Bacaterus / Daging Ayam / Cara Memasak Ceker Biar Empuk Tanpa Memakai Panci Presto

Cara Memasak Ceker Biar Empuk Tanpa Memakai Panci Presto

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ceker adalah bagian tubuh ayam yang memiliki tekstur lembut dan nikmat. Meskipun memiliki sedikit daging, namun kelezatan ceker ayam memang tak bisa dipungkiri. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya cara mengolah ceker menjadi santapan kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari sop ceker, ceker asam manis, ceker mercon dan seblak ceker yang nikmat. Bila kamu termasuk pencinta kuliner yang satu ini. Kali ini Bacaterus akan memberikan cara untuk mengolah ceker ayam beserta informasi kuliner mengenai olahan ceker yang ada di seluruh dunia. Inilah cara memasak ceker biar empuk tanpa panci presto yang mudah dan simpel. Berikut adalah ulasannya.

Santapan Sederhana yang Penuh Sensasi

Santapan Sederhana yang Penuh Sensasi

Ceker adalah bagian ayam yang memiliki cita rasa tersendiri. Kenikmatan ceker ayam memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain di Indonesia, olahan ceker juga digemari oleh masyarakat yang ada di negeri ginseng, Korea. Di Korea sendiri olahan ceker yang populer adalah “Maeun Dakbal” atau ceker yang di masak pedas dengan menghilangkan bagian tulangnya.

Sementara di Indonesia, kuliner yang menggunakan bahan utama ceker lebih beragam. Mulai dari berkuah, berbumbu kering sampai dibuat ke dalam keripik ceker seperti yang sering kita temui di Solo, Yogyakarta.

Cara membuat tekstur ceker supaya lebih empuk pun bervariasi agar menambah sensasi kenikmatan saat disantap. Mulai dengan merebus biasa sampai dengan menggunakan panci presto agar ceker memiliki tekstur lembut sampai ke tulang.

Ceker sendiri memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, vitamin, collagen, kartilago, lemak, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, tembaga dan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Air sisa rebusan ceker yang gurih terkadang sering dimanfaatkan untuk menambah lezat masakan lain, seperti yang sering kita temui pada kuah bakso.

Cara Mengolah Ceker Biar Tidak Alot dan Bau Amis

Cara Mengolah Ceker Biar Tidak Alot dan Bau Amis

Mengolah ceker memang sangat mudah. Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah ceker untuk mendapat hasil yang sesuai dengan selera. Meskipun tanpa menggunakan presto, namun para pecinta kuliner tak perlu khawatir dengan hasilnya. Berikut adalah cara yang bisa diikuti untuk mendapatkan rasa ceker yang empuk dan lezat:

  • ‌Bersihkan ceker ayam

Proses pertama, bersihkan ceker ayam dengan menghilangkan kulit ari dan bagian kakunya sampai bersih. Pastikan bagian ceker bersih dengan melakukan beberapa kali pencucian agar ceker benar-benar terhindar dari kotoran.

  • ‌Rendam ceker dengan perasan jeruk nipis

Proses kedua, rendam ceker dengan air hangat yang diberi perasaan jeruk nipis selama kurang lebih 10-15 menit untuk menghilangkan bau amis pada ceker. Kandungan asam pada perasan air jeruk nipis juga dapat membantu melembutkan ceker. Setelah selesai melakukan perendaman dengan perasan jeruk nipis. Bersihkan kembali ceker dengan air bersih.

  • ‌Merebus ceker

Proses ketiga, rebus ceker sebanyak dua kali. Pertama rebus ceker sekitar 10 menit untuk menghilangkan lemak atau kotoran yang tertinggal dalam ceker. Kedua masak air kembali sampai mendidih. Ketika air mulai mendidik kecilkan api lalu masukan ceker dengan berbagai rempah seperti garam, batang serai, daun salam dan bawang putih yang telah digeprek secukupnya.

Rebus ceker selama 30-45 menit dengan menggunakan panci yang tertutup untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah selesai merebus diamkan ceker dalam panci selama 10-15 menit. Ceker pun siap dan bisa langsung dibumbui sesuai selera. Bagi yang menyukai tekstur yang berbeda, setelah perebusan, tiriskan kemudian goreng ceker sampai setengah matang untuk kemudian di bumbui.

Masakan Ceker yang Ada di Dunia

Masakan ceker memang tidak hanya terkenal di Indonesia dan Korea saja. Di beberapa negara pun terdapat beberapa masakan ceker yang bisa kamu olah di rumah dengan mencari resepnya di Internet. Bila kamu bosan menyantap masakan ceker dengan bumbu khas Nusantara. Kamu juga bisa memasak ceker seperti masakan yang ada di berbagai belahan dunia seperti di bawah ini:

  • ‌Chicken Feet Dim Sum dari Cina

‌Chicken Feet Dim Sum dari Cina

Masakan ceker yang satu ini memang bisa kamu temui di Indonesia. Memiliki cita rasa manis dan pedas, masakan ceker khas negeri Panda ini memang bisa  memanjakan lidah pecinta kuliner yang ada di dunia. Prosesnya pun cukup mudah seperti merebus, menggoreng, membumbui ceker kemudian kukus dengan api sedang.

  • ‌Maeun Dakbal dari Korea

‌Maeun Dakbal dari Korea

Selain Ttoekboekki, menu ceker ala Korea ini memang cukup populer di Indonesia. Kamu bisa mulai dengan memisahkan tulang dari ceker kemudian diolah dengan saus gochujang yang pedas dengan berbagai rempah untuk menambah sensasi nikmat ceker ayam tanpa tulang.

  • ‌Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai dari Thailand

‌Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai dari Thailand

Salah satu olahan dari negeri gajah putih ini bisa kamu coba di rumah. Khanom chin kaeng kiao wan kai atau ceker ayam yang disajikan dengan mie yang terbuat dari tepung beras dengan kuah kari berwarna hijau. Masakan yang satu ini memang menjadi khas kuliner yang ada di Thailand.

  • ‌Adobong Pang Naa Manok dari Filipina

Adobong Pang Naa Manok dari Filipina

Masakan khas Filipina ini bisa jadi pilihan lain bila kamu sedang bosan dengan olahan ceker yang biasa. Kamu bisa masak dengan menambah bawang merah, bawang putih, cuka, kecap asin, saus cabai, lada dan bumbu-bumbu lainnya. Cara mengolah masakan ceker memang sangat mudah sehingga bisa dipraktekkan di rumah.

  • Walkie Talkies dari Afrika Selatan

‌Walkie Talkies dari Afrika Selatan

Hidangan khas Afrika Selatan ini jajanan kaki lima yang memang populer di sana. Masyarakat Afrika sendiri sering menyantap olahan ceker ini dengan bubur. Ceker ayam khas Afrika ini biasa di bakar atau pun dibalur dengan tepung kemudian digoreng.

  • Chicken Foot Soup dari Jamaika

Chicken Foot Soup dari Jamaika

Salah satu masakan khas tradisional dari Jamaika ini memang cukup unik dan bisa kamu coba di rumah. Chicken foot Soup ala Jamaika ini disajikan dengan berbagai sayuran yang kaya akan karbohidrat seperti kentang, labu, jagung dan wortel. Kuah kental yang mirip seperti kari memang bisa membuat lidah kam bergoyang.

  • Chicken Foot Souse dari Kepulauan Karibia

Chicken Foot Souse dari Kepulauan Karibia

Masakan yang terakhir berasal dari kepulauan Karibia. Makanan khas yang satu ini memang tak kalah menarik dari masakan ceker yang ada di negara lain. Sup ceker khas Karibia ini memiliki cita rasa unik dengan potongan jagung, mentimun, bawang bombai, daun bawang, seledri, cabe merah dan perasan air lemon. Sensasi kuah ceker yang segar dan gurih pasti menambah selera nafsu makan kamu.

Nah, itulah cara memasak ceker biar empuk tanpa panci presto yang mudah dan simpel. Kamu juga bisa mengolah olahan ceker sesuai dengan selera kamu. Nantikan informasi resep lainnya yang akan Bacaterus share untuk kamu. Semoga tips yang disajikan bisa menjadi inspirasi untuk menu santap kamu di rumah. Selamat mencoba! Intip juga artikel makanan olahan ceker ayam ini, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *