Bacaterus / Mesin Cuci / Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual yang Benar

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Mesin cuci ada untuk memudahkan proses pencucian baju. Sebelum ada mesin cuci, kegiatan mencuci baju bisa menjadi sangat melelahkan karena kita harus mengucek, membilas, dan memeras pakaian. Akan tetapi, mesin cuci sanggup melakukan tugas-tugas tersebut secara otomatis.

Sembari menunggu mesin cuci Anda mengerjakan tugas-tugas itu, Anda bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya. Singkatnya, keberadaan mesin cuci memang sangat membantu kita untuk membersihkan pakaian sehari-hari.

Cara memakai mesin cuci umumnya sangat mudah, tetapi tidak semua orang mengetahui cara mencuci yang benar dengan menggunakan mesin cuci. Bagi Anda yang baru membeli mesin cuci dan masih belum memahami bagaimana cara menggunakannya, Bacaterus akan memberi panduan perihal memanfaatkan dan menggunakan mesin cuci secara efektif.

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci dibagi menjadi beberapa jenis, yakni mesin cuci front load (bukaan depan) dan mesin cuci top load (bukaan atas). Mesin cuci bukaan atas juga memiliki dua jenis yang berbeda, yakni mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis mesin cuci.

  • Mesin Cuci Front Load (Bukaan Depan)

cara memakai mesin cuci

Mesin cuci bukaan depan memiliki pintu yang terdapat pada bagian depan. Mesin cuci ini biasa digunakan oleh jasa binatu. Pasalnya, jenis mesin cuci ini dianggap efektif untuk membersihkan pakaian atau barang apapun yang bisa dicuci. Harga mesin cuci front load ini umumnya lebih mahal.

  • Mesin Cuci Top Load (Bukaan Atas) 1 Tabung

mesin cuci top load

Ini adalah jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan pada saat ini. Mesin cuci bukaan atas dengan 1 tabung ini mampu menjalankan siklus pengisian air, pencucian, dan pengeringan secara otomatis. Sembari mesin cuci ini menjalankan tugasnya mencuci pakaian, Anda bisa mengerjakan kegiatan lainnya. Mesin cuci ini akan memberi pemberitahuan (umumnya melalui alarm suara) apabila siklus pengeringan sudah selesai.

  • Mesin Cuci Top Load 2 Tabung

mesin cuci 2 tabung

Walaupun popularitas mesin cuci 2 tabung sudah tergeser dengan keberadaan mesin cuci 1 tabung, tapi tetap saja banyak orang yang masing menggunakan jenis mesin cuci ini. Mesin cuci top load dengan 2 tabung ini bisa dibilang sebagai mesin cuci manual. Karena Anda harus memindahkan pakaian dari tabung pencucian secara manual ke tabung pengeringan.

Di samping itu, mesin cuci ini tidak bisa menjalankan siklus pencucian secara otomatis, sehingga Anda harus mengisi air dan menekan tombol-tombolnya secara manual. Mesin cuci top load 2 tabung adalah yang termurah dibanding mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci bukaan depan.

Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis

mesin cuci otomatis

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda mencuci dengan mesin cuci, Anda bisa mengikuti panduan cara memakai mesin cuci berikut ini. Pertama-tama, Bacaterus akan memberikan panduan mencuci dengan mesin cuci otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan instalasi mesin cuci agar tersambung dengan sumber air untuk mencuci. Anda bisa menghubungkan mesin cuci dengan keran atau pompa air terdekat. Mesin cuci otomatis umumnya mampu mengisi air sendiri secara otomatis
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
  3. Tuangkan deterjen khusus untuk mesin cuci. Sesuaikan jenis deterjen dengan mesin cuci yang Anda gunakan, entah itu top load maupun front load
  4. Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol “Start”, lalu pilih siklus pencucian sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci
  5. Tunggu sampai mesin cuci menyelesaikan siklus pencucian, pembilasan, dan pengeringan
  6. Keluarkan pakaian dari mesin cuci, lalu jemur kembali pakaian di tempat yang berangin

