Bacaterus / Lobak / Inilah 8 Cara Memasak Lobak Putih agar Tidak Pahit

Inilah 8 Cara Memasak Lobak Putih agar Tidak Pahit

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lobak putih adalah jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Beberapa masakan khas menggunakan lobak sebagai bahan utamanya. Jika Anda mau memasak lobak di rumah, Anda harus tahu dulu cara memasak lobak putih agar tidak pahit.

Soalnya, lobak mengandung getah enzim di kulitnya yang membuat lobak terasa pahit. Kalau Anda salah langkah dalam memotong serat lobak, rasa pahitnya bisa menyebar ke mana-mana. Tapi, tenang saja, karena Bacaterus akan memberi tahu Anda tipsnya. Tapi, sebelum itu ketahuilah dulu beberapa manfaat lobak untuk tubuh.

Manfaat Lobak

1. Kaya Serat

Kaya Serat

* sumber: nothymetowaste.com

Lobak memiliki kadar serat yang tinggi. Jika Anda memakan lobak sebagai bagian dari asupan salad harian Anda, maka sistem pencernaan Anda akan jadi lebih lancar. Sayuran akar ini tidak hanya baik untuk sistem pencernaan Anda, tetapi juga membantu untuk memperbaiki tingkat keasaman lambung, obesitas, mual, dan masih banyak lagi.

2. Melindungi Sel Darah Merah

Melindungi Sel Darah Merah

* sumber: www.ratatouille.com.hk

Lobak bermanfaat untuk mengendalikan kerusakan sel darah merah, dan dalam prosesnya sekaligus meningkatkan suplai oksigen ke darah. Kalau mau sel darah merah Anda terlindungi, yuk, makan lobak!

3. Melindungi Jantung

Melindungi Hati

* sumber: www.eatwell101.com

Organ dalam, khususnya jantung, dapat terlindungi juga jika Anda rutin makan lobak. Lobak adalah sumber yang baik untuk anthocyanin yang menjaga jantung agar dapat berfungsi dengan baik, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Lebihnya lagi, lobak tinggi akan vitamin C, asam folat, dan flavonoid juga yang bekerja sebagai anti oksidan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah

* sumber: www.stylecraze.com

Manfaat lobak putih lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Menurut Ayurveda (adalah ilmu kesehatan yang berasal dari negara India), lobak memiliki efek mendinginkan pada darah. Lobak akan memberikan potasium untuk tubuh Anda. Dengan potasium, tekanan darah Anda dapat menurun dan aliran darah Anda terkendali, sehingga lobak sangat bagus untuk orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi.

5. Membentengi Pembuluh Darah

Membentengi Pembuluh Darah

* sumber: www.foodjimoto.com

Tidak cuma menjaga sel darah merah saja, ternyata lobak putih juga dapat membentengi pembuluh darah. Lobak memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, yang dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah dan mengurangi kemungkinan mengalami arteriosklerosis (pengerasan arteri).

6. Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan Imunitas

* sumber: instagram.com

Manfaat selanjutnya dari lobak putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Karena lobak mengandung vitamin C yang tinggi, tubuh Anda bisa jadi lebih kuat dari penyakit-penyakit kecil seperti batuk dan flu. Tapi, tak hanya penyakit kecil saja, jika Anda rutin makan lobak, maka tubuh Anda dapat menangkal radikal bebas, peradangan, hingga menunda penuaan dini.

7. Menghidrasi Tubuh

Menghidrasi Tubuh cara memasak lobak putih agar tidak pahit

* sumber: www.seedsnow.com

Orang-orang yang tinggal di negara dengan 4 musim biasanya lebih banyak mengonsumsi lobak saat musim panas dibandingkan musim-musim lainnya. Kenapa? Karena lobak tinggi kandungan air, sehingga dapat membuat tubuh terhidrasi lebih lama.

8. Mempercantik Kulit

Mempercantik Kulit

* sumber: thehangingspoon.com

Manfaat lobak putih yang terakhir adalah bagus untuk kulit. Jika Anda meminum jus lobak setiap hari, sama saja seperti Anda memberi pendorong khusus pada kulit Anda untuk tetap sehat. Semua ini dipengaruhi karena kandungan vitamin C, seng, dan fosfor dalam lobak.

Lobak juga dapat menjauhkan kulit dari kekeringan, jerawat besar, jerawat kecil, dan ruam. Selain dikonsumsi, Anda bisa membuat lobak menjadi masker juga untuk kulit dan rambut Anda. Jika dipakaikan ke rambut, maka rambut Anda bisa terbebas dari ketombe dan kerontokan.

Itu tadi sekilas mengenai manfaat lobak putih untuk tubuh Anda, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Sekarang, mari kita langsung masuk ke pembahasan cara memasak lobak putih agar tidak pahit.

Cara Memasak Lobak Putih agar Tidak Pahit

1. Pilih

Pilih cara memasak lobak putih agar tidak pahit

* sumber: www.designsponge.com

Dalam cara memasak lobak putih agar tidak pahit, pertama-tama pilihlah lobak putih yang keras (tidak lembek) dan halus permukaannya. Carilah lobak yang tidak memiliki banyak kerutan dan bintik hitam.


Rata-rata ukuran lobak adalah 15 hingga 38 cm, jadi pilihlah lobak yang ukurannya paling pas untuk resep Anda. Jika Anda mau membuat salad, pilihlah lobak yang lebih kecil. Untuk resep lainnya, seperti rebusan atau panggangan, gunakan lobak yang lebih besar.

Lihat juga warnanya. Pilihlah lobak yang berwarna putih terang. Pilih juga yang daun lobaknya masih segar (belum layu). Dan, carilah lobak yang muda. Semakin tua lobak, maka rasa pahitnya semakin kuat.

2. Cuci

Cuci

* sumber: pngtree.com

Cara memasak lobak putih agar tidak pahit yang ke-2 adalah dengan mencucinya. Cara yang paling benar untuk mencuci lobak adalah dengan menggunakan air mengalir. Tidak perlu menggunakan sabun, cukup dengan tangan Anda saja. Kalau lobaknya masih banyak tanah dan kotoran, Anda bisa menggunakan sikat sayuran.

3. Potong Daun

Buang Daun

Langkah yang ke-3 adalah dengan memotong daun lobak (jika masih ada). Iris daun dan sedikit bagian atas lobak (sekitar 1 cm dari daun). Daunnya memang perlu dipisahkan, tapi bukan berarti harus dibuang, loh. Soalnya daun lobak bisa dikonsumsi juga. Ada beberapa resep enak yang dibuat dari daun lobak.

4. Kuliti

Kuliti

* sumber: www.videoblocks.com

Cara memasak lobak putih agar tidak pahit yang selanjutnya adalah membuang kulit lobak. Kupas kulitnya dengan pengupas sayuran berukuran besar, bukan yang biasa dipakai untuk wortel dan kentang. Caranya, pegang lobak tegak dengan ujung yang baru dipotong ditekan ke atas talenan.

Dengan ujung pengupas yang menghadap ke sayuran, geser pengupas ke bawah sepanjang kulit dengan sapuan panjang. Putar lobak dengan satu tangan saat Anda menguliti seluruh bagian kulit lainnya.

Jika Anda tidak memiliki pengupas sayuran, Anda dapat menggunakan pisau. Tapi, hati-hati ketika mengupas kulitnya, jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal juga. Jika terlalu tipis, maka rasa pahit dari kulit lobak bakal masih tersisa. Sedangkan kalau terlalu tebal maka daging lobaknya terbuang percuma.

5. Potong

Potong cara memasak lobak putih agar tidak pahit

* sumber: www.maangchi.com

Sekarang Anda sudah bisa memotong-motong lobak. Jika lobaknya berukuran besar, maka potonglah menjadi dua terlebih dahulu supaya lebih mudah diolah. Potong jadi tiga jika lobaknya panjang. Atau, Anda bisa langsung memotongnya sesuai kebutuhan resep.

6. Rendam di Air Garam

Rendam Air Garam

* sumber: recipesfortom.blogspot.com

Nah, cara memasak lobak putih agar tidak pahit ini tidak boleh Anda lewatkan. Kalau Anda lupa, semua step di atas sama saja bohong. Lobak yang telah diiris atau dipotong harus direndam di larutan air garam kalau tidak mau terasa pahit.

Logikanya, zat pahit dari lobak akan keluar ketika terkena air garam. So, sebelum Anda memasak lobak, rendam dulu di air garam. Ketika direndam, Anda remas-remas juga lobaknya. Jika sudah, diamkan selama sekitar 3 jam.

7. Blansir

Blansir cara memasak lobak putih agar tidak pahit

* sumber: vfbnancy.com

Blansir, atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah blanching, merupakan teknik merebus sayuran yang biasa dilakukan di restoran dan hotel. Anda dapat memblansir lobak terlebih dahulu sebelum diolah.

Caranya, siapkan air mendidih, lalu cemplungkan lobak ke dalamnya. Diamkan selama beberapa menit saja sampai lobaknya terlihat berubah warna. Jika sudah, langsung angkat, dan celupkan pada air dingin. Tapi, cara ini bisa di-skip jika resep yang Anda gunakan tertulis “lobak segar.”

8. Olah

Olah

* sumber: www.feastingathome.com

Di atas tadi adalah cara memasak lobak putih agar tidak pahit. Jika semuanya sudah Anda lakukan, sekarang tinggal waktunya memasak! Seharusnya, setelah lobak putih direndam dengan larutan air garam, rasa pahitnya pasti berkurang. Jika Anda ingin rasa pahitnya benar-benar tidak terasa, gunakan bumbu-bumbu yang kuat seperti dibuat sup, kimchi, atau direbus dengan daging seperti soto Bandung.

Semoga cara memasak lobak putih agar tidak pahit ini bisa bermanfaat buat Anda. Baca juga artikel Bacaterus lainnya yang masih berhubungan dengan lobak, yaitu 10 Cara Mengonsumsi Lobak Putih dengan Nikmat. Selamat memasak!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *