Bacaterus / Alpukat / 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah

6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Desember 2018

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana saat membelah buah alpukat ternyata isinya belum matang? Alhasil, alpukat yang masih mentah tersebut jadi tidak bisa dikonsumsi. Lantas, adakah cara mematangkan alpukat mentah yang sudah dipetik dari pohonnya?

Di kesempatan kali ini, Bacaterus akan memberikan sejumlah cara mematangkan alpukat yang praktis dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menunggu sampai alpukat itu matang dengan sendirinya. Melalui cara-cara berikut ini, Anda bisa membuat alpukat matang lebih cepat.

6 Cara Mematangkan Alpukat

1. Panggang Dalam Oven

Panggang Dalam Oven Cara Mematangkan Alpukat

Oven di rumah Anda bukan hanya sekedar untuk membuat kue saja, lho. Anda bisa mematangkan alpukat dengan menggunakan oven. Pasalnya, gas etilen memiliki pengaruh besar untuk mematangkan buah. Ketika Anda membungkus alpukat dengan kertas timah dan memanggangnya di dalam oven, gas etilen akan terjebak di dalam kertas dan berada sangat dekat dengan buah. Alhasil, buah alpukat tersebut jadi lebih cepat matang.

Berikut adalah panduan cara mematangkan alpukat dengan menggunakan oven:

  • Panaskan oven hingga suhu 200 derajat fahrenheit atau sekitar 93 derajat celcius.
  • Bungkus buah alpukat dengan kertas aluminium foil.
  • Letakkan alpukat yang sudah terbungkus di atas piring dan masukkan ke dalam oven selama 10 menit.

Cara ini dapat membuat alpukat lebih cepat matang dan dagingnya terasa lebih lunak. Akan tetapi, jika daging alpukat sangat keras maka sebaiknya panaskan di dalam oven selama kurang lebih satu jam.

2. Bungkus dengan Buah-buahan Lain

Bungkus dengan Buah-buahan Lain

Tak punya oven untuk mematangkan alpukat? Tidak masalah karena Anda bisa mematangkan alpukat secara manual. Cara mematangkan alpukat juga bisa dengan membungkus alpukat dengan buah-buahan lain. Untuk membungkus alpukat, sebaiknya gunakan kantong kertas cokelat seperti yang biasa diperoleh ketika membeli McDonald’s.

Simak langkah-langkah untuk mematangkan alpukat dengan membungkusnya dengan kantong kertas cokelat berikut ini:

  • Sediakan kantong kertas cokelat yang bersih dan belum pernah dipakai untuk membungkus makanan.
  • Masukkan alpukat ke dalam kantong tersebut dengan buah-buahan lainnya, seperti pisang, apel, jeruk, dan tomat (Anda juga boleh menggunakan jenis buah-buahan lainnya).
  • Simpan kantong dalam kondisi tertutup di dalam suhu ruangan 18-24 derajat celcius.
  • Periksa alpukat secara berkala. Pada umumnya, alpukat akan matang dalam waktu 1-3 hari jika dimatangkan dengan metode ini. Alpukat yang sudah matang maka kulitnya berwarna hijau sangat gelap atau justru kecoklatan.

Bagaimana proses membungkus buah alpukat mentah dengan buah-buahan lain ini bisa mematangkan buah alpukat tersebut? Ketika dibungkus bersama dengan buah-buahan lain, buah lain akan melepaskan gas etilen. Kemudian, gas etilen yang terperangkap di dalam kantong kertas tersebut akan mempercepat proses pematangan alpukat.

Jika alpukat dibungkus tanpa dicampur dengan buah-buahan lain, maka waktu yang dibutuhkan untuk pematangan buahnya bisa mencapai 5 hari. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membungkus alpukat mentah dengan buah lain, terutama pisang.

3. Bungkus Ujung Buah dengan Tisu

Bungkus Ujung Buah dengan Tisu

* sumber: www.caramereka.com

Satu lagi cara sederhana mematangkan alpukat secara sederhana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Metode yang unik satu ini sangat terkenal di kalangan netizen dan diklaim dapat membuat daging buah matang secara merata.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mematangkan alpukat mentah dengan bermodalkan sehelai tisu:

  • Potong bagian ujung atas alpukat secara horisontal. Potong sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak agar daging buahnya tidak terbuang percuma.
  • Tutup bekas potongan dengan tisu, pastikan tidak ada bekas potongan yang terlihat.
  • Tempelkan lakban agar tisunya dapat melekat dengan kuat.
  • Simpan di ruangan gelap bersuhu sejuk selama 2 hari. Selanjutnya, silakan periksa hasilnya.

Pemotongan pada bagian ujung buah dilakukan agar alpukat mengeluarkan gas etilen sendiri. Sementara tisu dapat mencegah proses oksidasi yang membuat daging berwarna kecoklatan dan cepat membusuk.

4. Rendam Dalam Beras

Rendam Dalam Beras

Ada beragam cara mudah mematangkan alpukat yang bisa Anda coba. Namun, cara yang satu ini merupakan cara tradisional dari nenek moyang kita. Pasalnya, zaman dulu tidak ada oven atau tisu yang bisa dipakai untuk mematangkan alpukat. Alhasil, nenek moyang kita memanfaatkan beras untuk mematangkan alpukat secara lebih cepat.

Bagaimana cara mematangkan alpukat dengan menggunakan beras? Simak panduan selengkapnya berikut ini:

  • Isi ember plastik dengan beras sebanyak setengah ember.
  • Masukkan beberapa buah alpukat yang masih mentah ke dalam beras.
  • Tambahkan beras lagi sampai menutupi seluruh bagian alpukat.
  • Tutup ember dengan rapat.
  • Angkat alpukat dari dalam ember setelah 2-3 hari.

Cara tradisional ini memang cukup ampuh untuk mematangkan alpukat. Bahkan, bukan hanya alpukat saja, tetapi buah-buahan lain seperti pepaya, pisang, dan mangga juga bisa dimatangkan dengan direndam dalam beras.

5. Tusuk dengan Tusuk Gigi

Tusuk dengan Tusuk Gigi

* sumber: nyonyamalas.com

Teknik pematangan buah alpukat yang selanjutnya adalah dengan mengandalkan tusuk gigi. Buah alpukat yang mentah akan ditusuk menggunakan tusuk gigi atau lidi yang bersih. Konon, cara ini dapat menggantikan tangkai buah dan membuat buah alpukat “merasa” seperti masih tergantung di pohonnya. Walaupun terdengar konyol, trik ini ternyata dapat mempercepat proses pematangan buah alpukat dengan cepat.

Berikut adalah panduan untuk menusuk alpukat mentah dengan menggunakan tusuk gigi:

  • Ambil buah alpukat mentah dan tusuk gigi yang masih bersih.
  • Tancapkan tusuk gigi di bekas tangkai alpukat, yakni di bagian atas buah, sedalam 1-2 cm.
  • Diamkan buah alpukat selama 2-3 hari atau sampai teksturnya menjadi lebih empuk.

6. Panggang di Microwave

Alpukat

Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menyantap alpukat dan malas untuk menunggu proses pematangan yang memakan waktu berhari-hari, cobalah cara mudah mematangkan alpukat dengan menggunakan microwave. Anda akan memanggang alpukat di microwave dan alpukat tersebut bisa langsung dinikmati.

Berikut adalah panduan untuk mematangkan alpukat di dalam microwave:

  • Tusuk-tusuk kulit alpukat mentah dengan menggunakan garpu.
  • Letakkan alpukat di dalam microwave dan panaskan dengan pengaturan suhu rendah selama 30 detik.
  • Keluarkan alpukat dan coba periksa dengan menekan-nekan kulit buahnya.
  • Apabila kulit alpukat masih keras, masukkan kembali ke dalam microwave selama 30 detik atau sampai kulitnya melunak.

Proses pematangan alpukat dengan microwave ini terbilang instan. Anda bisa memperoleh alpukat dengan daging yang lembut. Sayangnya, metode ini tidak menghasilkan alpukat yang selezat metode-metode pematangan lainnya. Alpukat yang dipanggang di dalam microwave baunya lebih buruk dan tampilannya akan terlihat seperti terbakar.

Demikianlah cara mematangkan alpukat yang bisa Anda coba di rumah. Semua proses pematangan buah alpukat ini memang dapat menghasilkan alpukat yang matang dan siap untuk disantap, tetapi tentu saja tidak ada yang dapat mengalahkan kelezatan alpukat yang matang secara alami.

Alpukat ternyata tidak hanya bisa dinikmati sebagai jus saja, lho. Cari tahu sejumlah teknik pengolahan alpukat yang lezat dalam artikel cara mengolah alpukat yang enak dan menyehatkan berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar