Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Tubuh / Cara Memakai Inai di Tangan dan Kaki dengan Mudah

Cara Memakai Inai di Tangan dan Kaki dengan Mudah

Apakah Anda tahu apa itu inai? Jika Anda suka dengan kecantikan ala orang Arab – India, Anda pasti sudah akrab dengan rupa inai. Bahan dasar inai adalah sejenis tumbuhan semak belukar yang daunnya diolah dan digunakan sebagai pewarna kuku dan tubuh.

Dulu hanya ada dua varian warna inai saja, yaitu merah dan oranye. Tapi, sekarang sudah banyak warna lainnya yang ditambahkan oleh manusia seperti warna hitam, cokelat, merah ati, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri penyuka inai cukup banyak. Di sini, inai disebut juga sebagai ‘pacar cina’ atau ‘pacar’ saja. Orang-orang Indonesia gemar menggunakan inai di kuku, tangan dan ada juga yang menggunakannya di kaki. Kali ini, Bacaterus mau membahas cara memakai inai di tangan dan kaki saja.

Jika Anda suka menggunakan inai, atau Anda membuka jasa inai, mari simak tips dan trik cara memakai inai di tangan dan kaki dengan mudah di bawah ini:

Cara Memakai Inai di Tangan dan Kaki

Cara Memakai Inai di Tangan

Para wanita senang sekali melukis tubuh mereka dengan inai, terutama saat akan ada pesta besar seperti pernikahan. Tapi, sekarang sudah banyak orang yang suka merias diri mereka dengan inai untuk kepentingan kecantikan saja. Untuk menggunakan inai, Anda tidak perlu pandai menggambar, kok.

Lagipula, jika Anda salah menggambar atau gambarnya tercoreng, karena inai dapat hilang dalam beberapa hari. Gambar inai pun tidak perlu terlalu ramai atau pun terlalu canggih dengan detil-detil kecil yang rumit. Anda bisa menggambar apa pun yang Anda inginkan, mulai dari motif simpel hingga motif tribal. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menggunakan inai:

1. Siapkan Inai

Siapkan Inai

Jika Anda menggunakan inai bentuk bubuk, maka Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu dengan campuran air. Namun, jika Anda menggunakan inai yang sudah jadi (berbentuk pasta), maka Anda tidak perlu mencairkannya lagi.

2. Bersihkan Tangan dan Kaki

Bersihkan Tangan

Sebelum menggunakan inai, sangat dianjurkan untuk membersihkan area yang akan digambar. Anda bisa mandi terlebih dahulu, mencuci tangan dan kaki dengan sabun, atau pun hanya menggunakan kain lap saja. Tujuan membersihkan ini adalah menghilangkan aneka kotoran, cairan, minyak atau kosmetik yang dapat mengganggu proses penggambaran inai.

3. Cari Inspirasi

cara memakai inai

Cara memakai inai yang selanjutnya adalah, cari inspirasi atau gambar yang ingin Anda tiru. Kecuali, jika Anda sudah expert dalam hal menggambar inai, tentu Anda sudah punya imajinasi sendiri akan gambar apa yang ingin Anda lukis.

Jika Anda membuka jasa melukis inai, maka sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu pada klien ingin gambar yang seperti apa. Tanyakan apakah mereka sudah memiliki referensi atau belum. Jika sudah, maka ikuti permintaan klien jika Anda bisa membuatnya. Kalau klien Anda belum memiliki gambar impian, perlihatkan gambar-gambar hasil karya Anda atau Anda bisa mencarinya di Google.

4. Garis Start

Mulai Dari Atas

Jika Anda akan memasangkan inai pada orang lain, cara memakai inai yang benar adalah selalu mulai dari atas. Jika Anda ingin menggambar bagian tangan saja, maka mulailah dari pergelangan tangan lalu baru turun ke jari-jari. Jika Anda ingin menggambar area lengan dan tangan, maka mulai dari lengan terlebih dahulu, ke tangan, lalu baru ke jari. Hal ini akan memudahkan Anda karena posisi tangan klien tentunya berada di hadapan Anda.

Lain halnya jika Anda menggunakan inai untuk diri sendiri. Mulailah dari jari-jari, lalu ke tangan, dan lengan. Hal ini memudahkan dan tidak akan membuat gambar Anda tergores. Hal yang sama berlaku juga saat Anda menggambar inai pada kaki.

5. Tunggu Kering

cara memakai inai

Ini merupakan momen yang paling menegangkan dan menyita kesabaran Anda, menunggu inai kering. Membutuhkan waktu yang beragam untuk menunggu inai kering. Ada inai yang cepat kering (sekitar 15 menitan), namun ada juga yang memakan waktu hingga 45 menit.

Jangan sampai Anda terlalu banyak bergerak hingga inai tergores. Karena, jika tergores, maka gambar Anda akan rusak. Tapi, jangan khawatir jika hal itu terjadi. Anda bisa menimpa garis yang tergores dengan gambar baru.

Ya, itulah cara memakai inai di tangan dan kaki dengan mudah menurut Bacaterus. Anda dapat membaca cara memakai henna di kuku pada artikel ini.

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment