Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Memadukan Warna Eyeshadow Trend Makeup 2019

10 Cara Memadukan Warna Eyeshadow Trend Makeup 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Riasan mata adalah nyawa dari makeup. Apalah artinya foundation yang matching dengan warna kulit, lipstik yang transfer-proof, dan alis yang on fleek kalau riasan mata Anda tidak bagus. Penampilan Anda dipertegas dengan riasan mata. Biarkan mata Anda berbicara dengan mengikuti 10 cara memadukan warna eyeshadow trend makeup 2019 yang telah Bacaterus rangkum berikut ini.

Trend Warna Eyeshadow 2019

1. 70’s Smokey

70's Smokey

* sumber: stylecaster.com

Untuk tahun 2019, makeup smokey eyes era 1970-an dikabarkan akan kembali digemari. Pada acara ’70s-inspired Tom Ford lalu, makeup artis terkenal asal Inggris, Diane Kendal, menciptakan tampilan smokey eyes dengan memadukan warna emas, di mana warna emas memang merupakan poin penting dalam pemilihan warna eyeshadow di tahun depan.

Smokey eyes ’70-an akan membuat Anda terlihat glamor, seksi, dan misterius secara sekaligus. Kemewahan riasan mata ini bisa Anda aplikasikan dengan eyeshadow warna apapun juga. Makeup mata ini cocok buat pergi ke klub malam, pesta Halloween, dan acara seru lainnya. Untuk mendapatkan look ini, Anda membutuhkan eyeshadow warna gelap, terang, dan highlight. Jangan lupa pakai eyeliner juga untuk tampilan lebih dramatis.

2. Glossy

Glossy

* sumber: www.refinery29.com

Eyeshadow glossy masih menjadi favorit untuk setahun ke depan. Kelopak mata yang glossy telah mengambil alih dunia per-makeup-an sejak awal tahun 2018. Tampilan mata seperti ini sangat segar, dan bisa jadi ceria atau bold sesuai warna eyeshadow yang Anda pilih.

Glossy shadow merupakan pendongkrak riasan mata tradisional. Untuk mendapatkan look ini, Anda membutuhkan eye gloss, yaitu eyeshadow liquid yang berbentuk seperti jelly/cream. Tapi, kalau Anda tidak punya eye gloss juga tidak apa-apa.

Anda bisa mengaplikasikan pressed eyeshadow seperti biasa, lalu tambahkan lip gloss di atasnya. Walaupun kalau menggunakan lip gloss tentu riasan mata Anda tidak akan bertahan lama dan bisa jadi berantakan karena meluber ke mana-mana.

3. Colorful Mascara

Colorful Mascara

* sumber: id.pinterest.com

Untuk trend riasan mata di tahun depan, maskara warna akan mengambil alih. Maskara dengan warna pink, merah, oranye, biru, ungu, dan warna-warna unik lainnya buat bulu mata ternyata menjadi poin penting dalam eye makeup 2019.

Kalau Anda menggunakan maskara berwarna, eyeshadow-nya tidak perlu macam-macam juga sudah terlihat bagus. Salah satu color mascara yang recommended adalah YSL Mascara Vinyl Couture in I’m the Madness ($29, atau sekitar Rp 430 ribuan).

4. Classic Cat Eye

Classic Cat Eye

* sumber: id.pinterest.com

Ini sih favorit semua orang, adalah classic cat eye, eyeliner yang dibuat sedikit menukik dan tidak terlalu panjang. Mau dipakai dengan atau pun tanpa eyeshadow, cat eye akan menjadi bomb. Dapatkan tampilan yang belia, ceria, dan cantik dengan menambahkan classic cat eye pada riasan mata Anda.

5. Neon Eyeliner

Neon Eyeliner

* sumber: id.pinterest.com

Sama seperti maskara, eyeliner juga tersedia dalam berbagai warna, bukan hanya hitam dan cokelat saja. Ingin riasan mata yang menonjol? Gunakanlah color eyeliner dengan warna neon. Rekomendasi merk eyeliner warna yang bagus salah satunya adalah Maybelline Lasting Drama Waterproof Gel Pencil (Rp 120 ribuan). Supaya warna neon di mata Anda lebih menyala, jangan gunakan blush on, bronzer, dan lipstik yang gelap.

6. Metallic

Metallic cara memadukan warna eyeshadow

* sumber: www.reddit.com

Warna eyeshadow yang wajib Anda pilih untuk riasan mata di tahun depan adalah warna-warna metalik seperti silver, emas, biru galaksi, dan lain-lain. Riasan mata yang bold namun feminin akan Anda dapatkan dengan warna-warna ini.

7. Glitter

Glitter cara memadukan warna eyeshadow

* sumber: id.pinterest.com

Ramaikan riasan mata Anda dengan glitter! Sebenarnya glitter akan selalu menjadi trend, karena penambahan glitter pada riasan mata merupakan cara yang umum dilakukan. Anda bisa menggunakan eyeshadow glitter atau pun menambahkan glitter secara terpisah menggunakan lem.

8. Kohl-rimmed

Kohl-rimmed 

* sumber: glamradar.com

Selain smokey eyes ala ’70-an, ternyata ada gaya jadoel yang kembali lagi menjadi hits, yaitu tampilan kohl-rimmed. Kohl adalah eyeliner-nya orang Timur Tengah. Tidak cuma wanita saja, pria juga banyak yang menggunakannya. Tapi, yang dimaksud dengan gaya kohl-rimmed tidak hanya dengan pakai kohl saja, loh.

Tapi, pemakaian kohl-nya cukup tebal, lalu di-smudge sehingga terlihat seperti eyeliner yang kelunturan. Gaya seperti ini akan membuat mata terlihat tajam. Anda tidak perlu menambahkan apa-apa lagi selain bulu mata, lipstik nude, dan kontur serta blush on natural.

Tapi, kalau Anda mau riasan yang lebih glamor, aplikasikan eyeshadow terlebih dahulu. Warnanya boleh apa saja, mau monokrom atau yang menyala seperti kuning dan merah. Asal, jangan lupa blend dengan baik supaya eyeshadow-nya menyatu dengan kohl.

9. Natural

Natural

* sumber: id.pinterest.com

Riasan mata natural masih dan akan terus digemari hingga tahun 2019 nanti. Gunakan eyeshadow warna-warna pastel seperti baby pink, baby blue, hijau toska, kuning soft, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan eyesadow-nya pun jangan macam-macam, cukup ikuti ukuran kelopak mata Anda saja. Padukan riasan mata natural dengan glossy atau dewy skin, lipgloss atau liptint warna lembut, dan blush on pink/oranye subtil.

10. Painterly

Painterly

* sumber: www.instagram.com

Terakhir, dan yang paling sulit diaplikasikan, adalah riasan mata painterly alias ala pelukis. Buat orang-orang yang artsy dan memiliki skill tinggi dalam makeup pasti bisa melakukannya. Gaya ini bisa didapatkan dengan menggunakan eyeshadow atau pun cat lukis untuk kulit.

Cara Memadukan Warna Eyeshadow

Nah, tadi itu 10 warna eyeshadow dan gaya riasan mata yang akan menjadi trend pada tahun 2019 nanti. Sekarang, bagaimanakah cara memadukan warna eyeshadow yang benar? Simak video di atas atau penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Pakai Eyeshadow Primer

Urban Decay Eyeshadow Primer Potion Merk Eyeshadow Primer yang Bagus

Pertama-tama, sebelum memakai makeup dan tektek bengek lainnya, alangkah lebih baik kalau Anda melakukan riasan mata terlebih dahulu. Soalnya, main point dari makeup itu adalah riasan mata, dan merupakan proses yang paling sulit dan ribet. Riasan mata sering kali “merusak” pondasi makeup karena eyeshadow dan maskara yang menyerpih, eyeliner yang luntur, dan lem bulu mata yang mengganggu.

Jadi, kalau Anda membereskan riasan mata terlebih dahulu, Anda bisa menghapus area sekitar mata yang kotor karena kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika memakai eye makeup. Bahkan kalaupun Anda tidak membersihkannya dengan benar, noda tersebut masih bisa ditutupi oleh foundation dan concealer.

Nah, sebelum mengaplikasikan eye shadow ke kelopak mata, gunakanlah eyeshadow primer terlebih dahulu. Eyeshadow primer akan membuat warna eyeshadow lebih keluar dan eyeshadow jadi lebih tahan lama. Ketahui merk eyeshadow primer terbaik di artikel Eyeshadow Primer yang Bagus.

2. Pilih Kuas yang Tepat

Pilih Kuas yang Tepat

Selanjutnya, selain menggunakan eyeshadow primer, kuas eyeshadow juga merupakan poin penting dalam memadukan warna eyeshadow. Kuas makeup yang berkualitas buruk akan menghasilkan riasan mata yang kurang mulus. Begitu pula ketika Anda salah menggunakan kuas, misalnya kuas untuk blending malah Anda gunakan untuk memakai eyeliner.

3. Set dengan Bedak

Set dengan Bedak

* sumber: www.independent.co.uk

Hal ini jarang diketahui orang, soalnya banyak yang berpikir dengan eyeshadow primer saja sudah cukup. Padahal, akan lebih bagus lagi kalau eyeshadow primer di-set pakai setting powder. Dengan begitu, warna eyeshadow akan lebih popping. Inilah daftar merk setting powder yang bagus.

4. Mulai dari Ekor Mata

Mulai dari Ekor Mata

* sumber: erinashleymakeup.com

Cara memadukan warna eyeshadow yang benar adalah dengan mulai dari ekor mata. Dengan begini, Anda akan mendapatkan frame seluas apa eyeshadow akan diaplikasikan.

5. Buat Crease

Buat Crease

Crease adalah area lipatan pada kelopak mata. Tujuan membuat crease adalah untuk mempertegas warna eyeshadow. Teknik cut crease akan membuat mata terlihat lebih besar. Cara membuat crease adalah dengan mengaplikasikan concealer secukupnya pada kelopak mata. Blend dengan kuas. Setelah itu, isi bagian yang baru di-concealer dengan eyeshadow warna lainnya yang mau Anda gunakan.

6. Blend!

Blend cara memadukan warna eyeshadow

* sumber: www.beautybay.com

Blending adalah step yang paling penting dalam cara memadukan warna eyeshadow. Jika tidak dibaurkan dengan benar, maka eyeshadow akan terlihat mati dan berantakan.

7. Eyeliner

Eyeliner

Anda boleh skip langkah ini atau pun tidak. Tapi, penggunaan eyeliner dapat merubah riasan mata secara drastis, loh! Jadi, jangan lupa pakai eyeliner, ya.

8. Highlight

Highlight

* sumber: www.instagram.com

Cara memadukan warna eyeshadow yang terakhir adalah dengan mengaplikasikan highlight pada bagian dalam mata. Contohnya adalah bagian warna hijau turquoise yang dipakai oleh model. Coba Anda bandingkan saja sendiri, makeup mata yang ada highlight-nya dan yang tidak. Pasti eyeshadow dengan highlight akan terlihat lebih hidup dan menyala.

Anda bisa menambahkan bulu mata palsu setelah itu. Bagaimana, mudah, bukan memadukan warna eyeshadow? Gunakan warna-warna yang Bacaterus rekomendasikan di atas untuk trend makeup tahun depan. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment