Bacaterus / Sayuran / 7 Cara Memasak Rebung yang Benar Agar Tidak Pahit

7 Cara Memasak Rebung yang Benar Agar Tidak Pahit

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu tantangan dalam memasak rebung adalah menghilangkan rasa pahitnya. Menghilangkan rasa pahit pada rebung sendiri lumayan gampang-gampang susah. Bila kamu berhasil menghilangkan rasa pahitnya, maka kamu bisa menghasilkan rebung dengan rasa yang enak.

Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit

Ada beragam cara yang bisa ditempuh guna menghilangkan rasa pahit dalam rebung. Beberapa di antaranya bakal kami share di artikel ini. Cara-cara yang kami maksud itu bisa disimak di bawah ini!

1. Pilihlah Rebung dengan Kualitas Terbaik

Pilihlah Rebung dengan Kualitas Terbaik

* sumber: www.ikoma.co.id

Menghilangkan rasa pahit dalam rebung harus dimulai sejak pemilihan rebung itu sendiri. Caranya, pilihlah rebung yang kualitasnya memang terbaik. Salah satu ciri rebung berkualitas baik adalah bentuknya yang warnanya yang masih segar.

Ciri khas lainnya dari rebung berkualitas baik adalah teksturnya yang lebih renyah. Setelah mendapatkan rebung berkualitas baik, kamu bisa langsung melakukan cara-cara lainnya yang akan kami sebutkan setelah ini.

2. Rebus dengan Air hingga Airnya Mendidih

Rebus dengan Air hingga Airnya Mendidih

* sumber: beritasumbar.com

Ini adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan. Jadi, sesaat kamu membeli rebung, kamu harus memasukkannya langsung ke dalam panci. Pastikan pancinya sudah terisi dengan air.

Habis itu, rebuslah rebung hingga airnya mendidih. Buang airnya, lalu tiriskan rebung selama beberapa waktu. Selain bikin rasa pahitnya hilang, cara ini juga bikin rebungnya bertekstur empuk.

3. Rendam ke dalam Larutan Garam

Rendam ke dalam Larutan Garam

* sumber: www.klikdokter.com

Selain merebusnya dengan air, kamu juga bisa menghilangkan rasa pahitnya dengan merendamnya dalam larutan garam. Siapkan terlebih dulu larutan garamnya, entah di mangkok atau wadah lainnya yang berukuran sedang.

Rendamlah rebung selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Jika sudah, cucilah rebung dengan air bersih secara merata. Kamu bisa mengolah rebung hasil rendaman larutan garam itu menjadi masakan. Namun, sebelumnya kamu harus mengukusnya terlebih dahulu.

4. Rebus dengan Air Kelapa

Rebus dengan Air Kelapa

Tak hanya dengan air biasa, rebung juga bisa direbus dengan air kelapa. Siapkan air kelapa ke dalam panci. Masukkan rebung ke dalamnya, lalu rebus hingga air kelapanya mendidih.

Setelah mendidih, air kelapanya bisa kamu buah, dan rebungnya bisa kamu tiriskan. Merebus rebung dengan air kelapa tak hanya mampu menghilangkan rasa pahit dalam rebung.

Tetapi, juga mampu memperkaya cita rasa pada rebung. Merebus rebung dengan air kelapa juga bisa menghilangkan bau langu. Sebuah bau yang biasa melekat pada sebuah rebung.

5. Kukus Rebungnya

Kukus Rebungnya

* sumber: selerasa.com

Selain direndam atau direbus, mengukus rebung juga bisa menjadi cara yang bisa dilakukan. Selain menghilangkan rasa pahit, mengukus rebung juga bisa bikin rebungnya tidak berair banyak.

Utamanya, bila rebungnya hendak diolah menjadi masakan. Durasi pengukusan rebung sendiri bervariasi. Yang paling penting, rebungnya jadi mengempuk setelah kamu kukus. Sebelum dikukus, pastikan rebungnya dicuci dulu hingga betul-betul bersih.

6. Rendam ke dalam Larutan Air Kapur Sirih

Rendam ke dalam Larutan Air Kapur Sirih

* sumber: www.resepsegalamasakan.web.id

Cara satu ini cocok dipakai untuk menghilangkan rasa pahit pada rebung, tanpa harus menghilangkan tekstur dari rebung itu sendiri. Sebelum direndam, pastikan rebungnya kamu iris terlebih dahulu.

Barulah setelah itu direndam selama beberapa menit. Setelah beres, cuci bersih semua irisan rebung tersebut. Barulah sesudahnya kamu bisa mengolah irisan rebungnya sesuai selera.

7. Rebus Dua Kali dengan Air Rebusan yang Berbeda-Beda

Rebus Dua Kali dengan Air Rebusan yang Berbeda-Beda

* sumber: dapurmamake.com

Cara ini tak jauh berbeda dengan cara nomor 1 dan 3. Adapun yang menjadi pembeda adalah waktu perebusannya yang dilakukan dua kali, serta air rebusannya yang berbeda-beda.

Pada rebusan pertama, kamu mesti memakai air biasa yang diberi sedikit taburan garam. Dalam air tersebut, rebung mesti kamu rebus selama 20 menit. Setelahnya, air tersebut bisa langsung kamu buang. Sebelum masuk ke fase rebusan pertama, rebung mesti kamu kupas, cuci, dan iris terlebih dulu.

Beres proses rebusan pertama, kamu langsung memasukkan rebung tersebut ke air rebusan yang kedua. Air rebusan kedua sendiri berisi air putih yang diberi campuran irisan jahe dan daun jeruk.

Selain bikin rasa pahitnya hilang, air rebusan kedua itu juga bisa menghilangkan bau langi pada rebung. Dalam air rebusan kedua, kamu mesti merebus rebungnya hingga rebung tersebut melunak. Setelah itu, tiriskan sejenak dan langsung diolah sesuai kebutuhan.

Baca juga: 10 Cara Mengolah Brokoli untuk Diet yang Sehat dan Lezat

Contoh Olahan Rebung

Sebelum artikel ini ditutup, kami bakal kasih beberapa contoh olahan berbahan dasar rebung. Siapa tahu bisa menjadi referensimu yang ingin mengolah rebung, setelah berhasil menghilangkan rasa pahitnya. Olahan-olahan tersebut bisa kamu simak pada list di bawah ini!

  • Lumpia
Lumpia

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Kamu pasti familiar dengan olahan khas Semarang ini. Lumpia bisa kamu sajikan dalam bentuk goreng maupun basah. Pada olahan ini, rebung yang dipakai harus dipotong memanjang.

Setelahnya, kamu campur rebung itu dengan sejumlah bahan. Semisal udang, ayam cincang, telur, saos tiram, dan kecap manis. Rebung dan semua bahan itu lantas dibungkus dengan kulit lumpia.

  • Tumis Rebung Saus Tiram
Tumis Rebung Saus Tiram

* sumber: selerasa.com

Mengolah rebung dengan cara ditumis merupakan salah satu pilihan tepat. Salah satu contoh olahannya adalah Tumis Rebung Saus Tiram. Pada olahan ini, rebung yang sudah hilang rasa pahitnya dipotong-potong sesuai selera.

Rebung tersebut lantas ditumis bareng bahan lainnya. Seperti bawang Bombay, bawang putih, dan cabai hijau. Tumis sampai semua bahan tersebut tercampur rata.

Tambahkan sejumlah bumbu ke dalam tumisan bahan-bahan tersebut. Bumbu-bumbu yang dikapai sendiri adalah kecap asin, merica, garam, dan tentu saja saus tiram.

Aduk hingga merata, lalu beri air sedikit demi sedikit. Diamkan hingga airnya mendidih dan rebungnya sedikit lebih lunak. Tumus Rebung Saus Tiram pun bisa kamu angkat dan sajikan.

  • Rebung Sayur Lodeh
Rebung Sayur Lodeh

* sumber: asrikwardani.blogspot.com

Rebung pun juga bisa dijadikan sayur lodeh. Caranya, potong rebung yang sudah hilang pahitnya dengan bentuk agak melebar. Jika mau agak empuk, rebung tersebut bisa kamu rebus sebentar. Rebung tersebut lantas dimasukkan ke dalam kaldu yang sudah dicampur dengan sejumlah bahan.

Semisal bumbu halus, salam, dan lengkuas. Setelah rebung dimasukkan, kamu harus masukkan santan, lalu mengaduknya hingga merata. Angkat lalu tiriskan selama beberapa waktu, sebelum akhirnya Rebung Sayur Lodeh bisa disajikan dan disantap.

  • Oseng Rebung Pedas
Oseng Rebung Pedas

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=CMFjIfy0Bmo

Bagi kamu pecinta oseng-oseng pedas sekaligus rebung, Oseng Rebus Pedas adalah olahan yang bisa kamu buat. Pada olahan ini, rebung yang sudah dipotong-potong panjang dan direbus lantas ditumis bersama sejumlah bahan dan bumbu.

Semisal tomat, cabai, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus. Sehabis itu, masukkan santan dan biarkan tumisan hingga terlihat mengental. Barulah sesudahnya diangkat, ditiriskan, dan disajikan.

Menghilangkan rasa pahit pada rebung adalah sebuah tantangan. Apabila kamu berhasil melakukannya, maka kamu dapat menjadikan rebung sebagai olahan yang lezat.

Untuk bisa melakukannya, kamu bisa memakai cara-cara yang sudah kami share. Dengan melakoni cara-cara tersebut, semoga kamu bisa mengolah rebung menjadi lumpia, tumis rebung, lodeh sayur rebung, atau mungkin oseng rebung pedas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *