Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Mata / Cara Memakai Cetakan Alis Dengan Benar dan Mudah

Cara Memakai Cetakan Alis Dengan Benar dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2018

Sekarang ada phrase baru dari wanita, “Pantang pergi kalau alis belum jadi.”. Maksudnya adalah, para wanita enggan pergi keluar rumah kalau alis mereka belum tercetak sempurna. Walaupun tidak semua wanita suka berdandan lengkap dengan alis, tapi kebanyakan orang Indonesia (khususnya pria) mencap kalau wanita dandannya lama, pasti sedang ngalis alias sedang membuat alis.

Memang, membuat alis yang perfect itu bukan perkara mudah. Ada beberapa cara untuk membuat alis yang bagus, mulai dari material-nya, apakah itu pensil alis, gel aliseyebrow powderdan masih banyak lagi jenis lainnya. Lalu, ada juga alat yang dapat membantu orang-orang untuk membuat alis yang define, yaitu cetakan alis.

Cetakan alis yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari plastik tipis dan satu paketnya terdiri dari 3 bentuk alis, yaitu super defined (ekornya tinggi), defined (ekornya tidak terlalu tinggi), dan natural (mirip alis kotak ala Korea). Namun, ternyata ada benda lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cetakan alis, loh!

Nah, sekarang Bacaterus mau membahas cara memakai cetakan alis plus beberapa benda di rumah yang bisa Anda manfaatkan sebagai cetakan alis. Penasaran? Yuk, langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini:

Cara Memakai Cetakan Alis yang Benar

1. Kenali Bentuk Alami Alis

Cara Memakai Cetakan Alis

Sebelum membuat alis, Anda harus mengerti terlebih dahulu cara menaklukkan alis asli Anda. Pertama-tama, cermati terlebih dahulu bentuk alis bawaan lahir Anda, apakah datar, apakah turun, apakah sangat lebat, apakah tipis, apakah sudah lumayan terbentuk, atau sangat berantakan?

Jika Anda pemilik alis yang sudah rapi dan ketebalannya juga sudah pas menurut Anda, maka Anda sangat beruntung. Karena, Anda bisa dengan mudah mencetak alis Anda. Para pemilik alis tipis atau bahkan buntung (tidak ada ekornya) pun bisa dibilang beruntung, karena lebih mudah menggambar alis pada alis tersebut.

Lain halnya dengan pemilik alis yang tebal dan berantakan, karena Anda harus mencabut/mencukur/me-wax-nya terlebih dahulu untuk mendapatkan alis yang defined. Nah, jadi, apakah Anda sudah tahu bentuk alis alami Anda seperti apa?

2. Kondisikan Alis

Kondisikan Alis

Anda perlu meng-condition alis Anda sebelum dicetak. Pertama-tama, rapikan alis Anda dengan cara mencabut menggunakan tweezer, menggunakan wax atau bisa juga dicukur. Jika Anda tidak ingin merasa sakit, sebaiknya gunakan alat cukur alis saja.

Lalu, bubuhkan eyebrow conditioner pada alis Anda, agar alis Anda jadi lebih siap untuk digambar dan hasilnya pun jadi lebih bagus. Jika Anda tidak punya brow conditioner, gunakan saja Vaseline atau sejenisnya. Tidak perlu banyak-banyak, gunakan sedikit saja, karena takutnya pensil alis Anda malah jadi tidak menempel.

3. Pilih Cetakan Alis

Pilih Cetakan Alis 

Di pasaran tidak ada banyak jenis cetakan alis, paling hanya yang terbuat dari plastik tipis saja. Sebenarnya, ada beberapa jenis cetakan alis lainnya, baik yang dijual di pasaran maupun yang bisa Anda buat sendiri. Ada cetakan alis yang bentuknya mirip seperti jangka yang biasa dipakai saat pelajaran matematika saat sekolah dulu. Ada juga eyebrow stamp, yaitu inovasi terbaru dari pewarna alis yang sangat praktis.

Ada satu lagi cetakan alis yang mirip seperti topeng atau mirip juga seperti tunas tanaman. Jadi, cara pakainya Anda pegang gagang cetakan, lalu tempelkan pada hidung dan alis Anda. Lalu, Anda hanya perlu mewarnai alis Anda. Tapi, karena yang paling banyak di pasaran adalah cetakan alis plastik, mari belajar dari situ dulu.

Ada beberapa produk pewarna alis yang menyediakan bonus cetakan alis juga seperti Ardell Brow Perfection Stencils dan Benefit Bigger & Bolder Brows Kit. Namun, ada juga cetakan yang dijual satuan seperti yang ada pada gambar di atas.

3. Pilih Bentuk Alis

Pilih Bentuk Alis

Bentuk cetakan alis ada bermacam-macam, bahkan di pasaran ada yang menjual hingga 24 style alis. Perbedaannya terletak pada ketebalan dan ketinggian ekor alis. Anda tinggal pilih, hari ini mau bergaya dengan alis yang seperti apa. Biasanya kalau yang suka hal-hal berbau Korea akan memilih flat style alias alis kotak.

Sedangkan yang kiblat make up-nya lebih ke Barat, lebih memilih arched brows yang ekornya super tinggi. Itu semua kembali lagi ke pada kesukaan Anda dan bentuk alis mana yang lebih cocok untuk kontur wajah Anda.

4. Cara Menggunakan

Cara Menggunakan

Cara memakai cetakan alis adalah dengan menempelkan plastik cetakan dan sesuaikan lubangnya dengan bentuk alis yang ingin Anda raih. Agar lebih memudahkan Anda nantinya, tahan cetakan dengan jari telunjuk dan jari tengah Anda membentuk V-sign. Setelah itu, gambar keliling terluar alis, lalu tebalkan alis sesuai selera.

Anda bisa menggunakan pensil alis, pomade alis, gel alis, atau pun shadow alis. Jangan lupa arsir alis Anda dengan sikat bundar atau pun sikat lurus agar penampilan alis jadi lebih natural. Lakukan pada kedua alis Anda. Jika Anda menggunakan bentuk cetakan yang seperti topeng, lain lagi caranya.

Cara Menggunakan

Pertama-tama, tempatkan gagang alis di pangkal hidung Anda, cocokkan lubang cetakan dengan alis Anda. Lalu, gambar pinggiran alis Anda (ingat, jangan terlalu tebal, ya). Lalu, warnai seperti biasa. Ada juga cetakan yang seperti ini namun tidak ada lubangnya, jadi fungsinya adalah untuk menggambar bagian terluar alis Anda, lalu Anda bisa mewarnai alis setelah mencabut cetakannya.

Selain menggunakan cetakan alis yang dijual di pasaran, Anda bisa juga membuatnya sendiri dengan barang-barang yang ada di rumah, loh. Ada beberapa tutorial di YouTube yang dapat menuntun Anda membuat cetakan alis sendiri dari sabun batangan atau pun spons.

Nah, itu dia tips dan trik singkat untuk alis sempurna. Nikmati alis yang sempurna dengan langkah atau cara memakai cetakan alis di atas. Langsung coba praktikkan di rumah, yuk! Setelah itu, beritahu Bacaterus, apakah Anda berhasil membuat alis atau tidak dengan langkah-langkah ini. Atau, Anda ingin berbagi tips mudah menggunakan cetakan alis lainnya? Share di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment