Bacaterus / Lifestyle / Romansa / Inilah 10 Cara Melupakan Gebetan yang Kamu Suka Banget

Inilah 10 Cara Melupakan Gebetan yang Kamu Suka Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Yang namanya rasa suka, kalau terpaksa harus dibuang itu tentu rasanya sakit, baik orang itu belum pernah jadi milik Anda sekalipun. Malah, bisa dibilang melupakan perasaan untuk gebetan jauh lebih susah daripada melupakan mantan.

Soalnya, kalau Anda pernah menjalin hubungan secara official dengan orang tersebut, maka sudah terbayarkan “rasa penasaran” itu. Anda tidak akan berpikir “bagaimana kalau saya bersama dia” karena Anda telah menjalaninya. Melupakan mantan juga bisa jadi lebih mudah karena Anda telah mengetahui sifat-sifat jeleknya yang bisa menjadi pendorong utama Anda harus melepaskannya.

Nah, kalau urusannya tentang crush alias gebetan bagaimana? Memiliki tidak, official tidak, bahkan mungkin saja selama ini Anda hanya jadi si pemuja jarak jauh jadi dia tidak pernah tahu Anda eksis di dunia ini. Ada beberapa faktor yang mungkin mendorong Anda untuk move on dari gebetan, entah itu karena gebetan telah punya pasangan baru, gebetan akan menikah, Anda harus pindah ke luar kota, dan lain sebagainya.

Jika Anda memutuskan inilah saatnya untuk move on, Bacaterus akan membantu Anda. Kami telah merangkum sepuluh cara melupakan gebetan yang ampuh. Berikut adalah langkah-langkahnya.

10 Cara Melupakan Gebetan

1. Cross-check

Cross-check

* sumber: www.eharmony.com.au

Langkah pertama dalam cara melupakan gebetan adalah dengan melakukan pengecekan ulang. Tanyalah pada hati Anda, apakah yang Anda rasakan terhadap orang tersebut ini cinta? Suka? Atau sebatas mengagumi saja? Jika Anda memang benar dekat dengan gebetan (contoh: sahabat, teman kantor, teman kampus, teman sekolah, dll), dan Anda memang sering berinteraksi dengannya, bisa saja yang Anda rasakan itu cinta dan sayang.

Namun, jika Anda selama ini tidak terlalu dekat dengan gebetan (sebatas kenal dan saling sapa saja), berarti anggap saja tidak pernah ada sesuatu di antara kalian dan mungkin yang Anda rasakan itu perasaan suka biasa.

Lebih parahnya lagi jika Anda adalah secret admirer yang tidak pernah berani muncul di hadapan gebetan, tentu saja Anda memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk bersamanya dan yang Anda rasakan mungkin hanya kagum saja.

2. Lihat Kemungkinan

cara melupakan gebetan Lihat Kemungkinan day dreaming

Selesai melakukan cross-check, sekarang waktunya Anda untuk melihat kemungkinan. Jangan sampai Anda salah menangkap sinyal dari gebetan. Bagaimana jika ternyata dia hanya bersikap baik saja pada Anda, bukannya flirting balik?

Dan, jadilah realistis. Jika ternyata gebetan Anda itu seorang selebgram, aktor, penyanyi, profesor yang telah berkeluarga, dan lain sebagainya yang kelihatan tidak memungkinkan, ya jangan diteruskan. Itu hanyalah angan-angan Anda saja untuk bersama dengan dirinya.

3. Buat Daftar

Buat Daftar

* sumber: www.creativelive.com

Cara melupakan gebetan yang ke-3 adalah dengan menulis. Banyak penelitian membuktikan bahwa menulis dapat membuat pikiran lebih tersortir dan lebih tenang. Lalu, apakah yang perlu Anda tulis? Adalah sebuah daftar yang berisi alasan-alasan hubungan Anda dan gebetan tidak mungkin terjadi.

Mungkin terdengar menyedihkan, tetapi daftar ini dapat membantu Anda untuk move on, loh. Setelah ditulis, Anda bisa menjadikan daftar ini sebagai pengingat dan penyemangat Anda buat melupakan dia dan terus maju. Isi daftar ini tentu akan berbeda untuk setiap orang.

Bisa saja isinya karena tuntutan pekerjaan, sama-sama sibuk, perbedaan usia yang terlampau jauh, berbeda keyakinan, dia telah memiliki keluarga, dan lain sebagainya. Curahkan semua yang ada di pikiran Anda ke dalam daftar tersebut. Baca ulang daftar itu sampai Anda move on sepenuhnya.

4. Bersedih? Boleh, Kok!

menangis meredakan stress

* sumber: www.eranepal.com

Tak jarang orang menahan untuk meluapkan emosinya karena tak mau dikatai lebay, melankolis, dan sebagainya. Apalagi jika Anda seorang pria yang “dituntut” oleh lingkungan sekitar untuk tidak menangis karena menurut kebanyakan orang pria yang menangis itu lemah.

Padahal, tak ada salahnya dengan bersedih dan menangis. Namanya juga manusia, pasti ada momen di mana kita sedih dan bahagia. Ketika Anda sedang down, tidak ada salahnya Anda merenung, mengurung diri, menangis, atau apa pun yang biasa Anda lakukan untuk meluapkan emosi.

Tapi, yang perlu Anda ingat adalah, beri waktu yang singkat untuk bersedih. Jangan sampai Anda malah tenggelam di dalam kesedihan. Jangan sampai Anda tidak makan berhari-hari, tidak keluar rumah selama seminggu, memutuskan komunikasi dengan orang-orang yang peduli terhadap Anda.

Intinya, walaupun Anda sedang sedih, bukan berarti Anda jadi merusak diri sendiri. Justru sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan hadiah buat diri Anda. Tontonlah serial televisi favorit Anda sambil selonjoran di sofa dan makan es krim. Olahraga ringan setiap hari supaya tubuh Anda tetap bugar dan jiwa Anda tetap stabil. Hangout bersama teman-teman juga bisa Anda lakukan agar tidak terlarut dalam kesedihan.

5. Buang Kenangan

Buang "Bagian" dari Dirinya

Kadang, ketika sudah move on, tapi tiba-tiba melihat foto gebetan atau benda yang mengingatkan pada gebetan, move on pun langsung ambyar. Makanya, buang saja barang-barang yang membuat Anda ingat pada si dia. Kalau barangnya masih bagus seperti tas atau pakaian pemberian dari dia, bisa Anda sumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

6. Cerita

couple talking Cerita

Jika Anda tipe orang yang harus mengeluarkan unek-unek supaya lega, berarti Anda tahu dong harus melakukan apa? Ya, cerita. Dengan curhat, hati bisa jadi lebih lega dan beban di pundak pun terangkat. Anda bisa bercerita pada siapa saja yang Anda percayai, baik itu teman, orang tua, kakak/adik, atau mungkin seorang terapis jika Anda membutuhkannya. Setelah selesai mengeluarkan semua pikiran kalut itu, niscaya Anda akan merasa lega.

7. Bersosialisasi

Berbau dengan Teman-teman Pacar

Mulai kembali ke peradaban! Setelah melakukan cara-cara melupakan gebetan di atas, sekarang Anda harus bersenang-senang lagi seperti dulu. Main sama teman, bertemu orang-orang baru, lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

8. Buka Diri

couple pasangan Jadi Orang yang Menyenangkan

Jika hati Anda telah siap, bukalah hati Anda untuk menerima orang lain. Selama ini Anda terfokus pada gebetan yang mungkin jauh di sana, sehingga Anda tidak menyadari selama ini ada orang yang memperhatikan Anda.

Mungkin saja dia adalah junior Anda di kantor yang selalu menawarkan secangkir kopi di pagi hari. Mungkin dia adalah tetangga apartemen yang selalu menyapa Anda di lift. “Dia”, calon penghuni baru di hati Anda, bisa jadi siapa saja, bahkan orang yang tidak pernah Anda bayangkan sekalipun.

Setiap orang berhak merasa dicintai, tidak hanya mencintai saja. Dan, tentu saja Anda juga memiliki hak itu. Ingatlah, Anda pantas dicintai dan Anda berhak bersama dengan orang yang mencintai Anda juga.

9. Beri Anda Waktu

Love Yourself

* sumber: www.india.com

Walaupun Anda telah membuka hati, bukan berarti Anda harus langsung menjalin hubungan dengan seseorang. Jika Anda belum siap untuk suatu komitmen ya tidak apa-apa, jangan dipaksakan. Beri diri Anda sendiri waktu untuk sembuh, waktu untuk mempersiapkan hati Anda diisi oleh orang baru, waktu untuk terus bergerak ke depan.

10. Buka Lembaran Baru

Kencan couple cara menghibur pacar yang lagi badmood

Setelah Anda siap, Anda sudah bisa menjalin hubungan yang lebih serius dengan orang lain. Kenapa harus menunggu Anda siap terlebih dahulu? Karena jika Anda terburu-buru menerima seseorang sesaat setelah Anda merelakan si gebetan, yang ada nanti Anda malah membanding-bandingkan dia dengan gebetan Anda, dan ini merupakan tindakan yang jahat.

Anda memang pernah sakit hati oleh seseorang, tapi bukan berarti Anda harus jadi jahat juga pada orang lain yang tidak ada hubungannya dengan gebetan Anda, kan? Coba jalani dengan hati terbuka, siapa tahu orang baru tersebut adalah the one-nya Anda.

Selesai sudah pembahasan Bacaterus mengenai cara melupakan gebetan. Semoga langkah-langkah ini dapat membantu Anda untuk move on seutuhnya dari dia yang harus Anda lupakan. Semangat terus, jangan karena satu kegagalan membuat Anda tidak percaya diri mencari cinta yang baru. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment