Bacaterus / Tidur / 6 Cara Paling Ampuh Membangunkan Orang yang Tidur Pulas

6 Cara Paling Ampuh Membangunkan Orang yang Tidur Pulas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagian orang sudah terbiasa bangun di pagi hari, bahkan mungkin sebelum matahari terbit. Akan tetapi, ada sebagian orang yang menganggap bangun pagi adalah sebuah siksaan. Tak sedikit orang yang tidur terlalu pulas sehingga kesulitan bangun. Padahal, mungkin saja mereka harus bangun untuk melakukan sejumlah aktivitas yang sudah menanti di depan mata.

Bagi kamu yang ingin coba membangunkan orang yang tidur terlalu pulas, Bacaterus punya sejumlah cara yang wajib kamu simak nih! Lakukan berbagai cara yang akan kami share di bawah ini ketika kamu harus membangunkan orang yang tidurnya terlalu pulas.

6 Cara Membangunkan Orang Tidur

1. Menepuk Tubuh dengan Lembut

* sumber: www.thepragmaticparent.com

Cara yang satu ini bisa dibilang oldschool karena memang sudah dilakukan sejak dulu. Ya, cara paling mudah untuk membangunkan orang yang tidur terlalu pulas adalah dengan menepuk tubuhnya. Namun, tepuk secara lembut agar orang tersebut tidak terkejut.

Tepuk pada bagian pundak, lengan, pantat, atau paha. Sambil menepuk tubuh orang tersebut, kamu pun bisa memanggil namanya agar orang tersebut bangun. Jika orang tersebut tetap tak bergeming, sebaiknya coba cara lain yang lebih efektif.

2. Manfaatkan Cahaya

* sumber: motionarray.com

Selanjutnya, ada cara membangunkan orang yang mungkin hanya efektif bagi mereka yang terbiasa tidur dengan kondisi kamar yang gelap alias tidak terdapat cahaya sama sekali. Cahaya adalah sarana untuk membangunkan seseorang yang tidurnya sangat pulas. Orang tidur sepulas apapun pasti akan merasa “terganggu” dengan cahaya yang menerpa wajahnya.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka tirai yang menutup jendela agar sinar matahari bisa masuk ke ruangan. Jika di kamarnya tidak ada jendela, gunakan saja lampu utama yang biasa dipakai untuk menerangi ruangan tersebut.

Cara ini mungkin tidak akan membuat orang tersebut langsung bangun. Namun, setidaknya lama kelamaan ia akan merasa “terganggu” dan bangun dengan sendirinya.

3. Aroma Makanan

* sumber: blogs.discovermagazine.com

Meskipun sedang tertidur, indera penciuman seseorang tetap bekerja. Bahkan, bukan Cuma bernafas saja, indera penciuman orang yang sedang tidur juga bisa mendeteksi aroma, terutama jika aroma tersebut merupakan aroma sedap dari makanan.

Pada saat tidur, umumnya orang akan merasa lapar ketika terbangun. Kondisi perut yang kosong saat tidur semakin membuat indera penciumannya jadi lebih sensitif. Alhasil, ketika kamu membawa makanan dengan aroma yang sedap ke dalam kamarnya, orang yang sedang tertidur pulas itu akan segera bangun karena indera penciumannya mendeteksi aroma yang menggugah seleranya.

Aroma makanan yang sedap dan kuat bisa berasal dari tumisan bawang, makanan berkuah dengan bumbu yang kuat (seperti kari atau gulai), pizza yang baru dihangatkan di dalam microwave, sampai dengan kue yang baru selesai dipanggang.

4. Ubah Suhu Ruangan

* sumber: nyhandymannyc.com

Satu lagi cara membangunkan orang tidur secara halus, yakni dengan mengubah suhu ruangannya. Apabila di kamar orang itu terdapat AC yang sudah dinyalakan, maka kamu hanya perlu meningkatkan atau menurunkan suhu AC secara drastis. Biasanya, suhu panas lebih efektif untuk membuat orang terbangun ketimbang suhu dingin yang berpotensi membuat orang itu terbangun lebih cepat.

Bagaimana jika di kamar tersebut tidak terdapat AC? Misalnya, orang itu menggunakan kipas angin, matikan kipas anginnya dan tutup semua ventilasi udaranya agar dia merasa panas. Sebaliknya, jika orang itu tidak menggunakan kipas angin atau penyejuk ruangan apapun, sebaiknya bawalah kipas angin untuk dinyalakan di dekat tubuhnya.

5. Gunakan Suara atau Bunyi-bunyian

* sumber: parenting.orami.co.id

Media lain yang cukup efektif untuk membangunkan orang yang tidur sangat pulas adalah menggunakan suara. Sebagian besar orang hanya bisa tidur dalam suasana yang hening dan tenang. Bunyi-bunyian jelas akan mengganggu indera pendengaran seseorang sehingga ia terbangun dari tidurnya.

Pasanglah lagu dengan irama yang lembut atau bunyikan barang-barang di sekitar orang yang sedang tidur. Jika ia masih belum merespon usahamu tersebut, maka sebaiknya kamu mencoba suara yang lebih keras.

Percaya atau tidak, seseorang bisa langsung terbangun ketika mendengar suara nada dering ponselnya, lho. Jadi, cobalah untuk menelpon orang itu terus menerus. Nada dering ponselnya sendiri pasti akan membuat ia terbangun.

6. Menekan Jari Kaki

* sumber: www.videoblocks.com

Yang satu ini merupakan cara membangunkan orang dari tidur tanpa membuat orang tersebut menjadi kaget atau merasa kurang nyaman. Kamu hanya perlu memegang salah satu jari kakinya (diutamakan ibu jari), lalu tekan secara mantap selama 30 detik. Orang yang tidur pasti akan langsung terbangun tanpa merasa terkejut.

Bagaimana bisa menekan jari kaki saja dapat membuat orang yang sedang tidur jadi terbangun? Jari kaki adalah bagian yang cukup sensitif terhadap sentuhan. Jadi, sentuhan dan sedikit tekanan pasti akan memberikan refleks yang cukup dahsyat sehingga bisa membuat orang terbangun dari tidurnya.

Cara Membangunkan Orang Tidur yang Harus Dihindari

Pernahkah kamu melihat teknik membangunkan seseorang dengan cara yang sedikit mengganggu? Misalnya, seperti menyiram segelas air ke wajah atau tubuh orang yang sedang tidur. Tindakan seperti ini sebaiknya tidak dilakukan untuk membangunkan orang lain.

Berikut adalah beberapa cara membangunkan orang tidur yang memang seharusnya tidak kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menyiram dengan Air

Cara yang satu ini mungkin akan membuat kamu terbahak setelah melakukannya. Namun, sadarkah kamu bahwa menyiram air pada orang yang masih tidur ternyata cukup berbahaya? Air mampu mengubah suhu tubuh seseorang secara drastis. Tentu saja kondisi ini akan membuat orang itu menggigil kedinginan.

  • Memukul Bagian Tubuhnya

Tahukah kamu bahwa ternyata masih banyak orang yang membangunkan orang dengan cara memukul kaki atau pantatnya? Cara seperti ini juga bisa membuat orang itu terkejut. Bahkan, karena merasa kesakitan bukan tidak mungkin jika orang itu justru tersulut emosi karena kamu membangunkannya dengan pukulan.

  • Menarik Selimut Secara Tiba-tiba

Orang menggunakan selimut untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Ketika kamu sengaja menarik selimutnya secara tiba-tiba, suhu tubuh seseorang juga akan berubah drastis. Bukan tidak mungkin jika kondisi ini akan merusak sistem sarafnya.

Hindari membangunkan orang dengan cara yang kurang wajar. Mungkin kita akan menganggap lucu ketika seseorang merasa kaget saat dibangunkan dengan cara yang konyol. Namun, orang yang dibangunkan belum tentu merasa nyaman dengan caramu tersebut.

Jadi, bangunkan orang dengan cara-cara aman yang sudah Bacaterus berikan di atas, ya! Agar yang dibangunkan merasa lebih nyaman, sebaiknya kamu janjian terlebih dahulu dengan orang tersebut. Pastikan ia juga memperbolehkanmu untuk membangunkannya juga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *