Bacaterus / Sarden / 6 Cara Memasak Sarden yang Simpel untuk Dibuat di Rumah

6 Cara Memasak Sarden yang Simpel untuk Dibuat di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Sarden merupakan makanan yang bisa dibilang tidak terlalu diminati. Ayo, mengaku saja. Ketika diberi pilihan makanan, pasti Anda tidak akan menjadikan sarden sebagai pilihan pertama, kan? Apalagi banyaknya hoax yang beredar tentang sarden yang membuat orang-orang Indonesia enggan mengonsumsinya. Belum lagi bau khas sarden yang membuat orang agak enggan memakannya.

Sarden biasanya dipasarkan secara segar seperti ikan-ikan lainnya, dengan dikeringkan terlebih dahulu (belum dimasak atau pun berbumbu) dan ada juga yang sudah siap makan (dalam bentuk kaleng, sudah ada sausnya).

Sarden mengandung protein tinggi dan sarat dengan asam lemak omega-3, kalsium, zat besi dan kalium. Bisa disimpulkan kalau sarden benar-benar baik untuk tubuh Anda. Dan, jika dimasak dengan benar, sarden bisa menjadi makanan bahkan camilan lezat dan bergizi.

Begitu disayangkan, pamor sarden sangat rendah di mata masyarakat. Padahal, untuk makanan kaleng, sarden sangatlah praktis. Sarden bisa dibawa ke mana-mana tanpa takut basi atau berantakan. Sarden juga sudah siap dikonsumsi karena sudah matang. Tinggal tambahkan nasi hangat dan makanan pun sudah siap.

Jika Anda masih tidak yakin dengan statement ini, Bacaterus punya beberapa ide bisa menjadi alasan yang cukup untuk Anda mulai menyimpan satu atau dua kaleng sarden di dapur Anda. Berikut adalah beberapa cara sederhana dan sehat untuk menikmati sarden. Sarden mungkin bisa menjadi ikan favorit baru Anda, loh!

1. Sarden Bakar

* sumber: realfood.tesco.com

Sarden memang sudah ada matang dan sudah ada sausnya, jadi bisa langsung dimakan. Rasanya juga enak sebenarnya, tapi untuk orang yang tidak suka ikan pasti sulit menerimanya. Dengan memanggang sarden akan menjadikannya makanan yang beraroma dan bergizi. Makanan ini juga sangat mudah untuk disiapkan ketika Anda tak punya banyak waktu.

  • 1 buah lemon, parut kulitnya dan peras dagingnya
  • 1 cabai merah, buang bijinya & cincang halus
  • 1 siung bawang putih, hancurkan
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 8 ekor sarden, buang kotorannya jika ada
  • Beberapa tetes Tabasco (saus fermentasi yang pedas & asam, beli di Bukalapak lewat link ini)
  • Salad campuran, untuk disajikan

Dalam mangkuk kecil, campur kulit lemon dan 2 sdt jus lemon dengan cabai, bawang putih dan minyak. Bumbui dengan garam dan lada hitam yang baru ditumbuk. Beri irisan kecil di setiap sisi sarden. Balurkan campuran lemon dan minyak ke seluruh sarden, pastikan bumbu merata.

Masak ikan sarden di atas panggangan yang sudah dipanaskan (atau di atas api sedang) selama 3 menit setiap sisinya. Masak sampai sarden matang dan dagingnya mudah terlepas dari tulang. Sajikan sarden dengan beberapa tetes Tabasco dan campuran salad.

2. Avoca-Sardine Salad

* sumber: www.thekitchn.com

Siapa yang suka makan alpukat + salad untuk sarapan? Untuk kategori seafood, salad kepiting atau udang mungkin lebih digemari. Kedua bahan tersebut juga sangat cocok dipadukan dengan alpukat. Tapi, ikan sarden kalengan itu lebih hemat biaya, loh!

Ikan sarden juga kaya akan omega 3 sehat. Dipadukan dengan alpukat yang juga tinggi lemak sehat, makanan yang terlihat sederhana ini dapat membuat Anda merasa kenyang cukup lama dalam jam-jam selanjutnya. Bahan-bahan:

  • 1 kaleng sarden tanpa tulang (kalau bisa yang pakai saus minyak), sisihkan sausnya lalu keringkan sardennya
  • 2 sdm ketumbar, cincang halus
  • 1 sdm mayones
  • 1 sdm jus jeruk nipis segar (dibagi dua, sedikit untuk salad dan sedikit untuk alpukat)
  • 1 alpukat matang
  • Garam dan merica
  • Salad hijau, untuk penyajian (opsional)

Dalam mangkuk kecil, campur sarden, ketumbar, mayones dan sari jeruk nipis. Hancurkan bersamaan menggunakan garpu, lalu bumbui dengan lada dan sedikit garam. Potong alpukat menjadi dua memanjang, buang bijinya.

Buat lubang alpukat lebih besar dengan menggunakan sendok makan. Gosok permukaan alpukat dengan sisa sari lemon agar alpukat tidak teroksidasi. Tuang salad sarden ke dalam lekukan masing-masing alpukat. Sajikan bersama salad sayuran jika diinginkan.

3. Pasta Sarden

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Suka pasta? Bagaimana dengan pasta sarden? Pasta saus merah yang biasanya menggunakan daging cincang di dalamnya, bisa diganti dengan sarden dan rasanya tetap sama enaknya. Masak spageti dalam panci besar berisi air + sedikit garam. Sambil menunggu, buat sausnya.

Panaskan minyak dalam wajan sedang dan masak bawang putih cincang selama 1 menit. Tambahkan bubuk cabai, tomat dan sarden yang sudah dicacah kasar dengan sendok kayu. Masak selama 2-3 menit, lalu tambahkan minyak zaitun, caper dan sebagian besar peterseli. Aduk hingga tercampur rata.

Tiriskan pasta, sisakan beberapa sendok makan air. Tambahkan pasta ke saus dan aduk rata, tambahkan air yang disimpan tadi jika saus terlalu kental untuk selera Anda. Sajikan selagi hangat, jangan lupa taburi dengan peterseli yang tersisa untuk garnish.

4. Pizza Sarden

* sumber: www.fishisthedish.co.uk

Pasti makanan ini tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya, kan? Tapi, kalau Anda pikirkan lagi pizza dengan topping ikan itu sudah ada sebelumnya. Ingat menu Tuna Melt di Pizza Hut? Hehe. Cara membuatnya pun sangat simpel.

Beli pizza dough instan, lalu tambahkan saus pizza instan, beberapa sayuran atau buah-buahan yang diinginkan (paprika, nanas, dll) sebagai serat, dan jangan lupa bintang utamanya yaitu sarden. Tuang campuran minyak zaitun + sari lemon untuk menghilangkan aroma amis. Jangan lupa taburi garam dan merica sesuai selera. Jangan lupa beri mozzarella parut juga supaya pizzanya lebih chewy!

5. Sarden Krispi

* sumber: www.italianfoodforever.com

Sarden crispy merupakan olahan yang mudah dan cepat dibuat. Anda bisa memakannya dengan saus cocolan apa saja. Bahan yang diperlukan pun sederhana. Siapkan sarden segar, bersihkan dari kotoran dan tulang. Tepung untuk menggoreng, bumbui dengan garam dan merica terlebih dulu. Kocok ringan 2 butir telur. Siapkan 1 cangkir breadcrumb juga.

Siapkan tiga tempat, untuk tepung, telur dan breadcrumb (remah roti). Cuci ikan sarden dan keringkan. Kocok telur + sedikit air agar agak encer. Celupkan sarden ke campuran tepung terlebih dahulu, lalu ke telur, kemudian remah roti sampai semuanya terlapisi. Goreng sarden di minyak panas sekitar 3 menit atau sampai warnanya berubah jadi cokelat keemasan. Sajikan dengan saus favorit Anda.

6. Kari Sarden

* sumber: www.elmundoeats.com

Bukan cuma daging sapi saja yang enak di-kari, tapi ikan juga, termasuk sarden. Kari sarden sangat enak dimakan bersama nasi putih panas atau roti. Dan, Anda bisa menggunakan sarden kalengan untuk membuatnya! Resep selengkapnya bisa Anda intip di sini, ya.

Itu dia beberapa cara memasak sarden yang simpel dari Bacaterus. Sebenarnya kalau Anda membeli sarden kalengan kan sudah matang dan sudah ada sausnya, rasanya juga enak-enak.

Kalau mau dibuat tambah enak, Anda bisa menumis bawang bombai dan beberapa sayuran yang disukai, lalu tuang sarden kalengan. Itu saja sudah bisa membuat sarden kaleng jadi terasa lebih sedap! Kalau resep sarden andalan Anda yang mana, nih?

Atau, jika Anda masih bingung perbedaan antara makarel dan ikan sarden, kami pernah membahas informasi selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *