Bacaterus / Nyamuk / 6 Cara Membasmi Jentik Nyamuk di Berbagai Tempat

6 Cara Membasmi Jentik Nyamuk di Berbagai Tempat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semakin banyak jentik nyamuk di sekitar tempat tinggal Anda, maka risiko terjangkit penyakit demam berdarah pun akan meningkat. Kriteria tempat yang cocok bagi jentik nyamuk berkembang biak adalah tempat yang gelap, terdapat sampah atau tumpukan barang-barang yang tidak terpakai, banyak genangan air kotor, dan lembab.

Jentik nyamuk harus segera dibasmi untuk mengurangi risiko penyakit demam berdarah. Selain dengan membersihkan tempat tinggal Anda dan menutup genangan air, Anda juga harus melakukan pembasmian terhadap jentik nyamuk yang merajalela. Bacaterus akan memberikan informasi seputar cara membasmi jentik nyamuk di berbagai tempat dengan bahan-bahan khusus.

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

Tahukah Anda bahwa jentik nyamuk biasa terdapat pada genangan air yang tidak tertutup. Misalnya, Anda meletakkan barang rongsokan di depan rumah dan ketika hujan airnya menggenangi bagian dalam barang rongsokan tersebut. Genangan air di dalam barang rongsokan Anda bisa berpotensi menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk.

Tidak hanya di genangan air yang berada di ruang terbuka, tempat penampungan air di dalam rumah juga dapat menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk. Contohnya bak mandi yang kotor atau aquarium yang sudah lama tidak dikuras bisa menjadi tempat terbaik untuk perkembang biakkan jentik nyamuk.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara membasmi jentik nyamuk yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa Anda pakai untuk membasmi jentik nyamuk di dalam maupun di luar rumah:

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang

* sumber: rumahbettapekanbaru.blogspot.co.id

Tidak semua ikan suka memakan jentik nyamuk. Akan tetapi, ikan cupang sangat menyukai jentik nyamuk. Anda bisa meletakkan ikan cupang di sumur, kolam ikan, atau bahkan bak mandi Anda. Ikan cupang akan membasmi jentik-jentik nyamuk yang menggenang di air.

Selain ikan cupang, ikan cetol yang biasa hidup di sungai juga dapat dipelihara untuk membasmi jentik nyamuk secara alami. Pastikan Anda memelihara ikan cupang atau ikan cetol ini beberapa ekor agar semua jentik nyamuk dapat dibasmi dengan cepat.

2. Daun Sirih

daun sirih

Apakah Anda merasa bahwa memelihara ikan cupang di bak mandi terlalu menjijikkan? Ya, kotoran dari ikan cupang tersebut memang akan langsung terbuang di bak mandi. Jika ingin mencari cara membasmi jentik nyamuk tanpa menggunakan ikan cupang, Anda dapat mengandalkan daun sirih.

Segenggam daun sirih muda direbus dengan 1 liter air. Rebus daun sirih sampai layu dan dinginkan air rebusannya selama beberapa saat. Setelah air rebusan sirih ini dingin, tuangkan air rebusan sirih ke dalam bak mandi. Daun sirih dapat menjadi antiseptik alami untuk membasmi pertumbuhan jentik nyamuk di bak mandi Anda.

3. Biji Pepaya dan Tawas

Biji Pepaya dan Tawas

Siapa bilang bahwa untuk membasmi jentik nyamuk kita harus menggunakan insektisida? Bahan alami seperti biji pepaya ternyata dapat membantu kita untuk mematikan pertumbuhan jentik nyamuk.

Biji pepaya yang digunakan harus dijemur sampai kering terlebih dahulu. Setelah itu, tumbuk biji pepaya sampai halus dan campur dengan tawas yang sudah dihancurkan. Perbandingannya adalah 1 takaran biji pepaya dicampur dengan 1 takaran tawas. Masukkan campuran biji pepaya dan tas ke kain kasa, lalu celupkan bungkusan kain kasa itu ke dalam bak mandi.

4. Garam Kasar

Garam Kasar

Percayakah Anda bahwa garam kasar bisa dipakai untuk membasmi jentik nyamuk yang sudah merajalela? Garam kasar yang akan dipakai harus dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, jemur garam sampai kering, lalu tumbuk sampai benar-benar halus.

Taburkan bubuk garam ini ke bak mandi atau kolam ikan. Dijamin, jentik-jentik nyamuk yang berada di dalam air akan langsung mati seketika karena garam kasar memiliki tingkat keasinan yang sangat tinggi. Sementara itu, jentik nyamuk memang hanya bisa berkembang biak di air tawar.

5. Abate

Abate

Bubuk abate adalah salah satu bahan ampuh untuk mendukung cara membasmi jentik nyamuk di berbagai tempat. Anda bisa memperoleh bubuk abate ini di apotek. Setelah ditaburkan, bubuk abate ini akan langsung menempel pada dinding tempat penampungan air.

Keberadaan bubuk abate di dalam tempat penampungan air dapat membuat jentik nyamuk mati secara perlahan tapi pasti. Daya tahan bubuk abate pada dinding tempat penumpangan air kurang lebih 2-3 bulan. Jadi, tuangkan bubuk abate ini setiap 2-3 bulan sekali di tempat yang biasa digenangi air.

6. Fogging

Fogging

Yang satu ini adalah cara membasmi jentik nyamuk yang biasa dilakukan bersama di dalam sebuah lingkungan. Fogging adalah teknik membasmi nyamuk dan juga jentiknya dengan metode pengasapan.

Asap yang digunakan untuk fogging ini juga tidak sembarangan karena mengandung bahan kimia sejenis insektisida. Pembasmian jentik nyamuk dengan teknik ini cukup ampuh dan membuat lingkungan tempat tinggal benar-benar bersih dari gangguan jentik nyamuk.

Tips Mencegah Pertumbuhan Jentik Nyamuk

Musim hujan adalah saat yang tepat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Pasalnya, saat musim hujan akan semakin banyak genangan air sehingga memberikan “lahan” bagi nyamuk untuk berkembang biak. Setelah mengetahui cara membasmi jentik nyamuk, kini saatnya kita mengetahui tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pertumbuhan jentik nyamuk.

Pastikan bahwa tempat tinggal Anda benar-benar terbebas dari keberadaan jentik nyamuk yang dapat meningkatkan risiko penyakit demam berdarah. Lakukan tips berikut ini sebagai langkah pencegahan pertumbuhan jentik nyamuk:

  • Lakukan 3M

Lakukan 3M

3M adalah singkatan dari menguras, menutup, dan mengubur. Ini adalah program sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jentik nyamuk.

Pertama, Anda harus menguras bak mandi atau aquarium seminggu sekali. Jika Anda memiliki tempat penampungan air seperti kolam renang, sumur, dan kolam ikan sebaiknya tutup tempat penampungan tersebut. Di samping itu, barang-barang rongsokan yang sudah tidak terpakai memang seharusnya ditimbun ke dalam tanah agar tidak menjadi sarang nyamuk.

  • Antiseptik Cair

Antiseptik Cair

Satu lagi cara yang bisa dipakai untuk membasmi jentik nyamuk yang aman, yakni dengan menuangkan antiseptik cair ke dalam bak mandi. Antiseptik cair yang bisa Anda peroleh di apotek ini dapat membasmi jentik nyamuk secara cepat. Selain itu, cairan antiseptik juga aman untuk kulit Anda.

  • Daun Jeruk Nipis

Daun Jeruk Nipis

Tak banyak yang mengetahui bahwa daun jeruk nipis juga bisa menjadi cara untuk mencegah pertumbuhan jentik nyamuk. Hal ini disebabkan oleh senyawa limonoid pada daun jeruk nipis yang dapat meracuni pencernaan nyamuk dan jentiknya.

Remas beberapa lembar daun jeruk nipis, lalu rendam daun yang sudah hancur itu di dalam air. Kemudian, tuangkan air daun jeruk nipis itu ke kamar mandi, selokan, dan sumur.

Untuk membasmi jentik nyamuk di selokan, Anda dapat menaburkan abate atau air daun jeruk nipis. Ayo, jangan ragu untuk turut menggunakan berbagai cara membasmi jentik nyamuk ini. Pastikan bahwa tempat tinggal Anda bebas dari nyamuk dan jentik nyamuk sehingga risiko penyakit demam berdarah pun bisa dihindari.

Ingin tahu beberapa tanaman yang dapat mengusir nyamuk? Klik di sini dan dapatkan informasinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *