Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Bibir / Cara Memakai Lipstik Matte Step-by-Step Agar Lebih Awet

Cara Memakai Lipstik Matte Step-by-Step Agar Lebih Awet

Walaupun 2017 merupakan zamannya lipstik shimmer dan metalik, bukan berarti lipstik matte menjadi ditinggalkan orang-orang. Karena, biar bagaimana pun juga, lipstik matte tetap memiliki penggemar fanatik. Terutama untuk orang yang tidak memiliki waktu untuk touch up, sering berbicara, atau untuk pergi ke acara makan malam. Orang tentu lebih memilih menggunakan lipstik matte yang tidak mudah luntur daripada lipstik sejenis sheer.

Jika Anda ingin mendapatkan lipstik matte yang berkualitas, Anda tidak perlu berusaha keras. Karena, Bacaterus telah mengumpulkannya di artikel lipstik matte yang bagus, lipstik matte untuk bibir kering, hingga dikategorikan dalam berbagai warna seperti 10 lipstik warna merah terbaik. Walaupun begitu, tetap saja lipstik matte memiliki kekurangan. Diantaranya adalah dapat menggumpal/cakey, membuat bibir terasa kering dan tebal, dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Bacaterus akan memberi tahu Anda cara memakai lipstik matte secara detil, step by step, lengkap beserta gambarnya. Anda dapat membaca sambil langsung mempraktekkannya juga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Memakai Lipstik Matte

1. Exfoliate

Exfoliate cara memakai lipstik matte

Langkah pertama dalam cara memakai lipstik matte adalah dengan meng-exfoliate bibir Anda. Langkah ini sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran dari sisa make up yang tersisa di garis-garis bibir.

Anda bisa menggunakan lip scrub yang dijual di pasaran atau pun membuatnya sendiri di rumah menggunakan capuran minyak zaitun/madu serta gula pasir. Jika tidak ada juga, Anda bisa menggunakan lip balm/lip butter/patroleum jelly. Anda bisa menggosok lip scrub pada bibir Anda dengan menggunakan jari atau pun sikat gigi lembut.

Walaupun eksfoliasi bibir penting dan bagus, tetapi Anda tidak bisa melakukan kegiatan ini setiap kali mau menggunakan lip matte. Kulit bibir jauh lebih tipis daripada kulit lainnya, untuk itu Anda hanya boleh melakukan eksfoliasi maksimal 1x seminggu.

2. Mask

Lip Mask

Langkah yang ke-2 dalam cara memakai lipstik matte adalah dengan menggunakan masker bibir. Benda ini mungkin yang paling Anda anggap tidak penting, karena hanya bisa dipakai satu kali saja selama lima belas menit, lalu dibuang.

Padahal, masker bibir seperti ini sangat bekerja ampuh dalam memberi nutrisi pada bibir, membuat bibir menjadi lebih kenyal dan lebih siap untuk diberi lipstik. Jika Anda merasa sayang menggunakan lip mask yang sekali pakai, ada juga lip mask dalam bentuk jar yang teksturnya seperti puding dan bisa dipakai berkali-kali hingga isinya habis.

3. Mosturize

Mosturize lip balm

Memakai pelembab bibir seperti lip balm/lip butter/patroleum jelly sebelum memakai lipstik matte juga dapat membantu Anda memberikan nutrisi pada bibir dan mencegah bibir menjadi kering. Jika tidak ada benda-benda yang tadi kami sebutkan, Anda bisa juga mengoleskan bibir dengan minyak zaitun atau minyak almond tipis-tipis.

4. Conceal

Conceal Bibir

Concealer tidak hanya diperuntukkan untuk mendapatkan ombre lips. Jika Anda ingin menggunakan lipstik apa pun juga, sebaiknya lapisi bibir dengan concealer terlebih dahulu. Karena, fungsi concealer adalah untuk meratakan warna bibir. Sehingga, warna dari lipstik dapat keluar dan terlihat rata di bibir Anda.

5. Lip Primer

Lip Primer

Satu lagi benda yang paling sering diabaikan dalam make up, primer. Padahal, primer punya banyak sekali manfaat, seperti menutup pori-pori, agar lipstik tidak masuk terserap oleh kulit. Lalu, primer juga dapat membuat bibir terhindar dari kering dan terkelupas.

Lip primer juga berguna untuk meratakan warna kulit dan tentunya membuat warna lipstik lebih keluar dan lebih tahan lama. Kalau tidak percaya, lihat saja contoh penggunaannya pada gambar di atas! Warna bibir yang dioles lip primer dan tidak beda jauh, bukan?

6. Draw

Draw lip liner

Setelah mengaplikasikan semua benda yang Bacaterus anjurkan di atas, sekarang saatnya Anda menggambar. Dulu sewaktu sekolah Anda pandai menggambar, tidak? Tetapi, pandai atau tidaknya Anda menggambar tidak terlalu mempengaruhi, kok. Karena pada bagian ini Anda hanya perlu menggambar garis bibir Anda saja. Mudah, bukan?

Gunakan lip liner yang warnanya sama dengan lipstik matte yang mau Anda gunakan. Atau, Anda bisa menggunakan yang warnanya netral seperti krem, putih, cokelat atau pink. Lip liner dapat membuat kesan bibir tipis atau pun bibir tebal, sesuai dengan cara Anda menggambarnya. Lalu, lip liner juga akan menghalangi lipstik dari meluber.

7. Pat-pat

Pat-pat tissue lips

Jika biasanya orang-orang suka mengatupkan bibir sesaat setelah menggunakan lipstik untuk meratakannya, maka Anda dilarang keras melakukannya pada cara memakai lipstik matte. Karena, tekstur lipstik matte sangat berbeda dengan lipstik buttery atau sheer.

Jadi, cara Anda meratakan lipstik matte adalah dengan men-pat-pat bibir Anda dengan menggunakan tisu. Anda bisa juga mengatupkan bibir Anda yang telah diselipi tisu diantaranya. Atau, Anda bisa juga menutup bibir menggunakan tisu yang dibentangkan, lalu tap-tap bibir Anda menggunakan lip brush atau kuas lainnya.

8. Hi-Lite

highlighter

Saat menggunakan lipstik matte, bibir Anda bisa terlihat kecil sekali. Hal ini karena rata-rata lipstik matte tidak memiliki efek kilau, warna bold seperti ini dapat membuat bidang yang ditempelkan terlihat sempit karena tidak memiliki bagian yang berkilau saat terkena cahaya.

Untuk itu, gunakanlah highlighter. Ada highlighter khusus untuk cupid bow namun jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan yang biasa untuk digunakan pada tulang pipi dan hidung. Highlighter dapat membuat lipstik matte lebih hidup dan bibir terlihat lebih bervolume.

9. Topping

Lip topper

Lip topper sebenarnya optional, tapi karena merk mega terkenal, LimeCrime baru-baru ini memperkenalkannya, banyak orang yang penasaran dan jatuh cinta seketika pada produk ini. Lip topper bisa dibilang mirip dengan lip gloss, tapi teksturnya tidak selalu glossy. Ada yang glossy tapi ada juga yang hanya glittery saja tanpa kilau.

Lip topper biasanya bertekstur matte, sehingga tidak akan merusak lipstik matte yang telah Anda gunakan dibawahnya. Referensi gambarnya dapat Anda lihat di atas. Anda bisa mengunakan lipstik dan lip topper yang berwarna senada atau pun yang warnanya ‘nabrak’ seperti itu.

10. Don’t Rush

Don't Rush

Jangan sekali-kali Anda menumpuk lipstik matte Anda saat touch up. Jika Anda merasa lipstik Anda mulai menggumpal, mengelupas, atau mulai terasa tidak nyaman, lebih baik hapus dulu lipstik Anda dan ulangi lagi menggunakan lipstik dari awal.

Ya, itulah 10 langkah dalam cara memakai lipstik matte dengan benar versi Bacaterus. Jika dilakukan semuanya, niscaya lipstik matte Anda dapat bertengger manis pada bibir Anda lebih lama daripada jika langsung menggunakan lipstik saja. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment