Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Nasi merupakan makanan pokok kita sehari-hari. Beberapa orang bahkan tidak merasa kenyang jika belum menyantap nasi walaupun mereka sudah makan banyak (termasuk penulis). Entah apa yang terjadi, tapi hal ini memang sering dirasakan hampir setiap hari. Mungkin saja karena sudah kebiasaan, sehingga otak hanya merespon perut kenyang saat diisi sumber karbohidrat berupa nasi.

Nasi berasal dari beras yang dimasak sampai matang. Orang yang sudah pandai memasak seperti ibu kita pasti bisa menanak nasi hingga pulen. Jika dulu kita sering menyaksikan ibu kita memasak nasi dengan alat tradisional di atas tungku, sekarang sudah beda lagi. Mayoritas orang mungkin sudah mengandalkan teknologi untuk membuat nasi, yaitu dengan Rice Cooker.

Walaupun sudah dipermudah, nyatanya tidak semua orang bisa menanak nasi dengan Rice Cooker. Bahkan, tidak jarang hasilnya pun kurang bagus seperti terlalu ‘biye dalam bahasa Sunda’ atau setengah matang. Hal itu bisa dikarenakan air yang ditambahkan ke dalam beras terlalu banyak atau terlalu sedikit (walaupun sudah ada tanda ukurnya di pancinya).

Jika beras yang hasilnya mirip bubur masih bisa dimakan, lalu bagaimana dengan nasi setengah matang? Bisakah dimatangkan kembali? Tentu saja bisa. Akan tetapi, hasilnya tidak akan sebaik beras yang dimasak secara sempurna. Hal ini lebih baik dilakukan agar nasi tersebut tidak terbuang percuma.

Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang

1. Menggunakan Langseng atau Panci Steamer

Langseng

Dulu, langseng adalah salah satu media utama untuk memasak nasi. Sekarang alat ini sudah jarang digunakan untuk melakukan hal tersebut, namun tetap digunakan sebagai sarana pengukus (steamer). Ukuran alat ini bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nasi setengah matang bisa kamu coba matangkan dengan langseng atau panci steamer loh. Caranya juga cukup mudah dan tidak ribet. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Siapkan Langseng
Cooking Prepare

* sumber: pixabay.com

Yang pertama kali harus kamu siapkan adalah langseng atau panci pengukus. Pastikan alat ini sedang dalam kondisi lengkap dan tidak rusak. Komponen yang harus ada pada langseng adalah penutup langseng dan saringan yang biasa ditempatkan di dalam langseng.

  • Siapkan Kain Saringan Nasi

Serbet Nasi

Yang dulu sering memperhatikan ibunya menanak nasi pasti mengenal kain ini. Alat ini digunakan sebagai medium pembungkus nasi agar tidak berantakan saat sedang dikukus. Kain saringan nasi ini bisa kamu temukan di pasar tradisional dan dapat dibeli dengan harga yang sangat murah.

  • Tambahkan Air
Add Water

* sumber: www.couponclippingcook.com

Sekarang, kamu perlu menambahkan air pada langseng. Batas pengisian airnya adalah pada saringan yang ada di dalam langseng. Sebaiknya jangan sampai menyentuh bagian atas saringan apalagi melebihinya. Jika demikian, maka nasi yang akan dimatangkan bisa berair banyak. Hal ini sudah terbayang, kan?

  • Bungkus Nasi

Sekarang, kamu perlu membungkus nasi setengah matangnya dengan kain saringan nasi tadi. Siapkan baskom atau mangkok yang kira-kira akan cukup untuk memuat nasi yang ingin kamu bungkus. Tempatkan kain saringan nasi pada baskom tersebut, lalu mulai isi dengan nasi setengah matangnya. Jika sudah selesai, pegang keempat ujung kain tersebut dan buntel nasi dengan aman.

  • Hidupkan Pengapian
Kompor Menyala

* sumber: www.pexels.com

Selanjutnya adalah kamu harus menghidupkan pengapian atau kompor. Tempatkan langseng yang sudah diisi air tersebut di atas kompor, lalu masukan juga buntelan nasinya ke dalam langseng yang sudah terpasang saringan. Setelah itu, tutup rapat-rapat.

  • Kukus Nasi

Steaming

Ini adalah saat yang paling penting, yaitu mengukus nasi setengah matang tadi. Lama waktu pengukusan tergantung dari kondisi dan jumlah nasi setengah matang itu. Jika masih terlihat seperti butiran beras (terasa masih cukup keras), maka waktu pengukusan bisa lebih lama.

Kamu bisa mengecek secara berkala nasi yang sedang kamu kukus. Pastikan juga air di dalam langseng tidak mengering. Jika nasi masih belum matang dan air dalam langseng sudah hampir habis, isi lagi dengan hati-hati (angkat dulu buntelan nasi lalu tambahkan air agar tidak mengenai nasinya). Kemudian kukus lagi nasi hingga matang.

  • Sajikan Nasi
Rice Bowl

* sumber: www.finecooking.com

Setelah nasi sudah dirasa cukup matang, kamu bisa mematikan pengapian lalu mengangkat buntelan nasi tersebut. Sajikan nasi pada wadah yang sudah disiapkan sebelumnya. Biarkan nasi cukup hangat agar bisa disantap dengan nyaman.

Nah, itulah langkah-langkah mudah mematangkan nasi setengah matang dengan menggunakan langseng atau panci pengukus. Cara ini sudah dicoba oleh penulis dan berhasil! Walaupun nasinya tidak pulen, namun tetap enak disantap dengan lauk pauk.

Lalu, bagaimana jika tidak punya langseng dan kawan-kawannya? Tenang, kamu masih bisa menggunakan Rice Cooker kok. Bahkan cara ini bisa lebih simpel dibanding cara di atas. Berikut adalah langkah-langkahnya.

2. Menggunakan Rice Cooker

Rice Cooker

Suatu saat, penulis pernah memasak nasi dengan Rice Cooker, tapi karena airnya terlalu sedikit nasinya jadi kurang matang. Agar nasi bisa dimatangkan kembali, penulis melakukan langkah-langkah di bawah ini (dalam kasus nasi dimasak dengan Rice Cooker juga sebelumnya).

  • Ukur Tingkat Kematangan

Yang pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur tingkat kematangan nasi tersebut. Kamu bisa mencoba memakan sedikit nasi tersebut dan merasakan bagaimana kondisinya. Apakah nasi tersebut masih sangat belum matang atau hampir matang, bisa kamu ukur dengan hal tersebut.

  • Tambahkan Air

Setelah mengetahui tingkat kematangan nasi, selanjutnya adalah menambahkan air bersih pada nasi tersebut secukupnya. Kemudian aduk-aduk lagi hingga air meresap secara menyeluruh dan ratakan nasi tersebut. Jika sudah, tutup kembali Rice Cooker-nya.

  • Kukus Kembali

Setelah air yang ditambahkan pada nasi setengah matangnya dirasa cukup, maka kamu bisa mengukus kembali nasi tersebut. Ubah tombol Rice Cooker yang tadinya Warm menjadi Cook kembali. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga nasi sudah dimatangkan ulang (Rice Cooker akan bekerja otomatis seperti biasanya).

Itulah cara kedua yang bisa kamu coba untuk mematangkan nasi setengah matang. Cara ini bisa diaplikasikan oleh kamu yang sedang merantau dan ngekos sendirian.

Kedua cara memasak kembali nasi yang kurang matang sudah dibahas di atas. Hal ini tentu saja didasarkan pada pengalaman yang dirasakan sendiri oleh penulis dan sukses dilakukan. Bahkan cara lain juga pernah dicoba, yaitu mengubah nasi setengah matang tersebut menjadi bubur yang nikmat. Yang ini mungkin bisa jadi cara terakhir jika sudah frustasi dengan nasi ‘gigih’ tersebut.

Memasak nasi sendiri sedikitnya bisa menghemat pengeluaranmu. Jika kamu tinggal sendirian, yang perlu dilakukan hanyalah membeli lauknya saja di warung-warung terdekat. Jika dibandingkan membeli makanan secara langsung, menurut penulis cara ini bisa lebih hemat. Namun, jika kamu bermasalah dengan nasi lembek dan ingin membuatnya menjadi keras, bisa simak artikel 6 Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment