Bacaterus / Tikus / 9 Cara Memancing Tikus Keluar dari Persembunyiannya

9 Cara Memancing Tikus Keluar dari Persembunyiannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Makanan di rumah sering hilang secara misterius? Anda patut mencurigai adanya tikus di rumah Anda. Hewan yang termasuk kategori hama ini kerap kali mencuri atau menggigit makanan yang ada di rumah. Bahkan, kadang-kadang tikus juga menggigit sabun batang di kamar mandi, lho. Ingin menangkap tikus, tapi tidak tahu bagaimana cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya? Yuk, cari tahu caranya di sini!

Pada dasarnya menangkap tikus tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa membuat jebakan sendiri untuk menangkap tikus yang berkeliaran di tempat tinggal Anda. Bacaterus akan berbagai cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya agar Anda bisa segera menangkap dan membasminya.

9 Cara Memancing Tikus Keluar dari Persembunyiannya

1. Suara jangkrik

Suara jangkrik Cara Memancing Tikus Keluar dari Persembunyiannya

Apa hubungan antara jangkrik dan tikus? Apakah tikus juga memangsa jangkrik? Bukan soal memangsa, tetapi suara jangkrik bisa menjadi salah satu cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya.

Mengapa? Karena suara jangkrik memiliki frekuensi yang sangat tinggi, sehingga membuat pendengaran tikus jadi terganggu.Untuk menghindari suara jangkrik yang memekakkan telinga mereka, tikus-tikus ini akan keluar dari persembunyiannya dan pergi sejauh mungkin untuk menghindari suara jangkrik.

Cara menggunakan suara jangkrik sebagai alat pemancing tikus adalah dengan menempatkan dua kandang jangkrik di tempat-tempat yang biasanya menjadi persembunyian tikus, misalnya lubang di dinding yang dijadikan tempat persembunyian oleh hewan ini.

Ketika jangkrik berbunyi, tikus akan segera berhamburan keluar dari sarangnya. Apabila tikus sudah keluar, saatnya untuk membasmi tikus itu agar tidak kembali ke rumah Anda.

2. Buah bintaro

Buah bintaro

* sumber: bobo.grid.id

Buah yang satu ini merupakan buah yang dagingnya beracun dan bisa dipakai untuk membunuh manusia. Namun, buah ini bisa menjadi sarana untuk mengeluarkan tikus dari persembunyiannya. Pada dasarnya, tikus gemar sekali menyantap makanan apapun di depan matanya.

Buah bintaro tidak berbau sama sekali, tetapi tekstur buah ini akan mengundang tikus untuk memakannya. Untuk memancing tikus keluar dari sarangnya, Anda bisa memotong dan menusuk buah bintaro, lalu kemudian aroma dari buah bintaro ini akan menyengat dan tercium hingga di dalam sarang tikus.

Akan tetapi, mengingat rasa dan aroma buah bintaro ini berbahaya, sebaiknya gunakan masker wajah dan sarung tangan saat hendak menyiapkan buah bintaro sebagai sarana untuk memancing tikus.

3. Buah mengkudu

Buah mengkudu

* sumber: www.cultureindo.com

Sebagian dari Anda mungkin belum terlalu familiar dengan yang namanya buah mengkudu. Padahal, buah yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengkudu memiliki aroma yang sangat menyengat. Bahkan, saking menyengatnya aroma dari buah ini bisa memancing tikus agar keluar dari persembunyiannya karena sudah merasa sangat terganggu.

Cukup siapkan 2-3 potong buah mengkudu yang masih ada daging buahnya. Selanjutnya, letakkan potongan buah mengkudu ini di tempat yang sering dilalui tikus. Akan menjadi lebih efektif jika Anda meletakkan buah mengkudu ini tepat di depan lubang tempat tikus membuat sarang.

4. Sabun batang

Sabun batang

* sumber: nationalgeographic.co.id

Pernah dengar lagu anak-anak yang berjudul “Tikus makan sabun”? Lagu itu bukan sekedar lelucon jenaka semata. Pasalnya, tikus memang benar-benar menyukai sabun. Bagaimana bisa tikus menyukai sabun? Apakah mereka tidak mati ketika menelan sabun yang mengandung bahan kimia?

Tikus adalah hewan pengerat. Mereka suka sekali mengerat berbagai macam benda, termasuk sabun batang. Ciri-ciri sabun batang yang sering digigit oleh tikus adalah yang terbuat dari garam basa atau lemak. Jadi, tak ada salahnya jika kita meletakkan sebuah sabun batang tak jauh dari sarang tikus.

Pada malam hari tikus pasti berkeliaran berusaha untuk mengerat sabun. Nah, pasanglah jebakan tikus di dekat sabun agar ia turut terperangkap setelah berhasil dipancing keluar dengan sabun mandi.

5. Minyak wangi

Minyak wangi

Cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya berikut ini tidak mengharuskan Anda membeli minyak wangi seharga jutaan rupiah, cukup gunakan minyak wangi seharga belasan ribu rupiah yang banyak dijual di supermarket.

Tikus memiliki indra penciuman yang cukup peka. Jadi, manfaatkan hal tersebut untuk memancing tikus keluar. Jika Anda sudah mengetahui sarang tikus tentu akan lebih mudah memancing tikus agar keluar dari sarangnya.

Semprotkan minyak wangi secukupnya di tempat yang disinyalir sebagai sarang tikus. Tunggu saja beberapa saat maka tikus-tikus yang bersarang akan segera keluar karena merasa tidak nyaman dengan aroma wangi yang menyengat dari parfum yang Anda semprotkan.

6. Makanan

Makanan

Tak ada cara yang lebih ampuh untuk memancing tikus dari menggunakan makanan sebagai umpannya. Tikus kerap kali bersarang di rumah dan mencuri makanan-makanan kita di malam hari. Kali ini, tak ada salahnya jika Anda menyisakan sepotong makanan untuk menarik perhatian tikus.

Gunakan keju, kue, atau berbagai jenis makanan lainnya untuk memancing tikus. Letakkan makanan ini di dekat sarang tikus agar mereka dapat mencium aroma makanan tersebut. Ketika mereka mencium aroma makanan, secara tidak langsung mereka akan keluar dan mencari sumber makanan tersebut.

7. Pukul sarangnya dengan tongkat atau benda tumpul

Pukul sarangnya dengan tongkat atau benda tumpul

Pernahkah Anda memergoki tikus sedang berada di dalam lemari atau tempat lain yang berada di rumah Anda? Bila Anda ingin tikus tersebut segera keluar, pukul sarangnya dengan tongkat atau benda tumpul. Buat suara bising agar tikus segera keluar dari persembunyiannya.

Jika tikus tersebut sudah menampakkan diri, segera pukul tikus dengan tongkat atau benda tumpul yang Anda bawa. Setidaknya pukulan Anda dapat melumpuhkan tikus dan Anda bisa langsung membasmi atau membuangnya keluar rumah.

8. Lada

Lada

Indra penciuman manusia saja sangat sensitif ketika mencium aroma lada yang menyengat, apalagi tikus-tikus di rumah Anda? Ya, gunakan lada sebagai cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya. Gunakan lada bubuk saja untuk memancing tikus keluar.

Taburkan lada di tempat yang diduga sebagai sarang tikus. Jangan lupa untuk turut menempatkan perangkap tikus agar ketika si tikus keluar karena aroma lada yang mengganggu indra penciumannya, si tikus akan langsung terperangkap dengan jebakan yang Anda taruh di dekatnya.

9. Lem tikus dan racun tikus Dora

Lem tikus dan racun tikus Dora

Sudah give up dengan berbagai cara untuk memancing tikus keluar? Saatnya menggunakan cara yang lebih ekstrem, yaitu dengan menggunakan lem tikus dan racun tikus Dora. Perlu Anda ketahui bahwa pera racun tikus Dora dalam memancing tikus keluar dari persembunyiannya sangat penting. Racun ini mengeluarkan aroma yang menarik perhatian tikus.

Tidak cuma tikus yang tertarik, hewan lain seperti anjing dan kucing juga bisa tertarik dengan aromanya. Jadi, apabila Anda ingin memancing tikus keluar dengan bantuan racun ini, sebaiknya tempatkan hewan peliharaan di dalam kandang terlebih dahulu. Letakkan lem tikus tepat di dekat racun Dora agar hewan tersebut langsung terjebak.

Nah, berbagai cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya ini bisa Anda coba untuk mengurangi populasi tikus di rumah Anda. Jangan lupa untuk turut memasang jebakan agar tikus tidak kabur setelah keluar dari persembunyiannya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *