Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Bibir / Cara Memakai Lipstik yang Benar Agar Tahan Lama

Cara Memakai Lipstik yang Benar Agar Tahan Lama

Wanita mana yang tidak kenal dengan lipstik? Ini adalah produk kosmetik yang dirancang khusus untuk memberi warna pada bibir. Hampir semua wanita tentu mengetahui cara memakai lipstik yang benar. Namun, tidak semuanya memahami bagaimana cara mengaplikasikan lipstik di bibir agar nampak awet dan sempurna dalam waktu yang lama.

Nah, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan berbagi tips menggunakan lipstik yang benar sehingga riasan bibir Anda tampak cantik dan sempurna. Tips ini bermanfaat untuk Anda yang mendambakan riasan bibir yang indah dan seksi seperti Kylie Jenner. Yuk, simak tips dari Bacaterus berikut ini!

Kelupas Bibir Terlebih Dahulu

cara mengatasi bibir hitam

Sebelum memulai cara memakai lipstik yang benar, kelupas bibir Anda terlebih dahulu. Cara ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati atau kulit kering pada bibir. Tekstur bibir yang kasar membuat lipstik tidak bisa melapisi bibir secara sempurna.

Lantas, bagaimana cara mengelupas bibir yang kering tanpa rasa sakit? Pada saat menggosok gigi, gosok bibir Anda secara perlahan. Selain itu, Anda pun bisa menggosok bibir dengan handuk lembut yang sedikit lembab. Selain cara-cara tersebut, Anda dapat mengelupas bibir dengan scrub alami, yakni minyak goreng, minyak zaitun, atau madu.

Lembabkan Bibir Anda

Lembabkan Bibir Anda Cara Memakai Lipstik yang Benar

Jangan terburu memoleskan lipstik terlebih dahulu. Untuk Anda yang memiliki jenis bibir yang kering atau Anda yang ingin menjaga kelembaban area bibir, pastikan untuk melembakan bibir dengan lip balm sebelum memoleskan lipstik.

Oleskan lip balm di area bibir agar tekstur bibir lebih lembab dan halus. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit. Sementara Anda menunggu lip balm meresap ke dalam kulit bibir, Anda bisa merias bagian lain pada wajah. Nah, apabila sudah berjalan beberapa menit, hapus lip balm dari bibir Anda dengan menggunakan cotton bud atau tisu. Pastikan tidak ada sisa lip balm yang tertinggal agar lipstik bisa menempel dengan baik.

Gunakan Foundation pada Bibir

Gunakan Foundation pada Bibir Cara Memakai Lipstik yang Benar

Mungkin kedengarannya memang sedikit aneh, mengingat biasanya foundation hanya diaplikasikan pada kulit wajah dan leher saja. Namun, rahasia untuk menjadikan lipstik agar tahan lama di bibir adalah dengan memoleskan foundation pada bibir sebelum Anda mulai memakai lipstik.

Anda cukup memakai foundation yang Anda gunakan di bagian wajah lainnya. Aplikasikan foundation ini ke bibir dengan menggunakan spons, lakukan sembari tersenyum agar foundation meresap hingga ke sela-sela bibir. Alas bedak berfungsi untuk mengunci warna lipstik agar lebih tahan lama.

Pilih Lip Liner yang Cocok dengan Lipstik

Pilih Lip Liner yang Cocok dengan Lipstik

Dewasa ini, cara memakai lipstik yang benar juga diimbangi dengan penggunaan lip liner. Pensil bibir ini juga berfungsi untuk mengunci warna lipstik agar tahan lama. Lip liner akan membuat polesan lipstik Anda lebih merata dan tampak lebih sempurna.

Apabila Anda sudah menggunakan foundation sebelumnya, maka Anda hanya tinggal menebalkan warna bibir dengan lip liner berwarna netral atau yang sesuai dengan warna bibir Anda. Akan tetapi, jika Anda berencana untuk memakai lipstik berwarna terang, Anda dapat memakai pensil bibir dengan warna yang senada.

Aplikasikan Lip Liner Di Bibir

Draw lip liner

Nah, setelah Anda menemukan lip liner yang cocok, segera aplikasikan lip liner pada bibir. Tips untuk menggunakan pensil bibir ini adalah dengan membuat bibir nampak lebih kecil dengan menggambar garis di dalam garis alami bibir Anda lalu pakailah concealer yang dapat menyamarkan garis alami pada bibir.

Namun, bila Anda ingin membuat bibir tampak lebih besar, gambar garis di luar garis alami bibir, tapi pastikan garis yang Anda gambar masih bersentuhan dengan garis alami. Jika ingin memiliki bibir yang penuh seperti Angelina Jolie, gambar garis mengikuti bentuk bibir Anda.

Pilih Jenis dan Warna Lipstik

lipstik test

Tahukah Anda bahwa saat ini banyak lipstik yang beredar di pasaran dengan berbagai jenis yang berbeda? Jenis yang paling diminati saat ini adalah matte lipstick di mana lipstik ini memiliki kandungan minyak yang sedikit dan lebih tahan lama di bibir.

Sementara itu, jenis lipstik yang tidak membuat bibir kering adalah cream lipstick yang walaupun terlihat seperti matte tetapi tekstur lipstik ini lebih halus dan lembab. Ada pula glossy lipstick dengan warna yang tidak sepekat lipstik matte, tetapi tidak membuat bibir kering. Lipstik glossy ini cocok untuk digunakan sehari-hari.

Poleskan Lipstik pada Bibir

Poleskan Lipstik pada Bibir

Saatnya memoles bibir Anda dengan lipstik yang sudah dipilih sebelumnya. Cara memakai lipstik yang benar adalah dengan memoles dari bagian tengah bibir, lalu sapukan lipstik ke arah luar. Untuk mengaplikasikan lipstik pada bibir, Anda bisa langsung mengusapkan lipstik dari tabungnya atau dengan menggunakan kuas khusus untuk memoleskan lipstik pada bibir.

Pastikan semua bagian bibir sudah tertutup oleh warna lipstik. Ketika memoles bibir, buka mulut Anda agar bagian dalam bibir yang nampak dari luar juga terpoles dengan lipstik.

Masukkan Jari Ke Dalam Mulut

Masukkan Jari Ke Dalam Mulut

Ketika sedang asyik memoles bibir dengan lipstik, mungkin Anda tidak menyadari bahwa lipstik yang Anda kenakan ternyata menodai gigi putih Anda. Nah, cara untuk memastikan bahwa tidak ada noda lipstik yang menempel di gigi adalah dengan memasukkan jari telunjuk Anda ke dalam mulut, katupkan bibir Anda, dan tarik jari keluar.

Cara lain adalah dengan berkaca dan membuka mulut Anda, lalu sediakan cotton bud untuk menghapus noda lipstik yang ada di gigi Anda.

Bubuhkan Bedak Tabur pada Bibir

Bubuhkan Bedak Tabur pada Bibir

Setelah Anda memoles bibir dengan lipstik, cobalah untuk memberi bedak ke bibir agar lipstik lebih tahan lama. Caranya adalah siapkan tisu, lalu letakkan kertas tisu di salah satu bagian bibir. Kemudian, taburkan bedak di sisi lain kertas tisu yang tidak menempel di bibir Anda.

Bedak akan meresap ke bibir Anda melalui pori-pori tisu. Setelah itu, poleskan kembali lipstik Anda untuk memberi lapisan kedua. Dengan cara ini, dijamin bahwa lipstik Anda akan lebih awet meskipun Anda tidak menggunakan jenis matte lipstick.

Sentuhan Terakhir pada Bibir

Sentuhan Terakhir pada Bibir

Jika Anda merasa bahwa polesan lipstik terlalu tebal, rekatkan kertas tisu baru dan tempelkan secara perlahan ke bibir. Cara ini membantu untuk mengurangi ketebalan warna lipstik Anda.

Selain itu, jika Anda menginginkan efek glossy pada bibir, tambahkan lip gloss sedikit saja setelah Anda memakai lipstik. Jangan terlalu banyak menambahkan lip gloss, terutama bila Anda sudah memakai glossy lipstick.

Bagaimana panduan dan cara memakai lipstik yang benar dari Bacaterus kali ini? Semoga cara ini bisa membantu Anda untuk merias bibir agar terlihat lebih segar dan cantik. Cobalah untuk memakai lipstik dengan warna yang senada dengan warna eye shadow maupun pakaian yang sedang Anda kenakan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment