Bacaterus / Menambah Tinggi Badan / 9 Cara Memanjangkan Kaki yang Pendek dengan Berolahraga

9 Cara Memanjangkan Kaki yang Pendek dengan Berolahraga

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Tubuh tinggi semampai tentu menjadi dambaan untuk hampir semua orang, mungkin termasuk Anda juga. Selain dapat memberikan rasa percaya diri, tubuh tinggi bisa membuat penampilan lebih maksimal karena mudah memadupadankan fashion Anda. Banyak metode yang dapat Anda coba untuk menambah tinggi badan, salah satunya dengan cara memanjangkan kaki seperti yang akan diulas berikut ini.

Namun ada lho beberapa anggapan kalau tubuh berhenti tumbuh secara fisik setelah usia 20. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya benar, namun di sisi lain bagi Anda pembaca yang sudah menginjak usia lebih dari 20 tahun, tidak perlu khawatir dengan tinggi tubuh Anda.

onsumsi suplemen seperti yang dibahas dalam artikel vitamin peninggi badan ini memang diperbolehkan, tetapi Anda juga perlu melakukan sejumlah gerakan untuk mempercepat proses meninggikan berat badan.

Dengan melakukan serangkaian olahraga yang Anda sukai, tubuh Anda akan bergerak tumbuh ke atas walaupun perubahan tidak terlalu signifikan. Tapi tak pernah ada salahnya mencoba kan? Nah maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas cara memanjangkan kaki agar tinggi lewat olahraga.

cara memanjangkan kaki

Ya, di antara banyaknya rekomendasi dalam artikel olahraga peninggi badan, cara yang paling masuk akal dan sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga ini terutama berfokus pada tulang-tulang kaki Anda yaitu tulang rawan dan juga tulang punggung.

Beberapa olahraga berikut ini mungkin memerlukan panduan dari instruktur olahraga karena resiko kecelakaan yang bisa terjadi jika gerakan atau tahap-tahap yang Anda lakukan salah. Nah, berikut beberapa olahraga yang bisa Anda praktikkan dengan panduan instruktur olahraga Anda.

Cara Memanjangkan Kaki yang Pendek

1. Skipping

Skipping

Olahraga yang lebih kita dengan lompat tali ini ternyata mempunyai manfaat yang besar lho untuk memanjangkan kaki dan meningkatkan massa otot kaki Anda. Pasalnya dengan melakukan skipping selama 30 menit itu artinya Anda sudah membakar 450 kalori Anda.

Jadi selain dapat menambah tinggi tubuh, lompat tali ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan performa Anda karena mampu meningkat konsentrasi.

2. Cobra Stretch

Cobra Stretch

Gerakan yang mirip seperti gerakan ular kobra ini berfokus pada tulang belakang Anda dengan merenggangkannya sehingga bisa menambah angka pada tinggi tubuh Anda. Layaknya ular cobra, olahraga ini dilakukan dengan membaringkan tubuh Anda secara telungkup ke atasan lapisan matras lalu secara pelan-pelan mengangkat tubuh Anda bagian atas.

Tahan gerakan ini selama kurang lebih 15 detik sebelum bergerak ke posisi awal Anda perlahan-lahan. Dengan mengikuti cara memanjangkan kaki yang pendek ini secara rutin, maka tubuh tinggi bukan sekedar impian lagi bagi Anda.

3. Pilates Roll Over

Olahraga satu ini berfungsi secara efektif untuk merenggangkan tulang-tulang belakang serta memanjangkan tulang bagian leher Anda. Namun dalam pelaksanaannya, pilates roll over cenderung sulit karena Anda harus mempunyai keseimbangan tubuh yang bagus saat Anda harus menopang seluruh berat tubuh Anda pada satu tumpuan.

Pertama-tama, berbaringlah secara telentang sikap sempurna di atas lapisan matras, lalu angkat kepala Anda perlahan-lahan hingga melewati kepala. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mempunyai instruktur olahraga yang bisa memandu Anda dengan baik.

4. Pilates Spine Stretch

Pilates Spine Stretch

Sama hal dengan poin-poin sebelumnya, pilates spine stretch mempunyai manfaat untuk merenggangkan tulang punggung yang bisa menambah tinggi tubuh Anda. Namun, bagi Anda yang belum terbiasa dengan olahraga ini atau tidak terbiasa berolahraga, tampaknya di awalnya akan sedikit sulit.

Pertama, duduklah di atas lapisan matras dengan kaki terjulur ke depan. Buka kedua kaki Anda hingga selebar bahu. Usahakan duduk dengan sikap tegak dan mulailah mencoba menyentuh ujung jari kaki Anda yang engkelnya ditekuk.

Jika sudah tersentuh, tahan selama kurang lebih 15 detik. Bergerak ke posisi Anda yang semula. Dengan olahraga rutin, gerakan ini tidak akan sulit lagi dan berperan besar untuk tinggi tubuh Anda.

5. Ankle Weights

Olahraga ini pada umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki karena cenderung sulit dan berat untuk wanita. Ankle Weights sangat bagus untuk menambahkan tinggi tubuh Anda dengan cara memanjangkan tulang  kaki Anda. Selain itu, dengan olahraga yang rutin, Anda juga bisa menambah kekuatan pada tulang rawan Anda sehingga kaki Anda pun lebih kokoh.

Tahap-tahap olahraga ini pun cukup simpel yaitu duduk hingga kaki Anda tidak bisa menyentuh lantai. Kemudian letakkan pemberat pada pergelangan kaki, bagi pemula sebaiknya gunakan yang ringan-ringan saja dulu.

6. Side Bends

Side Bends

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan memiringkan tubuh Anda ke samping, tahan posisi tersebut kurang 15 detik. Sebaiknya Anda membawa barbel atau pemberat lainnya pada tangan Anda agar posisi tubuh Anda lebih stabil.

Kaki sebagai penopang harus dalam posisi tegak namun tetap santai. Proses ini sangat penting untuk menambah tinggi tubuh Anda, dan juga untuk mengecilkan perut. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, tubuh tinggi bukan impian lagi untuk Anda.

Selain penggunaan barbel, baca juga artikel alat peninggi badan untuk menjadi alat untuk memperpanjang kaki yang juga mendukung aktivitas olahraga Anda.

7. Leg Circles

Cara selanjutnya yang dapat membuat kaki jenjang adalah leg circles. Untuk melakukannya, berbaringlah terlentang hingga perut Anda tertarik. Setelah itu, angkat kaki kanan ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat dengan kaki kirinya.

Selanjutnya, putarlah kaki yang diangkat tersebut dengan gerakan membentuk lingkaran. Ketika melakukan ini, tahan pinggul Anda agar tetap berada di lantai. Lakukanlah selama beberapa menit setelah itu ulangi dengan kaki yang satunya lagi.

8. Vertical Stretch

Vertical Stretch

Poin ini adalah solusi yang bagus terutama bagi Anda yang kurang menyukai olahraga yang terlalu menguras keringat. Selain itu, vertical stretch ini juga lebih mudah dilakukan di mana saja. Caranya pun cukup mudah yaitu Anda cukup merentangkan tangan Anda ke atas, lalu pelan-pelan angkat tubuh Anda dengan jari-jari Anda yang bertautan.

Tariklah tubuh Anda sebisa mungkin, lalu tahan posisi tersebut kurang lebih 30 detik. Sama halnya dengan olahraga lainnya, vertical stretch bermanfaat baik untuk menarik tulang kaki lebih kuat dan panjang sehingga  merangsang tumbuhnya tubuh Anda lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melakukan olahraga ini serutin mungkin, maka hasil maksimal yang Anda harapkan dapat tercapai dengan mudah.

9. Side Kick

side kick

Latihan terakhir yang dapat Anda coba untuk membuat kaki lebih panjang adalah dengan melakukan side kick. Caranya, tidurlah menymping di atas lantai dengan menumpuk kedua kaki. Setelah itu gerakan kaki yang ada di atas ke arah depan dan belakang seperti sedang menendang sesuatu.

Setelah melakukan gerakan menendang selama 10 kali, kini gantilah gerakannya menjadi ke atas dan ke bawah sebanyak 10 kali juga. Setelah itu, berbaringlah ke arah yang berlawanan dan ulangi gerakan di atas menggunakan kaki yang satunya lagi.

Nah, itulah beberapa cara memanjangkan kaki dengan cepat lewat olahraga dan latihan fisik. Ketika kaki panjang, maka secara otomatis tinggi badan Anda juga akan bertambah. Jangan lupa untuk mengimbangi usaha untuk meninggikan badan ini dengan konsumsi makanan dan minuman yang terdapat di artikel makanan peninggi badan dan minuman peninggi badan berikut ini agar Anda segera memperoleh tinggi badan yang ideal.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

37 pemikiran pada “9 Cara Memanjangkan Kaki yang Pendek dengan Berolahraga”

  1. Makasih artikelnya. Btw saya pendek. Sebenarnya lebih ke kakinya aja yang pendek, lebih tepatnya kaki betisnya saja, panjang paha juga masih normal. Badan saya sih alhamdulillah normal. saya hanya 157/158cm, Kalau pun tinggi saya lebih dari 160cm dgn panjang badan seperti sekarang juga tidak masalah. tapi, alhamdulillah saya dikasih badan lengkap dari Tuhan seperti ini.
    Btw, saya juga sedang butt workout lebih kurang sebulan dari tgl saya komen ini, dgn tujuan membuat booty kencang dan mengurangi selulit.
    Alhamdulillah jg, udah kelihatan. Dari awalnya ikutin 30day challenge, sekarang rutin tiap hari 50 kali atau lebih squats.
    Booty lebih kencang dan pantat juga lebih naik, serta jauh lebih besar.
    Untuk yang gak suka pantat gede sih disaranin cardio ajal hehee.

  2. aku mau kaki aku panjang, skrng aku tingginya 154 cm… aku umur 17 thn, kira kira bisa numbuhin 25 cm lg ga ya, tp ke kaki panjangnya… bisa ga ya? aku sih seminggu 3x lari, seminggu 1x berenang trs kadang skipping bisa 700 sampe 1000x

  3. ane 170cm umur 16thn, yang gue tanyain, gimana ya caranya agar tinggi cepat bertambah, soalnya dari umur 15 thn 165cm,jadi 1 tahun hanya nambah 5 cm. yang ane mau ,gimana caranya agar bisa nambah 5 cm dalam waktu 3bulan atau 4 bulan?

  4. pengen banget punya kaki panjang khusunya kaki bagian betis, kalau pakai celana nggak pernah pantes karna kaki yg pendek, kalau umur 23 apa masih ada kemungkinan buat bertambah panjang ya?

  5. Tinggi badan saya 155cm,umur saya 16 masih bisa nambah tinggi jadi 170 cm nggak, trus rekomendasi olahraga untuk memanjangkan kaki apa kak

  6. Tinggi badan saya 155 dan pendeknya dibagian kaki terutama betis umurnya 18 tahun, dulu waktu smp sekolah naik sepeda ontel jadi betis nambah besar, terus SMA ikut voly latihan rutin jadi nambah 6cm semenjak lulus SMA cuma nambah 1cm karna gapernah olahraga. Kalo aku olahraga rutin sekarang bisa tinggi nggak ya??

  7. Female,baru umur 14 ,tinggi 147cm
    Apa bisa tumbuh lagi kira kira 15centian y kak
    Oh ya apakah nkrmal atau kurang normal?

    • Pada umumnya pertumbuhan tinggi seseorang berhenti pada usia 21 tahun. Untuk usia 14 tahun tinggi tersebut terbilang normal.

  8. Umur saya 19 mau 20 thn tinggi saya 164cm kira” dalam 2 minggu saya bisa nambah 1cm tau 2cm gk ya gmna carax kak agar cepat tinggi infox kak terima ksih soalx saya mau daftar polri kak

Tinggalkan komentar