Cara Memakai Mesin Cuci Manual

Cara mencuci baju yang ternoda minyak di dalam mesin cuci

Mesin cuci otomatis memang banyak meringankan pekerjaan, namun karena beberapa alasan, masih banyak orang yang lebih suka menggunakan mesin cuci manual. Nah, jika Anda termasuk salah satu di antaranya, berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan mesin cuci manual:

  1. Lakukan instalasi agar mesin cuci tersambung dengan sumber air untuk mesin cuci. Hubungkan dengan keran atau pompa air terdekat. Apabila tidak ada sambungan air, Anda bisa mengisi mesin cuci ini secara manual dengan menuang air dari ember
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
  3. Tambahkan deterjen khusus untuk mesin cuci. Pada umumnya, mesin cuci manual adalah mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas, maka dari itu pilih deterjen khusus untuk mesin cuci top load
  4. Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol untuk mencuci. Pilih siklus mencuci sesuai dengan kebutuhan Anda
  5. Setelah siklus pencucian selesai, buang air di mesin cuci dengan menekan tombol pembuangan air. Pastikan selang pembuangan sudah berada di dekat lubang pembuangan air
  6. Isi kembali mesin cuci dengan air, lalu jalankan siklus pencucian untuk membilas residu deterjen
  7. Setelah itu, pindahkan pakaian dari tabung pencucian ke dalam tabung pengeringan, lalu jalankan siklus pengeringan pakaian
  8. Apabila siklus pengeringan telah selesai, angkat pakaian dan jemur di tempat yang berangin

Petunjuk cara memakai mesin cuci ini umumnya ada di dalam katalog yang terlampir ketika Anda membeli mesin cuci baru. Bahkan, jika Anda membeli mesin cuci otomatis dengan teknologi mutakhir, Anda akan menemukan katalog berisi panduan tombol-tombol penting yang terdapat pada mesin cuci.

Cara Merawat Mesin Cuci

Selain mengetahui cara memakai mesin cuci yang benar, Anda pun wajib mengetahui cara untuk merawat mesin cuci. Perawatan ini bermanfaat agar mesin cuci Anda lebih awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mesin cuci:

  • Buka Pintu Mesin Cuci Jika Tidak Dipakai

buka tutup mesin cuci

Selalu buka pintu mesin cuci ketika mesin tersebut dalam keadaan mati alias tidak sedang digunakan. Biarkan bagian dalam mesin cuci mengering secara alami. Menutup pintu mesin cuci akan membuat bagian dalamnya menjadi lembab. Nah, tabung mesin cuci yang lembab akan menjadi sarang bagi jamur dan bakteri, serta dapat menimbulkan aroma yang tak sedap.

  • Bersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

membersihkan mesin cuci

Bersihkan bagian dalam tabung, selang, maupun pintu mesin cuci secara berkala. Gunakan air hangat dan lap kering untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Cara ini efektif untuk membersihkan debu, kotoran, dan residu deterjen yang tertinggal.

  • Pastikan Kabel dan Selang Tidak Terlilit

Ketika mesin cuci selesai digunakan, simpan kabel dan selangnya dengan rapi. Jangan sampai kabel mesin cuci terlilit untuk mencegah korsleting. Di samping itu, selang yang terlilit juga bisa sobek atau putus.

  • Gunakan Deterjen yang Sesuai dengan Jenis Mesin Cuci

Deterjen khusus mesin cuci yang dibedakan menurut jenis mesinnya diformulasikan untuk membersihkan pakaian secara optimal. Di samping itu, deterjen tersebut juga sudah disesuaikan dengan kinerja mesin itu sendiri. Misalnya, deterjen mesin cuci front load dirancang dengan residu busa yang lebih sedikit agar busanya tidak bertumpah ruah ketika pintu mesin cuci dibuka.

Nah, itulah cara memakai mesin cuci berserta cara merawatnya. Dengan menggunakan mesin cuci, Anda bisa mencuci pakaian dengan lebih mudah dan hemat waktu. Biarkan mesin cuci yang mengerjakan tugas mencuci pakaian, sedangkan Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah yang lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Maturnuwun , untuk belajar keruntutan kalimat.

  2. terima kasih informasinya! sangat mmebantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *