bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Bahan Dapur / Cara Memasak Sawi Hijau Agar Tidak Pahit dan Tetap Enak

Cara Memasak Sawi Hijau Agar Tidak Pahit dan Tetap Enak

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Mei 2020

Sayuran hijau seperti kale, collard, turnip greens dan daun singkong dikenal memiliki sedikit rasa pahit, yang kadang membuat orang-orang enggan memakannya. Ada satu lagi sayuran hijau yang terasa pahit, dan ini sangat populer di Indonesia, ia adalah sawi hijau.

Walaupun penyuka sayuran mungkin tidak menganggap sawi hijau itu pahit, jika Anda tidak bisa mentolerir kepahitan pada lidah, maka Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan sayuran yang murah meriah ini.

Untungnya, ada metode untuk mengurangi kepahitan yang melekat pada sawi, dan membuat sayuran ini lebih mudah diterima oleh semua orang, bahkan yang tak suka sayur sekalipun. Karena pada hakekatnya, sawi hijau memang ada rasa pahitnya tapi bukan pahit yang menjijikkan, justru lezat dan membuat ketagihan.

Jika diberi beberapa bumbu dan "diurus" terlebih dahulu, sawi hijau tidak akan sepahit itu, justru rasanya bakal jadi lebih enak dan mungkin Anda yang tak suka sayur pun bisa beralih menyukainya. Inilah tips dan cara memasak sawi hijau agar tidak pahit dari Bacaterus.

1. Rendam Air Dingin

*

Cara pertama untuk mengurangi kepahitan sawi hijau adalah dengan merendamnya dalam air dingin. Cara ini merupakan hal pertama kali yang harus Anda pikirkan untuk menghilangkan sedikit rasa pahit dari sawi, karena siapa tahu Anda mau memakannya mentah-mentah, bukan? Soalnya teknik-teknik lainnya lebih ke memasak sawi, jadi kalau Anda mau memakannya sebagai salad tentu teknik tersebut tak akan cocok.

Ini berlaku juga untuk sayuran-sayuran lainnya yang dirasa pahit. Anda bisa merendam sayuran di dalam air dingin (sangat dingin, pakai es batu kalau ada). Rendam sayuran selama 30 menit hingga beberapa jam. Dingin dari air dan es akan membuat sawi hijau menjadi lebih manis dan crunchy.

2. Gunakan Garam

* sumber: www.beyondkimchee.com

Anda mungkin sering melihat video orang membuat kimchi, mereka pasti membubuhi sawi putih atau pun sayuran lainnya menggunakan garam terlebih dahulu, kan? Menggunakan cara yang mirip, Anda bisa mengurangi rasa pahit dari sawi hijau dengan menggunakan garam.

Atau!! Anda bisa juga menggunakan ikan teri, daging yang diawetkan (seperti bacon, pancetta, proscuitto), atau bahkan kecap asin bersama dengan sawi hijau. Selain mengurangi rasa pahit, teknik ini akan membuat sawi lebih renyah + lembut, jika itu yang ingin Anda capai. Tapi, sawi hijau bisa jadi agak lembek jika terlalu lama direndam garam, jadi hati-hati.

3. Tambahkan Bahan dengan Cita Rasa Kuat

* sumber: www.kitchenbowl.com

Sekarang kita masuk ke metode mengurangi rasa pahit pada sawi hijau dengan memasak. Ketika memasak, tambahkan rasa-rasa yang kuat, seperti manis, asin, hingga rempah. Anda bisa memadukan sawi dengan bawang putih, saus pedas, sosis, rasa manis dari paprika, gula, hingga labu. Rasa-rasa yang kontras dan kuat ini akan membuat sawi hijau teredam rasa pahitnya.

4. Tambahkan Rasa Asam

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/789607747139182027/?lp=true

Asam dari cuka, jeruk, lemon dan sebagainya, akan membantu mengurangi kepahitan dengan sangat kontras. Jika Anda membuat sawi hijau menjadi salad, memang sudah biasanya ditambahkan bahan yang asam-asam supaya terasa lebih segar. Tapi, kalau Anda memasaknya menjadi makanan lain, belum tentu menggunakan asam, bukan?

Walaupun begitu, tak ada salahnya memberi satu sendok makan sari lemon, misalnya ke dalam masakan Anda. Selain tidak terlalu mengganggu rasanya, masakan Anda akan sedikit terasa lebih segar.

5. Padukan dengan Bahan Manis

* sumber: www.recipehow.com

Seperti disinggung sebelumnya, Anda bisa menambahkan rasa manis juga pada sawi hijau. Mungkin terdengar konyol, tapi ada juga kok resep sawi hijau yang manis, seperti dibuat kue bolu dan dijadikan smoothie!

Memadukan sawi hijau dengan sesuatu yang manis merupakan ide yang bagus. Contohnya cokelat, biji buah ini sebenarnya tidak manis dari sananya, kan? Justru cokelat itu rasanya pahit! Tapi, produk cokelat yang dikenal secara umum adalah yang rasanya manis, karena sudah ditambah gula sebelumnya.

Jadi, sebenarnya tak aneh menambahkan sesuatu yang manis pada sawi hijau atau sayuran pahit lainnya, bukan? Anda bisa menambahkan gula, madu, atau bahan manis lainnya seperti apel, kabocha, pir, jeruk, pisang, ara, dan sebagainya.

6. Tambahkan Krim

* sumber: www.thedeliciouscrescent.com

Rasa creamy memang bisa menciptakan sentuhan ajaib pada makanan. Krim mengandung lemak, dan masakan apapun yang mengandung lemak terasa luar biasa. Jika lidah Anda peka terhadap rasa pahit, ada baiknya menggabungkan sawi hijau dengan krim. Bentuk krimnya sendiri bisa heavy cream, light cream, krimer, bahkan keju dan mentega juga sudah termasuk krim.

7. Fermentasi

* sumber: www.foxyfolksy.com

Ada cara lainnya untuk menghilangkan pahit pada sawi hijau, yaitu dengan metode fermentasi. Anda bisa membuatnya jadi acar atau pun kimchi! Salah satu dish acar sawi hijau yang terkenal adalah burong mustasa (pickled flat mustard greens). Ini adalah jenis makanan pembuka yang difermentasi di Filipina.

Cara membuatnya, sawi hijau difermentasi dalam air garam dan air beras selama 3-5 hari. Acar sawi hijau ini sangat mudah dibuat, yang penting setiap lembaran daun dan batangnya sudah Anda bersihkan dengan seksama. Kalau mau resepnya bisa klik link ini, ya.

8. Blanching

* sumber: www.kitchenbowl.com

Metode selanjutnya adalah blanching. Jika Anda ingin sawi yang tidak lembek, pokoknya masih krispi dan renyah, tapi tidak ingin merasakan pahitnya, Anda bisa blanching sawi tersebut.

Caranya, rebus sawi dengan air mendidih (pastikan airnya sudah mendidih duluan, jangan mencemplungkan sawi ketika airnya belum panas) hingga berubah warna atau terlihat sedikit layu. Jangan merebusnya terlalu lama karena nanti sawinya jadi lembek.

Segera angkat sawi, lalu rendam ke air es atau dikucurkan di air mengalir (air dingin) untuk menghentikan proses memasak. Selain mengurangi rasa pahit, blanching juga akan mencegah penurunan kualitas makanan, alias sawi Anda dapat bertahan dalam kondisi baik dalam waktu lama.

9. Braising

* sumber: dishingupthedirt.com

Braising atau stewing adalah metode memasak kombinasi yang menggunakan panas "basah" dan "kering". Biasanya, pertama-tama masakan ditumis (sautée) atau di-seare (digoreng/dipanggang) pada suhu tinggi, kemudian diberi air dan dimasak hingga matang. Sayuran yang crunchy seperti sawi hijau bisa dimasak dengan cara braising.

Cairan dan minyak membantu menghilangkan kepahitan sawi hijau. Jadi, tumis dulu sawi sebentar dengan sedikit minyak, boleh juga ditambah bawang putih atau bawang bombay untuk meningkatkan rasa dan aroma. Metode slow-cooking ini tidak hanya akan mengurangi kepahitan, tapi juga melembutkan bagian batangnya yang keras.

10. Rebus dengan Kaldu

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lPEhKC1ycgs

Cara yang ke-10 sekaligus terakhir adalah dengan merebus sawi hijau dalam air kaldu. Sebenarnya merebus sawi dengan air biasa juga bisa menghilangkan rasa pahitnya. Tapi, akan lebih baik jika Anda menggunakan kaldu. Boleh kaldu apa saja, kaldu ayam, sapi, jamur dan jenis kaldu lainnya yang Anda suka.

Sebenarnya ketika Anda memasak sawi hijau, rasa pahitnya sudah akan berkurang. Begitu pula ketika Anda mendinginkan sawi (dengan metode air dingin). Jadi, tak perlu takut makan sawi lagi, ya. Selamat makan sayur!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram