Bacaterus / Cumi / Ini Dia Cara Memasak Cumi yang Enak dan Tidak Alot

Ini Dia Cara Memasak Cumi yang Enak dan Tidak Alot

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cumi-cumi merupakan salah satu hidangan laut yang sangat disukai oleh masyarakat. Cumi sering tersedia, terutama di rumah makan atau restoran khusus seafood atau Chinese food. Karakteristik cumi yang kenyal serta memiliki tekstur yang lembut membuat olahan laut yang satu ini banyak digemari.

Meskipun demikian, untuk mengolah hidangan dengan bahan dasar cumi bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu ketelitian agar hidangan laut ini memiliki rasa yang enak dan bisa menggugah selera.

Jika kamu salah satu penggemar makanan laut yang satu ini, kamu bisa memasaknya sendirindi rumah dengan mengikuti langkah-langkah yang akan Bacaterus bahas kali ini. Berikut adalah tips membuat cumi tidak alot dan cara memasak cumi agar bisa menjadi hidangan yang menggugah selera.

Memilih Cumi yang Segar

Memilih Cumi yang Segar

* sumber: www.fimela.com

Hal utama yang harus kamu perhatikan bila ingin memasak cumi-cumi di rumah adalah menyiapkan bahan masakan yang segar. Selain untuk menjaga kualitas rasa, pemilihan bahan masakan yang segar juga baik untuk kesehatan.

Ketika kamu membeli cumi, pilihlah cumi yang masih baru dan fresh dengan cara melihat, menyentuh dan mencium bau dari cumi itu sendiri. Adapun beberapa cara untuk memastikan cumi yang kamu pilih masih segar adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, pilihlah cumi yang memiliki bagian tubuh yang masih menyatu dengan bagian kepala. Hal tersebut untuk memastikan bahwa cumi tersebut masih dalam keadaan baru. Perhatikan pula kondisi saat cumi tersebut hendak kamu beli.
  • Bila kamu melihat cumi direndam di dalam air es dengan jumlah yang banyak serta tidak mengeluarkan tinta. Maka kamu patut curiga bahwa cumi tersebut sudah tidak segar.
  • Langkah kedua, pastikan cumi yang kamu pilih memiliki kulit berwarna putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan. Selain itu, kamu juga bisa memastikan dengan melihat bagian mata cumi. Bila cumi memiliki mata yang cukup jernih. Maka bisa dipastikan cumi tersebut masih dalam keadaan fresh.
  • Sementara bagi cumi yang sudah tidak fresh, kamu bisa melihatnya dari warna kulit yang sudah berubah menjadi kebiruan atau ungu tua. Kamu juga bisa melihat bagian tentakel cumi. Bila pada bagian tersebut sudah berubah warna kekuningan atau rusak, itu artinya cumi tidak dalam keadaan segar dan tidak sehat untuk dikonsumsi.
  • Langkah ketiga, kamu juga bisa memastikan cumi tersebut segar atau tidak dengan menekan dagingnya dengan jari untuk memastikan tingkat kekenyalan dari cumi tersebut. Bila setelah kamu tekan daging cumi masih terasa kenyal dan mengeluarkan banyak tinta. Hal tersebut menandakan cumi tersebut masih dalam keadaan baru dan segar.
  • Langkah keempat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencium bau dari cumi itu tersendiri. Bila cumi yang hendak kamu beli tidak mengeluarkan bau sedikit pun atau tidak dihinggapi oleh lalat, bisa jadi cumi tersebut sudah mengalami proses pengawetan. Hal tersebut tentu harus kamu hindari agar masakan kamu tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Cara Membersihkan Cumi yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Cumi

* sumber: www.finecooking.com

Setelah kamu memilih cumi yang segar, hal lain yang harus kamu perhatikan agar hidangan cumi yang kamu masak lezat adalah cara membersihkan cumi dengan baik dan benar. Hal tersebut untuk membantu kamu dalam proses pengolahan selanjutnya. Adapun cara membersihkan cumi yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kamu harus mencabut bagian tulang rawan yang terdapat dalam tubuh cumi dengan hati-hati. Bagian ini memang tidak bisa dimanfaatkan atau diolah.
  • Kedua, keluarkan bagian kantung tinta yang terdapat dalam tubuh cumi. Secara perlahan. Pastikan tinta tersebut tidak terpapar pada bagian daging cumi atau pada bagian tubuh cumi yang lain. Bagian ini memang bisa diolah untuk bahan masakan lain. Warna hitam pada cumi sering dimanfaatkan untuk pewarna alami untuk jenis masakan lain seperti mie atau baso.
  • Ketiga, kamu juga bisa mengupas bagian kulit ari pada cumi. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera atau jenis masakan yang akan kamu buat. Bila ingin menambah nilai estetika pada masakan kamu. Maka kamu bisa menghilangkan bagian kulit ari cumi. Selain itu, pastikan juga bila kamu mencuci cumi dengan air bersih yang mengalir.

Cara Mengolah Cumi Agar Tidak Alot

Cara Mengolah Cumi

* sumber: www.haibunda.com

Hal yang paling mengganggu saat menyantap hidangan laut adalah bau amis yang terkandung dalam bahan utamanya. Bau amis terkadang menjadi salah satu hal yang dapat menghilangkan selera makan. Kesalahan saat proses pengolahan memang bisa membuat cumi terasa bau amis dan alot. Hal tersebut tentu dapat merusak keseluruhan rasa yang ada dalam masakan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut ada beberapa hal yang bisa kamu bisa praktikan di rumah. Selain bisa menghilangkan bau amis, cumi yang kamu masak juga memiliki tekstur yang lembut dan tidak alot.

Caranya adalah dengan merendam cumi selama 30 menit dengan air perasan lemon serta sedikit parutan jahe. Kamu juga bisa merendam cumi dengan air susu tawar yang dicampur air lemon. Hal tersebut selain dapat menghilangkan bau amis pada cumi, asam dalam lemon atau air susu dapat mengurai protein pada cumi, sehingga dapat membuat tekstur cumi lebih lembut dan empuk.

Hidangan Cumi yang Populer

Di Indonesia sendiri hidangan berbahan dasar cumi memang menjadi favorit banyak orang. Berbagai restoran seafood bahkan kedai kaki lima seolah berlomba-lomba menyajikan hidangan unik yang dapat menggugah selera.

Nah, dari berbagai jenis hidangan yang dijajakan, berikut adalah sajian cumi yang sering kita temukan di restoran atau kedai kaki lima yang bisa kita buat dibuat sendiri di rumah.

‌1. Cumi Asam Manis

Cumi Asam Manis

* sumber: www.coolpad.com

Hidangan lezat yang satu ini memiliki rasa yang unik. Perpaduan rasa manis dan asam pada saus bercampur dengan rasa gurih daging cumi tentu saja dapat memanjakan lidah kamu. Hidangan yang sangat populer ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih panas.

‌2. Cumi Goreng Tepung

Cumi Goreng Tepung

* sumber: www.detikfood.com

Bila kamu tidak suka dengan cumi yang dimasak berbumbu, maka cumi goreng tepung bisa menjadi pilihan yang tepat. Renyah pada tepung yang membalut cumi berpadu dengan daging cumi yang lembut dan gurih memberi sensasi tersendiri saat menyantap cumi. Kamu juga bisa mencocol cumi goreng tepung pada saus sambal, tomat atau mayones untuk memberi sensasi pedas yang nikmat.

3. Cumi Bakar

Cumi Bakar

* sumber: www.arahkita.com

Bila kamu sedang menjalani hidup sehat tapi ingin merasakan kelezatan daging cumi yang nikmat, maka cumi bakar bisa menjadi alternatif bagi kamu. Kamu juga bisa menambahkan kecap manis untuk menambah kenikmatan rasa hidangan yang satu ini.

4. Cumi Saus Mentega

Cumi Saus Mentega

* sumber: www.coolpad.com

Bila kamu yang menyukai rasa gurih dan asin, kamu juga bisa mencoba resep cumi saus mentega. Hidangan yang satu ini memang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai rasa asin dan juga gurih. Perpaduan saus mentega dengan irisan bawang bombay dijamin bisa membuat lidah kamu tak berhenti untuk mengunyah.

Nah, itulah tips membuat cumi tidak alot dan cara memasak cumi yang enak. Bila kamu punya resep yang unik, kamu bisa berbagi dengan pembaca lain di bawah. Semoga yang sudah kita bahas bisa menjadi inspirasi kamu dalam memasak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *