Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Tubuh / Inilah Cara Memakai Henna di Kuku dengan Benar & Mudah

Inilah Cara Memakai Henna di Kuku dengan Benar & Mudah

Setelah membahas Cara Memakai Inai di Tangan dan Kaki, kali ini Bacaterus akan membahas tentang cara memakai henna di kuku. Penggunaan pacar cina/inai/henna sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan ibu-ibu.

Anak muda juga banyak yang suka menggunakan henna, seperti saat akan menikah, bertunangan, ulang tahun, dan acara besar lainnya. Sebelum membahas cara memakai henna di kuku, mari kita telusuri dulu sejarah singkat henna.

Sejarah Henna

pisahkan daun henna

Nama Latin henna adalah Lawsonia inermis. Yang pertama kali menemukan kata ‘henna’ adalah negara Arab yang menyebutnya sebagai Hinna/Mehndi (dedaunan yang dapat meninggalkan warna merah di kulit). Henna biasanya hidup di daerah beriklim panas seperti Palestina, Afrika, Iran, dan Maroko.

Di beberapa negara seperti India, Arab dan Afrika, henna merupakan elemen penting dalam acara pernikahan. Henna harus dikenakan oleh pengantin wanita sebagai penghias tangan dan kaki. Tujuan penggunaan henna adalah untuk mempercantik pengantin, menangkal sesuatu yang jahat serta gangguan, dan juga dipercaya sebagai pembawa nasib baik bagi pemakainya.

Itulah mengapa wanita yang akan menikah dan ibu hamil menggunakan henna. Untuk ibu hamil, biasanya mereka akan menggunakan henna pada bagian perut di dekat rahim (henna belly). Itulah sejarah singkat mengenai henna. Sekarang, apakah Anda ingin menggunakan henna sendiri pada kuku Anda? Caranya gampang, kok!

Agar hasil henna Anda lebih maksimal,  hasil warnanya rata, dan tidak meluber ke mana-mana, Bacaterus akan membagikan cara memakai henna di kuku dengan benar. Anda bisa membacanya sambil langsung mempraktikkannya. Berikut penjelasannya:

Cara Memakai Henna di Kuku dengan Benar

Sebenarnya, daripada menggunakan inai di tangan, kaki dan perut, menggunakan henna di kuku jauh lebih mudah. Anda bahkan tidak memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Tapi, tetap saja Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar agar hasilnya lebih maksimal.

1. Siapkan Henna

cara membuat henna bubuk

Anda dapat membuat sendiri henna di rumah. Bahan-bahan dan langkahnya dapat Anda ikuti di link ini. Atau, Anda bisa juga membeli henna yang sudah jadi, sepuluh merk henna yang recommended dan berkualitas bisa Anda baca di sini.

2. Bersihkan Kuku

Bersihkan Kuku cara memakai henna di kuku

Cara memakai henna di kuku yang kedua adalah bersihkan kuku. Jika sebelumnya Anda menggunakan kutek, maka hapus kutek terlebih dahulu menggunakan aseton. Karena pacar/henna tidak akan menempel pada kuku yang dilapisi cat.

Setelah kuku terbebas dari cat, bersihkan lagi kuku Anda. Bisa menggunakan sabun, lemon, atau pun air garam. Jangan lupa bersihkan sisi kanan dan kiri serta bagian dalam kuku Anda (jika kuku Anda panjang). Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik nantinya.

3. Aplikasikan Patroleum Jelly

Aplikasikan Patroleum Jelly

Patroleum jelly merupakan benda paling multifungsi daripada kosmetik lainnya. Benda ini dapat menutrisi kulit dan kuku Anda, bisa memperbaiki masalah bibir pecah-pecah, bisa digunakan untuk menghapus make up dan bisa juga untuk menghindari kulit Anda dari pewarna yang Anda gunakan.

Jadi, jika Anda mau mencat rambut atau pun kuku, seperti pada kasus ini, menggunakan henna di kuku, Anda bisa mengaplikasikan patroleum jelly terlebih dahulu pada sisi kuku Anda. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih rapi dalam menggunakan henna, dan henna pun tidak akan meleber ke mana-mana.

4. Aplikasikan Henna

Aplikasikan Henna

Cara memakai henna di kuku yang paling penting adalah menempelkan henna pada kuku Anda. Untuk membantu menempelkan henna, Anda bisa menggunakan tongkat kayu/tongkat besi yang ramping, kuas, atau apa pun yang dirasa memudahkan Anda dalam menggunakan henna.

Pastikan jumlah henna yang Anda gunakan pada setiap kuku takarannya sama (tidak terlalu tipis atau terlalu tebal). Setelah itu, Anda hanya perlu menunggunya kering. Jika henna sudah kering, cara mengangkat henna adalah dengan dikerik atau pun dicuci menggunakan air.

5. Lihat Warnanya

Lihat Warnanya

Langkah terakhir cara memakai henna di kuku adalah dengan melihat warna kuku yang telah selesai diberi henna. Perhatikan warnanya, jika warna yang didapatkan tidak rata, maka aplikasikan sekali lagi pada kuku yang warnanya tidak rata.

Selesai! Itu dia cara memakai henna di kuku dengan benar versi Bacaterus. Dengan menggunakan henna dengan benar, maka warna henna yang Anda dapatkan akan menjadi lebih cantik, lebih keluar dan lebih awet. Selamat mencoba!

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment