Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 7 Cara Memakai Siwak yang Benar agar Gigi Putih dan Sehat

7 Cara Memakai Siwak yang Benar agar Gigi Putih dan Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Siwak, atau dikenal juga sebagai miswak, adalah ranting kayu yang digunakan untuk menyikat gigi secara tradisional. Benda ini dikenal luas di negara Timur Tengah, Afrika, dan Indonesia. Siwak juga termasuk salah satu sunah dalam agama Islam.

Siwak memiliki khasiat yang berbeda dengan sikat gigi. Misalnya seperti dapat memutihkan dan mengangkat sisa kotoran makanan lebih baik. Ingin tahu cara memakai siwak yang benar? Bacaterus telah merangkum caranya buat Anda di sini. Tapi, sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu beberapa manfaat siwak:

Manfaat Siwak

1. Membersihkan Gigi dan Mulut

Membersihkan Gigi dan Mulut

Manfaat siwak yang paling utama tentu saja membersihkan gigi. Sisa makanan yang tersangkut si sela-sela gigi, plak, dan karang gigi dapat terangkat jika Anda rutin menggunakan siwak. Tidak hanya gigi, siwak juga dapat menjaga kebersihan gusi, lidah, dan mulut juga.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi merupakan area di mulut yang mudah terkena iritasi. Nah, siwak dapat membantu Anda menjaga kesehatan gusi. Siwak ternyata mengandung bermacam-macam anti-bacterial acids seperti abrasive, astringents, dan deterjen yang dapat menghentikan pendarahan pada gusi (jika sedang terjadi iritasi).

3. Membunuh Bakteri

Membunuh Bakteri

* sumber: www.getthrive.com

Seperti yang sudah Bacaterus katakan di atas, siwak mengandung zat anti-bakteri. Mulut dan gigi akan jadi lebih sehat jika Anda rajin ber-siwak.

4. Mencegah Infeksi

Mencegah Infeksi

Infeksi pada mulut bisa terjadi di mana saja. Gusi, lidah, langit-langit, hingga bibir. Setelah menggosok gigi, jangan lupa menggunakan siwak agar mulut Anda dapat terhindar dari infeksi.

5. Mengharumkan Nafas

Mengharumkan Mulut

Sepertinya sudah diketahui khalayak umum kalau siwak itu berfungsi untuk membuat mulut jadi harum. Jika Anda merasa atau pernah dikasih tahu orang kalau nafas Anda bau, segeralah menyikat gigi menggunakan siwak. Jika Anda ambui, siwak sebenarnya punya aroma khas. Nah, aroma alami dari siwak ini dapat mengusir aroma tak sedap dari mulut Anda.

7 Cara Memakai Siwak dengan Benar

1. Kuliti

Kuliti

*

Langkah pertama dalam cara memakai siwak yang benar adalah dengan menguliti ujung kayu siwak. Jika Anda menggunakan siwak baru, pasti bagian ujungnya belum ada yang dipotong. Nah, tugas Anda adalah menguliti setidaknya 1 – 2 cm ujung kayu menggunakan pisau.

2. Kunyah

Kunyah cara memakai siwak yang benar

Setelah dikuliti, cara memakai siwak yang benar selanjutnya adalah dengan menggigitnya. Gigitlah ujung ranting kayu yang telah dikuliti tadi. Maksud dari gerakan ini adalah untuk membuat serat kayu ranting jadi terpisah-pisah seperti bulu sikat gigi.

Psst, ketika Anda mengunyah mungkin akan terasa sensasi pedas di mulut Anda (itu hal yang wajar, tidak berbahaya). Jika Anda tak suka dengan rasa pedas itu, Anda bisa memotong-motong serat kayu menggunakan pisau, walaupun pada akhirnya Anda tetap harus mengigitnya untuk mendapatkan serat kayu yang lebih lembut.

3. Rendam

cara memakai siwak yang benar

Sebelum digunakan, rendamlah ujung siwak yang telah siap pakai di dalam air. Proses ini dilakukan untuk membuat siwak jadi lebih lunak. Anda bisa menggunakan air lemon atau air mawar juga supaya siwak jadi ada aromanya.

4. Pegang

Pegang cara memakai siwak yang benar

Cara memegang siwak adalah dengan menangkup siwak dengan satu tangan. Jempol hadapkan di bawah sebagai penyangga. Lalu, keempat jari lainnya disimpan di atas. Jadi, posisi jari Anda ada di atas dan bawah siwak, bukan di samping kanan kirinya, ya. Posisi ini lebih memudahkan Anda ketika menyikat gigi pakai siwak nantinya.

5. Sikat

Sikat

Sekarang waktunya Anda menyikat gigi pakai siwak. Caranya, tekan ujung kayu yang sudah direndam tadi ke gigi Anda dengan gerakan naik turun dan berputar. Terus gerakan siwak ke seluruh permukaan depan gigi yang bisa dijangkau oleh siwak.

Ingat, menggosok giginya jangan terlalu keras dan jangan terlalu dekat gusi karena bisa terluka. Jika bagian depan sudah digosok semua pakai siwak, gosok juga bagian dalam gigi Anda.

6. Potong

Potong

Kayu siwak adalah benda dari alam. Tidak seperti sikat gigi yang bisa digunakan hingga berbulan-bulan, siwak punya masa hidup lebih singkat. Anda harus rajin memotong bulu-bulu siwak yang sudah jelek dan memotong bagian ranting baru.

7. Simpan

Simpan

Cara menyimpan siwak setelah dipakai ada beberapa macam. Anda bisa menyimpannya di dalam tempat khusus seperti pada gambar di atas. Jangan lupa untuk membersihkan siwak sebelum disimpan.

Tapi, tempat yang tertutup sebenarnya agak kurang bagus karena lembab dan dapat memicu jamur. Jadi, simpan saja siwak di tempat terbuka dan kering. Kecuali jika Anda akan traveling, baru simpan di tempat tertutup seperti pada gambar.

Ya, itulah 7 cara memakai siwak yang benar dari Bacaterus. Apakah Anda sudah paham bagaimana cara menggunakannya? Anda bisa membuat siwak sendiri dari cabang pohon, tapi untuk lebih amannya lebih baik beli yang sudah jadi saja, karena Anda mungkin tidak tahu pohon mana yang aman dijadikan siwak. Anda dapat membeli siwak secara online di Lazada lewat link ini dan di MatahariMall lewat link ini.

Oh iya, walaupun siwak merupakan alat untuk membersihkan gigi, Anda tetap harus menggosok gigi pakai sikat gigi biasa. Pasalnya, siwak tidak memiliki bentuk yang fleksibel seperti sikat gigi. Anda tidak bisa menjangkau seluruh lekuk gigi menggunakan siwak. Makanya, jadikan siwak sebagai “tambahan,” bukannya pengganti sikat gigi, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

4 Comments

  1. Salman Hafizh Nashirulhaq 12 Juni 2018 at 21:49 - Reply

    Syukron atas infonya ya

    • Bacaterus
      Bacaterus 27 Juni 2018 at 14:39 - Reply

      Sama-sama. Semoga bermanfaat. 🙂

  2. Ben.R Nasution 12 Oktober 2018 at 14:57 - Reply

    Terima kasih atas infonya

    • Bacaterus
      Bacaterus 28 Oktober 2018 at 18:06 - Reply

      Sama-sama. 😁

Leave A Comment