Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami

Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Tak ada yang bisa menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan manis. Apalagi mangga juga bisa diolah menjadi berbagai macam dessert yang menggugah selera, seperti mango sticky rice, es mangga kekinian, atau pie mangga. Wah, membayangkannya saja sudah membuat kita ngiler, ya!

Namun, bagaimana jika Anda mempunyai mangga muda yang masih belum matang? Tentu saja rasanya akan sangat kecut dan kurang nikmat jika diolah menjadi dessert. Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan berbagi 5 cara mematangkan mangga secara cepat dan alami. Cara ini bisa langsung dicoba untuk mematangkan mangga muda, lho.

5 Cara Mematangkan Mangga

1. Rendam di Dalam Beras

Mangga 1 Cara Mematangkan Mangga

Cara mematangkan mangga sebenarnya tidak sulit kok. Anda hanya perlu menyediakan satu baskom beras untuk mematangkan mangga. Beras tersebut nantinya tetap bisa Anda masak menjadi nasi seperti biasa.

Cukup rendam buah mangga yang belum matang ke dalam beras, maka dalam waktu 2-3 hari mangga muda tersebut akan matang dan lebih empuk. Proses pematangan mangga akan lebih cepat jika Anda menutup baskomnya agar kedap udara.

Cara kerja beras untuk mematangkan buah adalah dengan menahan gas etilen di sekitar mangga sehingga proses pematangannya jadi lebih cepat. Akan tetapi, Anda harus mengecek kondisi mangga setiap 6-12 jam sekali. Pasalnya, mangga yang terlalu matang dagingnya akan terasa lembek dan kurang legit.

2. Bungkus dengan Koran

Mangga 2

Tidak perlu repot-repot mencari cara mematangkan mangga dengan peralatan sederhana. Koran bekas di rumah Anda ternyata bisa dipergunakan untuk mematangkan mangga muda. Sama seperti cara kerja beras, cara ini akan mematangkan mangga dengan menahan gas etilen yang dikeluarkan mangga agar mempercepat proses pematangannya.

Perlu Anda ingat, cara ini efektif untuk mematangkan buah mangga mentah. Akan tetapi, tetap beri sedikit ventilasi untuk udara agar mangga tidak berjamur. Apabila Anda ingin mematangkan mangga secara lebih cepat, letakkan buah-buahan lain untuk dibungkus bersama mangga, seperti alpukat, pisang, atau apel.

3. Kubur di Dalam Jerami

Mangga 3

Selau ada trik mematangkan mangga dan buah-buahan lain yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda memiliki jerami yang bersih, jerami tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mematangkan mangga, lho. Bahkan, jerami dapat membuat mangga matang lebih cepat ketimbang menggunakan beras. Berikut adalah cara mematangkan mangga dengan menguburnya di dalam jerami:

  • Sediakan tumpukan jerami bersih.
  • Letakkan beberapa buah mangga mentah di atas jerami, lalu tutupi buah mangga tersebut dengan jerami bersih lainnya.
  • Matikan lampu atau tutup sumber cahaya yang masuk ke dalam ruangan tempat Anda meletakkan jerami tersebut.
  • Cek secara berkala setiap 12 jam sekali karena biasanya mangga akan matang dalam waktu 2-3 hari.

4. Letakkan di Meja Dapur

Mangga 4

Pada dasarnya, mangga memang bisa matang dalam waktu beberapa hari meskipun hanya disimpan di dalam suhu ruangan. Namun, jika Anda ingin mempercepat proses pematangan mangga, Anda harus menggunakan beberapa trik. Misalnya, seperti menempatkan mangga di ruangan dengan suhu yang sedikit lebih tinggi.

Mangga mentah dapat diletakkan di meja dapur. Mengapa di dapur? Karena suhu di dalam dapur cenderung lebih tinggi dibanding suhu kamar. Hal tersebut dikarenakan di dapur biasanya terdapat kompor yang jika dinyalakan akan meningkatkan suhu ruangan. Selain itu, penempatan kulkas di dalam dapur juga dapat menyumbangkan suhu panas.

Suhu yang tinggi akan membuat mangga matang lebih cepat. Namun, usahakan agar jarak antara mangga dengan medan penghasil panas (kompor atau bagian belakang kulkas) agak berjauhan agar mangga tidak cepat membusuk.

5. Manfaatkan Daun Ketela Pohon

Manfaatkan Daun Ketela Pohon

* sumber: pengetahuanbahanpanganb.blogspot.com

Mangga yang matang tentu lebih enak dimakan. Sayangnya, proses pematangan mangga ini kadang membutuhkan waktu lebih dari 3 hari. Adakah cara dan trik mematangkan mangga yang lebih cepat? Tentu saja ada.

Kali ini, Bacaterus akan memberikan panduan cara membuat mangga matang dengan menggunakan daun ketela pohon. Daun ketela pohon akan mematangkan mangga mentah hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Berikut adalah panduan untuk mempercepat proses mematangkan mangga dengan menggunakan daun ketela pohon:

  • Masukkan mangga mentah ke dalam wadah tertutup bersama dengan beberapa lembar daun ketela pohon.
  • Setelah tertutup rapat, simpan wadah tersebut dalam suhu ruangan.
  • Setelah 12 jam, periksa kondisi mangga apakah sudah matang atau belum. Jika belum matang, tutup kembali wadah tersebut dan cek setiap 12 jam sekali.

Usahakan untuk mengecek kondisi mangga setiap 12 jam sekali. Jangan membiarkan mangga berada terlalu lama di dalam wadah tersebut agar tidak membusuk.

Cara Mendeteksi Mangga yang Sudah Matang

Cara Mendeteksi Mangga yang Sudah Matang

Setelah mengetahui berbagai cara mematangkan mangga secara alami, rasanya kurang afdol jika Bacaterus tidak memberikan panduan untuk mendeteksi mangga yang sudah matang. Pasalnya, tidak semua orang dapat membedakan mangga mentah, setengah matang, dan yang sudah benar-benar matang. Berikut adalah poin-poin yang bisa Anda perhatikan untuk mendeteksi tingkat kematangan mangga:

  • Cium Aroma Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang memiliki aroma yang sangat kuat walaupun tidak sepekat durian. Mangga yang sudah matang memiliki aroma yang harum dan manis. Sementara mangga mentah cenderung tidak mengeluarkan aroma apapun. Dekatkan mangga ke hidung Anda, jika masih sulit menemukan aroma yang manis dan khas, mungkin mangga tersebut belum matang.

  • Tekan Mangga Secara Perlahan

Mangga yang masih sangat keras biasanya adalah mangga muda (pencit) yang rasanya masih sangat kecut. Anda bisa mendeteksi tingkat kematangan mangga dengan cara menekan kulit bagian luar buah secara perlahan. Apabila saat ditekan kulitnya terasa empuk dan meninggalkan lekuk, kemungkinan besar mangga tersebut sudah matang dan siap untuk dikupas.

  • Warna Bukan Jaminan

Apakah Anda memiliki pemikiran bahwa mangga yang matang warnanya harus kuning atau merah terang? Tidak semua mangga bisa diukur tingkat kematangannya dari warna kulit luarnya. Ada mangga yang warnanya hijau tetapi daging buahnya sudah manis dan matang.

Sementara itu, ada mangga yang warnanya kekuningan tetapi masih mentah. Oleh karena itu, kami menghimbau Anda untuk selalu mengandalkan indera penciuman dan perasa (dengan menekan kulitnya) ketika ingin mendeteksi kematangan mangga.

Nah, itulah serba-serbi cara mematangkan mangga dan panduan untuk mendeteksi tingkat kematangan mangga. Buah tropis yang satu ini bisa ditemukan dengan sangat mudah di Indonesia.

Namun, Anda harus cermat dalam memilih mangga karena tidak semua penjual menjajakan mangga yang sudah matang dari pohon. Jika mangganya masih mentah, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mempercepat proses pematangannya.

Sedikit tambahan informasi bagi Anda, mangga yang mentah tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Suhu dingin di dalam kulkas hanya akan memperlambat proses pematangan buah tersebut. Jangan lewatkan juga artikel Cara Memilih Mangga yang Manis agar tidak salah beli.

Tapi, kalau Anda lebih suka menyantap mangga muda dengan rasa yang sedikit masam dan kecut, bisa temukan inspirasi Olahan Mangga Muda yang membuat rasa mangga muda lebih lezat dan nikmat.

Selain mangga, buah lain yang biasanya dibeli dalam keadaan mentah adalah alpukat. Anda dapat membaca artikel cara mematangkan alpukat ini untuk mempercepat proses pematangan alpukat mentah.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment