Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Bibir / Tampil Beda Dengan Cara Memakai Lip Tint yang Unik Ini

Tampil Beda Dengan Cara Memakai Lip Tint yang Unik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Lip tint mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, apalagi jika Anda merupakan penggemar make up Korea Selatan. Memang, lip tint tidak hanya datang dari brand kosmetik asal negeri ginseng tersebut, karena brand kosmetik lain seperti YSL hingga Maybelline pun memiliki produk yang sama. Namun, lip tint memang dipopulerkan oleh artis/aktor dan idol asal Korea Selatan dengan teknik ombre lipsnya.

Ombre lips adalah teknik yang membuat warna bibir nampak bergradasi, yaitu dari warna yang pekat ke pudar. Teknik ini membuat bibir nampak lebih tipis dan kecil. Ombre lips sering diaplikasikan oleh orang-orang Asia Timur, seperti Korea, Cina dan Jepang, karena menurut mereka, bibir yang mungil itu tampak lebih imut dan disukai. Walaupun begitu, tidak semua orang menggunakan teknik bibir gradasi setiap hari.

Karena, lip tint bisa juga dipakai untuk full lips look. Berbeda dengan lipstik sheer apalagi matte, lip tint dapat memberikan efek ‘basah’ pada bibir Anda. Maksud dari efek ‘basah’ ini adalah karena lip tint biasanya sangat encer seperti air dan hasil akhirnya mengkilap, sehingga bibir jadi terlihat juicy, fresh dan plumpy. Tapi, jika Anda tidak suka wet look, ada juga lip tint dengan hasil akhir velvet dan matte.

Jika Anda termasuk orang yang jatuh cinta pada ombre lips, wet look lips, dan aneka look lainnya yang bisa dibuat dengan lip tint, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Karena, sekarang Bacaterus mau membahas trik dan cara memakai lip tint untuk membuat banyak look dengan menggunakan lip tint. Selamat membaca!

Ombre Wet Lips

Ombre Wet Lips cara memakai lip tint

Teknik dan cara memakai lip tint yang pertama adalah ombre wet lips alias bibir gradasi dengan hasil akhir ‘basah’. Beberapa orang yang tidak biasa dengan make up Korea mungkin menyangka kalau Anda sedang sakit wariawan jika menggunakan lip tint seperti ini. Tapi, look ini sangat cute untuk diaplikasikan, kok! Cara untuk mendapatkan ombre wet lips adalah seperti ini:

1. Conceal

Lip Concealer

Setiap kali Anda ingin membuat ombre lips, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan ‘menyamarkan’ pinggiran bibir Anda. Ya, cara memakai lip tint untuk ombre lips adalah dengan mengaplikasikan concealer atau lip concealer pada garis bibir hingga menjurus ke tengah bibir. Sisakan bagian tengah bibir tanpa di-conceal, ya.

2. Gunakan Lip Tint

Gunakan Lip Tint

Bubuhkan lip tint pada bagian tengah yang tadi tidak diberi concealer. Biasanya lip tint hadir dengan kuasnya masing-masing, gunakanlah kuas tersebut untuk membubuhkan lip tint.

3. Ratakan

Ratakan

Anda dapat meratakan/membaurkan lip tint dengan menggunakan kuas bawaan lip tint, dengan cotton bud, atau pun dengan lip brush. Tapi, untuk hasil terbaik, Bacaterus sarankan gunakan jari saja. Oh, iya, selain menggunakan lip tint, teknik ini dapat diaplikasikan juga dengan menggunakan lipstik.

4. Gloss It!

lip gloss

Jika Anda menginginkan tampilan bibir yang benar-benar ‘basah’, maka jangan lupa untuk mengaplikasikan lip gloss. Dengan menggunakan lip gloss, bibir Anda akan nampak lebih juicy lagi. Usahakan untuk menggunakan clear lip gloss (lip gloss bening/tidak berwarna), ya, agar tidak merusak warna lip tint Anda. Jika Anda ingin tampilan bibir mungil, maka aplikasikan lip gloss pada bagian bibir tengah bawah saja.

Full Ombre Lips

Full Ombre Lips

Teknik cara memakai lip tint yang selanjutnya adalah untuk membuat full ombre lips. Jika di atas tadi adalah teknik bibir gradasi yang menghasilkan bibir mungil dan bibir juicy, ombre lips kali ini lebih ke hasil yang bold dan sweet. Hasil dapat berbeda sesuai dengan warna lip tint yang Anda gunakan.

1. Conceal

Langkah awal pada setiap cara memakai lip tint adalah menggunakan concealer. Karena sudah Bacaterus bahas di atas, maka akan kami skip sekarang dan juga pada penjelasan selanjutnya.

2. Siapkan Dua Lip Tint

Moko Moko Lip Honey Tint Marker

Siapkan setidaknya dua warna/shade lip tint yang berbeda. Untuk sweet look, Bacaterus sarankan untuk memadukan warna oranye muda-oranye tua, pink muda-pink tua, pink muda-oranye, pink-merah, dan ungu-pink muda.

Untuk warna yang lebih berani dan bold, Anda dapat memadukan warna ungu-oranye, oranye tua-pink tua, dan ungu-merah. Atau, Anda bisa juga bereksperimen dengan menggunakan beberapa warna sekaligus.

3. Gunakan Lip Tint

Full Ombre Lips

Pertama-tama, aplikasikan lip tint yang shade warnanya lebih tua pada bagian tengah bibir, lalu ratakan. Lalu, tutup bagian yang di-conceal tadi dengan lip tint yang shade warnanya lebih terang. Dan, selesai! Full ombre lips siap menemani kegiatan Anda seharian!

Full Lips

gradient lips ombre lips lip tint Full Lips

Tidak semua orang suka dengan teknik bibir gradasi. Atau, kadang orang ada masa bosannya juga, kan? Jika Anda ingin mendapatkan full lips look dengan menggunakan lip tint, bisa, kok!

1. Conceal

Conceal

Jika Anda ingin mendapatkan look ini, maka Anda bisa mengaplikasikan lip concealer terlebih dahulu pada seluruh permukaan bibir atau pun tidak menggunakan concealer sama sekali. Karena, fungsi lip concealer adalah untuk meratakan warna bibir. Jadi, jika Anda merasa tidak membutuhkannya, tidak masalah kalau tidak dipakai.

2. Aplikasikan Lip Tint

Aplikasikan Lip Tint

Cara memakai lip tint untuk bibir penuh sangat mudah. Jika bibir gradasi agak tricky, maka untuk yang satu ini tidak ada apa-apanya. Karena, cara mengaplikasikannya sangat gampang, seperti jika Anda menggunakan lipstik pada umumnya saja. Jika Anda ingin ekstra glossy, jangan lupa tambahkan clear lip gloss, ya.

Semua tutorial di atas dapat dipergunakan juga pada lip tint velvet/matte. Berikut adalah contoh penggunaannya:

Velvet/Matte Ombre Lips

Ya, itulah cara-cara memakai lip tint untuk membuat beberapa look versi Bacaterus. Dengan lip tint Anda bisa membuat aneka macam look. Ekspresikan gaya Anda dengan gaya lip tint yang berbeda setiap harinya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment