Bacaterus / Dapur / 6 Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

6 Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 September 2018

Nasi yang terlalu keras memang tidak enak dimakan. Namun, jika nasi terlalu lembek maka rasanya juga tidak enak dan cenderung seperti bubur. Beberapa kesalahan dalam memasak nasi bisa membuat nasi jadi terasa lembek ketika dimakan. Anda harus lebih cermat saat memasak nasi di dalam magic com agar teksturnya pas, tidak keras dan tidak lembek.

Bagi Anda yang selalu “gagal” dalam memasak nasi yang pulen, Bacaterus akan berbagi cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek. Dengan bantuan magic com, Anda bisa memasak nasi yang pulen, harum, dan memiliki tekstur yang pas.

6 Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

1. Ketahui Jenis Beras Sebelum Memasak

Ketahui Jenis Beras Sebelum Memasak

Beda jenis beras, beda pula takaran air yang dibutuhkan. Tidak semua beras bisa dimasak dengan takaran air yang sama. Terkadang ada beras yang hanya membutuhkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu lembek. Namun, ada juga beras yang membutuhkan banyak air agar teksturnya menjadi pulen.

Cara mengetahui jenis beras adalah melakukan percobaan memasak nasi dengan takaran kecil. Dengan takaran kecil, Anda tidak perlu membuang nasi terlalu banyak jika ada kegagalan dalam memasak nasi. Setelah menemukan kadar air yang pas untuk beras pilihan Anda, silakan memasak nasi dengan takaran yang lebih banyak.

2. Tiriskan Air Setelah Mencuci Beras

Tiriskan Air Setelah Mencuci Beras

Sebagian orang tidak meniriskan air sampai benar-benar kering setelah mencuci beras. Hal ini akan memperbanyak penggunaan air ketika memasak nasi. Alhasil, sisa air mencuci beras ini akan menambah takaran air yang digunakan untuk memasak nasi.

Terlalu banyak air dapat menyebabkan nasi terlalu lembek. Oleh karena itu, selalu tiriskan air sampai benar-benar kering setelah mencuci beras. Gunakan saringan khusus untuk meniriskan air setelah mencuci beras.

3. Gunakan Perbandingan Beras dan Air 1:2

Cara Memasak Nasi di Magic Com Agar Tidak Lembek

Cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan perbandingan beras 1 : 2 air. Apa yang dimaksud dengan perbandingan 1 : 2? Artinya, jika Anda memasak satu gelas beras, maka jumlah air yang digunakan adalah dua gelas.

Perbandingan seperti ini cukup ampuh untuk memasak nasi yang pulen dan tidak lembek. Namun, jika nasi yang dihasilkan masih tetap lembek, maka Anda perlu mengurangi sedikit lagi takaran airnya.

4. Tidak Menambahkan Mentega atau Garam

Tidak Menambahkan Mentega atau Garam

Sebagian orang suka menambahkan mentega atau garam ke dalam nasi yang akan dimasak. Tujuannya agar cita rasa nasinya menjadi lebih gurih. Sayangnya, penambahan mentega atau garam hanya akan membuat nasi jadi lembek.

Baik garam dan mentega dapat membuat nasi cepat lunak dan hancur. Alhasil, nasi yang dimasak menjadi lembek atau tidak matang secara sempurna. Jika ingin menambahkan garam atau mentega, sebaiknya tunggu sampai nasinya matang. Setelah matang, tambahkan bahan-bahan tersebut dan aduk secara manual agar lebih merata.

5. Tidak Membuka Tutup Magic Com Sebelum Nasi Matang

Tidak Membuka Tutup Magic Com Sebelum Nasi Matang

Alat seperti magic com didesain dengan sempurna agar dapat memasak nasi secara otomatis sampai benar-benar matang. Jadi, kebiasaan membuka tutup magic com hanya akan menghancurkan nasi di dalamnya. Selain itu, magic com menjadi lebih mudah rusak jika dibuka dan ditutup saat sedang memasak nasi.

Apabila Anda sudah menggunakan magic com, jangan buka tutupnya ketika memasak nasi. Setelah nasi matang, sebaiknya jangan langsung membuka tutupnya. Tunggu saja 10-15 menit agar nasi di dalam magic com matang secara sempurna dan tidak terlalu lembek.

6. Memasak Beras Putih dan Beras Merah Secara Terpisah

Memasak Beras Putih dan Beras Merah Secara Terpisah

Maksud hati ingin menghemat penggunana listrik dengan memasak dua jenis beras sekaligus. Akan tetapi, kebiasaan memasak dua jenis beras yang berbeda (beras putih dan beras merah) hanya akan membuat tektur nasi putihnya jadi lembek.

Cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek adalah dengan memisahkan setiap jenis beras. Bukan hanya memisahkan beras merah dan beras putih, tapi Anda juga sebaiknya memisahkan beras putih merk A dengan beras putih merk B.

Mengapa kita tidak diperbolehkan untuk menanak dua jenis beras sekaligus? Beras merah menyerap lebih banyak air ketimbang beras biasa. Alhasil, memasak dua jenis beras berbeda dapat menggagalkan hasil salah satunya.

Panduan Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek atau Keras

Nasi Lembek

Keberadaan magic com memang sangat membantu kita dalam memasak nasi. Jika orang-orang zaman dulu memasak nasi secara manual dan mengharuskan kita untuk mengaduk nasi sesekali, kini tidak ada yang melakukan hal tersebut. Cukup tekan tombol di magic com, nasi akan matang dengan sendirinya.

Namun, penggunaan magic com juga sering membuat tekstur nasi menjadi sangat lembek. Bacaterus akan memberikan panduan cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek, nih! Simak panduannya di bawah ini:

  • Ukur beras ketika ingin memasak. Pasalnya, ukuran beras akan menentukan jumlah air yang dibutuhkan.
  • Cuci beras terlebih dahulu. Pastikan beras dimasak dalam keadaan bersih agar layak dikonsumsi. Dalam mencuci beras, cukup lakukan 3-4 kali saja agar nutrisi di dalam beras tidak hilang karena terlalu lama dicuci.
  • Tambahkan air sesuai dengan takaran beras yang Anda masak. Misalnya, Anda memasak 3 cangkir beras, maka jumlah airnya adalah dua kali lipatnya, yakni 6 cangkir beras.
  • Masukkan panci berisi beras ke dalam magic com. Panci yang dipakai harus sesuai dengan magic com Anda.
  • Tekan tombol “cooking” atau “on/off” di magic com Anda. Tunggu selama beberapa menit sampai indikator di magic com memberikan informasi bahwa nasi sudah matang.
  • Setelah matang, jangan langsung buka tutupnya. Buka setelah 15 menit kemudian agar nasinya tidak terlalu lembek.
  • Buka tutup magic com dan aduk nasi di dalamnya agar tidak terlalu lengket. Di bagian ini Anda boleh menambahkan perasa sesuai selera.

Cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengatur takaran beras dan air agar tekstur nasi tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Selanjutnya, magic com akan mengerjakan tugasnya sendiri.

Serba-serbi cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek ini bisa Anda coba di rumah. Jika selama ini nasi yang Anda masak selalu kelembekan, coba cermati cara-caranya di atas. Bisa jadi selama ini Anda melakukan “kesalahan” yang dapat membuat nasi jadi lembek. Belum tahu cara memakai magic com yang benar? Cek artikel cara menggunakan magic com dengan mudah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a full-time writer. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for some Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Rexona, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, Berrykitchen, AsmaraKu, Carisinyal, Keluyuran, and Kamini.She also writes about Travelling, Culinary, Health, Lifestyle Tips, Romance, Mystery, and many mores.

Leave A Comment