Bacaterus / Fashion / Aksesoris / 10 Cara Memakai Bandana yang Keren Buat Cewek dan Cowok

10 Cara Memakai Bandana yang Keren Buat Cewek dan Cowok

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Bandana merupakan aksesoris rambut yang populer. Tidak hanya cewek, cowok juga sering menggunakannya. Pasalnya, bentuk, motif, ukuran, dan warna bandana memang bermacam-macam, jadi cocok dipakai siapa saja. Rata-rata orang menggunakan bandana ketika sedang nge-trend. Tapi, ada fungsi lain dari bandana, yaitu menutupi bad hair day.

Cara memakai bandana tidak terpatok harus dimana dan dibagaimanakan, kamu bebas mengekspresikan diri dalam menggunakan bandana. Tapi, jika kamu ingin inspirasi, Bacaterus telah menyediakan 10 gaya cara menggunakan bandana untuk cewek dan cowok di bawah ini:

10 Cara Memakai Bandana yang Keren

1. Bandana Gulung

Bandana Lebar

* sumber: www.onlybandanas.com

Cara memakai bandana yang pertama adalah dengan menggulung-gulungnya. Gulung bandana hinga gulungannya terasa padat. Setelah itu, langsung pakai bandana ini untuk menghalangi poni kamu supaya tidak mengenai kening.

2. Bandana Lebar

Bandana Lebar

* sumber: www.youtube.com

Cara memakai bandana yang selanjutnya adalah dengan gaya bandana lebar. Jika cara sebelumnya kamu perlu menggulung bandana hingga menjadi gulungan kecil dan padat, sekarang kamu perlu melipat-lipat bandana. Ukuran lipatannya bebas, asalkan tidak terlalu kecil, karena nanti bandananya jadi tebal dan sulit diikat.

Lalu, sebaiknya kamu melipat bandana di bidang datar supaya hasil lipatannya rapi dan simetris. Pertama-tama, posisikan bandana jadi bentuk belah ketupat. Kedua, tarik bagian bawah bandana ke atas untuk membentuk segitiga. Ketiga, tarik bagian atas ke bawah untuk membentuk trapesium. Bandana pun siap kamu pakai.

3. Pin-up Style

Pin-up Style

* sumber: id.pinterest.com

Pin-up style sebenarnya merupakan istilah model modern pada akhir abad ke-19. Maksudnya model modern adalah dandanannya mengikuti style pada masanya.

Mungkin kamu familiar dengan model rambut Marilyn Monroe dan gaya karakter kartun Betty Boop? Kurang lebih seperti itulah Pin-up style. Tapi, sekarang Pin-up style telah banyak diadaptasi dan akhirnya dikenal sebagai gaya dan aksesoris rambut yang chic.

Langkah memakainya mirip seperti bandana lebar di cara yang ke-2, akan tetapi lipatan bandananya jangan terlalu kaku, ikatkan bandana dengan longgar. Lalu, cara memasang pin-up style ini memang didesain untuk “mengurung” telinga kamu. Jadi, pastikan telinga kamu berada di dalam bandana. Kamu bisa menggunakan bandana ini ketika rambut dikuncir maupun digerai.

4. Hippie Style

Hippie Style

* sumber: id.pinterest.com

Cara memakai bandana yang selanjutnya adalah dengan gaya hippie. Gaya ini sangat happening pada tahun 2012. Ingin nostalgia dan memakainya lagi? Cara menggunakan bandana ala hippie gampang sekali. Kamu cuma perlu melipat bandana lalu menggunakannya seperti mahkota.

5. Scarf Ikat

Scarf

* sumber: id.pinterest.com

Selain dipakai di kepala, cara memakai bandana bisa dimana saja. Salah satu penempatan bandana yang paling populer adalah leher. Bandana cenderung punya ukuran yang lebar dan panjang, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai scarf juga. Kamu bisa menjadikan scarf modal ikat ini sebagai referensi gaya kamu.

6. Head Scarf Bun

Head Scarf Bun

* sumber: id.pinterest.com

Cara memakai bandana yang berikutnya adalah dengan dibuat jadi head scarf bun. Gaya ini cuma bisa diaplikasikan pada rambut panjang, jadi kalau rambut kamu pendek harus pakai wig atau hairclip terlebih dahulu. Tutorialnya bisa kamu ikuti dari gambar di atas.

7. Kuncir ala ’50-an

Kuncir ala '50-an

* sumber: id.pinterest.com

Kuncir rambut ala tahun 1950 di atas sangat manis bukan? Ingin mencobanya? Kamu hanya perlu menguncir rambut seperti biasa, lalu balut ikatan rambut kamu dengan bandana. Semakin panjang bandana yang kamu pakai, semakin manis pula hasilnya.

8. Wirst Band

Wirst Band

* sumber: id.pinterest.com

Bosan pakai bandana di kepala? Kamu bisa juga menggulung bandana dan mengikatnya di pergelangan tangan kamu. Hasilnya manis sekali, kan? Kamu bisa juga menghias bandana kamu pakai manik-manis supaya lebih cantik lagi.

9. Hair Wrap

Hair Wrap

* sumber: id.pinterest.com

Cara memakai bandana yang selanjutnya adalah hair wrap. Gaya bandana ini merupakan yang terbaik di kala bad hair day menimpa. Kalau rambut kamu lepek, berminyak, atau belum keramas, pasti aman banget kalau menutup rambut dengan gaya hair wrap ini. Supaya rambut bagian depan atau poni kamu tidak terlihat lepek, baca caranya di sini.

10. Gunakan di Celana

Di Celana

Bandana manis juga ketika diikat di celana, loh. Kamu bisa mengikat bandana di tengah sehingga membentuk simpul manis seperti gambar kanan. Kamu bisa juga mengikatkan salah satu ujung bandana setelah dibentuk jadi segitiga, sehingga kain bandana menjuntai begitu saja. Terlihat keren, kan?

Rekomendasi Gaya Bandana Lainnya

Jika Kamu merasa kurang pas dengan 10 gaya bandana di atas, kami masih memiliki rekomendasi gaya bandana yang trendy lainnya. Rekomendasi gaya bandana berikut ini juga tak kalah kerennya, lho, dengan gaya lainnya. Yuk simak berikut ulasannya.

11. Cowboy Scarf

Cowboy Scarf

* sumber: id.pinterest.com

Kamu pernah menonton film koboi? Rata-rata para koboi menggunakan bandana di lehernya, kan? Kamu bisa juga menggunakan bandana sebagai scarf tanpa berdandan lengkap seperti koboi. Kamu hanya perlu membentuk bandana jadi segitiga, lalu ikat ujungnya. Biarkan scarf ini longgar, dan selesai, kamu pun mendapatkan cowboy look yang kece banget.

12. Tas

Tas cara memakai bandana

* sumber: id.pinterest.com

Bosan dengan tas kamu? Ingin beli tas baru tapi belum ada budget-nya? Mending permak tas kamu, yuk, pakai bandana. Tas yang asalnya polos bakal jadi lebih manis dan cantik ketika dipasangkan bandana. Kamu bisa mengikat simpul bandana di salah satu jinjingannya. Kamu bisa juga melilitkan bandana di seluruh permukaan jinjingan tas.

13. Head Scarf ’90-an

Head Scarf '90-an

Jika di atas ada hair wrap yang membungkus hampir seluruh rambut kecuali bagian poni, sekarang ada head scarf ala tahun 1990-an yang membungkus bagian atas rambut saja. Gaya ini sama-sama menyelamatkan rambut dari bad hair day. Baik cewek maupun cowok cocok menggunakannya.

14. Rockstar

Rockstar

* sumber: id.pinterest.com

Mau tampil ala bintang rock? Caranya gampang. Kamu cuma perlu membuat bandana jadi bentuk segitiga, lalu lipat sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu, tempelkan bandana pada dahi kamu, terus ikat deh di belakang, beres.

15. Kaki

cara memakai bandana kaki

* sumber: id.pinterest.com

Cara memakai bandana ini mungkin agak nyeleneh, yaitu dipakai di kaki. Tapi, sudah Bacaterus bilang di atas, penggunaan bandana bisa dimana saja, kan? Kamu bisa mengikat bandana di pergelangan kaki seperti ketika kamu mengikatnya di pergelangan tangan.

Nah, itu dia berbagai cara memakai bandana ala Bacaterus. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi kamu untuk bergaya. Kamu paling suka gaya bandana yang mana?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment