Bacaterus / Penyakit Kucing / 10 Cara Membasmi Kutu Kucing yang Cepat dan Efektif

10 Cara Membasmi Kutu Kucing yang Cepat dan Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2019

Kucing kesayangan tentu saja akan dirawat dengan baik. Bahkan, Anda mungkin sudah membeli sejumlah alat grooming kucing agar bisa membersihkan kucing kesayangan di rumah tanpa perlu membawanya ke salon.

Menjaga kebersihan hewan peliharaan memang dapat mengurangi risiko terjangkit kutu. Sayangnya, selalu ada kemungkinan kucing kesayangan kita terjangkit kutu meskipun kita sudah menjaga kebersihan tubuhnya.

Kutu kucing dapat menular dari satu kucing ke kucing lainnya. Bisa saja si manis kesayangan Anda terjangkit kutu saat sedang berinteraksi dengan kucing lain di luar rumah. Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan memberikan 10 cara membasmi kutu kucing yang cepat dan efektif.

10 Cara Membasmi Kutu Kucing

1. Shampoo Anti Kutu

Shampoo Anti Kutu Cara Membasmi Kutu Kucing

Saat ini, Anda bisa membeli shampoo kucing dari berbagai merk yang memang diformulasikan untuk membasmi kutu pada kucing. Shampoo ini mungkin tidak langsung membasmi kucing, tetapi jika Anda memandikan kucing yang kutuan dengan shampoo tersebut secara teratur, maka kutu-kutu di tubuhnya akan segera mati satu persatu.

Cara membasmi kutu kucing menggunakan shampoo anti kutu ini cukup ampuh. Selain itu, shampoo juga aman bagi kulit kucing karena memang sudah diformulasikan sesuai dengan tubuh dan kulit kucing. Untuk rekomendasi merk shampo kucing yang bagus, Anda bisa membacanya di artikel ini.

2. Minyak Telon

Minyak Telon

Bukankah minyak telon biasa diaplikasikan kepada bayi? Ya, minyak telon memang biasa dipakai untuk menghangatkan tubuh bayi. Namun, tahukah Anda jika minyak telon juga bisa membasmi kutu-kutu di tubuh kucing?

Oleskan minyak telon secukupnya ke seluruh tubuh kucing. Jangan lupa untuk menggunakan anti-scratch atau anti-lick pada kucing agar ia tidak menjilat tubuhnya yang sudah diolesi minyak telon. Minyak telon dijamin dapat membasmi kutu kucing di rumah Anda dengan sangat cepat dan efektif.

3. Air Cuka

Cuka putih

Percayalah bahwa kutu akan segera mati atau meninggalkan tubuh kucing setelah mencium aroma cuka yang sangat kuat. Oleh karena itu, Bacaterus merekomendasikan air cuka untuk membasmi kutu kucing. Rebus saja 1 liter air dengan 5 sendok makan cuka makan. Setelah hangat, pindahkan larutan air cuka ini ke botol semprot.

Semprotkan air cuka ke seluruh tubuh kucing, tapi hati-hati jangan sampai terkena mata atau masuk ke telinga kucing. Bila perlu pakaikan anti-scratch di leher kucing agar ia tidak menjilat tubuhnya yang sudah disemprot air cuka.

4. Jus Lidah Buaya

Jus Lidah Buaya

Mau membuat spray anti-kutu alami untuk kucing Anda? Siapkan dulu beberapa potong lidah buaya karena kita akan memanfaatkan tanaman tersebut sebagai bahan utama pembuatan spray anti-kutu untuk kucing. Gel atau daging lidah buaya disisihkan dari kulitnya. Kemudian, campurkan beberapa potong cabe rawit (jangan terlalu banyak) yang sudah dihaluskan.

Masukkan semua bahan ke dalam botol semprot dan campurkan dengan sedikit air. Selanjutnya, semprotkan spray anti-kutu dari lidah buaya dan cabe rawit ini ke tubuh kucing, maka dijamin kutu-kutu langsung K.O. Akan tetapi, jangan lupa untuk turut menggunakan anti-scratch di leher si manis kesayangan Anda.

5. Lemon

oles air lemon

* sumber: www.foodmatters.com

Kutu kucing bisa berpindah dengan cepat di kulit manusia. Jika Anda sudah mulai resah dengan keberadaan kutu kucing di rumah, segera atasi masalah ini dengan cara membasmi kutu kucing sembari memanfaatkan buah lemon sebagai bahan utamanya. Kandungan asam sitrat di dalam lemon dapat memabukkan bagi kutu.

Satu buah lemon dipotong menjadi empat bagian, lalu semua potongan lemon tersebut direbus sampai mendidih dan biarkan hingga semalaman. Angkat potongan buah lemon di dalam air rebusan tersebut dan saring airnya ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprot air lemon ini ke tubuh kucing atau kulit manusia yang terinfeksi kutu kucing tersebut.

6. Sisir Bulu Kucing

Sisir Bulu Kucing

Ukuran kutu kucing sangat kecil dan sulit untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun, jika Anda lebih jeli, Anda bisa menyisir bulu kucing agar kutu-kutu yang bersembunyi di dalamnya jatuh keluar. Setelah itu, kumpulkan kutu di dalam sebuah wadah dan basmi dengan cara dibakar atau disemprot dengan insektisida.

Pastikan kucing Anda benar-benar bebas dari kutu setelah disisir secara teratur. Jangan lupa untuk turut memandikan kucing dengan shampoo anti-kutu agar hewan peliharaan Anda bebas dari ancaman kutu.

7. Garam

Garam

Ketika Anda memutuskan untuk membasmi kutu kucing, itu artinya Anda juga harus memikirkan bagaimana cara membasmi larva dan telur-telur kutu yang sudah berkembang biang di tubuh kucing. Setelah berhasil membasmi kutunya, kini Anda harus mulai aktif membasmi telur-telurnya agar tidak menetas dan membuat kutu baru berkeliaran. Garam ternyata bisa melumpuhkan kutu dan mematikan kutu kucing.

Cara penggunaan garam sebagai media untuk membasmi kutu kucing sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan garam ke dalam air hangat. Gunakan air hangat yang sudah dicampur garam tadi sebagai media untuk merendam tubuh kucing.

8. Cuka Apel

Cuka Sari Apel

Cara membasmi kutu kucing dengan media yang satu ini mungkin tidak pernah dilakukan oleh Anda atau pembaca lain. Cuka apel biasa dikonsumsi untuk kesehatan, tetapi kali ini kami memanfaatkan cuka apel untuk membasmi kutu kucing.

Ketika tubuh kucing disemprot dengan cuka apel, maka kutu-kutu akan terganggu dengan aromanya yang cenderung busuk. Berikan semprotan cuka apel ini secara teratur agar Anda bisa memastikan bahwa kutu-kutu kucing di si manis kesayangan Anda benar-benar sudah habis.

9. Suntik Ivermectin

Suntik Ivermectin

Untuk melakukan suntik ivermectin Anda harus membawa kucing ke dokter hewan. Sayangnya, cara ini hanya bisa membasmi kutu dan cacing yang berada di kulit-kulitnya. Sementara itu, telur-telur kutu masih bisa hidup meskipun kucing sudah disuntik ivermectin.

Sebaiknya jika Anda ingin menghentikan penyebaran kutu, bawa kucing ke dokter hewan untuk suntik ivermectin dan kombinasikan juga dengan cara membasmi telur kutunya, yakni merendam tubuh kucing di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

10. Obat Tetes atau Spray Anti Kutu

Obat Tetes atau Spray Anti Kutu

Apabila Anda sedang mencari cara membasmi kutu kucing yang cepat, gunakan obat tetes atau spray anti kutu yang memang diformulasikan untuk kucing. Obat ini biasanya dapat membunuh kutu berserta dengan telur-telurnya.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa obat yang dipakai harus yang memang untuk kucing, bukan obat kutu untuk manusia. Jangan lupa memakaikan anti-scratch di leher kucing agar ia tidak bisa menjilat tubuhnya. Pasalnya, kucing bisa keracunan jika menjilat tubuhnya sendiri yang sudah berlumur obat kutu.

Segera hentikan penyebaran kutu kucing dengan cara membasmi kutu kucing di atas. Kutu kucing juga bisa bersarang di rambut manusia dan menimbulkan gatal yang tak tertahankan. Oleh karena itu, segera basmi kutu dan telur-telurnya di tubuh kucing Anda. Jauhkan kucing peliharaan Anda dengan kucing liar agar mereka tidak terinfeksi kutu lagi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *