Bacaterus / Sosis / Cara Membakar Sosis yang Enak ala Penjual Pinggir Jalan

Cara Membakar Sosis yang Enak ala Penjual Pinggir Jalan

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Agustus 2019

Sosis bakar biasanya menjadi makanan wajib ketika ada acara seperti malam pergantian tahun, pesta bersama kelurga atau kerabat, ketika berkemah, dan ketika ada festival atau pasar malam. Cara membakar sosis tidak sulit memang, semua orang pasti bisa melakukannya. Tapi, apakah Anda tahu cara membuat sosis bakar yang enak banget?

Daripada Anda membeli sosis bakar yang belum tentu enak, lebih baik buat sendiri saja di rumah. Bacaterus akan memberi tahu Anda beberapa resepnya.

Tapi, sebelum itu, kami akan memberi tahu Anda tata cara membakar sosis supaya rasanya lebih sedap. Pasalnya, sosis yang enak tidak hanya ditentukan dari bumbu saja, tapi juga dari jenis sosis, alat, pemanggangan, dan teknik membakarnya. Seperti apa caranya?

Cara Membakar Sosis yang Enak

Tenang saja, cara membakar sosis tidak ribet, kok. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih Sosis

Pilih Sosis cara membakar sosis

* sumber: www.tastingtable.com

Dalam cara membakar sosis, supaya enak dan sesuai lidah Anda, pilihlah jenis sosis yang diinginkan terlebih dahulu. Ya, sosis ada bermacam-macam bentuk, tekstur, ukuran, dan cita rasa. Berikut adalah beberapa jenis sosis yang terkenal di dunia:

  • Frankfurter (Jerman)

Frankfurter (Jerman)

Frankfurter merupakan sosis asal Kota Frankfurt, Jerman. Sosis ini sangat terkenal. Buktinya, setiap hotdog pasti menggunakan sosis jenis ini. Sosis ini memiliki rasa yang lebih lembut dan lebih juicy dibandingkan sosis lainnya, makanya cocok banget dipanggang atau dibakar karena sosisnya tidak akan jadi garing.

  • Bratwurst (Jerman)
Bratwurst

* sumber: www.olympiaprovisions.com

Semua orang pastinya sudah tahu apa itu Bratwurst. Jadi, Bratwurst adalah salah satu sosis khas Jerman yang terkenal karena rasanya sangat lezat. Bratwurst biasanya dibuat dari daging sapi muda atau daging babi. Sebenarnya setiap daerah Jerman punya sosisnya sendiri-sendiri, dan Bratwurst adalah sosis asal Kota Nürnberg, negara bagian Bayern.

Kenapa sosis Bratwurst bisa jadi sangat lezat, karena dagingnya diolah menggunakan rempah-rempah pilihan seperti pala, jahe, jintan, dll. Biasanya Bratwurst dimakan dengan cara dipanggang, dibakar, atau digoreng.

  • Bockwurst (Jerman)
Bockwurst

* sumber: www.meatsandsausages.com

Masih dari Jerman, ada satu lagi sosis yang enak dan mendunia, yaitu Bockwurst. Dalam proses pembuatannya, daging cincang akan dicampur dengan telur dan bumbu halus. Lalu, untuk kulit sosisnya dibuat dari kolagen, jadi bisa langsung dimasak tanpa dikupas.

  • Toulouse Sausage (Perancis)
Toulouse Sausage

* sumber: www.taste.com.au

Toulouse Sausage harus disebut dengan kata ‘sausage’ dibelakangnya, soalnya Toulouse sendiri merupakan nama daerah. Nama lain dari sosis ini adalah Saucisses de Toulouse. Sosis ini biasanya dibuat dagi daging babi. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang lurus dan ada yang melingkar.

  • Thüringer (Jerman)
Thüringer

* sumber: www.meatsandsausages.com

Sosis asal Jerman ini ukurannya sangat panjang. Bahkan bisa dua kali panjang dari sosis biasa. Walaupun begitu, sosis ini memiliki kandungan lemak paling rendah daripada sosis lainnya. Biasanya sosis ini dipanggang atau dibakar hingga agak hangus.

  • Merguez (Afrika Utara & Arab)
Merguez

* sumber: www.godfreys.co

Merguez adalah sosis berbahan dasar daging sapi atau daging domba muda segar. Maksud segar di sini berarti dagingnya tidak melalui proses fermentasi, pengasapan, dan lainnya. Sosis ini biasa ditemukan di daerah Arab dan Afrika Utara.

  • Knackwurst (Jerman)
Knackwurst

* sumber: www.germandeli.com

Terakhir ada Knackwurst, yaitu sosis asal Jerman yang bentuknya pendek dan gemuk. Bahan utama sosis ini adalah daging, bawang putih, bawang putih, dan bawang putih. Dalam kata lain, bawang putih di dalam sosis ini terdapat dalam jumlah sangat banyak.

Di atas tadi adalah beberapa jenis sosis yang terkenal dan bisa Anda bakar. Sebaiknya Anda memilih sosis dengan kualitas dan merk yang bagus, karena lebih aman dikonsumsi.

Kebanyakan sosis di Indonesia tidak dibuat dari daging, tapi dari zat kimia dan perisa daging. Maka dari itu, lebih baik Anda memilih sosis merk luar negeri. Kalau pun mau membeli sosis lokal, belilah yang mahal, bukan yang cuma Rp 5 – 20 ribuan per bungkus.

2. Siapkan Sosis

Siapkan Sosis

* sumber: www.youtube.com

Sebenarnya dalam cara membakar sosis lebih baik Anda tidak memotong-motong dan mengerat sosis. Karena, jika Anda melakukannya, bagian dalam sosis akan ikut terbakar dan jadi kering. Jika begitu, cita rasa sosis akan berkurang. Tapi kembali lagi kepada Anda, mungkin Anda lebih suka tekstur sosis yang garing atau untuk keperluan estetika.

Sosis juga tidak perlu dibakar terlalu lama sebenarnya. Jadi, kalau Anda ingin membakar dengan waktu yang lebih singkat, rebus saja sosisnya terlebih dahulu. Rebus sosis dengan api rendah sampai warna permukaan sosis jadi agak lebih gelap. Untuk rasa yang lebih gurih, Anda bisa merebus sosis dengan kaldu ayam, kaldu sapi, atau bawang putih.

3. Bumbui Sosis

Bumbui Sosis cara membakar sosis

* sumber: thepioneerwoman.com

Cara membakar sosis yang selanjutnya adalah dengan memberi bumbu. Sebenarnya tanpa bumbu tambahan pun sosis sudah ada rasanya, jadi so pasti sudah enak dari sananya. Tapi, untuk rasa yang lebih mantap, Anda bisa memberikan bumbu lagi sebelum sosis dibakar.

Anda bisa menggunakan paprika bubuk, cabai bubuk, saus barbeque, kecap manis, saus tomat/sambal, merica, dan lain-lain. Jangan lupa sebelumnya oles sosis menggunakan margarin. Ingat, margarin, ya, bukan mentega apalagi minyak goreng. Belum tahu perbedaan mentega dan margarin? Baca di sini.

4. Siapkan Alat

Siapkan Alat

Setelah memilih dan membumbui sosis, sekarang Anda siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti spatula, garpu besar, kuas margarin, dan lain-lain.

5. Siapkan Pemanggang

Siapkan Pemanggang

Setelah itu, Anda siapkan alat pemanggangnya. Alat ini bisa berbentuk macam-macam. Ukurannya pun berbeda-beda. Gunakan saja yang Anda punya. Jika alat pemanggang menggunakan arang, maka nyalakanlah arangnya.

Jika alat pemanggang Anda menggunakan gas atau listrik mungkin lebih mudah lagi. Jika Anda tertarik membeli alat pemanggang secara online, Anda bisa membelinya di Bukalapak melalui link ini.

6. Bakar Sosis

Bakar Sosis

* sumber: www.wolfwise.com

Jika langkah-langkah di atas sudah terlaksana, sekarang waktunya Anda membakar sosis! Jika Anda mengunakan panggangan arang, tentunya Anda memerlukan panggangan berbentuk jaring-jaring. Terkecuali jika papan pemanggangnya sudah menempel dengan alat panggangan, maka Anda tidak memerlukan papan panggangan lagi.

Jika tidak punya alat pemanggang, Anda bisa juga menggunakan pan grill atau fry pan. Jika memasak di atas kompor seperti ini, gunakanlah api sedang, jangan api besar. Semua ini agar sosis yang Anda masak matang merata hingga ke bagian dalamnya, bukan cuma gosong di luar tapi dalamnya masih mentah.

Resep Sosis Bakar yang Enak

Setelah membahas cara membakar sosis, sekarang Bacaterus akan memberi tahu Anda tiga resep sosis bakar yang lezat. Yuk, langsung dibuat!

1. Sosis Bakar Kecap

Sosis Bakar Kecap

Seperti sate, sosis juga enak dibakar menggunakan bumbu kecap manis. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah bahan dan langkahnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Sosis.
  • Margarin.
  • Tusuk Sate.
  • Kecap Manis.
  • Saus Tomat.
  • Saus Sambal.

Langkah Pembuatan:

  1. Buat saus olesan dengan menggunakan kecap manis, saus tomat, dan saus tomat di dalam mangkuk, aduk rata.
  2. Siapkan sosis. Buka pembungkusnya jika ada. Tusuk sosis menggunakan tusuk sate.
  3. Lumuri sosis dengan margarin, lalu bakar.
  4. Setelah setengah matang, oles sosis menggunakan saus kecap, bakar lagi.
  5. Masak sosis hingga tingkat kematangan yang diinginkan, sajikan.

2. Sosis dan Jamur

Sosis dan Jamur

* sumber: www.kayotic.nl

Mungkin Anda sudah sering melihat sate sosis yang berisi paprika dan bawang bombai. Nah, sekarang mari kita buat sesuatu yang berbeda dengan menggunakan sosis dan jamur.

Bahan yang diperlukan:

  • Sosis, potong-potong.
  • Jamur merang utuh.
  • Daun bawang, potong sepanjang sosis.
  • Bawang merah, potong besar-besar.
  • Lada hitam.
  • Saus tomat.
  • Saus sambal.
  • Kecap manis.
  • Kecap asin.
  • Garam.
  • Tusuk Sate.

Cara membuat:

  1. Tusuk sosis pada tusukan sate. Lakukan selang-seling dengan urutan sosis – jamur – daun bawang – bawang merah secara bergantian.
  2. Buatlah saus oles menggunakan kecap manis, kecap asin, saus tomat, dan saus sambal. Tambahkan lada hitam dan garam, aduk rata.
  3. Bakar sosis di atas panggangan. Sambil dibakar, oles sosis menggunakan saus olesan tadi. Bolak-balik sosis supaya matangnya rata.

3. Hot Dog Paprika

Hot Dog

* sumber: www.theeyesofaboy.com

Hotdog bukan merupakan makanan atau pun jajanan yang wajar di Indonesia, sehingga agak sulit menemukannya baik di mall, restoran, apalagi di pinggir jalan. Untuk itu, buat saja hotdog sendiri di rumah. Caranya gampang, kok, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Bahan yang diperlukan:

  • Sosis.
  • Paprika hijau, merah, dan kuning.
  • Margarin.
  • Olive Oil.
  • 1 sdm balsamic glaze.
  • Bumbu (garam, lada, bawang bubuk).

Langkah membuatnya:

  1. Siapkan panggangan hingga panas .Jika Anda menggunakan kompor, langsung letakkan fry pan atau pan grill di atas kompor, nyalakan api.
  2. Tuang 1- sdm margarin agar meleleh, jika sudah meleleh, segera masukkan sosis.
  3. Bumbui sosis menggunakan bahan-bahan bumbu.
  4. Masukkan irisan paprika dan tuang sedikit minyak zaitun, masak bersama hingga matang.
  5. Tuang sosis di atas roti hotdog, sajikan hotdog dengan saus sambal, mayones, dan mustard.

Ya, itu dia cara membakar sosis dan resep sosis bakar yang enak dari Bacaterus. Bagaimana, jadi ngidam ingin makan sosis bakar, tidak? Yuk, bikin sosis bakar sendiri di rumah bersama buah hati dan keluarga!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar