Bacaterus / Daging Ayam / Ini Dia Cara Mudah Membakar Ayam Beserta Contoh Sajiannya

Ini Dia Cara Mudah Membakar Ayam Beserta Contoh Sajiannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daging unggas yang satu ini memang selalu menjadi kesukaan banyak orang. Beragam menu olahan ayam memang kerap kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan gizi yang tinggi di dalam ayam pun memang diperlukan bagi tubuh manusia. Bila kamu salah satu penggemar daging ayam.

Kamu wajib tahu fakta yang akan kita bahas seputar daging ayam dan olahan ayam bakar yang lezat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. So, inilah cara membakar ayam beserta sajian ayam bakar populer yang bisa menjadi referensi sajian yang menarik. Ingin tahu seperti apa? Berikut adalah ulasannya.

Kandungan Gizi dalam Ayam

Kandungan Gizi dalam Ayam

Unggas yang satu ini merupakan hewan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Baik daging maupun telur ayam memiliki kandungan protein tinggi, vitamin dan mineral. Dengan pengolahan yang baik dan benar. Mengkonsumsi daging ayam juga dapat membantu menurunkan berat badan, mengatur kadar kolesterol serta memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Daging ayam sendiri diketahui mengandung Protein (18 gr), Energi (215 kalori), Lemak jenuh (4 gr), Kolesterol (75 mg), Vitamin lengkap seperti Vitamin C, Vitamin B-12, Vitamin, D dan K, Seng (1,3 mg), Natrium (70 mg), Kalium (189 mg), Magnesium 20 mg), Zat Besi (0,9 mg).

Data-data tersebut telah dikemukakan oleh USDA (United State of Agriculture), departemen  pertanian yang ada di Amerika Serikat. Daging ayam sendiri memiliki beberapa bagian yang biasa dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang berbeda tiap bagiannya. Berikut adalah penjelasannya.

  • ‌Dada Ayam

‌Dada Ayam

Bagian yang satu ini merupakan kesukaan banyak orang. Kandungan daging pada dada ayam memang jauh lebih banyak daripada bagian yang lain. Dada ayam sendiri mengandung tinggi protein daripada bagian paha ayam.

Bagian ayam yang satu ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjaga pembentukan sel darah, serta membangun masa otot bagi orang yang sedang membentuk tubuh atau melakukan diet. Meskipun dada ayam memiliki protein lebih tinggi namun zat besi yang terkandung dalam dada sama dengan yang ada di bagian paha ayam.

  • ‌Paha Ayam

‌Paha Ayam

Selain dada ayam, paha ayam juga salah satu bagian ayam yang paling disukai oleh orang karena rasanya yang gurih dan enak. Paha ayam sendiri biasanya terbagi menjadi dua paha ayam bagian atas dan bawah.

Namun secara keseluruhan paha ayam mengandung lemak, kalori, dan kolesterol jauh lebih tinggi dari pada bagian dada. Untuk mengkonsumsi bagian perlu memerhatikan porsi serta cara pengolahannya agar kandungan gizinya bisa dimanfaatkan dengan baik.

  • ‌Kulit Ayam

‌Kulit Ayam

Bagi sebagian orang bagian ini memang sering dihindari karena dianggap memiliki lemak serta kolesterol jahat yang dapat mempengaruhi kesehatan orang yang mengkonsumsi. Meskipun begitu bagian kulit ayam juga mengandung asam lemak dan omega-6 tinggi yang bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol dan mencegah penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, reumatik, dll.

  • ‌Ati Ampela

Ati Ampela

Bagian jeroan ayam yang satu merupakan bagian dalam ayam yang juga sering dikonsumsi masyarakat. Ati ayam mengandung tinggi zat besi. Kandungan hemoglobin dan mioglobin pada ati dan ampela dapat membantu menyalurkan oksigen ke seluruh darah. Ati ayam sendiri dipercaya dapat meningkatkan jumlah kadar darah dalam tubuh.

  • ‌Ceker Ayam

‌Ceker Ayam

Meskipun ceker ayam memiliki daging yang sedikit. Namun pada bagian ini banyak mengandung mineral, seperti kalsium dan kalium yang sangat baik bagi tubuh. Bagian ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat cita rasa gurih pada kuah.

Cara Membakar Ayam Bakar

Cara Membakar Ayam Bakar

Sajian berbahan dasar ayam memang cukup beragam. Nah, salah satu cara yang banyak disukai oleh orang adalah dengan cara di bakar. Ayam bakar merupakan sajian yang banyak digemari oleh masyarakat hampir di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Meskipun terlihat mudah namun ada beberapa yang harus diperhatikan saat proses pengolahannya agar ayam memiliki rasa yang enak. Nah, berikut adalah prosesnya:

1‌. Potong Ayam

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong ayam sesuai dengan selera yang kamu inginkan untuk mempermudah saat proses pembakaran. Bila kamu ingin membakar ayam dalam bentuk utuh juga bisa.

Hanya saja kamu memerlukan penyempit atau tusukan agar membalikkan ayam bisa dilakukan dengan mudah. Setelah proses pemotongan selesai. Cuci bagian ayam sampai bersih dengan air mengalir.

2. Merebus Ayam (Optional)

Supaya ayam bebas dari bakteri, kuman dan bau amis. Kamu juga bisa merebus ayam terlebih dahulu dengan air biasa atau dengan air kelapa yang diberi garam agar memberi rasa gurih pada ayam yang akan dibakar.

Caranya dengan mendidihkan air, kemudian masukan ayam dan rebus selama 15 menit. Kamu juga bisa melewati bagian ini dan hanya merendam daging ayam dengan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

3‌. Marinasi Ayam dengan Bumbu

Setelah ayam selesai direbus. Siapkan bumbu marinasi yang terdiri bawang-bawangan, cabai, lengkuas, jahe, gula Jawa, ketumbar, kunyit, garam. Tumbuk bahan-bahan tersebut kemudian tambahkan kecap manis dan aduk rata. Setelah selesai lumuri ayam dengan bumbu marinasi sampai rata. Sisihkan kurang lebih 30 menit atau sampai bumbu meresap.

4‌. Pembakaran Ayam

Sambil menunggu ayam dimarinasi. Kamu tinggal siapkan bara api. Untuk proses pembakaran kamu bisa menggunakan arang atau juga diatasi kompor. Setelah itu bakar daging ayam yang telah dimarinasi sampai matang merata.

Bila kamu melakukan perebusan sebelumnya. Kamu hanya memerlukan sekali pembakaran. Namun bila kamu melewati proses tersebut. Kamu harus melakukan pembakaran sebanyak dua kali agar ayam matang sempurna. Bila proses pembakaran ayam selesai. Kamu tinggal sajikan ayam dengan sambal dan nasi hangat.

Aneka Sajian Ayam Bakar Khas Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak sekali hidangan ayam bakar. Nah, kamu pun bisa mencoba beberapa resep yang bisa ditemukan di internet seperti sajian ayam bakar di bawah:

  • ‌Ayam Bakar Kalasan

‌Ayam Bakar Kalasan

Ayam bakar Kalasan merupakan masakan ayam kampung bakar dengan bumbu khas dari daerah Kalasan, Sleman Yogyakarta. Ayam bakar dengan cita rasa manis dan gurih ini memang menjadi sajian populer yang banyak di sukai banyak orang.

Selain proses pembuatnya yang mudah bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan di pasar. Ayam bakar Kalasan pun bisa menjadi referensi yang enak bila kamu ingin membuat ayam bakar.

  • ‌Ayam Bakar Padang

Ayam Bakar Padang

Bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja. Nah, kamu juga bisa mencoba ayam bakar padang. Masakan padang memang terkenal karena memiliki rasa yang lezat serta kaya akan bumbu rempah yang bisa menggoyang lidah. Ayam bakar Padang sendiri tidak  menggunakan kecap saat proses pembakarannya. Meskipun begitu rasa yang ditawarkan bisa membuat kamu ketagihan.

  • ‌Ayam Bakar Taliwang

‌Ayam Bakar Taliwang

Bila kamu pecinta rasa pedas, kamu bisa coba sajian ayam bakar Taliwang yang khas dari Lombok. Ayam bakar Taliwang sendiri memiliki memiliki cita rasa yang sangat pedas dan nikmat. Bagi para pecinta masakan pedas sajian yang satu ini memang sangat direkomendasikan.

  • ‌Ayam Bakar Kecap

‌Ayam Bakar Kecap

Ayam bakar kecap merupakan sajian umum yang biasa kita temukan. Memiliki rasa manis dan gurih yang berasal dari kecap. Proses pembuatan ayam bakar kecap pun tak terlalu susah dan merepotkan. Nah, bila kamu ingin menyantap sajian yang sederhana namun lezat, ayam bakar kecap pun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, itulah cara membakar ayam beserta sajian ayam bakar populer di Indonesia yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu bisa bermanfaat. Intip juga artikel cara memasak dan ide olahan hati ayam ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *