Bacaterus / Kompor Gas / Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Praktis dan Aman

Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Praktis dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tabung gas merupakan “jantung” bagi kompor gas Anda. Tanpa adanya tabung gas, kompor tidak akan dapat menyala dan dipakai untuk memasak. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membeli kompor gas, sebaiknya Anda juga mempelajari cara memasang tabung gas yang aman.

Pemasangan tabung gas dimulai dari pemasangan selang ke regulator. Tanpa menggunakan regulator, gas dari dalam tabung tidak dapat tersalurkan menjadi bahan bakar kompor.

Sayangnya, para kaum hawa sering mengalami kesulitan saat harus memasang tabung gas dari langkah pemasangan regulatornya. Oleh karena itu, Bacaterus akan memberikan panduan cara memasang tabung gas yang praktis dan aman.

Cara Memasang Selang ke Regulator

Cara Memasang Selang ke Regulator

* sumber: www.djangkarubumi.com

Sebelum memulai cara memasang tabung gas ke kompor, Anda harus lebih dulu mempelajari cara memasang selang ke regulator. Selang khusus inilah yang nantinya akan menyalurkan gas ke kompor agar Anda bisa menggunakan kompor untuk berbagai keperluan. Nah, langsung saja simak langkah-langkah memasang selang untuk menghubungkan kompor dengan regulator berikut ini:

  1. Masukkan ujung selang ke dalam pipa gas yang letaknya berada di belakang kompor
  2. Pasang clamp ke ujung selang yang sudah terpasang dengan pipa bagian belakang kompor. Kemudian rapatkan clamp dengan menggunakan obeng untuk memastikan bahwa sabungan antara selang dengan kompor tidak mudah terputus
  3. Selanjutnya, pasang ujung selang lainnya ke regulator yang sudah Anda siapkan. Setelah berhasil memasukkan selang ke regulator, putar clamp untuk mengencangkan agar sambungan selang dan kompor gas tidak mudah terputus
  4. Putar atau tekan pemantik kopor untuk memastikan apakah api sudah menyala dengan baik melalui kompor tersebut

Cara Memasang Tabung Gas pada Kompor

Cara Memasang Tabung Gas pada Kompor

* sumber: coba999.wordpress.com

Yang satu ini adalah cara yang paling penting, yakni memasang tabung gas untuk dihubungkan pada kompor. Setelah mengetahui cara memasang selang ke regulator, kini saatnya kita membahas cara pemasangan tabung gas pada kompor. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang tabung gas pada kompor:

  1. Buka segel plastik yang menutupi tabung gas baru. Pada umunya, segel plastik ini menjamin keaslian tabung gas yang Anda beli
  2. Pasang rubber seal di dalam tabung gas karena karet berbentuk cincin ini berfungsi untuk menstabilkan aliran gas dari tabung ke kompor
  3. Letakkan regulator pada lubang atas tabung dengan posisi tabung harus tegak lurus ke bawah
  4. Setelah itu, kunci regulator dengan memutar 180 derajat ke kanan. Kunci ini memastikan agar kompor tidak mengalami kebocoran gas sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya
  5. Saat memasang regulator akan terdengar sedikit bunyi gas. Akan tetapi, jika bunyi gas keluar tetap terdengar maka sebaiknya Anda memeriksa kompor gas dan tabung LPG yang dipakai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan
  6. Apabila proses pemasangan tabung gas pada kompor sudah selesai, coba nyalakan pemantik kompor dengan api sedang

Tips Sebelum Memasang Tabung Gas

Tips Sebelum Memasang Tabung Gas

* sumber: kuantum-relativistik.blogspot.co.id

Tabung gas memang memiliki risiko kebocoran hingga menyebabkan kebakaran. Akan tetapi, jika cara memasang tabung gas sudah betul, risiko kebocoran juga sangat kecil. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika harus menggunakan tabung gas untuk kompor Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang tabung gas:

  • Beli Tabung Gas di Toko yang Terpercaya

Dewasa ini, sangat mudah untuk menemukan tempat penjualan tabung gas, mulai dari SPBU, minimarket, sampai warung kelontong. Temukan toko yang terpercaya untuk membeli tabung gas karena beberapa toko melakukan kecurangan dengan menjual tabung yang isinya sudah berkurang seperempat hingga separuh.

  • Cek Kebocoran Pada Tabung Gas

Setelah membeli tabung gas, Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah tabung tersebut layak dipakai dan tidak mengalami kebocoran. Cara mengecek kebocoran tabung gas ini sangat mudah, Anda hanya perlu melumuri leher tabung dengan air sabun pencuci piring.

Jika terdapat gelembung-gelembung sabun, tabung tersebut bocor dan segera tukarkan ke tempat Anda membeli. Untuk melakukan tes ini Anda tidak perlu membuka segel tabung gas.

  • Selang dan Tabung Tidak Berada di Dekat Api

Pastikan selang dan tabung gas tidak berada terlalu dekat dengan kompor. Selang yang menghubungkan kompor dengan tabung gas sangat rentan bila terkena api. Jadi, sebaiknya beri jarak antara selang dan tabung dengan kompor gas.

  • Gunakan Regulator SNI

Kompor yang berkualitas dan tabung gas yang masih bersegel tidak akan aman jika tidak didukung dengan merk regulator yang bagus dan berlabel SNI. Regulator juga memiliki pengaruh yang besar untuk mengurangi risiko kebocoran gas. Pilih regulator SNI demi menjamin keamanan Anda saat memakai kompor gas.

Cara Menyimpan Tabung Gas

Cara Menyimpan Tabung Gas

Setiap rumah tangga rata-rata memiliki 2 buah tabung gas, yang satu sedang dipakai dan yang lainnya untuk persediaan. Untuk menyimpan persediaan tabung gas ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Simpan tabung gas dalam keadaan berdiri. Jangan menyimpan tabung dalam keadaan terbalik atau tidur
  • Jangan menyimpan tabung gas di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung
  • Letakkan tabung di tempat yang sejuk dan kering. Jangan meletakkan di tempat yang lembab atau basah karena dapat menimbulkan korosi
  • Hindari tabung dari segala jenis sumber api atau listrik

Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebocoran Gas

Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebocoran Gas

* sumber: hargamaterialbahanbangunan.blogspot.co.id

Meskipun Anda sudah melakukan cara memasang tabung gas yang benar dan menggunakan kompor secara hati-hati, tapi risiko kebocoran gas memang tak dapat diprediksi. Lakukan hal-hal berikut ini saat terjadi kebocoran gas untuk mencegah tabung meledak dan kebakaran:

  1. Segera matikan pemantik api kompor ketika Anda mencium bau gas di sekitar. Singkatnya, Anda harus mematikan bahwa kompor sudah dalam keadaan mati
  2. Setelah mematikan kompor, lepas regulator dari kompor agar tabung gas tidak terhubung dengan sumber api. Cara melepas tabung gas adalah putar regulator sampai dapat ditarik, lalu tarik regulator agar terlepas dari tabung gas
  3. Bawa tabung ke ruang terbuka, misalnya halaman rumah dan hindari sumber api atau listri bertegangan tinggi
  4. Jika terjadi kebakaran, segera ambil air untuk menyiram api tersebut. Anda juga bisa menggunakan alat pemadam kebakaran jenis CO2 dan Dry Powder Chemical

Pada awal sosialisasi penggantian minyak tanah ke tabung gas banyak orang yang mengalami kebocoran gas sampai menimbulkan kebakaran. Faktanya, hal tersebut tidak disebabkan oleh tabung gas, melainkan kesalahan manusia alias human error. Banyak masyarakat yang kurang memahami cara penggunaan tabung gas yang benar dan tidak memasang regulator secara rapat.

Dewasa ini, kasus kebocoran gas memang sudah berkurang dibanding masa transisi dari minyak tanah ke gas. Baik tabung gas LPG 3 KG maupun 12 KG sama amannya untuk keperluan rumah tangga. Asalkan Anda sudah memahami cara memasang tabung gas yang benar, percayalah risiko kebocoran gas pun jadi lebih kecil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *