Pertama ke Bioskop? Ketahui Cara Membaca Tiket Bioskop Ini

Ditulis oleh Linda

Menonton film di bioskop tentu lebih asyik ketimbang nonton DVD di rumah. Pasalnya, sensasi menonton film di bioskop memang lebih menyenangkan.

Kita akan menonton film di layar yang lebar, kursi yang empuk, ruangan yang dingin, dan sound yang lebih nyata. Agar dapat menonton film di bioskop, kita harus membeli tiketnya terlebih dahulu.

Dengan berkembangnya teknologi, kini membeli tiket bioskop terasa lebih mudah lho. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi beli langsung tiketnya ke bioskop terdekat.

Di rumah pun, kamu bisa membeli tiket bioskop dengan mudah secara online. Tak heran kalau semakin banyak masyarakat yang berbondong-bondong pergi ke bioskop, untuk menonton film yang sudah ditunggu-tunggu.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali nonton film di bioskop, Bacaterus akan memberikan panduan cara membaca tiket bioskop. Kami juga memiliki tips dan petunjuk umum untuk Anda yang baru pertama kali menonton bioskop. Yuk, langsung saja cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Cara Membaca Tiket Bioskop

Tidak sulit untuk membaca tiket bioskop, untuk bisa mengetahuinya bisa langsung simak beberapa cara membaca tiket film dari beberapa bioskop berbeda berikut ini.

1. Bioskop 21, XXI dan IMAX (21 Cineplex)

Bioskop 21, XXI dan IMAX (21 Cineplex)_

Tak dapat dipungkiri bahwa jaringan bioskop terbesar di Indonesia adalah 21 Cineplex yang berada di bawah naungan PT Nusantara Sejahtera Raya.

Jaringan bioskop 21 Cineplex bisa Anda temukan di kota-kota besar hingga kota kecil di Indonesia. Beberapa bioskop yang masuk dalam jaringan 21 Cineplex adalah XXI, 21, IMAX, dan The Premiere.

Jika Anda ingin menonton di bioskop XXI, 21, atau IMAX, berikut adalah cara membaca tiket bioskop dari ketiga jenis bioskop jaringan 21 Cineplex tersebut:

  1. Nama Bioskop, yang artinya tiket tersebut hanya bisa dipakai pada bioskop 21, XXI, dan IMAX yang namanya tercantum pada tiket ini.
  2. Judul film yang bisa ditonton dengan tiket ini.
  3. Tanggal yang berlaku untuk tiket bioskop ini.
  4. Waktu tayang film.
  5. Barisan kursi (row) yang di dalam bioskop (jika XXI, maka row paling atas adalah “A”).
  6. Nomor kursi (seat) yang Anda peroleh.
  7. Nomor studio atau theatre tempat pemutaran film yang Anda pilih, dicetak paling besar di sebelah kanan.
  8. Harga tiket dan kode yang menunjukkan cara pembayaran tiket (Cash: bayar tunai di loket, CC: credit card, DC: debit card, CCP: credit card promo, dan MTIX: pembelian tiket secara online).
  9. Tanggal dan waktu cetak tiket.

Cara membaca tiket bioskop 21, XXI, dan IMAX sama karena tampilan tiket bioskop dari ketiganya memang serupa. 1 tiket hanya berlaku untuk 1 orang saja.

Selain itu, ketika memperoleh tiket, maka ada garis pemisah yang membagi tiket. Tunjukkan tiket Anda kepada petugas yang berjaga di depan studio, maka petugas akan menyobek sisi kiri tiket dan memberikan sisi kanan tiket kepada Anda.

2. The Premiere XXI (21 Cineplex)

The Premiere XXI (21 Cineplex)_Sumber: biaya.co

Yang satu ini adalah jaringan bioskop 21 Cineplex premium. Pasalnya, kursi atau bangku yang dipakai di The Premiere XXI lebih eksklusif. Anda akan diberikan kursi yang lebih nyaman dan empuk sehingga bisa dipakai untuk berbaring sambil menyelonjorkan kaki.

Selain itu, Anda juga akan memperoleh selimut dan fasilitas pemesanan makanan di dalam studio jika menonton di The Premiere XXI.

Tampilan tiket The Premiere XXI sangat berbeda dengan tiket 21, XXI, dan IMAX. Tiket The Premiere XXI terkesan lebih eksklusif dan dibungkus dengan amplop. Berikut adalah cara membaca tiket bioskop The Premiere XXI:

  1. Nama bioskop The Premiere XXI yang berlaku untuk tiket ini.
  2. Judul film.
  3. Nomor studio atau theatre tempat Anda menonton film.
  4. Waktu tayang film.
  5. Tanggal yang berlaku untuk tiket ini.
  6. Nomor kursi (termasuk abjad barisan dan nomor kursinya).
  7. Harga tiket bioskop dan jenis pembayaran yang Anda gunakan.

Sama seperti tiket bioskop XXI dan IMAX, 1 tiket bioskop The Premiere XXI hanya berlaku untuk 1 orang saja. Selain itu, ada 2 bagian dalam satu tiket, yakni bagian kecil di sisi kiri dan bagian yang agak lebar di sisi kanan. Petugas akan menyobek bagian kecil tiket dan memberikan bagian tiket yang lebih lebar untuk Anda.

3. CGV Cinemas

CGV Cinemas_

Setelah 21 Cineplex, CGV Cinemas adalah jaringan bioskop terbesar kedua di Indonesia. Bioskop ini juga menyediakan metode pembelian tiket yang lebih lengkap dari 21 Cineplex.

Anda bisa beli langsung di loket, online melalui website resminya, dan aplikasi perantara pembelian tiket seperti Go-Tix, BookMyShow, Tix ID, dan lainnya.

Apabila Anda sudah memiliki tiket CGV Cinemas, berikut adalah cara membaca tiket bioskop jaringan CGV Cinemas yang perlu Anda ketahui:

  1. Judul film.
  2. Kategori usia yang dianjurkan untuk menonton film yang tercantum pada tiket
  3. Nomor studio atau theatre yang harus Anda masuki.
  4. Baris dan nomor kursi yang Anda dapatkan.
  5. Tanggal yang berlaku untuk tiket ini.
  6. Waktu tayang film.
  7. Harga tiket untuk satu orang.
  8. Nama bioskop CGV Cinemas yang berlaku untuk tiket ini.

Meskipun CGV Cinemas memiliki beberapa jenis studio (Regular 2D, 3D, 4DX, Gold, Velvet, dan Starium), tetapi jenis studionya tidak tercantum pada tiket.

Anda dapat memilih jenis studio saat melakukan pembelian di loket atau online dan di tiketnya hanya tercantum nomor studio sesuai dengan yang Anda pilih saat membeli.

4. Cinepolis

Cinepolis_

Selanjutnya, kita akan membahas cara membaca tiket bioskop dari Cinepolis. Bioskop ini merupakan kompetitor bagi CGV Cinemas karena Cinepolis menayangkan film-film yang hampir sama dengan CGV Cinemas.

Sedikit informasi bahwa CGV Cinemas dan Cinemax memutarkan beberapa film anime atau asia yang tidak ditayangkan di jaringan bioskop 21 Cineplex.

Berikut adalah panduan untuk membaca tiket bioskop Cinepolis:

  1. Nama bioskop Cinepolis yang berlaku untuk tiket ini.
  2. Judul film dan jenis format film.
  3. Kategori usia yang dianjurkan untuk menonton film yang tercantum pada tiket.
  4. Tanggal dan jam tayang film.
  5. Jenis studio (Cinepolis memiliki beberapa jenis studio, seperti Regular, Junior, Deluxe, Gold, dan Ultra XD).
  6. Baris kursi yang akan ditempati.
  7. Nomor kursi yang berlaku untuk Anda.
  8. Harga tiket.

Untuk melihat nomor studio (theatre) yang berlaku untuk film yang Anda tonton, silahkan lihat angka besar yang tercetak di sebelah nomor kursi. Cinemaxx memiliki 2 bagian dalam satu tiket. Petugas akan menyobek bagian kanan tiket (yang lebih kecil), lalu memberikan bagian kiri tiket kepada Anda.

Tips Bagi Pemula yang Ingin Membeli Tiket Bioskop

Tips Bagi Pemula yang Ingin Membeli Tiket Bioskop

Dewasa ini, ada banyak metode pembelian tiket bioskop yang bisa Anda gunakan. Sistem pembelian tiket online memang memudahkan Anda dalam memperoleh tiket bioskop tanpa perlu mengantri di loket. Namun, ada beberapa tips bagi pemula yang ingin membeli tiket langsung di bioskop, yaitu:

  • Untuk pertama kali, belilah tiket bioskop langsung di loketnya agar Anda bisa bertanya kepada petugas loket jika ada yang tidak dimengerti.
  • Minta petunjuk pemilihan kursi (seat) kepada petugas loket, tanyakan dimana posisi layar agar kamu tidak salah memilih tempat duduk.
  • Bawalah uang tunai saat membeli tiket di loket karena beberapa bioskop tidak menyediakan mesin EDC untuk pembayaran non-tunai. Opsi lainnya, kamu bisa membayar menggunakan QRIS yang kini sudah banyak tersedia di berbagai gerai bioskop.

Nah, itulah serba-serbi cara membaca tiket bioskop untuk pemula. Kini, Anda tinggal memilih jaringan bioskop yang sesuai dengan keinginan Anda.

Oh iya, selain cara membaca tiket bioskop, Bacaterus juga memiliki artikel mengenai posisi tempat duduk ternyaman saat nonton di bioskop. Kamu bisa mencari tahu informasi lengkapnya di artikel ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram