Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Apa yang Anda lakukan ketika melihat cacing berkeliaran di lantai kamar mandi? Mungkin Anda akan menyiramnya sampai masuk ke saluran pembuangan air atau justru cuek saja karena cacing tidak menggigit?

Cacing yang biasanya berkeliaran di kamar mandi memang tidak akan menggigit seperti kelabang. Namun, cacing bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari diare sampai cacingan pada anak.

Pastikan kamar mandi Anda selalu bersih dan bebas cacing. Jika ada cacing yang masih berkeliaran di kamar mandi, segera basmi cacing tersebut. Berikut ini Bacaterus akan berbagi cara membasmi cacing di kamar mandi sekaligus telur-telur cacing. Ciptakan kamar mandi yang bersih untuk menjamin kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Faktor Penyebab Munculnya Cacing

Faktor Penyebab Munculnya Cacing

* sumber: www.widakariyantistory.com

Bagaimana bisa ada cacing di kamar mandi? Padahal Anda sudah menjaga kebersihan kamar mandi dengan menguras bak dan menyikat lantai secara teratur, tetapi mengapa masih ada saja cacing yang berkeliaran di kamar mandi?

Faktor penyebab munculnya cacing di kamar mandi tidak terbatas pada kebersihan saja. Pada dasarnya, cacing adalah hewan yang suka tinggal di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Jadi, jika kamar mandi basah, maka potensi munculnya cacing di kamar mandi juga lebih besar.

Sebelum membahas cara membasmi cacing, berikut adalah sejumlah faktor penyebab munculnya cacing di kamar mandi Anda:

  • Saluran Air

Menggunakan air PDAM tidak menjamin bahwa air tersebut benar-benar steril dan bebas dari cacing. Kebocoran pada pipa yang menyalurkan air ke kamar mandi Anda bisa mengundang cacing betina untuk masuk dan bertelur.

Akibatnya, telur-telur cacing yang tidak terlihat mengendap di dasar bak kamar mandi. Tanpa kita sadari air yang sudah tercemar oleh telur cacing ini kita pakai untuk mandi atau bahkan menggosok gigi.

  • Kondisi Drainase

Cacing tidak hanya masuk dari saluran air saja, tetapi bisa juga masuk dari saluran pembuangan yang bermuara di luar rumah. Cacing akan masuk dari lubang saluran pembuangan yang terdapat pada luar rumah, kemudian perlahan masuk ke dalam kamar mandi Anda.

Untuk mengatasi hal ini Anda memerlukan penutup drainase untuk mencegah cacing masuk ke dalam kamar mandi melalui saluran pembuangan air.

  • Lantai atau Dinding Kamar Mandi yang Berongga

Lantai kamar mandi atau bak mandi yang terbuka menimbulkan celah yang memungkinkan cacing untuk menetap dan bertelur di dalamnya. Untuk mencegah lubang di lantai maupun bak mandi ini menjadi sarang cacing, Anda harus sigap menutup lubang itu dengan semen. Pasalnya, keberadaan cacing di kamar mandi dapat menginfeksi saluran pencernaan.

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Meskipun tidak menggigit, tetapi cacing-cacing di kamar mandi dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Selain itu, ada berbagai bahaya lainnya yang bisa disebabkan oleh cacing. Segera cari cara membasmi cacing di kamar mandi untuk mematikan cacing dan telur-telurnya. Beberapa bahan berikut ini ternyata bisa membantu Anda membasmi cacing dan telurnya yang berada di kamar mandi:

  • Karbol

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Karbol wangi adalah cairan pembersih keramik yang mengandung bahan-bahan kimia yang cukup keras untuk mematikan cacing dan telur-telurnya. Setiap beberapa hari sekali sebaiknya Anda menyikat lantai kamar mandi dan toilet menggunakan karbol wangi. Selain kamar mandi menjadi harum dan lebih bersih, karbol wangi juga dapat mematikan cacing dan telur-telurnya sekaligus.

  • Garam

Garam

Keampuhan garam sebagai bahan alami serba guna memang tidak perlu diragukan lagi. Kali ini, garam menjadi bahan alami untuk membasmi cacing maupun telurnya. Yang Anda perlukan adalah 500 gram garam kasar dan 5 liter air. Campur garam dan air menjadi satu, lalu siramkan larutan air garam ini ke dinding dan lantai kamar mandi.

Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan larutan air dan deterjen untuk disiram ke seluruh dinding dan lantai kamar mandi. Baik garam maupun deterjen akan mengiritasi kulit cacing sehingga mereka keluar dari tempat persembunyiannya dan mati secara perlahan-lahan.

Bahaya Cacing di Kamar Mandi

Bahaya Cacing di Kamar Mandi

Sebagian dari kita menganggap bahwa cacing yang berada di dalam kamar mandi tidak berbahaya. Apalagi jumlah cacing yang terlihat hanya 1-2 ekor saja. Namun, tahukah Anda bahwa cacing yang dibiarkan terus menerus di dalam kamar mandi dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan?

Kali ini, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai bahaya cacing di kamar mandi yang tidak segera dibasmi:

  • Penyebab cacingan pada anak

Anak-anak sangat rentan mengalami cacingan. Ciri-ciri anak cacingan bisa dilihat dari hilangnya nafsu makan anak atau anak menjadi lesu dan lemas meskipun sudah makan dengan porsi yang cukup.

Telur cacing yang berada di dalam air bisa masuk ke dalam mulut anak saat ia mencuci muka atau menggosok gigi dengan menggunakan air yang sudah terinfeksi telur cacing itu. Solusinya, Anda harus menguras bak mandi secara teratur dan memberikan cairan antiseptik untuk memastikan air di dalam bak kamar mandi benar-benar bersih dari cacing dan telurnya.

  • Diare

Sama seperti cacingan, anak-anak maupun orang dewasa dapat terkena diare karena menggunakan air yang sudah terkontaminasi oleh cacing. Telur cacing berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Oleh karena itu, segera lakukan cara membasmi cacing di kamar mandi yang kami berikan di atas jika Anda menemukan tanda-tanda adanya cacing di dalam kamar mandi Anda.

  • Gatal dan Penyakit Kulit

Jangan anggap sepele masalah cacing yang berada di dalam kamar mandi. Air yang sudah terkontaminasi cacing biasanya akan membuat gatal dan penyakit kulit jika Anda menggunakan air tersebut untuk mandi.

Meskipun telur cacing tidak terlihat, Anda bisa menjamin kebersihan air di dalam kamar mandi dengan menguras bak mandi secara teratur (1 minggu sekali) dan memberikan cairan antiseptik ke dalam air.

Tips Mencegah Cacing di Kamar Mandi

Tips Mencegah Cacing di Kamar Mandi

Sebagai mahluk yang ukurannya kecil, bukan suatu hal yang mustahil bagi cacing untuk bisa masuk ke dalam kamar mandi. Apalagi jika air di kamar mandi Anda memang sudah terkontaminasi dengan telur cacing, tentu saja sangat mudah bagi kita untuk terinfeksi oleh beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh cacing.

Untuk menjamin kamar mandi benar-benar bersih dari cacing, ikuti beberapa tips mencegah cacing di kamar mandi berikut ini:

  • Kuras Bak Secara Teratur

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, Anda harus menguras bak mandi secara teratur. Dewasa ini, air PDAM tidak benar-benar bersih sehingga Anda perlu menambahkan cairan antiseptik untuk membunuh cacing dan telurnya serta bakteri lain yang berada di dalam air.

  • Bersihkan Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Lantai dan dinding kamar mandi yang kotor adalah tempat ideal bagi cacing untuk berkembang biak. Bersihkan dengan karbol wangi setiap beberapa hari sekali. Dijamin, cacing dan telurnya mati seketika.

  • Tambal Lubang dengan Semen

Seiring berjalannya waktu, lubang di lantai, dinding, atau bak kamar mandi memang tak bisa dihindari. Akan tetapi, Anda masih bisa mencegah cacing membuat sarang di lubang tersebut dengan segera menambal lubang dengan semen.

Itulah serba-serbi cara membasmi cacing di kamar mandi untuk mencegah diare dan infeksi saluran pencernaan lainnya. Wujudkan kamar mandi yang bersih dan steril dari populasi cacing maupun telur-telurnya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .