Oleh karena itu, tutup tempat sampah Anda saat sedang melakukan pembasmian.

  • Jauhi Hewan Peliharaan dan Anak-Anak dari Sarang Semut Api

Semut api dapat menggigit manusia dan gigitannya terbilang menyakitkan. Jika Anda sudah menemukan sarang semut api dan berusaha membasminya, jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari saran semut api.

Pasalnya, ketika sarangnya dibasmi, semut api akan jadi semakin berkeliaran dan agresif. Selain itu, Anda juga harus menjauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari bahan-bahan untuk membasmi semut api.

  • Gunakan Bahan-Bahan untuk Mengusir Semut

Beberapa waktu yang lalu, Bacaterus sempat mengulas seputar cara mengusir semut dengan beberapa bahan yang bermanfaat. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk mengusir semut api yang belum terbasmi. Taburkan bahan-bahan ini di dekat sarang semut atau tempat-tempat yang biasa dikunjungi semut api.

Beberapa cara membasmi semut api ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang sudah stres karena diserang koloni semut api. Jika ingin membasmi semut api di pohon yang buahnya bisa dimakan, sebaiknya gunakan metode pengasapan, yakni dengan membakar sampah di sekitar pohon yang dihuni semut api. Tujuannya agar semut-semut tersebut pergi dari pohon itu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment