Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Mata / Inilah Cara Memakai Riasan Mata Ala Korea Dengan Mudah

Inilah Cara Memakai Riasan Mata Ala Korea Dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2018

Apa yang paling menonjol dari make up Korea? Yaitu bibir dan mata. Dengan riasan mata, orang-orang Korea bisa nampak 100% lebih cantik daripada tanpa riasan mata, loh. Telah banyak dibuktikan, seperti yang terjadi pada beberapa idol. Ketika mereka bernyanyi dan menari di panggung, mereka menggunakan riasan tertentu yang membuat wajah mereka dikenali.

Namun, ketika mereka off stage atau tidak sedang bekerja, tentunya mereka tidak menggunakan riasan mata yang terlalu mencolok. Ketika itu, banyak orang yang tidak mengenali idol tersebut. Itulah kehebatan riasan mata orang Korea. Anda ingin belajar cara memakai riasan mata ala Korea juga? Tidak sulit, kok. Begini tutorial mudahnya menurut Bacaterus:

Cara Memakai Riasan Mata Ala Korea Dengan Mudah

Yang pertama kali perlu Anda ingat adalah, make up ala Korea cenderung lebih terkesan soft daripada make up ala Amerika. Jika riasan mata Amerika cenderung tajam, maka riasan mata Korea cenderung lembut namun dapat memperlihatkan kilau mata pemakainya.

Everyday Look

cara memakai riasan mata ala Korea

Jika Anda menginginkan riasan mata untuk tampilan sehari-hari, seperti untuk kuliah atau jalan-jalan, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

1. Aplikasikan Straight Brows

Aplikasikan Straight Brows

Kebanyakan orang Korea suka jika alis mereka dibiarkan lurus atau kotak seperti ini, bukan yang ekornya menaik tinggi seperti raisan ala orang Amerika.

2. Gunakan Scotch

 Gunakan Scotch

Scotch, atau dikenal juga sebagai eyelid tape, merupakan sahabat baik para wanita yang ingin matanya terlihat lebih besar. Cara menggunakan scotch adalah dengan mengambilnya satu buah saja, lalu tempelkan pada garis sedikit di atas akar bulu mata Anda. Atau, Anda bisa ukur sendiri ingin sebesar apa mata Anda terlihat.

3. Eyeliner Hitam / Cokelat

Eyeliner Hitam / Cokelat

Orang Korea senang dengan make up natural yang seolah-olah Anda tidak menggunakan make up sama sekali. Untuk itu, gunakanlah eyeliner warna yang umum seperti hitam, cokelat, hingga cokelat muda. Dan, cara menggunakan eyeliner-nya pun tidak di-wing-kan, tapi turun mengikuti garis mata Anda. Hal ini menciptakan ilusi sayu dan polos, seperti bagaiman make up Korea pada umumnya.

4. Pakai Maskara

 

menggunakan maskara

Maskara sangat penting dalam make up gaya apa pun juga. Maka, jangan melupakan maskara dalam cara memakai riasan mata ala Korea. Jangan gunakan terlalu tebal hingga menggumpal, tapi gunakan tipis-tipis saja, yang penting bulu mata Anda jadi lebih lentik dan indah.

Hang Out Look

Hang Out Look

Jika Anda mau main bersama teman-teman, seperti pergi ke suatu acara, atau ngafe, atau nongkrong, boleh dong sekali-kali berdandan lebih. Tapi, masih tetap menggunakan cara memakai riasan mata ala Korea tentunya. Berikut adalah caranya:

1. Gunakan Eyeshadow

Gunakan Eyeshadow

Langkah untuk mendapatkan hangout look sama seperti everyday look di atas, hanya saja ditambahkan eyeshadow dan juga beberapa make up lainnya. Untuk ke kantor, usahakan jangan pilih warna berani, gunakan saja warna lembut seperti cokelat, krem, abu, pink, hitam atau oranye.

Sapukan eyeshadow menggunakan aplikator, kuas, atau pun jari Anda. Gunakan eyeshadow pada eyelid (kelopak mata) dan juga pada sudut terluar alias ekor waterline (bawah mata). Langkah ini dapat membuat mata Anda terlihat lebih sparkly dan besar.

2. Eye Pencil / Eye Liner

Eye Pencil / Eye Liner

Langkah selanjutnya dalam cara memakai riasan mata ala Korea adalah dengan menggunakan eye pencil atau eye liner. Buat yang belum familiar dengan eye pencil, sebenarnya ini bisa jadi berupa eyeliner pensil namun bisa juga berupa eyeshadow stick yang saat ini sedang mem-booming.

Anda bisa menggunakan apa pun yang Anda mau, yang jelas maksud dari langkah ini adalah untuk mempertegas bayangan mata Anda. Ingat, jangan buat eye liner Anda menukik tinggi seperti cat eye, tapi ikuti garis mata alami Anda. Lalu, bubuhkan juga eye pencil (harus eye pencil, bukan eye liner) pada bagian dalam waterline. Jika tidak ada eye pencil, Anda bisa menggunakan eye shadow warna yang lebih terang atau lebih gelap dari eyeshadow Anda.

Jangan lupa bersihkan area mata Anda dari sisa eye shadow atau eye liner yang bertebaran. Gunakan kapas atau cotton bud yang telah diberi make up remover. Anda bisa juga menghapus atau memperbaiki riasan Anda dengan concealer.

3. Aegyo Sal

Aegyo Sal

Para penggemar make up Korea pasti sudah tahu banget yang namanya aegyo sal. Rasanya tidak lengkap jika tidak mengaplikasikan aegyo sal pada riasan mata ala Korea. Istilah aegyo sal sendiri berarti lemak di bawah mata. Hal ini dianggap imut di beberapa negara Asia, salah satunya di Korea. Aegyo sal sering disalah artikan dengan kantung mata. Padahal, kantung mata itu terjadi secara alamiah karena usia atau kurang tidur.

Nah, kalau aegyo sal itu lipatan lemak di bawah mata yang biasanya muncul kalau orang tersenyum atau tertawa. Di bawah ini adalah foto untuk membedakan wajah orang dengan dan tanpa aegyo sal, supaya Anda tahu kalau aegyo sal ini kecil-kecil cabe rawit alias hal kecil tapi hasilnya besar.

cara memakai riasan mata ala Korea

Pada foto bagian kiri adalah wajah dengan riasan aegyo sal, dan di bagian kanan adalah wajah tanpa aegyo sal. Bedanya jauh sekali, bukan? Anda ingin wajah imut ala artis Korea dengan aegyo sal juga? Caranya gampang, kok. Pertama-tama, gunakan eyeshadow warna cokelat muda di area lipatan bawah. Lalu, gunakan eyesadow warna putih untuk mewarnai bagian dalam aegyo sal. Dan, selesai!

4. Gunakan Maskara & Fake Lashes

Gunakan Maskara & Fake Lashes

Langkah terakhir untuk cara memakai riasan mata ala Korea hangout look adalah dengan mengaplikasikan maskara serta bulu mata palsu. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan bulu mata palsu, mungkin terdengar berlebihan jika mau jalan-jalan saja harus pakai benda seperti itu. Karena bulu mata palsu identik dengan acara besar seperti pernikahan atau pesta ulang tahun.

Padahal ada banyak bulu mata palsu yang ringan dan natural, sehingga saat dipakai tidak akan membuat riasan mata terlihat berlebihan. Ada bulu mata yang bentuknya menyatu seperti biasa dan ada juga yang satuan. Apa pun bentuknya, Anda perlu mengaplikasikan maskara terlebih dahulu, baru menggunakan false lashes alias bulu mata palsu.

Ya, itulah beberapa cara memakai riasan mata ala Korea dari Bacaterus. Untuk memaksimalkan hasilnya, kami punya list rekomendasi produk untuk mempraktikkan make up ala Korea tersebut, di antaranya:

Anda punya tips dan trik lainnya? Beritahu kami di kolom komentar, ya. Anda bisa juga mengikuti artikel kami tentang cara memakai lipstik ala Korea di sini. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment