Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Cara Membasmi Rayap Di Rumah Secara Cepat dan Efektif

Cara Membasmi Rayap Di Rumah Secara Cepat dan Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Salah satu binatang kecil yang cukup mengganggu di rumah adalah rayap. Selain mengganggu hewan ini juga bisa sangat berbahaya karena akan memakan kayu di rumah Anda, mulai dari lemari, pintu, ranjang, hingga tiang kayu penopang atap rumah.

Jika tidak segera diatasi maka akan banyak perabotan yang di rumah Anda yang mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, keselamatan keluarga Anda juga bisa terancam jika tiang kayu penopang rumah keropos dan sampai roboh dimakan rayap.

Maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas aneka cara membasmi rayap yang ada di rumah Anda. Berbagai cara ini sangatlah mudah karena hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu cara mengetahui di mana rayap berada.

Mencari Keberadaan Rayap

Keberadaan rayap di rumah kita terkadang tidak disadari sebelum tampak adanya kerusakan yang cukup besar. Padahal jika kita bisa mendeteksinya lebih dini, maka kerusakan yang ditimbulkan juga tidak akan terlalu besar.

Nah, berikut adalah ciri-ciri adanya rayap di rumah Anda:

  • Muncul rayap

cara membasmi rayap

Ya, jelas ini adalah pertanda paling kuat ada rayap di rumah Anda. Meskipun ukurannya kecil, namun kita bisa dengan mudah membedakan rayap dengan serangga kecil lainnya seperti semut atau kutu.

  • Serbuk kayu

rayap tembok

Rayap yang memakan kayu biasanya akan menyisakan serbuk berbentuk bulatan kecil. Jika Anda menemukannya maka di dekatnya pasti Anda akan menemukan kayu yang keropos.

  • Kayu yang keropos

rayap kayu

Menemukan kayu yang keropos dapat Anda lakukan dengan mengetuk-ngetuk kayu untuk mengetahui apakah ada rongga di dalamnya. Tidak hanya kayu, rongga-rongga ini biasanya juga akan ada di koleksi buku Anda mengingat bahan baku pembuatan buku juga berasal dari kayu.

Cara Membasmi Rayap

Setelah Anda berhasil menemukan lokasi keberadaan dari rayap tersebut, kini saatnya kita memulai operasi pembasmiannnya. Berikut adalah beberapa ramuan yang dapat Anda gunakan untuk mengusirnya dari rumah Anda.

  • Air cucian beras

air cucian beras

Air cucian beras yang sering dipandang sebelah mata ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. Ya, air tersebut ternyata mampu mengusir rayap dari sarangnya. Caranya juga cukup mudah karena Anda hanya tinggal menyiramkan air cucian beras tersebut ke sekeliling tempat tinggal rayap saja.

  • Air kapur sirih

Air kapur sirih memang terkenal sebagai pembasmi serangga, salah satunya adalah rayap. Rayap sangat tidak menyukai kapur sirih karena memiliki sifat yang panas bagi tubuh mereka. Maka dari itu, siramkanlah air kapur sirih ini ke tempat di mana rayap berada. Air ini juga dapat dimasukan ke wadah semprotan sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam mengusirnya.

  • Air tembakau

Dalam artikel sebelumnya kita sempat membahas bahwa tembakau dapat digunakan untuk mengusir cicak dari dalam rumah. Usut punya usut, bahan baku pembuatan rokok ini juga ternyata dapat mengusir kawanan rayap pemakan kayu.

Caranya, pertama-tama Anda harus merendam tembakau di dalam air selama satu malam. Perendaman ini bertujuan untuk mengeluarkan sari yang ada di dalam tembakau tersebut. Setelah siap, silahkan siram atau semprotkan air tersebut ke sarang rayap.

  • Garam

Garam

Cara membasmi rayap lainnya yang cukup mudah adalah dengan menggunakan garam dapur. Cukup taburkan garam di sekitar sarang rayap, maka serangga kecil itupun akan langsung menghindar. Agar lebih efektif, Anda juga bisa mencampurkannya dengan air tembakau dan kemudian semprot ke rongga-rongga yang menjadi tempat persembunyiannya.

  • Minyak tanah

Hampir semua serangga takut pada minyak tanah, tak terkecuali rayap kayu ini. Untuk membasminya Anda hanya perlu menyiram atau menyemprot kawasan yang menjadi sarang rayap tersebut. Tidak perlu menunggu lama, rayap tersebut akan langsung berhamburan keluar.

  • Jemur kayu

jemur perabotan kayu

Karena rayap paling suka di tempat yang lembab, maka menempatkannya di tempat yang panas akan menjadi siksaan baginya. Maka dari itu jika ada perabotan rumah Anda yang dihuni oleh rayap, jemurlah perabotan tersebut di bawah sinar matahari. Lakukanlah penjemuran ini secara rutin hingga rayap menghilang dari tempat tersebut.

Tips Agar Rayap Tidak Muncul Kembali

Setelah rayap-rayap yang ada di rumah Anda berhasil disingkirkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencegahnya agar tidak timbul kembali. Hal ini sangatlah penting karena rayap sangat mudah untuk kembali tinggal di sekitar kita.

  • Bersihkan gudang

gudang

Gudang merupakan salah satu tempat favorit bagi para serangga seperti semut, kecoa, dan rayap. Maka dari itu, rutinlah membersihkan gudang agar tidak mudah mengundang kehadiran rayap. Perhatikan juga tumpukan kardus dan barang-barang bekas yang terbuat dari kayu agar tidak sampai dijadikan tempat tinggalnya.

  • Beri jarak dari tembok

Rayap bisa memasuki rumah dari mana saja, namun yang paling sering menjadi tempat perantaranya adalah tembok dan lantai. Oleh karena itu, berikanlah jarak antara tembok dan perabotan kayu Anda sekitar 10 cm. Hal tersebut dapat mengurangi resiko serangan rayap secara langsung ke lemari, meja, dan perabotan lainnya.

  • Hindari tempat lembab

pipa bocor

Tempat yang lembab juga menjadi salah satu favorit bagi kawanan rayap. Maka dari itu periksalah dengan rutin daerah yang lembab seperti saluran air agar tidak ada rayap yang menghuninya. Bersihkanlah sampah yang ada di sana agar tidak ada air yang tergenang.

Selain saluran air, periksa juga keran dan pipa untuk memastikan tidak ada yang bocor. Pasalnya, air bocor yang menetes dari pipa tersebut dapat membuat lantai dan tembok menjadi lembab. Jika sudah begitu maka rayap akan dengan mudah datang ke rumah Anda kembali.

  • Pilih furnitur dengan kayu berkualitas

Kualitas kayu yang digunakan pada furnitur rumah Anda sangat berpengaruh terhadap ketertarikan rayap. Kayu berkualitas rendah biasanya sangat mudah untuk dimakan rayap. Oleh karena itu pilihlah selalu furnitur yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi.

  • Konsultasikan ke ahlinya

Saat ini banyak perusahaan jasa yang menawarkan jasa untuk mengusir rayap sekaligus mencegahnya agar tidak timbul kembali. Nah, agar rumah Anda semakin terjaga, maka Anda dapat mengkonsultasikannya ke penyedia jasa tersebut agar rayap tidak kembali lagi ke rumah Anda.

Nah, itulah berbagai cara membasmi rayap serta tips agar rayap tersebut tidak kembali lagi ke rumah Anda. Jika sudah terbebas dari rayap, maka kini rumah Anda akan lebih bersih dan nyaman. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mengganti furnitur yang rusak ataupun memperbaiki kayu-kayu penopang struktur rumah Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang olahraga, teknologi, kuliner, travelling, hingga hal-hal yang berbau mistis. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2008.Selepas menyelesaikan pendidikan S1 Sastra Inggris di tahun 2012, mulai mencoba merintis karir di dunia tulis-menulis dengan menjadi penulis dan editor di Paseban.com hingga tahun 2013.Setelah itu, pada tahun 2013 mendirikan situs Carisinyal.com dan setahun kemudian diikuti oleh Bacaterus.com. Kedua situs tersebut saat ini berada di bawah naungan Bacaterus Digital Media bersama dengan Kamini.id dan Keluyuran.com.

7 Comments

  1. Cv Hato 4 Februari 2016 at 07:34 - Reply

    Postingan yg bermanfaat, Izin share boleh pak?

  2. David 17 Juli 2017 at 22:07 - Reply

    Postingannya keren bgt, kebetulan pas dg yg sy alami dirumah dimana lemari buku2 saya dan buku2 dimakan rayap. Ternyata penangkalnya mudah ya, hanya dg minyak tanah. Thanks.

  3. Undying 21 Juli 2017 at 06:58 - Reply

    Makasih ya bang, bermanfaat infonnya. Ane kira bakalan clickbait. Pokoknya makasih ya bang 😉

  4. Otong kecil 17 Maret 2018 at 17:09 - Reply

    Cara ngilangin bekas jalur rayap gimana yah ?

    • Bacaterus 25 Maret 2018 at 16:23 - Reply

      Jika itu di tembok, mungkin Anda bisa mencat ulang temboknya. Jika dari bahan kayu, Anda bisa menggantinya dengan kayu baru di bagian yang rusak karena rayap. Terima kasih.

  5. Ida 9 Oktober 2018 at 13:07 - Reply

    Kalo rayapnya ada di dalam atap gimana ya.. Dia berjatuhan disela2nya

    • Bacaterus 28 Oktober 2018 at 17:57 - Reply

      Silakan mencoba cara-cara yang disampaikan dalam artikel di atas ya. Semoga ada yang berhasil. Terima kasih.

Leave A Comment